Menambah Pendapatan di Era Pandemi

0

BELI SEKARANG

Di era pandemi ini, semua bidang usaha pasti menghadapi penurunan pendapatan. Dalam masa yang sulit ini, berjualan secara offline juga tidak terlalu efektif karena adanya aturan menjaga protokol kesehatan. Namun jangan khawatir, dalam setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. Dalam era pandemi ini, Anda dapat menambah pendapatan dengan memanfaatkan penjualan secara online menggunakan marketplace dan dan ecommerce. Berjualan menggunakan platform online juga dapat menjadi bisnis sampingan. Dengan platform online, Anda dapat membuka bisnis dengan modal kecil.  Berikut adalah bisnis yang dapat dijalankan secara online:

3 Model Bisnis Online yang Dapat Dibangun Dengan Modal Minim

Menambah Pendapatan di Era Pandemi 1

  1. Dropship

Anda bisa memanfaatkan teknologi online dengan sistem berjualan dropship. Dropship adalah salah satu sistem berjualan yang minim modal, bahkan tidak mengeluarkan modal sepeserpun. Cara berjualan sistem dropship adalah penjual akan memesankan barang pesanan konsumen kepada supplier dan supplier akan mengirimkan barang tersebut langsung kepada konsumen menggunakan nama penjual sebagai pengirim barangnya. Sistem dropship ini sangat minim resiko, karena Anda tidak perlu menyetok barang. Kekurangan dari sistem dropship yaitu konsumen tidak bisa lihat langsung kualitas barangnya sehingga konsumen tidak akan percaya 100% dengan Anda.

2. Reselling

Reselling merupakan sistem berjualan yang sudah sangat populer sejak adanya sistem berjualan online. Reselling merupakan sistem penjualan dimana penjual membeli produk dari supplier dan menjualnya kepada konsumen. Sistem reselling membutuhkan modal lebih besar daripada sistem dropship karena penjual harus membeli barang terlebih dahulu dan mengirim barang yang dibeli konsumen sendiri. Pada sistem reselling, penjual dapat beresiko rugi bila barang stok tidak terjual. Namun dengan adanya barang stok, konsumen dapat melihat fisik produk yang dijual sehingga konsumen akan lebih percaya.

3. Jasa Titip atau Jastip

Jasa titip atau lebih dikenal jastip merupakan salah satu sistem berjualan online. Sistem jastip menawarkan konsumen untuk menitipkan daftar belanjaan kepada penyedia jastip. Tarif yang digunakan umumnya berkisar 10-50 ribu Rupiah, tergantung dengan barang, asal tempat, dan penyedia jastipnya. Sistem jastip dapat dibilang mengeluarkan biaya yang lumayan minim sehingga dapat dijadikan salah satu alternatif berjualan secara online. Membangun sistem jastip cukup sulit, namun ketika Anda sudah mendapat rasa kepercayaan konsumen, berjualan secara  jastip akan menjadi semakin mudah.

Kesimpulan

Berbisnis memang bukan suatu hal yang mudah. Jatuh bangun, untung rugi sudah menjadi pemandangan wajar bagi pebisnis. Intinya, carilah peluang yang tepat dan baik dan manfaatkan peluang tersebut, jangan takut untuk mencoba. Jangan lupa untuk memperhatikan sistem pemasaran, karena pemasaran yang baik dapat membantu meningkatkan daya tarik konsumen pada brand Anda.

Untuk jenis produknya, pastikan produknya dibutuhkan oleh masyarakat walau ditengah pandemi. Misalnya bisnis bidang fashion yang menjual piyama, oblong, dan lainnya. Masyarakat tetap menggunakan untuk kesehariannya. Jadi tentu saja bisnis di bidang tersebut akan tetap berjalan. Jika ada dana lebih, Anda juga bisa membuat produk Anda sendiri, bisa produksi sendiri maupun memakai vendor. Misalnya piyama dengan motif atau model yang hanya dimiliki toko Anda. Faktanya, bisnis fashion terus berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini disebabkan oleh demand masyarakat yang terus meningkat. Bisnis fashion sendiri cukup fleksibel, dapat dikerjakan penuh waktu maupun menjadi usaha sampingan. Walaupun banyak saingan, jika Anda memiliki yang sesuai dengan pasar produk Anda pasti tetap laris manis. Jika bisnis ini berkembang, setelah era pandemi pun bisnis Anda masih tetap dapat dijalankan. Dengan adanya sistem penjualan online, Anda dapat mengembangkan berbagai usaha asalkan paham untuk memanfaatkan peluang dan teknologi.

TOKO BAHAN

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN  YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*