3 Rekomendasi Mesin Jahit Kaos Terbaik Yang Harus Kamu Punya

0
5/5 - Vote count: 1 vote

3 Rekomendasi Mesin Jahit Kaos Terbaik Yang Harus Kamu Punya – Dalam proses pembuatan sebuah kaos, banyak alat dan bahan yang dibutuhkan salah satunya adalah mesin jahit kaos. Jika tidak ada mesin jahit bagaimana kamu akan menggabungkan potongan-potongan kain yang sudah dipotong dan dibentuk dari pola kaosnya kan?

Mesin Jahit Kaos
Mesin Jahit Kaos

Apakah mesin jahit yang digunakan untuk membuat kaos sama dengan mesin jahit biasa? Sebenarnya untuk membuat kaos, dibutuhkan mesin jahit kaos yang khusus alias tidak menggunakan mesin jahit biasa, tapi jika ditanya apakah bisa menjahit kaos menggunakan mesin jahit biasa? Jawabannya bisa, tapi pasti hasilnya nanti akan sedikit berbeda ya.

Biasanya untuk membuat dan menjahit kaos, dibutuhkan 3 jenis mesin yang berbeda-beda, dengan fungsi nya yang berbeda juga. Jadi jika kamu ingin memulai bisnis kaos dengan memproduksinya sendiri tanpa menggunakan jasa penjahit atau vendor konveksi, maka kamu harus mempunyai 3 jenis mesin jahit kaos ini. Lalu apa saja 3 mesin jahit kaos tersebut? Semuanya akan dijelaskan di artikel ini ya.

3 Jenis Mesin Jahit Kaos Yang Biasa Digunakan Konveksi

Mesin Jahit Kaos: Obras (Mesin Obras / Overlock)

Mesin jahit kaos pertama yang harus kamu punya untuk bisa memproduksi kaos dengan kualitas yang bagus adalah Mesin obras, tidak hanya konveksi dan penjahit kaos saja yang wajib memiliki mesin obras, semua penjahit rasanya harus punya mesin ini ya.

Mesin obras adalah mesin yang fungsinya untuk mengunci kain dan juga untuk merapikan ujung kain agar tidak terurai.

Salah satu jenis mesin jahit kaos ini mempunyai berbagai macam jenis, yang dibedakan dari jenis benangnya seperti benang 3, benang 4 dan benang 5. Mesin Obras juga dikenal dengan nama atau sebutan mesin Overlock, untuk menjahit kaos dan baju biasa kamu bisa menggunakan jenis mesin overlock atau mesin obras benang 3.

Mesin Jahit Kaos: Overdeck (Mesin Overdeck)

Mesin yang kedua adalah Mesin Overdeck yang mana biasanya membutuhkan 3 benang dan 2 jarum. Mesin yang fungsinya untuk menjahit bagian bawah kaos dan bagian lengan pada lipatan bawahnya. Selain itu, mesin ini juga bisa digunakan untuk Merapikan bagian Rib pada bagian leher kaos.

Hasil jahitan dari mesin Overdeck ini sangat unik karena bagian atas atau bagian luarnya berbentuk dua jahitan lurus, tetapi bagian bawahnya atau bagian dalam jahitannya berbentuk jahitan obras.

Mesin Jahit Kaos: Jarum 2 Rantai (Mesin Jarum 2 Rantai)

Mesin jarum 2 rantai bisa dikatakan sebagai mesin yang wajib sekali untuk dimiliki oleh produsen kaos, mesin ini juga dikenal sebagai mesin chainstitch. Mesin ini digunakan untuk menjahit bis di bagian bahu dan sambungan Rib. Hasil jahit dari mesin jahit 2 rantai adalah bentuknya yang menyerupai rantai pada bagian bawahnya dan pada bagian atas, tampak seperti jahitan lurus biasa.

Mesin ini menggunakan 2 buah jarum dan 4 benang

Selain ketiga mesin jahit kaos di atas, ada beberapa jenis alat yang juga harus kamu persiapkan untuk menjahit kaos. 

Mesin Cutting / Mesin Potong

Selain mesin jahit, mesin yang juga sama pentingnya dalam proses pembuatan kaos adalah mesin potong. Untuk produksi dengan skala besar, mereka tentu sudah tidak lagi memotong kain dengan menggunakan gunting, tetapi mesin cutting atau mesin potong. Di vendor-vendor konveksi pun jenis mesin potong yang digunakan biasanya jenis Straight Cutter.

Straight cutter adalah mesin pemotong untuk kain yang mana memiliki mata pisau dengan bentuk lembaran plat baja lurus yang ukurannya antara 5 hingga 14 inci. 

Ketika digunakan untuk memotong bahan kain mata pisau tersebut bergerak naik turun (dua arah) yang sudah otomatis dan memotong tumpukan kain yang cukup tinggi yang sesuai dengan kemampuan atau kapasitas dari mesin potong. 

Dalam memproduksi kaos, bukan hanya mesinnya saja yang harus diperhatikan dan dipersiapkan dengan baik, tetapi bahan kain kaosnya pun harus kamu perhatikan dengan baik dan pastikan kamu memilih jenis bahan yang berkualitas baik dan tidak menggunakan bahan yang asal-asalan, karena bahan kaos yang kamu pilih akan sangat mempengaruhi kualitas dari produk yang kamu buat.

Maka dari itu Minto akan berikan juga beberapa rekomendasi bahan kaos berkualitas jempolan yang bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar dari kaos yang akan kamu produksi.

Rekomendasi Bahan Kaos Berkualitas

1. Cotton Combed

Tidak ada yang perlu kamu ragukan dari bahan Cotton Combed, karena kain yang dibuat dari 100% serat kapas atau katun ini mempunyai kualitas yang bagus sekali. Tekstur dari kainnya sangat lembut dan halus, kainnya terasa adem saat digunakan, dapat menyerap keringat dengan baik dan tentunya kain ini sangat cocok untuk digunakan di Indonesia dengan iklim tropisnya ini, pilihan yang sangat tepat tentunya.

Apalagi jika kamu menggunakan kain Cotton Combed dari Toko Bahan Kaos Knitto, bahan kaos katun ini tersedia dalam pilihan gramasi dan ketebalan kain yang beragam, terdapat 5 pilihan ketebalan seperti:

  • Cotton Combed 16s
  • Cotton Combed 18s
  • Cotton Combed 20s
  • Cotton Combed 24s
  • Cotton Combed 30s 

Warna yang kami sediakan juga sangat banyak terutama pada kain Cotton Combed 30s, karena kami sudah menyediakan 100 warna kain yang sangat adorable dan sayang jika kamu lewatkan.

2. Cotton Carded

Pilihan kedua yang bisa kamu coba adalah kain Cotton Carded, Minto bisa katakan jika kain ini 11-12 dengan kain Cotton Combed, karena komposisi yang digunakan sama yaitu 100% serat cotton hanya saja memang proses pembuatan kainnya sedikit berbeda, karena kain Cotton Carded hanya sampai ke proses penggarukan saja tidak seperti proses pembuatan Cotton Combed. 

Meskipun begitu kualitas dari kain ini masih tetap bisa dipertanggung jawabkan, karena memang kualitasnya tetap baik. Tekstur dari kain ini bagus, kainnya dapat menyerap keringat dengan baik, hanya saja memang kain ini permukaannya sedikit berbulu.

3. Cotton Bamboo

Kain Cotton Bamboo adalah bahan kaos yang dibuat dari kombinasi katun serta serat bambu dengan persentase 30% serat katun dan 70% serat bambu.

Cotton Bamboo memang mempunyai kandungan anti bakteri yang berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”.  Jadi tidak heran jika bahan ini kami rekomendasikan untuk pakaian anak karena sangat aman untuk anak-anak sebab dari zat yang terkandung pada kainnya pun sangat baik.

Mau mendapatkan rekomendasi kain lebih banyak lagi? Coba klik di bawah ini ya.

Baca Juga: Kelebihan dan Rekomendasi Kain Knit untuk Bahan Kaos

Terima kasih Knittopreneurs sudah membaca artikel Minto sampai akhir ya, semoga apa yang kami paparkan pada artikel ini bermanfaat untuk kalian semua ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur