8 Jenis Mesin Jahit Terbaik Untuk Pakaian

0
5/5 - Vote count: 45 votes

Mesin jahit adalah alat utama untuk membuat pakaian. fungsi utama mesin jahit adalah berfungsi untuk menggabungkan atau menyambungkan bagian-bagian pada pakaian seperti kerah, lengan dan bagian badan sehingga menjadi sebuah pakaian jadi yang siap digunakan.

Mesin Jahit
Mesin Jahit

Pemakaian mesin jahit ini bertujuan untuk mempercepat proses pengerjaan sehingga waktu yang diperlukan untuk membuat produk pakaian lebih cepat dan rapi, dan berpengaruh terhadap biaya produksi. Berikut jenis-jenis mesin jahit dan fungsinya :

Mesin jahit klasik ini merupakan mesin yang menggunakan tangan, karena mesin jahitnya diputar dengan tangan untuk menggerakan mesinnya, cara kerjanya cukup gampang dan harganya sangat murah. Mesin ini memiliki bentuk jahitan 2 benang sejajar diatas yang dikunci dengan jahitan di bawahnya.

  • Mesin Jarum Dua Rantai 

Mesin jahit jarum dua rantai merupakan dua jarum yang bekerja dengan sistem jarum feed mechanism untuk menghasilkan dua baris jahitan rantai yang elastis dengan bentuk tegas. 

Mesin jarum dua rantai banyak dipakai untuk menjahit kaos, bedcover, pakaian dalam dan pakaian yang berbahan kulit. Usaha konveksi kaos menggunakan mesin jenis ini karena rata-rata pemesan kaos/buyer meminta penggunaan standar jahitan jarum dua rantai.

  • Mesin Overdeck

Mesin ini sering digunakan industri garmen untuk menjahit pakaian berbahan kaos, juga untuk menjahit resleting nilon. Meskipun bekerja dengan kecepatan tinggi, mesin ini tidak menimbulkan kebisingan.

Perawatan khusus wajib dilakukan untuk memelihara mesin agar tidak mudah rusak dan bisa terus beroperasi dengan maksimal. Mesin ini dapat digunakan untuk teknik menjahit tingkat dasar maupun tingkat lanjut.

  • Mesin Neci 

Mesin neci berfungsi untuk merapikan pinggiran tepi kain tapi dengan hasil yang lebih rapi dari pada mesin obras. Dengan  mesin ini tepian pada kain akan lebih rapi karena dilengkapi dengan pisau pemotong. Mesin ini banyak digunakan untuk menjahit pinggiran dalam pembuatan kerudung.

  • Mesin Highspeed

Mesin highspeed ini menjahit dengan kecepatan tinggi dan dilengkapi dengan sistem untuk mengunci jahitan di awal dan di akhir proses menjahit. Karena mesin menjahit dengan cepat, perlu keahlian khusus untuk mengoperasikannya.

Mesin highspeed ini sudah menjadi mesin standar di konveksi. Hasil jahitan yang rapi dan dikerjakan dengan cepat membuat proses menjahit lebih efisien dan bisa menekan biaya produksi. Umumnya para penjahit konveksi dituntut ahli dalam menggunakan mesin ini.

  • Mesin Automatic 

Mesin jahit automatic ini cukup lengkap, hanya dengan menekan tombol konfigurasi yang ada pada bagian body mesin, kita bisa mendapatkan berbagai jenis jahitan, awalnya penggunaan mesin jenis ini mungkin akan sedikit sulit karena banyaknya fitur yang ada, walaupun sudah ada sebagian mesin yang memakai monitor, sebaiknya manual book jangan di simpan terlalu jauh dari mesin ini. Mesin digital ini cocok untuk industri kreatif karena variasi jahitan di mesin ini cukup banyak, jadi kreatifitas kita bisa disalurkan di mesin jahit ini.

  • Mesin Obras 

Mesin jahit obras digunakan untuk merapikan jahitan. Maksudnya yaitu agar bahan yang sudah dijahit serat kainnya yang ada di pinggir tidak lepas maka dengan adanya mesin jahit obras akan memperkuat jahitan. Membuat jahitan lebih rapi dan terdapat pisau pemotong pada mesin ini, sebagai contohnya pada jahitan celana jeans, jahitan lebih kuat, mesin obras ini digunakan di akhir pekerjaan menjahit.

  • Mesin Lubang Kancing 

dari namanya kita sudah dapat menebak fungsi dari mesin jahit ini. Mesin ini berfungsi untuk membuat jahitan dalam atau untuk membuat lubang kancing. Agar lobang kancing yang sudah di sobek tidak sobek atau memanjang kemana mana, dengan adanya msin jahit lobang kancing ini memberikan batas untuk kancing itu sendiri. Sebagai contohnya seperti pada kemeja, celana, jas dan yang lainnya yang menggunakan accessories kancing.

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur