Eksplorasi Macam Macam Lengan Kaos dalam Industri Fashion

0
2/5 - Vote count: 5 votes

Eksplorasi Macam Macam Lengan Kaos dalam Industri Fashion – Dalam industri fashion, kaos telah menjadi salah satu pilihan busana yang populer dan universal. Kaos menawarkan kenyamanan, kepraktisan, dan gaya yang tidak terlalu formal.

Tidak hanya anak muda, hampir semua kalangan usia setidaknya memiliki beberapa kaos di dalam lemari pakaiannya kan? Itu karena kaos merupakan pakaian favorit semua orang.

Salah satu elemen penting dalam desain kaos adalah lengan kaos. Macam macam lengan kaos memiliki peranan penting dalam menentukan tampilan dan gaya sebuah kaos. Mari kita menjelajahi lebih jauh mengenai berbagai macam lengan kaos yang sering ditemui dalam industri fashion.

Macam Macam Lengan Kaos

Agar kaos yang kamu buat bentuknya lengannya bisa lebih bervariasi, maka dari itu kita simak dulu apa saja macam-macam lengan kaos yang ada di pasaran saat ini.

1. Macam macam Lengan: Pendek

Lengan pendek adalah jenis lengan kaos yang paling umum dan sering digunakan. Lengan ini biasanya memiliki panjang yang mencapai setengah lengan atau lebih pendek lagi. Kaos dengan lengan pendek ini memberikan kesan santai dan cocok digunakan untuk suasana yang lebih informal dengan gaya casual, seperti aktivitas sehari-hari atau acara santai.

2. Macam macam Lengan: Panjang

Macam macam lengan selanjutnya yaitu Lengan Panjang. Jenis lengan ini adalah pilihan yang tepat untuk cuaca yang lebih dingin atau ketika kamu mau menutupi seluruh lengan kamu. Kaos dengan lengan panjang biasanya lebih formal dibandingkan dengan lengan pendek meskipun kesan dari kaos sendiri sebenarnya tetap santai ya. Lengan panjang juga memberikan fleksibilitas untuk bergaya dengan mempergunakan teknik pergelangan tangan yang dipasang atau dilipat.

Jenis  lengan kaos dengan model panjang seperti ini juga biasanya sangat dibutuhkan untuk para perempuan berhijab untuk pakaian sehari-hari mereka.

3. Macam macam Lengan: Lengan 3/4

Lengan 3/4 adalah varian antara lengan pendek dan lengan panjang. Lengan ini memiliki panjang sekitar tiga perempat dari lengan penuh. Pilihan lengan 3/4 memberikan tampilan yang unik dan sering digunakan dalam desain kaos dengan gaya retro atau bohemian.

4. Macam macam Lengan: Setengah

Lengan setengah adalah lengan kaos yang berhenti di sekitar siku. Kaos dengan lengan setengah memberikan kesan yang sedikit lebih formal dibandingkan dengan lengan pendek. Jenis lengan ini sering digunakan dalam pakaian kerja atau acara semi-formal.

5. Macam macam Lengan: Raglan

Lengan raglan adalah gaya lengan kaos yang menonjolkan potongan diagonal dari kerah ke ketiak. Lengan raglan biasanya memiliki warna yang berbeda dari bagian tubuh kaos, menciptakan kontras yang menarik. Gaya lengan ini memberikan tampilan yang sporty dan sering digunakan dalam kaos olahraga atau streetwear.

Kaos dengan model lengan raglan, sudah dikenal sejak lama, dan hingga saat ini popularitas kaos dengan model ini tidak pernah surut.

6. Macam macam Lengan: Cap

Lengan cap atau cap sleeve juga merupakan salah satu jenis dari macam-macam lengan kaos yang ada di pasaran. Mungkin kaos dengan jenis lengan seperti ini sedikit jarang ditemukan ya, karena memang tidak begitu populer, tapi tetap ada yang menyukai jenis kaos dengan bentuk lengan seperti ini.

Mungkin bentuk lengan kaos ini jarang terlihat pada kaos-kaos biasa atau kaos untuk laki-laki bahkan unisex karena memang lengan kaos ini biasanya digunakan untuk kaos perempuan. Model lengan cap atau cap sleeve biasanya akan menunjukan bentuk lengan dari pengguna kaos ini. 

7. Macam macam Lengan: Sleeveless atau Tanpa Lengan

Tidak semua kaos mempunyai bagian lengan, ada juga kaos yang memang didesain tanpa lengan atau sering disebut juga dengan nama sleeveless. Masyarakat juga mengenal pakaian ini dengan istilah tank top. Kaos tanpa lengan atau sleeveless sangat cocok untuk kamu gunakan saat kondisi cuaca sedang panas atau pada saat kamu berolahraga pun sangat pas untuk menggunakan kaos dengan model ini.

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, 6 Perbedaan Tuxedo dan Jas Yang Perlu Kamu Tahu

Pilihan Lengan Kaos Sesuai Bentuk Tubuh

Terkadang ketika kita menggunakan sebuah kaos kita juga tidak terlalu memikirkan bentuk lengan dari kaos tersebut apakah sesuai atau tidak untuk kita, yang terpikirkan apakah ukurannya sesuai atau tidak, justru kita lebih fokus terhadap warna kaosnya apakah cocok atau tidak. Padahal tidak semua jenis lengan kaos cocok untuk setiap bentuk tubuh. 

Setiap bentuk tubuh memiliki karakteristik yang berbeda, dan pemilihan lengan kaos yang tepat dapat menyorot kelebihan dan mengatasi kekurangan. Maka dari itu berikut adalah beberapa saran tentang pilihan lengan kaos yang sesuai dengan bentuk tubuh tertentu.

  • Bentuk Tubuh Pear (Piramida Terbalik)

Bentuk tubuh pear ditandai dengan bahu yang lebih sempit dibandingkan dengan pinggul yang lebar. Untuk menyeimbangkan proporsi tubuh, pilihlah lengan kaos yang dapat menciptakan ilusi bahu yang lebih lebar. 

Pilihan yang baik adalah lengan raglan atau lengan setengah. Lengan raglan dengan potongan diagonal dari kerah ke ketiak akan memberikan efek visual melebarkan bahu. Sementara itu, lengan setengah dapat menyorot bahu dan memberikan kesan yang lebih simetris.

  • Bentuk Tubuh Apple (Buah Apel)

Bentuk tubuh apple memiliki lingkar pinggang yang lebih besar dibandingkan dengan bahu dan pinggul. Untuk memberikan tampilan yang lebih seimbang, hindari lengan kaos yang terlalu ketat di bagian perut. 

Pilihlah lengan kaos dengan potongan yang longgar seperti lengan pendek atau lengan 3/4. Lengan pendek akan mengalihkan perhatian dari area perut, sementara lengan 3/4 dapat memberikan efek memanjangkan tubuh.

  • Bentuk Tubuh Hourglass (Jam Pasir)

Bentuk tubuh hourglass ditandai dengan bahu dan pinggul yang seimbang dengan pinggang yang lebih kecil. Pemilik bentuk tubuh ini cenderung dapat memakai berbagai jenis lengan kaos dengan baik. 

Namun, lengan pendek dan lengan panjang sering kali menjadi pilihan yang menguntungkan. Keduanya akan menyorot bentuk tubuh yang proporsional dan memperlihatkan siluet hourglass yang indah.

  • Bentuk Tubuh Rectangle (Persegi Panjang)

Bentuk tubuh rectangle memiliki proporsi yang hampir sama di seluruh bagian tubuh, tanpa pinggang yang terlalu terdefinisi. Untuk menciptakan ilusi pinggang yang lebih kecil, pilihlah lengan kaos dengan detail seperti lipatan, kerutan, atau pita di area pinggang. Lengan tumpuk atau lengan raglan dengan detail di bagian pinggang dapat memberikan dimensi tambahan dan menambah keindahan pada bentuk tubuh rectangle.

  • Bentuk Tubuh Inverted Triangle (Segitiga Terbalik)

Bentuk tubuh inverted triangle memiliki bahu yang lebih lebar dibandingkan dengan pinggang dan pinggul yang lebih sempit. Untuk menyeimbangkan proporsi tubuh, pilihlah lengan kaos yang dapat memperhatikan bagian bawah tubuh. Lengan setengah atau lengan panjang dapat memberikan kesan yang lebih simetris. Hindari lengan raglan atau lengan pendek yang dapat membuat bahu terlihat lebih lebar.

Jadi, sudah cukup jelaskan penjelasan Minto tentang macam macam lengan kaos dan juga keterangan masing-masing lengan kaos ini cocok untuk bentuk tubuh seperti apa. Semoga informasi yang Minto bagikan ini bermanfaat terutama untuk kamu yang saat ini sedang mencari kaos dengan model lengan yang pas untuk kamu gunakan.

Terima kasih sudah membaca artikel dari Blog Knitto ini, jangan lupa untuk vote ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur