Apa itu Kain Ceruti?

0
Rate this post

Apa itu Kain Ceruti? – Hai Knittopreneurs! Dalam artikel kali ini Minto gak akan bahas bahan kaos, tapi dalam artikel ini Minto akan bahas kain Ceruti yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kain Ceruti merupakan kain yang biasa dipakai untuk bahan hijab, gamis, dan pakaian wanita lainnya. Penasaran dengan kainnya? Ikuti terus artikel ini ya untuk mengetahui lebih lanjut.

Apa itu Kain Ceruti?

Kain Ceruti merupakan kain yang terbuat dari Polyester dan bahan buatan lainnya. Kain Ceruti ini punya ciri khas yang hampir mirip dengan kain Chiffon atau Sifon yaitu memiliki permukaan seperti kulit jeruk. Lalu apa yang menjadi perbedaan dari kain Ceruti dan Chiffon atau Sifon? Kain Ceruti memiliki permukaan yang lebih halus walaupun memiliki tekstur seperti kulit jeruk.

Selain memiliki tekstur seperti kulit jeruk, kain Ceruti juga punya ketebalan kain yang tipis dan agak menerawang. Karena kainnya tipis, kainnya memiliki sifat jatuh atau flowy. Selain itu kain ini nyaman digunakan sehari-hari sebagai hijab atau gamis karena ringan.

Kain Ceruti memang mirip dengan kain Chiffon atau Sifon, namun kain Ceruti dapat dibilang memiliki kualitas yang lebih bagus, memiliki ketebalan kain yang lebih tebal, dan tidak terlalu menerawang.

Kelebihan Kain Ceruti

Kain Ceruti ini cukup diminati oleh banyak wanita di Indonesia. Kira-kira kenapa ya kain ini sangat diminati? Nah supaya Knittopreneurs gak penasaran, akan Minto rangkum kelebihan dari kain Ceruti.

  • Kain Ringan

Kain Ceruti ini memiliki ketebalan kain yang cenderung tipis sehingga kainnya menjadi ringan dan nyaman digunakan sehari-hari. Namun tidak perlu khawatir, kain Ceruti ini tidak membentuk badan ya sehingga aman dijadikan bahan gamis maupun pakaian lainnya.

  • Mudah Didapat

Kain Ceruti mudah ditemukan di hampir semua toko kain yang menyediakan kain woven. Kain Ceruti juga memiliki banyak jenis kain dan varian warna.

  • Harga Cukup Ekonomis

Kain Ceruti memiliki harga yang cukup ekonomis dan tidak terlalu mahal. Biasanya 1 meter kain Ceruti dapat berkisar kurang lebih Rp30.000,- lho. Tentunya harga bisa berkaitan kualitas kain Cerutinya juga ya.

  • Variasi Warna  yang Banyak

Kain Ceruti juga punya banyak sekali variasi warna, khususnya warna-warna yang identik dengan wanita seperti kategori warna pink, biru, dan lain-lainnya sehingga disukai oleh masyarakat maupun designer pakaian.

Jenis-Jenis Kain Ceruti Terfavorit

Sama seperti kain Chiffon atau Sifon, kain Ceruti juga memiliki banyak jenis kain. Berikut ini adalah jenis kain Ceruti yang cukup sering dipakai dan menjadi favorit masyarakat.

  • Ceruti Babydoll

Ceruti Babydoll merupakan kain yang cukup sering digunakan. Kain ini merupakan kain yang memiliki tekstur bintik-bintik seperti tekstur kulit jeruk. Kain Ceruti Babydoll yang bagus memiliki handfeel yang tetap halus dan lembut walau memiliki tekstur seperti kulit jeruk. Kain Ceruti Babydoll ini mudah ditemukan pada hampir sebagian besar toko kain yang menjual kain woven.

Kain Ceruti Babydoll ini menjadi salah satu kain favorit wanita karena bahannya yang tidak mudah kusut. Selain itu, walaupun bukan terbuat dari serat alami, kain Ceruti Babydoll ini tidak terlalu panas dan gerah di kulit. Namun kain Ceruti Babydoll ini tidak dapat menyerap keringat sehingga kurang cocok untuk digunakan saat aktivitas outdoor.

  • Ceruti Amunzen

Ceruti Amunzen merupakan salah satu kain yang termasuk pada keluarga kain Ceruti yang cukup nyaman digunakan. Kain Ceruti Amunzen ini memiliki sifat kain yang hampir mirip dengan kain Ceruti lainnya seperti kainnya yang lembut dan halus.

Kain Ceruti Amunzen ini dapat dibilang sebagai kain Ceruti yang paling nyaman sehingga cukup sering digunakan sebagai bahan utama dari cadar. Kain ini juga tidak menimbulkan rasa panas atau gerah di kulit.

  • Ceruti Diamond

Ceruti Diamond merupakan kain Ceruti yang memiliki sifat kain yang cukup berbeda dari kain Ceruti lainnya. Kain Ceruti Diamond memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar dan dapat sedikit melebar karena elastis. Namun kain Ceruti Diamond ini tetap nyaman digunakan dan tidak menerawang.

Kain Ceruti Diamond ini lebih cocok dipakai menjadi bahan gamis dan bawahan dibanding cadar mengingat teksturnya lebih kasar. Namun tetap kain ini nyaman digunakan karena handfeelnya masih terbilang halus.

  • Ceruti Georgette

Ceruti Georgette merupakan kain Ceruti yang dapat dibilang memiliki handfeel kain paling nyaman. Kain Ceruti Georgette ini juga cukup lentur dan elastis namun tidak seelastis kain Ceruti Diamond. Sifat kainnya secara umum memiliki sifat yang jatuh atau flowy, ringan, dan lembut di kulit.

Kain Ceruti Georgette ini nyaman digunakan sebagai hijab dan khimar, mengingat kain ini tidak gerah ketika digunakan. Variasi warna kainnya pun cukup banyak sehingga diminati banyak orang.

KATEGORI KAIN KNITTO 02

Sayangnya Knitto Textiles belum menyediakan kain Ceruti, tapi kalau Knittopreneurs butuh kain untuk hijab instan, Knittopreneurs bisa coba Cotton Combed yang mampu menyerap keringat dengan baik dan nyaman digunakan karena handfeelnya halus dan lembut. 

Gimana sekarang sudah tahu kan beberapa jenis kain Ceruti yang beredar di pasaran? Minto harap bisa membantu Knittopreneurs untuk memahami kain Ceruti ya, walaupun tidak semua jenis kain Ceruti dijelaskan pada artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur