Lebar & Gramasi Bahan Kaos

0
Rate this post

Jika saat ini Anda baru saja memulai bisnis di bidang konveksi, maka Anda wajib mengetahui pengertian dasar dari kain agar tidak terjadi kekeliruan. Berbicara mengenai sebuah kain, pasti nya terdapat beberapa perbedaan setting kain yang perlu Anda ketahui, salah satunya adalah Lebar dan Gramasi, apakah lebar dan gramasi itu? Simak ulasannya.

Diameter atau Lebar kain adalah lebar 1 roll kain yang dibentangkan dan biasanya dalam satuan “Inch” juga kebanyakan orang menyebutnya Setting-an. Lebar kain yang paling umum di Indonesia yaitu 34”, 36”, 38”, 40”, 42”, dst. Terdapat juga lebar kain 20” dan 22” untuk jenis kain body size, yaitu bahan dasar untuk membuat kaos tanpa jahitan pinggir.

Lalu apa yang dimaksud dengan Gramasi?

Gramasi adalah satuan ukuran berat kain dalam gram/meter persegi (m2). Gramasi setiap kain tergantung dari besar benang yang dipakai untuk merajut kain tersebut. Sedikit contoh pada kain Combed, gramasi kain Combed 20s dengan Lebar 40” adalah 190-200, sedangkan gramasi Combed 24s dengan Lebar 40” adalah 175-185, dan gramasi Combed 30s dengan Lebar 40” adalah 140-150. Mengapa gramasi setiap kain combed ini berbeda? Semakin besar satuan ketebalan benang nya maka akan semakin tipis benangnya, oleh karena itulah gramasi pada kain berbeda-beda karena ditentukan oleh jenis ukuran benang yang digunakan.