Ragam Model Kebaya Modern untuk 17 Agustus, Cara Unik Rayakan Kemerdekaan!

0
5/5 - Vote count: 64 votes

Ragam Model Kebaya Modern untuk 17 Agustus, Cara Unik Rayakan Kemerdekaan! – Semua orang pasti kenal dengan busana kebaya. Alih-alih hilang, kebaya tetap menjadi warisan budaya yang terus berkembang seiring berubahnya zaman. Sejak ditetapkan sebagai busana nasional dalam Lokakarya di Jakarta pada 1978, inovasinya cukup banyak.

7 Inspirasi Kebaya Modern untuk 17 Agustus, Hijab Friendly!
7 Inspirasi Kebaya Modern untuk 17 Agustus, Hijab Friendly!

Tanpa mendiskreditkan berbagai karya, pembagian jenis kebaya terus bertambah. Sebab dalam pemilihan model dan pemakaiannya, banyak pendapat yang berbeda. Kebaya modern merupakan salah satu yang dinamis, mengikuti selera pasar dan ide-ide kreatif dari para perancang busana. Mempertahankan nilai-nilai feminim tanpa menanggalkan makna.

Dalam merayakan kemerdekaan, atau momen 17 Agustus, memakainya bisa menjadi simbol nasionalis yang juga terlihat modis. Knittopreneurs bisa melihat inspirasi dan tips memilih juga memakainya di artikel ini!

Apa Itu Kebaya Modern?

Singkatnya, kebaya modern adalah kebaya yang telah dimodifikasi dari segi bahan, warna, panjang, atau aspek-aspek lainnya yang berbeda dengan “pakem” tradisional. Busana tradisional kebanggaan Indonesia ini disulap untuk mengikuti perkembangan tren fashion, menampilkan wajah baru yang lebih modern dan memikat. 

Bukan lagi identik dengan kaku dan formal, kebaya modern hadir dengan desain yang dinamis dan trendi. Siap menemani wanita Indonesia dalam berbagai momen, apa saja ciri-ciri dari busananya?

Ciri-Ciri dan Karakteristik Kebaya Modern

Contoh Kebaya Modern dengan Model Peplum
Contoh Kebaya Modern dengan Model Peplum

Beberapa perubahan yang kerap dilakukan pada rancangan kebaya terjadi pada gaya jahitan, bahan, hingga teknik sulaman nya. Minto sudah mengumpulkan beberapa karakteristik yang membedakannya dengan kebaya tradisional:

  • Desain dan Gaya Jahitan

Pertama dari segi siluet. Kebaya modern hadir dengan pilihan siluet A-line, fit-and-flare, asimetris, hingga cropped top. Potongannya pun lebih variatif, tidak hanya lurus serta kaku seperti kebaya klasik. Ada model kebaya peplum, kebaya off-shoulder, dan kebaya dengan detail ruffle.

Kedua, potongan leher kebaya modern pun tak lagi monoton. Terdapat variasi seperti kerah bentuk V, sabrina, kerah sweetheart, hingga kerah tinggi (halterneck) yang menambah pilihan untuk tampil stylish. Gaya jahitan Barat juga diadopsi, seperti penggunaan resleting Jepang.

Pada kebaya modifikasi, panjangnya ada yang di atas panggul, memberikan kesan lebih aktif dan energik. Modifikasi brokat dengan kain tile serta penggunaan lengan pendek juga membuatnya lebih fleksibel.

  • Ragam Bahan dan Hiasan

Selain menggunakan kain tradisional seperti brokat dan katun, kebaya dengan unsur modern berinovasi dengan bahan yang lebih nyaman dan ringan seperti organza, tile, satin, sutra, dan bahkan denim. Pilihan bahan yang beragam ini membuka peluang untuk ekspresi gaya yang lebih luas.

Pada busananya, tak jarang juga ditemukan kombinasi lace dengan teknik bordir, payet, dan sulaman sebagai hiasan. Detail aksen ini menambah nilai estetika kebaya modern, menjadikannya pilihan yang semakin digemari untuk acara formal maupun semi-formal.

  • Padu Padan yang Fleksibel

Kebaya yang telah dimodifikasi ini memungkinkan Knittopreneurs untuk mengkombinasikannya dengan berbagai bawahan seperti rok, celana, atau bahkan jeans. Tidak lagi terpaku pada aturan baku, sehingga memungkinkan untuk menciptakan style yang lebih berkarakter.

Penggunaannya pun tidak terbatas pada acara-acara adat atau nasional. Jika Knittopreneurs memutuskan untuk memakai kebaya modern di 17 Agustus, busana yang sama bisa menjadi pilihan outfit di acara lainnya. Kebaya bisa tampil elegan dan anggun saat dikenakan pada acara resmi, namun tetap nyaman dan santai untuk acara yang lebih informal.

Baca Juga: Inilah Cara Memakai Kain Batik untuk Bawahan Kebaya, Mudah dan Elegan!

7 Inspirasi Kebaya Modern yang Modis untuk Kemerdekaan

Di bawah ini, Minto sudah mengumpulkan beberapa inspirasi kebaya modern dari para artis dan perancang busana tanah air. Masing-masingnya bisa Knittopreneurs jadikan acuan untuk dipakai di hari kemerdekaan, juga banyak yang hijab-friendly. Simak yuk!

Klasik dengan Kebaya Polos dan Batik

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Tissa Biani Azzahra (@tissabiani)

Rekomendasi pertama datang dari Tissa Biani, seorang artis cilik yang namanya kini besar di industri perfilman Indonesia. Tissa tampak cantik mengenakan paduan kebaya kutubaru dengan warna putih, rok batik, dan selendang merah. Kombinasi ini sangat bisa Knittopreneurs coba di hari spesial seperti kemerdekaan, namun cukup santai juga jika dibawa ke acara-acara lainnya, atau sekedar dipakai untuk foto bersama.

Kebaya Modern dengan Potongan Asimetris

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Zaskia Sungkar (@zaskiasungkar15)

Knittopreneurs yang masa kecilnya sering menonton sinetron Cinta Fitri, pasti sudah familiar dengan sosok Shireen Sungkar dan Zaskia Sungkar. Keduanya merupakan artis dan presenter yang kini sudah menjadi mompreneurs. Shireen dan Zaskia telah memakai hijab dalam kesehariannya, dan banyak mengunggah OOTD yang bisa menjadi inspirasi Knittopreneurs di media sosial.

Salah satunya adalah kebaya berwarna ungu muda (lilac) dengan potongan asimetris ini, yang saat dipakai memberikan kesan soft dan juga menambah nilai feminim dari sang aktris. Padu padannya pun tak kalah manis, dengan bawahan dan sepatu hak tinggi bernuansa sama. Shireen dan Zaskia memakainya sebagai “seragam keluarga” bersama sang suami dan anak-anak, tertarik untuk coba? 

Encim dan Batik yang Slim-Fit

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Raline Shah (@ralineshah)

Selanjutnya ada Raline Shah, aktris asal Sumatera Utara yang kerap hadir di acara-acara perfilman global ini tampak modis dengan setelan kebaya encim warna putih, dan kain batik berwarna senada. Modelnya hijab-friendly, Knittopreneurs yang ingin memakainya mungkin ingin menambahkan dalaman warna kulit dengan kerah tinggi agar menutupi dada dan leher.

Tampak jelas hasil modifikasi kebaya yang dipakai Raline, dengan aksen mutiara dan tambahan detail seperti kancing di bagian tengah. Heels yang dipakai oleh Raline pun memiliki nuansa yang sama dengan bawahan yang dikenakannya, menambah kesan harmonis di keseluruhan penampilan.

One-Set Kebaya Modern Lengan Lonceng

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Happy Salma (@happysalma)

Siapa sih yang tidak kenal dengan Happy Salma? Aktris yang sudah malang melintang di layar kaca ini memamerkan foto cantiknya di media sosial, dibalut dengan setelan kebaya modern bernuansa merah dan sedikit aksen hitam. Motif yang sama di bagian tengah atasan, dibuat menyambung ke bawahan yang dipakai, menjadikannya lebih menonjol dengan cara yang elegan. Belum lagi tambahan detail di bagian lengan yang berbentuk lonceng, sangat cocok dipakai untuk merayakan hari spesial seperti 17 Agustus, atau dipakai ke acara-acara lain.  

Kutubaru Modern dengan Detail Kancing

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Maudy Ayunda (@maudyayunda)

Maudy Ayunda merupakan salah satu selebriti tanah air yang serba bisa, dan konsisten dalam mengunggah fotonya berbusana dengan kebaya di setiap tahunnya. Knittopreneurs bisa mendapat banyak inspirasi dari media sosial yang Maudy punya, dan salah satu yang ingin Minto highlight adalah kutubaru warna merah cerah dengan bahan brokat full payet yang dipakai.

Tampilannya menjadi super manis dengan model kebaya yang fit-to-body, dipadukan bersama bawahan batik dan tambahan stagen yang warnanya senada. Maudy tidak menambahkan banyak aksesoris, hanya kalung dan anting emas, serta rambut yang dicepol ke atas. Simple, namun tetap elegan!   

Kebaya Kerah Tinggi dan Wastra

Kemudian, unggahan terbaru dari influencer Rania Yamin juga patut mendapatkan perhatian. Kebaya kerah tinggi berwarna burgundy yang ia pakai memberikan kesan maskulin dan elegan disaat yang bersamaan, ditambah “wastra” yang dililit sebagai bawahan. Paduan motif yang ramai dan atasan yang polos membuat keseluruhan penampilannya lebih balance, sekaligus harmonis. Cocok juga jika dipadukan dengan hijab!

Jika tidak, bisa meniru tampilan Rania yang mengenakan aksesoris rambut berwarna emas, senada dengan anting yang dipakainya. Sementara itu, alas kaki yang dipakai adalah sandal hitam. Bisa dicoba untuk Knittopreneurs yang di 17 Agustusnya sudah punya banyak agenda, atau sedang mencari kostum pawai yang simple namun tetap terlihat unik.

Model Off-Shoulder dan Aksen Payet

Kebaya modern terakhir yang bisa menjadi inspirasi dipakai oleh Prilly Latuconsina. Aktris yang menjabat sebagai ketua komite FFI (Festival Film Indonesia) di periode 2024-2026 tampil elegan dengan kebaya bernuansa rose gold dan aksen payet permata berwarna merah dan putih, dipadukan dengan wastra senada. Model kerah yang off-shoulder membuat siluet bahunya menjadi lebih manis, lengkap dengan aksesoris kalung emas yang melingkari leher.

Baca Juga: Rekomendasi Model Kebaya yang Wajib Ada di Lemari, Cantik dan Elegan

Pilih Bahan Kebaya yang Pas untuk Berbagai Aktivitas

Bahan Kebaya yang Pas untuk 17 Agustus
Bahan Kebaya yang Pas untuk 17 Agustus

Untuk menjaga mood Knittopreneurs tetap baik seharian, penting untuk memperhatikan bahan kebaya yang dipakai, apakah nyaman dan menyerap keringat? Atau, bisa meregulasi suhu tubuh dan tidak membuat gerah? Beberapa tips Minto ini mungkin bisa jadi faktor-faktor yang dipertimbangkan:

  • Sesuaikan dengan Aktivitas di Hari Pemakaian
  1. Untuk upacara bendera yang berlangsung di pagi hari, pilihlah bahan kebaya yang ringan dan sejuk seperti katun atau voile. Hindari bahan yang terlalu tebal dan panas seperti brokat atau velvet.
  2. Jika Knittopreneurs ingin berpartisipasi dalam perlombaan 17 Agustus dengan dresscode kebaya modern, pilihlah bahan yang fleksibel dan tidak membatasi ruang gerak seperti katun stretch atau jersey. Hindari bahan yang terlalu kaku dan formal.
  3. Untuk gala dinner, atau pesta perayaan kemerdekaan yang berlangsung di malam hari, pilih bahan kebaya yang lebih glamor seperti brokat atau lace. Pastikan bahannya cukup ringan dan tidak terlalu panas.
  • Cek Perkiraan Cuaca
  1. Saat cuaca panas, pilihlah bahan kebaya yang menyerap keringat dan breathable seperti katun linen atau rayon
  2. Sebaliknya jika cuaca dingin, Knittopreneurs bisa memilih bahan kebaya yang lebih tebal dan hangat seperti brokat atau velvet. Tambahkan juga luaran seperti blazer atau cardigan untuk menghangatkan tubuh.
  3. Jika perkiraan cuaca mengatakan bahwa hari itu akan hujan, pilihlah bahan kebaya yang tahan air seperti satin atau tafeta. Hindari bahan yang mudah basah dan kusut seperti chiffon atau organza.
  • Apakah Cocok dengan Bawahan?
  1. Jika ingin memadukan kebaya dengan rok batik, pilihlah bahan kebaya yang polos dan berwarna netral seperti putih, hitam, atau krem.
  2. Padu padan kebaya dengan celana panjang juga bisa terlihat manis, pilihlah bahan kebaya yang lebih modern dan edgy seperti denim atau bahan linen.
  3. Kebaya dengan rok tutu juga menjadi tren tahun ini, pilihlah bahan kebaya yang glamor dan berkilau seperti brokat atau lace.

Tips Memakai Proporsi Kebaya dengan Tepat

Ilustrasi Kebaya Modern yang Dijahit Custom Agar Pas di Tubuh
Ilustrasi Kebaya Modern yang Dijahit Custom Agar Pas di Tubuh

Ikuti beberapa tips ini agar siluet tubuh Knittopreneurs terlihat makin cantik dengan kebaya modern!

  • Pilih Model Kebaya yang Sesuai dengan Bentuk Tubuh

Untuk Knittopreneurs dengan badan yang petite, pilihlah model kebaya yang simple dan tidak terlalu ramai dengan detail. Lalu jika ingin menyamarkan bentuk tubuh, pilihlah model kebaya dengan potongan A-line atau peplum. 

Khusus untuk bagian tertentu, seperti ingin membuat siluet bahu terlihat lebih kecil, model kebaya dengan potongan off-shoulder atau asimetris bisa menyeimbangkan proporsi bahu. Hindari model kebaya dengan detail puff sleeve atau ruffle.

Pinggang yang besar juga bisa terlihat lebih kecil saat memakai kebaya modern dengan potongan peplum, atau pakai obi (bisa juga diganti dengan stagen) untuk menyamarkan bentuk pinggang.

  • Kenakan Baju Dalaman yang Tepat

Pilihlah baju dalaman (kemben, tanktop, atau lainnya) yang bahannya seamless dan warnanya netral. Gunakan bra dengan padding atau underwire jika diperlukan. Lalu jika Knittoprenerus ingin menggunakan shapewear, pilihlah yang tipis dan nyaman dipakai.

  • Perhatikan Pilihan Aksesoris

Kalau ingin menambahkan bros, pilih ukuran yang sesuai dengan proporsi tubuh. Aksesoris lainnya seperti anting dan kalung juga bisa dikenakan, gunakan model yang simple dan elegan. Hindari aksesoris yang terlalu besar atau ramai, atau sepatu yang terlalu tinggi dan terlalu rendah.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Payet Kebaya Modern, Detail Kecil yang Menawan

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]