4 Cara Menentukan Target Market Terbaik

0
5/5 - Vote count: 65 votes

Menentukan target market untuk produk yang akan Anda pasarkan adalah hal yang sangat penting. Mengapa? agar tepat sasaran dan mendapatkan hasil sesuai dengan yang Anda inginkan. Pertama ketahui dulu segmentasi dari bisnis Anda secara Demografis, Geografis dan Psikologis.

Target Market
Target Market

Lakukan survey harga untuk menentukan harga jual produk Anda. Penting juga untuk mengetahui seperti apa kebutuhan pasar agar produk yang Anda jual bisa disesuaikan. Jika semua aspek sudah Anda penuhi, segera tentukan strategi apa yang tepat untuk memasarkan produk 

Definisi dan Tujuan Target Market

Apa itu target market dan untuk apa? Target market adalah sebuah kelompok konsumen tertentu yang menjadi sasaran penjualan suatu produk atau jasa . Apa  fungsi dari pengelompokan ini? Dari hasil pengelompokan ini Anda akan mendapatkan data berbagai segmentasi yang nantinya bisa Anda sesuaikan dengan bisnis yang Anda bangun.

Tujuan dari menentukan target market adalah tentu untuk keberhasilan dalam menjalankan bisnis Anda. Selain itu tujuan lainnya adalah agar kegiatan pemasaran produk lebih terarah ke kelompok konsumen tertentu. Memudahkan proses promosi agar tepat sasaran, penentuan harga yang tepat juga guna memudahkan Anda ketika mendistribusikan produk.

Menentukan Target Market

Untuk menentukan target market atau target pasar agar tepat sasaran, Anda bisa melakukan beberapa pengelompokan atau segmentasi sesuai dengan kategori-kategori yang Anda tentukan sendiri. Beberapa kategori di bawah ini mungkin bisa membantu Anda dalam pengelompokan pasar Anda nanti.

Segmentasi Demografis

Langkah awal untuk mengelompokan masa untuk mendapatkan pasar yang sesuai adalah dengan menentukan secara demografis dengan beberapa point seperti di bawah ini.

  • Jenis kelamin
  • Usia
  • Pendidikan

Dari beberapa poin di atas Anda bisa mulai menentukan apakah produk yang akan Anda pasarkan ini nantinya akan cocok dengan point-point di atas. Contohnya produk dari bisnis Anda yang ingin dipasarkan adalah kaos untuk dewasa.

Tentu Anda tidak akan memasarkan kaos Anda kepada anak-anak SMP dengan usia rata-rata 13-15 tahun kan? Tetapi sudah pasti target market Anda adalah pria atau wanita dengan klasifikasi usia sekitar 20-35 tahun misalkan. 

Segmentasi Geografis

Jenis pengelompokan ini bisa Anda lakukan untuk menentukan target pasar Anda berdasarkan lokasi atau wilayah audience atau calon pembeli Anda berada. Untuk mengelompokan secara wilayah, Anda bisa mencoba beberapa hal dasar ini agar memudahkan pengelompokan.

  • Lingkungan
  • Kota
  • Provinsi
  • Wilayah

Segmentasi geografis ini sangat berguna terutama untuk Anda yang baru memulai bisnis, karena Anda bisa menentukan kota-kota mana saja yang menjadi tujuan utama pemasaran produk. Selain itu segmentasi ini bertujuan untuk mengetahui kebutuhan masing-masing para target market, dengan harapan setiap wilayah memiliki kebutuhan yang berbeda sehingga dapat dicocokkan dengan karakteristik produk atau brand Anda. Contohnya seperti penjualan minuman boba pastinya akan lebih laris di daerah atau wilayah yang ditinggali oleh banyak anak muda atau usia sekolah nya masih tinggi.

Dari segmentasi geografis ini, produk yang Anda jual pun bisa disesuaikan dengan lokasi-lokasi yang sudah Anda tentukan untuk target market Anda. Contoh lagi, jika Anda berniat menjual kaos ke daerah seperti Bali, tidak mungkin Anda menjual kaos yang tebal karena pasti tidak akan laku secara udara Bali sangat panas, tentu kaos-kaos yang tipis dan adem lah yang akan dipilih.

Segmentasi Psikologi

Dalam segmentasi ini, Anda akan membagi target pasar berdasarkan kelas ekonomi, kepribadian atau preferensi gaya hidup. Segmentasi ini dibagi menjadi masyarakat berdasarkan 

  • Tingkat pendidikan
  • Tingkat pendapatan
  • Status perkawinan
  • Jenis pekerjaan dan sebagainya. 

Klasifikasi gaya hidup melibatkan nilai, kepercayaan, minat, dan sebagainya. Segmentasi psikografis didasarkan pada teori bahwa pilihan yang dibuat seseorang saat membeli produk atau jasa adalah cerminan dari preferensi gaya hidup mereka. Dengan adanya segmentasi psikologi ini akan membantu Anda menentukan produk yang akan Anda jual akan terasa lebih mudah dan juga Anda bisa mengetahui secara pasti seperti apa kebutuhan pasar.

Hasil data dari pengelompokan secara demografis, geografis dan psikologis ini nantinya  bisa diolah untuk kemudian Anda gunakan ketika akan menentukan jenis produk dan harga yang akan dijual.

Contohnya di kota A jumlah penduduknya masih banyak usia produktif atau anak sekolah dengan kategori jenis kelaminnya adalah laki-laki. Anak laki-laki dengan usia produktif ini banyak memiliki minat terhadap film-film superhero atau film cartoon heroik lainnya.

Jika produk yang akan Anda jual adalah kaos, Anda bisa coba menjual kaos dengan motif-motif lucu seperti gambar superhero atau tulisan-tulisan yang berhubungan dengan banyaknya minat di kota tersebut.

Harga kaos yang akan Anda jual pun bisa Anda tentukan selain dengan hasil perhitungan biaya produksi nya, bisa juga disesuaikan dengan taraf ekonomi di kota tersebut seperti apa sih? Apakah harga yang Anda tawarkan sudah pas dengan wilayah tersebut? Dengan melakukan pengelompokan ini bisnis yang Anda jalankan terasa lebih mudah bukan? 

Manfaat Dari Menentukan Target market

Ketika membangun bisnis kami yakin kesuksesan lah yang ingin Anda raih, dengan menentukan target market beberapa manfaat dibawah ini bisa Anda dapatkan agar bisnis Anda bisa berkembang dan maju.

Membidik peluang pasar yang lebih luas.

Jika peluang pasar lebih luas, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan berkembang lebih cepat dari yang Anda bayangkan. Membuat segmentasi Geografis akan sangat bermanfaat sekali terutama jika Anda ingin melebarkan bisnis Anda kedepannya.

Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas

Ide produk yang datang untuk bisnis Anda mungkin banyak, tapi kira-kira ide mana yang cocok dan bisa direalisasikan dan sesuai dengan target market Anda? Dengan menentukan target market, ide yang ada bisa disesuaikan dengan calon pembeli Anda nanti dan akan lebih efektif.

Mengatur produk menjadi lebih baik.

Produk yang Anda jual akan lebih terarah dan akan lebih mudah juga untuk membuat konsep bisnis Anda. pengaturan distribusi produk pun bisa lebih jelas dan Anda bisa menentukan kira-kira produk mana yang akan didistribusikan ke kota A dan produk apa yang cocok untuk didistribusikan ke kota B.

Menemukan dan membandingkan kesempatan pasar.

Peluang atau kesempatan pasar dari setiap kota mungkin berbeda-beda, dengan menentukan target pasar ini Anda bisa membandingkan terlebih dahulu daerah mana yang peminat dari produk bisnis Anda lebih besar dan kemungkinan Anda bisa langsung menemukan pasar yang tepat dengan cepat.

Mengelompokkan budget yang dimiliki secara tepat.

Membuat perhitungan untuk budget bisnis Anda akan lebih cepat dan lebih tepat. Dan Anda bisa lebih mudah dalam menentukan budget seperti produksi dan promosi karena target market Anda sudah pasti.

Menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.

Untuk memasarkan produk Anda memerlukan ide dan kreatifitas yang tinggi agar terciptanya daya tarik dari masyarakat sebagai calon customer Anda. Jika Anda sudah mengetahui siapa calon customer yang akan Anda hadapi nanti, bentuk promosi pun sudah pasti bisa Anda buat sesuai dengan kategori customernya. 

Tentukan Strategi Pemasaran

Ternyata banyak ya manfaat yang bisa Anda dapatkan dari menentukan target market. Lalu selanjutnya langkah apa yang perlu Anda lakukan agar bisnis Anda bisa mulai berjalan? Menentukan strategi pemasaran untuk bisnis Anda adalah langkah yang perlu Anda ambil. Beberapa point di bawah ini perlu Anda pertimbangkan untuk memasarkan produk Anda nanti.

Gunakan Social Media

Tahun 2019 social media sudah merupakan bagian dari kehidupan masyarakat yang tidak bisa terpisahkan. Berbagai macam platform social media pun sudah banyak bermunculan, kita ingat di tahun 2008 Facebook mulai masuk, diikuti oleh twitter yang kini mulai bersaing dengan Instagram.

Di awal kemunculannya platform social media ini hanya digunakan untuk update kegiatan sehari-hari kepada teman pengikutnya. Masyarakat bisa menghabiskan beberapa jam waktu nya untuk menggunakan berbagai platform social media, melihat aktifitas ini Anda sebagai pengusaha bisa memanfaatkan dengan melakukan promosi produk Anda melalui social media ini

Buka Toko Online dan Marketplace

Di jaman yang sudah serba digital ini, bisnis Anda pun jangan sampai ketinggalan jaman ya. Ikut membuka toko di marketplace pun bisa menjadi salah satu langkah pemasaran produk Anda. kini banyak orang yang mengakses marketplace seperti Tokopedia, Shopee, bukalapak dll, untuk mencari produk atau benda yang mereka butuhkan.

Lalu mengapa tidak Anda pun turut memasarkan produk Anda melalui marketplace tersebut? Atau Anda pun bisa membuat toko online atau website untuk produk Anda yang bisa di akses oleh calon customer yang berminat dengan produk yang Anda tawarkan. Website pun sebenarnya bisa menjadi tempat bagi orang-orang untuk berbelanja ataupun bisa menjadi semacam catalog digital dari produk yang Anda jual

Endorsement

Seperti yang sudah kami paparkan sebelumnya ya, di jaman yang sudah serba digital ini dan social media pun sudah menjadi wadah untuk para pebisnis mempromosikan bisnisnya. Berbicara soal promosi melalui social media, beberapa tahun belakang ini pun muncul istilah endorsement.

Endorsement itu apa sih? Adalah kegiatan memberikan barang secara gratis yang mana barang tersebut nantinya akan dipromosikan oleh public figur atau influencer yang mempunyai basis massa yang banyak yang juga bisa membantu meningkatkan popularitas produk Anda dan membantu mempromosikan produk dan bisnis Anda. 

Di instagram sendiri sekarang sedang marak yang nama nya Selebgram atau selebritis instagram, yaitu orang-orang yang populer di Instagram dan memiliki banyak followers. Kepada selebgram inilah biasanya endorsement-endorsement ditujukan. Dengan harapan setelah produk Anda dipromosikan oleh orang tersebut akan memberikan keuntungan dan produk Anda pun menjadi dikenal oleh masyarakat luas

Bazaar atau Event

Mengikuti event atau bazar pun bisa menjadi cara lain untuk mempromosikan produk Anda, terutama jika Anda ingin memulai berbisnis pakaian atau kaos. Beberapa tahun ini event atau clothing bazaar sedang menjamur di Indonesia dan para pengunjungnya pun merupakan anak-anak muda 

Reseller

Produk Anda sudah mulai terkenal dan mulai banyak dilirik oleh orang-orang yang ingin menjadi reseller? Ini merupakan kesempatan besar Anda. Dengan adanya reseller, produk Anda bisa lebih tersebar luas, yang mungkin sebelumnya Anda hanya memasarkan produk Anda di kota A, dengan dibantu adanya reseller jangkauan pemasaran produk Anda bisa sampai ke kota B, C, D dan kota lainnya. 

Selain beberapa langkah di atas Anda pun bisa mencoba untuk aktif di berbagai forum jual beli atau bisa juga dengan mengikuti berbagai grup di Facebook, WhatsApp atau dimanapun yang bisa membuat bisnis Anda semakin tersebar luas

Coba gunakan 4P Marketing Mix

Lebih singkatnya untuk memasarkan produk dari bisnis Anda,  cara 4P Marketing Mix ini pun bisa Anda gunakan. Apa itu 4P Marketing Mix? 4P marketing adalah Product, Price, Place and Promotion. Bagaimana maksudnya? Perhatikan penjelasannya di bawah ini

  • Product (Produk)

Produk ini dapat berupa seperti barang atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan untuk memenuhi dan melayani konsumen. Produk berupa barang katakanlah pakaian dan kaos tentunya harus memenuhi standar kualitas yang baik dari sebuah produk, selain itu aspek lain seperti kemasan, brand atau merk, kode produk, dll pun harus Anda perhatikan 

  • Price (Harga)

Harga ini perlu diberikan untuk membuat konsumen mau membeli produk Anda. Harga juga ditentukan oleh modal yang dikeluarkan oleh pelaku bisnis untuk membuat produk tersebut. Harga ini juga yang memberikan keuntungan dan kelangsungan hidup dari para pelaku pemasaran.

  • Place (Tempat)

Place atau Tempat untuk menunjukan terjadinya kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh para pelaku pemasaran. Tempat juga mampu menunjukan potensi bagi para pelaku pemasaran untuk memperoleh konsumen yang banyak. Contohnya seperti, pasar, tempat wisata, bazaar, dll.

  • Promotion (Promosi)

Promosi ini dilakukan untuk menarik konsumen lebih banyak lagi. Promosi ini merupakan kegiatan untuk memberikan atau menawarkan informasi yang dapat membuat konsumen menjadi lebih tertarik terhadap produk yang Anda tawarkan dan membuat konsumen memiliki keinginan untuk membeli produk tersebut.

Promosi ini tentunya memiliki tujuan untuk :

  • Mengenalkan produk baru kepada konsumen
  • Menjaga perusahaan untuk tetap stabil demi kelangsungan hidup perusahaan
  • Meningkatkan penjualan produk
  • Menarik konsumen lebih banyak lagi

Pastikan semua langkah di atas sudah Anda lakukan sebelum memulai bisnis Anda, agar target yang Anda ciptakan bisa tercapai dan mendapatkan hasil seperti yang Anda inginkan. Memutuskan bisnis kaos misalnya, bukan hanya strategi-strategi penjualannya saja yang harus Anda perhatikan tetapi bahan baku dan kualitas produk Anda pun perlu Anda jaga dengan sangat, agar konsumen puas dan kembali lagi membeli produk Anda

Agar produk kaos Anda menjadi salah satu produk yang unggul, bahan baku untuk kaosnya pun harus yang unggul dan terbaik. Jika Anda mencari supplier bahan kaos berkualitas bagus, kami siap menjadi supplier bahan kaos yang Anda butuhkan. Bukan hanya kain berkualitas premium saja yang kami sediakan, tetapi warna-warna kain yang ada di toko kami pun sangat beragam.

Terdapat lebih dari 45 warna kain yang kami sediakan dengan menggunakan setting atau lebar kain 42” yang bisa memberikan keuntungan lebih untuk Anda. Lokasi toko kami pun sangat strategis berada di perkotaan yaitu di daerah Jl. Kebon Jukut No. 15 Bandung, dan kami pun sudah hadir di kota Yogyakarta agar Anda warga masyarakat jawa tengah bisa mendapatkan kain dengan kualitas yang sama dan memenuhi kebutuhan bahan baku Anda

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisnis Anda pun bisa berkembang pesat bersama kami. Jangan ragu untuk memulai usaha sendiri karena berhasil bukan hanya sekedar mimpi, kami akan sangat bangga jika bisa menjadi partner dalam kesuksesan Anda. Ayo mulai bergerak dan #TemukanPeluangmu

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082129291192 | 081910607055 | 087722020009

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 081380001012

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur