9 Kelebihan Kain Toyobo Terbaik Serta Kekurangannya

0
5/5 - Vote count: 411 votes

9 Kelebihan Kain Toyobo Serta Kekurangannya Kainnya – Kain Toyobo merupakan jenis kain yang memiliki tekstur yang halus dan lembut. Dibandingkan dengan katun jepang yang biasa, kain toyobo ini memiliki karakteristik sedikit lebih tebal. lebih jatuh dan glossy. oleh karena itu untuk membuat pakaian tidak perlu tambahan furing lagi.

Kain Toyobo
Kain Toyobo

Dengan karakteristik yang khas. kain toyobo pada dasarnya dapat digunakan oleh pria dan wanita untuk berbagai jenis desain pakaian. ketika dibuat menjadi gamis, kemeja, blouse, pasmina, outer dan rok. pakaian yang dihasilkan pada umumnya akan terlihat sangat bagus dan terkesan angguna karena bahannya yang lembut dan jatuh.

Karakteristik Kain Toyobo

Meski berasal dari Jepang, kain toyobo memiliki kualitas dan ciri khas berbeda dengan kain katun lain. Permukaan toyobo lebih glossy dan lembut, dan serat kain lebih tebal dibanding ima premium. Secara umum, bahan toyobo terasa adem, halus, tidak terlalu licin meski terlihat berkilau, dan tidak transparan.

Karakteristik paling menonjol sekaligus jadi perbedaan signifikan adalah kain toyobo tidak memiliki serat benang yang saling silang seperti pada kain ima premium slub maupun garis putus-putus pada kain linen. Serat benang kain toyobo tak hanya ditenun horisontal dan vertikal, tapi juga diagonal. Karena ditenun dengan cara seperti itu, kain toyobo jadi lebih rapat dan kaku.

Sebagai bahan baju, kain toyobo sangat cocok dan membuat lebih nyaman saat dipakai. Sifat kain yang adem dan jatuh cukup bersahabat dengan iklim tropis yang panas. Melihat karakteristik mendasar kain toyobo, terdapat kelebihan serta kekurangan yang harus jadi pertimbangan.

Kelebihan Kain Toyobo

  • Bahan halus dan tidak licin.
  • Terbuat dari bahan serat alam, sehingga terasa dingin dan nyaman saat dikenakan.
  • Serat kainnya rapat dan lebih tebal dibandingkan katun Jepang.
  • Tidak menerawang, sehingga tak perlu menggunakan furing saat hendak dijahit menjadi baju gamis atau lainnya.
  • Punya banyak pilihan warna yang menarik.
  • Bahannya ringan dan agak jatuh, tetapi tidak sejatuh bahan wolfis.
  • Kainnya tebal, tetapi tidak kaku saat dipakai.
  • Memiliki ketahanan warna yang cukup bagus, sehingga warnanya tak mudah luntur atau pudar meskipun sudah dicuci dan dijemur hingga berulang kali.
  • Tidak mudah kusut, sehingga akan tetap terlihat rapi saat dipakai menjadi baju.

Kekurangan Kain Toyobo

  • Hanya Tersedia Motif Polos
  • Harga Cukup Tinggi
  • Susah Ditemukan
  • Tingkat Ketahanan Kurang Kuat
  • Berisiko Mendapat Kain Toyobo KW

Alasan Kenapa Harus Menggunakan Kain Toyobo

  • Cocok Untuk Pria Maupun Wanita

Karakteristik kain katun Toyobo yang cenderung lebih tebal dari katun yang lainnya, dan juga lebih jatuh, maka sangat cocok baik untuk wanita maupun pria. Dengan karakter demikian, kain katun Toyobo bisa dibuat gamis maupun kemeja.

  • Pakaian Tampak Bagus dan Anggun

Karena karakteristik kain katun Toyobo yang lembut dan lebih jatuh, maka akan mengesankan keanggunan bagi pemakainya. Banyak kalangan fashion desainer yang menggunakan kain katun Toyobo sebagai bahan beberapa gaun yang ditampilkan.

  • Cocok Untuk Pakaian Formal

Ini alasannya kenapa harus mencoba kain Toyobo untuk kepentingan pekerjaan atau bisnis, hal ini dikarenakan karakteristik jatuhnya yang membuat pakaian tampak elegan, sehingga cocok untuk kamu yang bekerja di kantoran atau urusan pertemuan bisnis.

  • Cocok Untuk Wanita Muslim

Bagi kamu wanita muslim yang ingin tampil modis namun tetap menjaga syar’I dalam berpakaian, maka katun Toyobo bisa menjadi alternatif bahan pembuatan pakaian kamu. Bahannya yang tebal dan cenderung jatuh, tidak akan terlihat mencetak tubuh.

Kerapatan yang tinggi pada katun Toyobo juga membuat kain tidak transparan, sehingga sangat cocok juga jika digunakan untuk membuat jilbab. Sifat dinginnya juga pasti bikin adem dan nyaman digunakan jika untuk gamis maupun jilbab.

  • Awet

Berbeda dengan beberapa jenis kain lainnya yang bersifat melar, katun Toyobo tidak memiliki karakter seperti itu. Dengan kata lain, penggunaannya bisa berlangsung dalam jangka panjang atau tingkat keawetannya tinggi.

  • Banyak Pilihan Warna

Produsen kain katun Toyobo dalam proses pembuatannya menggunakan banyak varian warna yang menarik dan terkesan mewah, sehingga kamu memiliki banyak pilihan yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu.

Fungsi Dari Kain Toyobo 

  1. Baju

Kain toyobo yang cukup jatuh dan adem sangat cocok sebagai bahan baju. Karena kain tak mudah kusut, tak perlu khawatir jika seharian mengenakan baju berbahan kain toyobo. Menariknya, kain toyobo bisa dikenakan untuk acara formal maupun kasual.

2. Kemeja

Membuat kemeja baik untuk pria maupun wanita bisa menggunakan kain katun toyobo. Kain ini cukup halus dengan pilihan warna doff yang elegan untuk digunakan sebagai di kantor maupun dalam acara formal. Untuk kemeja pria, coba gunakan desain slim fit maupun regular fit. Sementara desain kemeja untuk wanita, ada lebih banyak pilihan yang beragam.

3. Rok

Rata-rata model rok yang sedang tren belakangan adalah desain long flared skirt. Bahan toyobo yang tebal dan jatuh adalah jawaban sempurna karena tak harus menambah kain pelapis. Warna doff dengan kilau redup pada rok toyobo membuat penampilan lebih anggun.

4. Outer

Menambah penampilan stylish, bisa didapat dengan outer dari kain toyobo. Outer yang belakangan jadi tren fashion, merupakan busana luar seperti jaket, rompi, blazer, cardigan, dan lainnya. Fungsinya bukan hanya sebagai penghangat tubuh, tapi juga penunjang penampilan agar lebih prima.

Berikut ini adalah jenis pakaian yang bisa dibuat dari Kain Toyobo:

  • Baju

Bahan Toyobo sangat cocok untuk membuat baju karena kain ini lembut, ringan, dan nyaman digunakan. Selain itu, bahan Toyobo juga tahan lama dan mudah dirawat. Pakaian jenis ini sangat cocok dipakai di segala kesempatan.

  • Kemeja

Bahan Toyobo juga cocok untuk membuat kemeja. Kain ini memiliki kelembutan yang baik, sehingga kemeja yang dibuat dari bahan Toyobo nyaman dipakai. Kain ini juga mudah dirawat dan tidak mudah kusut.

  • Gaun

Bahan Toyobo juga bisa digunakan untuk membuat gaun. Kain ini memiliki tekstur yang lembut dan fleksibel, sehingga cocok untuk membuat gaun yang elegan dan nyaman dipakai. Selain itu, bahan Toyobo juga tahan lama dan tidak mudah kusut.

  • Celana

Selain pakaian atas, bahan Toyobo juga cocok untuk membuat celana. Kain ini sangat tahan lama dan tidak mudah kusut. Selain itu, bahan Toyobo juga nyaman dipakai sehingga cocok untuk membuat celana yang digunakan dalam aktivitas sehari-hari.

Cara Merawat Pakaian dari Bahan Toyobo

Agar pakaian yang terbuat dari bahan Toyobo tetap tahan lama dan terlihat bagus, berikut adalah beberapa cara merawatnya:

  • Cuci pakaian dengan air dingin atau suhu rendah.
  • Hindari mencuci dengan bahan kimia yang keras atau pemutih.
  • Jangan menggunakan pengering mesin.
  • Jangan menyetrika pada suhu tinggi.
  • Jemur pakaian di tempat yang teduh.
  • Lipat dengan rapi saat menyimpannya.
  • Dengan merawat pakaian dari kain Toyobo dengan benar, Anda dapat memastikan bahwa pakaian tersebut akan tetap tahan lama dan terlihat bagus selama bertahun-tahun.

Jangan ragu untuk mencoba membuat pakaian dari kain Toyobo. Selain mudah dijahit dan tahan lama, kain ini juga memiliki berbagai macam warna dan motif yang menarik. Dengan mengikuti tips perawatan di atas, Anda dapat membuat pakaian dari kain Toyobo yang tahan lama dan terlihat bagus selama bertahun-tahun.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur