3 Jenis Mesin Jahit Terbaik Yang Dipakai Untuk Produksi Kaos

0
5/5 - Vote count: 103 votes

3 Jenis Mesin Jahit yang Dipakai untuk Produksi Kaos – Hai Knittopreneurs! Siapa nih yang disini mulai tertarik dengan bisnis produksi kaos? Bisnis produksi kaos merupakan salah satu bisnis yang cukup menjanjikan, mengingat semua orang pasti membutuhkan pakaian yang termasuk pada sandang.

Mesin Jahit

Memang perlu banyak persiapan untuk membangun bisnis produksi kaos. Dalam artikel ini, Minto akan bahas salah satu yang penting dalam merintis usaha produksi kaos, yaitu mesin-mesin jahit yang digunakan untuk memproduksi. Yuk simak sama-sama!

3 Jenis Mesin Jahit yang Dipakai untuk Produksi Kaos

  • Mesin Obras

Mesin obras merupakan mesin yang biasa digunakan untuk menyatukan bagian-bagian kaos seperti bagian rib dengan lubang leher, bagian lubang ketiak dengan pola lengan, dan sisi kaos.

Mesin obras memerlukan 3-5 benang dan 1-2 jarum, menghasilkan jahitan yang kuat dan tak mudah lepas. Selain untuk menyatukan sisi kaos, mesin ini juga berfungsi untuk memotong serabut atau serat-serat kain, sehingga hasilnya akan lebih rapi. Mesin ini juga digunakan dalam pembuatan berbagai jenis pakaian lainnya lho.

  • Mesin Jahit Jarum Dua Rantai

Mesin jahit jarum dua rantai merupakan mesin yang biasa digunakan di bagian dalam rib dan sambungan bahu untuk dijadikan bisban. Bisban berfungsi agar jahitan obras terlihat lebih rapi karena tertutup bisban.

Saat menjahit bisban, Knittopreneurs juga bisa menyisipkan label brand atau size produknya di tengah-tengah rib belakang. Ciri dari hasil jahitan mesin ini adalah pada sisi dalam berbentuk seperti 2 jahitan lurus yang simetris dan pada bagian belakangnya terlihat seperti rantai. Selain untuk menjahit bisban, mesin ini juga bisa digunakan sebagai variasi pakaian.

  • Mesin Overdeck

Mesin overdeck merupakan mesin yang digunakan untuk menjahit kampuh ujung lengan, ujung kaos, bahkan sekeliling rib. Mesin ini memiliki ciri khas pada hasil jahitannya, bagian depannya terlihat seperti dua jahitan lurus simetris dan bagian belakangnya hampir mirip dengan motif jahitan obras. 

Keperluan Mesin Lainnya 

Memang 3 mesin jahit diatas merupakan mesin yang wajib dimiliki saat produksi kaos. Tapi kalau ingin ada variasi lebih, Knittopreneurs bisa tambah mesin-mesin ini untuk mempercepat tahap produksi.

  • Mesin Jahit 1 Jarum

Mesin jahit 1 jarum merupakan mesin jahit yang paling biasa dipakai untuk menjahit pakaian lainnya. Kalau Knittopreneurs rasa hasil jahitan rib menggunakan overdeck kurang bagus, Knittopreneurs bisa pakai mesin jahit 1 jarum. Selain itu, mesin jahit 1 jarum bisa digunakan untuk menjahit kantong pada kaos!

  • Mesin Potong Kain

Nah kalau mesin potong kain tentu bukan untuk menjahit ya. Untuk kamu yang tertarik untuk produksi kaos lebih cepat, Minto sarankan untuk menggunakan mesin potong  kain. Terdapat banyak jenis mesin potong dengan harga yang beragam, Minto sarankan kamu pakai mesin yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya. Jangan lupa untuk membeli sarung tangan pelindung agar terhindar dari cedera!

Apakah Bisa Produksi Kaos Menggunakan Mesin Jahit 1 Jarum Saja?

Pertanyaan ini cukup sering ditanyakan ya. Menurut Minto, bisa bisa saja menjahit kaos menggunakan mesin jahit 1 jarum. Tapi hasilnya tidak akan sama seperti kaos pada umumnya.

Minto tetap sarankan untuk minimal punya mesin obras untuk menyatukan sisi-sisinya. Untuk mesin overdeck dan jarum dua rantai Minto rasa bisa diganti dengan mesin jahit 1 jarum (namun tetap tidak akan sama seperti hasil jahit kaos pada umumnya). Silahkan dicoba ya.

Rekomendasi Bahan Kaos Terfavorit

Minto akan spill nih bahan-bahan kaos terfavorit sepanjang masa! Penasaran? Yuk baca selengkapnya di bawah ini.

  • Cotton Combed

Screenshot 108
Cotton Combed Knitto Textiles

Minto gak akan pernah bosan untuk rekomendasikan kain Cotton Combed ke kamu. Kenapa? Karena Cotton Combed memang senyaman dan selembut itu, sering dijadikan kaos oleh berbagai produsen bahkan brand retail dan distro. Cotton Combed merupakan kain yang terbuat dari 100@ serat kapas, mampu menyerap keringat dan halus ketika digunakan. 

Tapi jangan salah pilih ya, karena tidak semua produsen kain Cotton Combed memproduksi kain Cotton Combed yang benar-benar berkualitas. Pastikan kamu beli Cotton Combed hanya di Knitto Textiles, yang sudah berpengalaman bertahun-tahun memproduksi kain Cotton Combed sehingga kualitasnya terjamin dan terpercaya. Knitto Textiles menyediakan 5 jenis ketebalan kain; 16s, 18s, 20s, 24s, 30s dan tersedia hingga 100 pilihan warna. Keren kan?

  • Cotton Carded

Carded 2
Cotton Carded Knitto Textiles

Nah yang satu ini, cocok banget untuk kamu yang baru memulai usaha kaos dan memiliki budget yang relatif minim. Cotton Carded merupakan kain yang terbuat dari 100% serat kapas. Bedanya dengan Cotton Combed, Cotton Carded hanya melewati proses penggarukan atau carding, sedangkan Cotton Combed melewati proses penyisiran atau combing. 

Kamu tak perlu khawatir, walaupun pada umumnya kualitasnya relatif dibawah Cotton Combed, Cotton Carded yang diproduksi Knitto Textiles memiliki kualitas yang hampir sama dengan Cotton Combed. Di Knitto Textiles kamu bisa menemukan kain Cotton Carded yang halus dan lembut, serta tersedia di banyak pilihan warna menarik, beda dari pasaran.

Gimana, tertarik untuk coba buat bisnis produksi kaos? Yuk dicoba, jangan lupa untuk melengkapi kebutuhan bahan kaos dan jaket kamu hanya di Knitto Textiles! Sampai jumpa di artikel lainnya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur