10 Ide OOTD Rok Lilit yang Anggun dan Cara Memakainya, Auto Ramping!

0
5/5 - Vote count: 75 votes

10 Ide OOTD Rok Lilit yang Anggun dan Cara Memakainya, Auto Ramping! – Bicara soal outfit kondangan, Knittopreneur mungkin langsung tertuju pada rok lilit. Fashion satu ini banyak dipilih karena simpel dan fleksibel.

Ide OOTD Rok Lilit dan Cara Memakainya
Ide OOTD Rok Lilit dan Cara Memakainya

Sesuai namanya, rok lilit adalah kain panjang bermotif asal Indonesia yang dililit dan diikat di pinggang. Jadi, Knittopreneurs dapat menyesuaikannya dengan bentuk tubuh pribadi.

Potongannya yang asimetris juga memberikan kesan feminim dan anggun. Biasanya, rok ini dikenakan untuk acara kondangan. Namun seiring waktu, rok ini juga banyak digunakan sehari-hari karena mudah di-mix and match dengan outfit lain.

Ide OOTD Rok Lilit dengan Atasannya

Selain memberikan kesan tradisional yang elegan, rok ini juga fleksibel untuk dikombinasikan dengan berbagai atasan. Yuk, intip atasan rok lilit yang anggun dan kekinian sebagaimana dirangkum oleh Minto berikut ini!

Kebaya Encim

OOTD Rok Lilit dengan Kebaya Encim
OOTD Rok Lilit dengan Kebaya Encim (Sumber: Instagram.com/maudyayunda)

 

Rok lilit dan kebaya encim adalah pasangan sempurna untuk menciptakan penampilan klasik dan anggun. Kebaya encim yang biasanya terbuat dari bahan brokat terlihat super chic saat dipadukan dengan rok bermotif batik atau tenun.

Untuk kesan yang lebih fresh, pilih kebaya encim dengan warna-warna netral atau pastel, sedangkan roknya bermotif bold untuk menyeimbangkan tampilan. Lengkapilah OOTD dengan sepatu wedges agar tampak semakin super stunning!

Blazer Crop Top

OOTD Rok Lilit dengan Blazer Crop Top
OOTD Rok Lilit dengan Blazer Crop Top (Sumber: Instagram.com/prillylatuconsina96)

Kalau mau look yang lebih fresh, Knittopreneurs bisa mencoba memadukan blazer crop top dengan rok lilit. Outfit ini bakal makin elok untuk yang memiliki badan petite karena akan menciptakan ilusi tubuh yang tinggi.

Pilih warna blazer yang netral seperti hitam dan putih, lalu pasangkan dengan rok bermotif dengan warna yang kontras. Sempurnakan look dengan belt berukuran kecil sebagai aksen.

Blouse Sabrina

OOTD Rok Lilit dengan Blouse Sabrina
OOTD Rok Lilit dengan Blouse Sabrina (Sumber: Instagram.com/febbyrastanty)

 

Buat Knittopreneurs yang ingin tampil dengan gaya modern, rok lilit bisa dipadukan dengan blouse sabrina. Kombinasi ini akan membuat look terlihat playful tapi tetap feminin. Pilih warna-warna yang cerah dan serasi antara rok dan blouse untuk look yang catchy!

Sayangnya, blouse sabrina mungkin kurang cocok untuk Knittopreneurs berbahu lebar atau yang memiliki tubuh berbentuk segitiga terbalik. Sebab, atasan ini dapat membuat tubuh tampak lebar. Sebagai gantinya, pilihlah blouse dengan kerah V atau asimetris.

Outer Batik

OOTD Rok Lilit dengan Outer Batik
OOTD Rok Lilit dengan Outer Batik (Sumber: Instagram.com/laurabas)

Cantik dengan sentuhan etnik, itulah kesan yang tercipta jika Knittopreneurs mengenakan outer batik untuk melengkapi tampilan dengan rok lilit.

Kombinasi ini cocok untuk acara formal seperti kondangan atau event resmi lainnya. Kunci agar look makin maksimal adalah memilih outer dengan potongan loose dan padukan dengan inner yang nyaman.

Untuk menambah kesan anggun, kenakan inner berenda berwarna netral. Meski tanpa aksesoris, penampilan Knittopreneurs pun sudah terlihat kece!

Baca Juga: Memahami Kain Jarik, Ciri Khas, 7 Fungsi dan Jenis-jenisnya

Tank Top

OOTD Rok Lilit dengan Tank Top
OOTD Rok Lilit dengan Tank Top (Sumber: Instagram.com/inijedar)

Tank top bisa memberikan kesan yang kasual pada rok lilit, sehingga cocok dikenakan sehari-hari. Dengan memakai tank top polos, motif rok juga akan lebih menonjol, yang akan menjadi fokus utama dalam OOTD.

Atasan Tunik

OOTD Rok Lilit dengan Tunik
OOTD Rok Lilit dengan Tunik (Sumber: Pinterest)

Atasan rok lilit selanjutnya adalah tunik yang hijab-friendly. Knittopreneurs bisa memilih tunik yang longgar dengan potongan flowy agar tetap nyaman sepanjang acara.

Bahan tunik yang ringan dan adem seperti satin atau chiffon sangat direkomendasikan karena memberikan sentuhan yang glamor dan effortless.

Knittopreneurs bisa menyelipkan tunik ke dalam rok, atau pun membiarkannya begitu saja. Sepatu wedges bisa jadi pilihan alas kaki yang stylish tapi tetap nyaman, terutama jika menghadiri acara yang lama.

Blouse Peplum

OOTD Rok Lilit dengan Blouse Peplum
OOTD Rok Lilit dengan Blouse Peplum (Sumber: Instagram.com/nadinelist)

Potongan peplum yang cantik akan memberikan efek pinggang ramping dan proporsional, sehingga cocok untuk Knittopreneurs yang ingin menonjolkan siluet tubuh. Badan auto terlihat body goals!

Dipadukan dengan rok lilit, Knittopreneurs akan terlihat pangling saat menghadiri acara, baik kondangan atau sekadar hangout dengan teman.

Namun begitu, tubuh pear shape atau bentuk pinggul lebih besar daripada bahu mungkin bisa mempertimbangkan atasan jenis lain, karena potongan ini menambah volume di bagian pinggang dan bisa membuat pinggul terlihat lebih besar. 

Blouse tanpa aksen di pinggang akan lebih pas untuk Knittopreneurs yang punya bentuk tubuh seperti ini.

Blouse Batwing

OOTD Rok Lilit dengan Blouse Batwing
OOTD Rok Lilit dengan Blouse Batwing (Sumber: Instagram.com/rustikamiana)

Blouse batwing dengan potongan lengan yang longgar memberikan kesan flowy yang elegan. Blouse yang berbahan chiffon atau satin cocok dipadukan dengan rok lilit polos atau bermotif minimalis.

Aksesori simpel seperti kalung panjang atau anting akan menambah kesan anggun tanpa membuat tampilan terlalu ramai. 

Atasan Lace

OOTD Rok Lilit dengan Atasan Lace
OOTD Rok Lilit dengan Atasan Lace (Sumber: Pinterest)

Atasan lace selalu memberikan kesan mewah dan feminin, sehingga cocok dipadukan dengan rok lilit yang simpel. 

Pilih atasan lace dengan warna-warna netral seperti putih jika Knittopreneurs mengenakan rok bermotif. Namun warna yang soft seperti ivory, nude, atau pastel pas untuk melengkapi rok polos yang simpel.

Cape Blouse

OOTD Rok Lilit dengan Cape Blouse
OOTD Rok Lilit dengan Cape Blouse (Sumber: Zalora)

Potongannya yang flowy dan penuh volume juga akan membuat penampilan Knittopreneurs kian elegan, terlebih jika atasannya memiliki detail bordir atau lace.

Namun begitu, hindari atasan jenis ini jika Knittopreneurs mempunyai tubuh yang mungil. Sebab, ini akan memberikan ilusi tubuh yang terlihat terlihat lebih pendek. 

Potongan blouse dengan aksen garis vertikal atau slim fit mungkin lebih sesuai untuk menciptakan tampilan yang proporsional.

Baca Juga:  Inspirasi OOTD Kondangan Kekinian yang Bikin Pangling!

Cara Memakai Rok Lilit 

Jika baru pertama kali mengenakan rok lilit dan merasa bingung dengan cara mengenakannya, Minto akan memberikan tutorial pemakaian rok lilit yang bisa Knittopreneurs coba. Simak baik-baik, ya!

  1. Siapkan rok lilit yang akan dikenakan. Sebaiknya pilih panjang rok yang sesuai dengan ukuran tubuh Knittopreneurs supaya lebih mudah mengikatnya di pinggang.
  2. Pegang kedua ujung kain di depan tubuh, lalu letakkan di pinggang atau sedikit lebih tinggi sesuai preferensi.
  3. Silangkan kedua ujung kain di depan tubuh, lalu tarik ke arah belakang.
  4. Ikat kedua ujung kain di belakang pinggang untuk mengencangkan lilitan awal.
  5. Bawa sisa kain ke depan dan lilitkan di sekitar pinggang untuk hasil yang lebih rapi.
  6. Buat simpul atau lipatan di bagian depan sebagai aksen. Bisa tambahkan bros untuk mempercantik.
  7. Gunakan peniti jika lilitan terasa longgar atau tambahkan bros sebagai aksesori dan pengaman.
  8. Pastikan rok tidak terlalu panjang atau pendek. Lipat sedikit jika terlalu panjang.
  9. Pastikan lilitan rapi agar tidak terlihat bulky. Jangan lupa kenakan celana inner seperti legging agar tetap nyaman.
  10. Kombinasikan dengan atasan seperti kebaya, blouse, atau outer untuk tampilan anggun dan formal.

Tips Memilih Atasan untuk Rok Lilit

Biar tampilan makin maksimal, pastikan Knittopreneurs memilih atasan yang tepat untuk melengkapi OOTD dengan rok lilit. Bagaimana tipsnya? Simak ulasan Minto berikut:

  • Sesuaikan dengan Bentuk Tubuh

Pastikan memilih atasan yang sesuai dengan bentuk tubuhmu. Jika Knittopreneurs memiliki tubuh pear shape di mana pinggul terlihat lebih besar, pilih atasan yang menambah volume di bagian atas seperti blouse dengan detail di bahu atau lengan supaya lebih proporsional.

Untuk tubuh berbentuk segitiga terbalik di mana bahu tampak lebar dan pinggul kecil, pilih atasan dengan potongan simpel seperti kebaya slim fit atau blouse peplum untuk menyeimbangkan proporsi tubuh.

  • Perhatikan Panjang Atasan

Saat memakai rok lilit, penting untuk memilih atasan yang tidak terlalu panjang. Atasan crop top, blouse sabrina, atau kebaya pendek lebih cocok karena menonjolkan lilitan di pinggang dan tidak menutupi detail dari rok. 

  • Padukan Warna dan Motif

Jika rok memiliki motif yang ramai atau berwarna bold, sebaiknya pilih atasan dengan warna polos atau netral agar tampilan tidak ‘nabrak’, dan tetap seimbang. 

Sebaliknya, jika polos, kamu bisa memilih atasan dengan motif atau aksen brokat untuk memberikan sentuhan elegan. Pastikan warna atasan dan rok saling melengkapi agar lebih harmonis.

Baca Juga: Tips Styling Obi Belt yang Bagus, Auto Ramping!

Dengan inspirasi style rok lilit ini, Knittopreneurs bisa tampil lebih percaya diri. Kuncinya, sesuaikan dengan gaya dan kepribadian agar lebih khas dan berkarakter. Kira-kira OOTD seperti apa yang paling menarik buat Knittopreneurs, nih?

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]