Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Saat Dirumah Saja (Self Quarantine)

0
Rate this post

Semenjak virus Corona menyeruak ke seluruh penjuru dunia tak terkecuali Indonesia, akhirnya pemerintah mengambil salah satu langkah untuk mencegah penyebaran virus ini semakin meluas dengan memberlakukan aturan mengurangi segala aktivitas di ruang publik atau yang melibatkan banyak orang atau kita juga biasa menyebutnya dengan social distancing.

Dirumah

Mulai dari anak sekolah, mahasiswa sampai ke pekerja pun wajib mengikuti aturan social distancing.

Meskipun tidak semua pekerja karena tetap mengikuti kebijakan dari perusahaan masing-masing atau diganti dengan WFH (work from home).

Untuk Anda yang saat ini sedang self quarantine atau karantina mandiri guna menghindari terjangkit virus ini, mungkin sudah mulai merasa bosan karena sudah hampir 1 bulan atau lebih sejak ditetapkannya status darurat corona di Indonesia.

Lalu kegiatan apa saja yang sudah Anda lakukan selama berada di rumah? 

Berikut ini merupakan beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan saat berada dirumah, baik dilakukan sendiri maupun dilakukan bersama-sama dengan keluarga Anda. Selamat mencoba!

Salah satu kegiatan yang harus Anda lakukan dirumah adalah berolahraga, mengapa? Disaat kondisi seperti ini kita harus menjaga imun tubuh agar tetap kuat dan sehat.

Dengan berolahraga secara teratur imun tubuh akan tetap terjaga dan tubuh tetap bugar. Banyak sekali jenis olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah bersama keluarga ataupun berolahraga sendiri.

Olahraga seperti yoga, melakukan berbagai macam gerakan workout, dll. Agar tidak salah saat melakukannya, Anda bisa menonton tutorialnya di internet atau mengikuti kelas olahraga online yang juga banyak dibuat oleh beberapa komunitas olahraga maupun tempat gym

  • Memasak dan Mencoba Resep Baru

Untuk Anda yang jarang sekali memasak atau memang suka memasak tapi jarang mempunyai waktu luang, saat karantina seperti ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba kembali resep-resep lama yang sudah jarang dibuat.

Anda pun bisa mencoba berbagai resep baru atau membuat camilan untuk menemani saat di rumah. Banyak sekali platform masak yang memberikan berbagai resep masakan yang bisa Anda coba, atau Anda juga bisa ikuti tutorial yang banyak tersebar di YouTube

  • Coba Buat To-Do List

Kondisi serba dibatasi seperti saat ini, membuat kita merasa mati gaya dan mulai berandai-andai kegiatan apa saja yang akan dilakukan ketika pandemi ini berakhir dan kita bisa kembali melakukan kegiatan seperti biasa.

Mulai sekarang coba buat kira-kira apa saja yang akan Anda lakukan ketika kondisi sudah normal kembali. Hal ini bisa Anda lakukan agar tetap semangat di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini

  • Membaca Buku

Meskipun berada di rumah dan tidak pergi ke sekolah atau kuliah, tidak berarti Anda menghentikan kegiatan belajar dan mencari ilmu kan? Ilmu bisa Anda dapatkan dari mana saja, selain internet tentu saja dari buku.

Membaca buku pengetahuan bisa juga Anda lakukan untuk menambah ilmu meskipun sedang berada di rumah. Anda juga bisa memberikan selingan bacaan seperti membaca novel atau komik, atau juga biografi dari para tokoh ternama sebagai tambahan ilmu juga.

Bagaimana mau membaca buku kalau kondisi seperti ini dan tidak bisa pergi membeli buku? Tenang sekarang sudah banyak juga platform membaca online atau website untuk membaca online seperti Gramedia Digital ini yang bisa Anda akses untuk membaca buku secara Online 

  • Melakukan Hobi

Hobi apa yang Anda sukai tapi jarang bisa Anda lakukan karena sibuk bekerja atau kuliah? Kondisi sekarang yang mengharuskan kita tetap di rumah ini lah saat yang tepat untuk melakukan hobi tersebut.

Lakukan hobi lama atau Anda bisa mencoba hobi-hobi baru yang bermanfaat saat di rumah seperti sekarang. Anda bisa berkomunikasi dengan rekan yang mempunyai hobi yang sama juga dengan Anda untuk menambah keseruan melakukan hobi tersebut

  • Mencari Referensi Baru Untuk Bisnis

Bisnis yang Anda tekuni sekarang apakah mengalami dampak karena pandemi COVID-19? Tenang, tetap optimis jika bisnis Anda akan tetap berjalan lancar dan terus cari referensi baru untuk bisnis Anda.

Coba lakukan riset dan cari ide baru agar bisnis tetap lancar. Lakukan diskusi dengan partner bisnis Anda untuk menambah ide lain, bertukar pikiran dengan orang lain bisa jadi salah satu cara mendapatkan ide juga

  • Ikuti Kursus Online

Tidak ada alasan untuk tidak mengembangkan bakat dan minat kita meskipun tengah berada di rumah saja. Banyak juga layanan kursus online yang bisa Anda ikuti loh, tetap kembangkan bakat Anda atau tambah lagi kemampuan lain dari kursus yang Anda ikuti.

Salah satu contoh platform kursus online yang bisa Anda ikuti untuk mengembangkan bakat dan menambah skill baru adalah Skill Academy

  • Bermain Board Game

Bermain game adalah salah satu kegiatan yang paling sering dilakukan seperti nya apalagi pada saat di rumah seperti sekarang.

Jika hanya bermain game di smartphone atau secara online saja, pasti akan terasa jenuh. Coba untuk bermain board game bersama keluarga Anda, karena banyak juga board game yang seru dan bisa Anda coba.

Salah satunya board game yang paling classic dan seru untuk dimainkan adalah Monopoli atau permainan kartu Uno, atau Anda juga bisa mencoba game lainnya bersama keluarga Anda

  • Mendengarkan Podcast

Salah satu yang sedang menjadi trend dan bisa menjadi salah satu hiburan mengisi kebosanan saat di rumah adalah mendengarkan podcast. Apa itu podcast?

Podcast adalah episode program yang tersedia di Internet yang bisa Anda akses melalui beberapa platform musik.

Banyak sekali program podcast yang bisa Anda dengarkan dengan tema nya masing-masing, mulai dari komedi, horor sampai yang membahas bisnis seperti Knitto Podcast, ayo dengarkan podcast kami di Spotify ya

  •  Bercocok Tanam

Kegiatan terakhir yang bisa Anda lakukan di rumah adalah bercocok tanam. Kegiatan ini pasti sangat menyenangkan apalagi jika dilakukan bersama keluarga.

Jika Anda mempunyai bibit-bibit tanaman yang belum ditanam atau Anda pun bisa menanam sayuran dan buah dari biji buah-buahan atau sayuran yang dapat Anda tanam kembali.

Misalkan jika ada bawang, cabai rawit, atau rempah-rempah seperti jahe, kunyit, lengkuas yang bisa Anda tanam kembali. 

Banyak sekali jenis kegiatan yang bisa Anda lakukan saat di rumah baik bersama keluarga atau Anda lakukan sendiri. Tetap lakukan kegiatan positif agar tubuh tetap sehat dan imun Anda pun tetap kuat.

Jangan konsumsi berita tentang pandemi ini secara berlebihan juga ya, tetap akses berita tentang virus corona namun pada porsinya yang tepat.

Jangan sebar kepanikan dan tetap jaga kebersihan Anda. Rajin cuci tangan dan terus tanamkan pikiran positif ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dan pandemi ini cepat berlalu agar kita bisa kembali beraktivitas seperti biasa

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur