Mau Endorse Influencer? Kenali Dulu 5 Tingkatan Influencer

0

BELI SEKARANG

Mempunyai bisnis itu terkadang dinilai mudah untuk dijalani padahal jika dibedah prosesnya bukan merupakan hal yang mudah dan mempunyai perjalanan yang panjang. Dalam berbisnis memang benar banyak yang harus dikerjakan, dipersiapkan dan juga dipikirkan matang-matang.

Sama halnya seperti ketika kamu akan melakukan promosi untuk produk dan bisnis kamu. Harus kamu persiapkan dan pikirkan secara matang, bagaimana cara promosinya, akan menggunakan media apa, siapa yang akan terlibat, dan masih banyak lagi.

Mungkin untuk kamu yang mempunyai bisnis dan sedang mencari salah satu cara untuk mempromosikan produk bisa mencoba dengan cara endorsement kepada influencer, atau mungkin kamu pernah mendapatkan rekomendasi influencer dari rekan-rekan bisnismu yang lain?

“Coba endorse aja si influencer A, hasilnya oke banget loh..” mungkin kalimat ini pernah kamu dapatkan sebagai seorang pengusaha yang baru memulai bisnisnya.

Endorse, sepertinya menjadi salah satu jalan yang sudah banyak diambil oleh para pebisnis untuk mempromosikan produk dan brandnya menggunakan jasa influencer. Tapi apa sih Influencer? 

Apa Itu Influencer?

Influencer adalah seseorang yang punya kekuatan untuk mempengaruhi orang lain terutama para pengikutnya di social media dalam mengambil keputusan untuk mencoba bahkan membeli suatu produk.

Beberapa tahun belakangan ini, promosi dengan menggunakan jalur influencer alias endorsement memang sudah menjadi salah satu pilihan yang paling banyak digunakan, mengapa? Karena efek yang dihasilkan dari promosi yang dilakukan oleh para influencer ini benar-benar langsung terasa oleh para pemilik bisnis terutama online shop. 

Tetapi memang efek yang ditimbulkan terhadap bisnis kamu nantinya akan sangat terasa jika kamu memilih influencer yang tepat.

Jangan salah, ada beberapa tipe influencer yang sepertinya harus kamu tahu sebelum menggunakan jasa mereka, yang nantinya bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnis kamu.

Lalu apa saja tipe-tipe influencer yang ada saat ini? Ketahui dulu yuk 5 tingkatan influencer ini.

Nano Influencer

Nano Influencer, influencer ini adalah yang punya followers sekitar 1.000 – 10.000. Meskipun jumlah followers nya belum begitu banyak, tapi kualitas dari influencer ini tetap bagus.

Followers nano influencer jauh lebih aktif, interaksi antara influencer dan followers juga cenderung lebih dekat sehingga akan lebih mudah untuk memberikan pengaruh dan berkomunikasi. 

Micro Influencer

Micro Influencer, para influencer yang followersnya sudah mencapai 10.000 – 100.000, semakin banyak followersnya jangkauannya bisa semakin luas lagi dan bisa menjangkau berbagai lapisan masyarakat juga.

Mid-tier Influencer

Mid-tier influencer, influencer ini followersnya sampai 500.000, memungkinkan untuk bisa mencapai yang cakupannya sudah pasti lebih luas lagi.

Tetapi memang influencer ini akan sangat jarang berinteraksi dengan audience mereka. Kalau kamu menargetkan pasar yang lebih luas lagi, tipe influencer inilah yang kamu butuhkan.

Macro Influencer

Macro influencer, mau yang lebih banyak lagi followersnya dan lebih banyak yang dijangkau? Pakai macro influencer untuk mempromosikan produk kamu, karena mereka ini biasanya mempunyai 500.000 – 1.000.000 followers. Konten-konten yang mereka unggah hanya berdasarkan niche utama mereka dan punya spesifikasi kategori tertentu.

Mega Influencer

Mega Influencer – Followers sudah lebih dari 1 juta? Dipastikan mereka adalah Mega Influencer dan  sudah masuk ke dalam kategori selebritas, yang skala cakupannya mungkin bisa satu Indonesia.

Mau gunakan jasa mereka untuk endorsement? Tentu bisa, tapi harus persiapkan juga budgetnya ya, karena Mega Influencer ini biasanya memasang tarif yang tidak murah untuk setiap endorsement nya

Setelah mengetahui 5 jenis dari influencer ini, kamu bisa memilih kira-kira jenis influencer mana yang cocok dengan kebutuhan kamu dan bisa mempromosikan produk juga bisnis yang kamu jalani.

Agar kamu tidak bingung dan salah dalam memilih, berikut ini beberapa tips yang bisa kamu coba sebelum kamu memilih seorang influencer untuk mempromosikan brand kamu.

Tips Memilih Influencer

Research

Hal yang paling utama adalah research, ini sangat penting dan ini merupakan hal mendasar yang wajib kamu lakukan.

Cari tahu seperti apa konten yang dibawakan, bagaimana cara penyampaian setiap materi kontennya, lalu bagaimana engagement dari influencer tersebut, sehingga kamu bisa mengetahui apakah influencer tersebut cocok dan relevan dengan bisnis kamu atau tidak. 

Pilih Influencer Yang Sesuai Dengan

Saat kamu membangun bisnis, kamu pasti sudah tahu siapa mu kan? Ketika kamu memutuskan bekerja sama dengan influencer sebaiknya pilih yang sesuai dengan target market atau audiens kamu.

Perhatikan Followers dan Engagement Influencer

Hal yang menjadi kekuatan utama dari seorang influencer adalah Followers dan Engagement sebagai amunisinya.

Semakin banyak followers yang dimiliki oleh influencer tersebut maka cakupan audience yang bisa dijangkau akan semakin luas juga.

Tapi jangan sampai terkecoh oleh angka followers yang tertera ya, kamu juga harus memastikan apakah followers yang dimiliki ini merupakan followers aktif atau bukan? Karena jika angkanya followers tinggi tetapi bukan merupakan followers aktif, akan kurang maksimal juga nantinya. 

Selain followers, yang harus kamu perhatikan juga adalah bagaimana engagement yang dimiliki oleh akun sang influencer.

Fungsi dari influencer ini kan sebagai penyambung antara kamu dengan bisnismu yang disampaikan oleh sang influencer.

Jika influencer tersebut tidak mempunyai engagement yang baik dengan followersnya, bagaimana nanti audience akan aware dengan promosi yang dibuat?

Apalagi jika performa engagement nya seperti like dan comment nya sedikit tetapi followers yang dimiliki ternyata banyak, bukankah ini harus dipertanyakan? 

Reputasi Influencer

Hal yang terakhir adalah cari tahu terlebih dahulu bagaimana reputasi dari influencer yang akan kamu pilih ya, bagaimana hasil yang diberikan dari setiap kerja samanya, lalu apakah ia pernah bekerja sama dengan brand kompetitor atau tidak.

Nah semoga dengan adanya beberapa tips ini bisa membantu kamu sebelum bekerja sama dengan influencer, agar orang yang kamu pilih ini tepat untuk mempromosikan brand kamu dan bisa memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang kamu inginkan. 

Di era yang sudah serba digital ini, mau tidak mau memang kita harus mencoba beradaptasi dengan teknologi dan kebiasaan-kebiasaan anak muda yang sedang trend sehingga kita bisa dengan mudah menjangkau mereka dan mempromosikan produk dengan mudah juga. 

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat,

Telepon : (022) 20589089

YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*