Mengenal Warna Khaki, Solusi Fashion untuk Setiap Occasion

0
5/5 - Vote count: 16 votes

Mengenal Warna Khaki, Solusi Fashion untuk Setiap Occasion – Halo Knittopreneurs! Berbicara mengenai warna, ada banyak sudut pandang yang bisa diceritakan. Mulai dari penggunaannya dalam berbagai industri, hingga tips padu padan yang bisa ditelisik.

Mengapa Warna Khaki Jadi Pilihan Stylish Masa Kini?
Mengapa Warna Khaki Jadi Pilihan Stylish Masa Kini?

Pada artikel kali ini, Minto akan mencoba menjawab rasa penasaran Knittopreneurs mengenai warna khaki. Apa saja fakta menarik yang bisa kita temukan dari warna ini?

Warna Khaki Seperti Apa?

Sebagai pengrajin, desainer, ataupun pencinta fashion, Knittopreneurs pasti sudah familiar dengan warna khaki. Serupa tapi tak sama dengan warna beige, khaki adalah warna yang serbaguna, dan telah menjadi bagian penting dalam dunia mode. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya mengenai berbagai fakta menariknya? Misalnya, seperti asal-usul, definisi, dan alasan popularitas dari warna ini? Mari sama-sama kita bahas!

Warna Khaki Asalnya Dari Mana?

Warna khaki memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Kata “khaki” berasal dari bahasa Urdu dan Persia, yang berarti “tanah” atau “debu”. Kemunculannya dimulai di India, pada abad ke-19, ketika tentara Inggris mulai mengenakan seragam berwarna khaki untuk tujuan kamuflase. Warna ini dipilih karena kemampuannya untuk menyatu dengan lingkungan alami, terutama di area pasir atau debu.

Dari medan perang, warna ini kemudian dipakai oleh warga sipil, menjadi simbol kepraktisan dan kemiliteran, sekaligus menemukan jalannya ke dalam dunia fashion: khaki menjadi populer sebagai pakaian kasual. 

Pada tahun 1950-an dan 1960-an, celana khaki dan chinos menjadi populer di kalangan mahasiswa dan orang-orang muda. Warna ini dianggap sebagai alternatif yang lebih ‘santai’ dibandingkan warna gelap klasik seperti hitam dan navy, namun tetap mampu membuat penampilan seseorang terlihat rapi dan terorganisir.

Jadi, Khaki Itu Warna Apa?

Khaki Itu Warna Apa?
Khaki Itu Warna Apa?

Warna khaki adalah warna yang sering dianggap sebagai warna netral, dengan nuansa yang berkisar antara kuning kecokelatan hingga hijau keabu-abuan. Ada kesan yang menenangkan dari warnanya, juga memancarkan aura alami dan ketenangan. Khaki juga dikenal karena fleksibilitasnya, mudah dipadukan dengan berbagai warna lain dan dapat diadaptasi ke dalam berbagai gaya pakaian.

Warna Khaki adalah Campuran dari Warna Apa?

Pada dasarnya, warna ini dibuat dengan mencampurkan warna dasar seperti cokelat dan hijau, dengan kombinasi putih atau kuning. Gabungan dari beberapa warna ini dapat menghasilkan spektrum warna yang bervariasi, dari cokelat muda hingga hijau tua, tergantung pada proporsi dan intensitas warna yang digunakan dalam campurannya.

Baca Juga: Tren Warna Tahun 2024 dari PANTONE, Peach Fuzz yang Memikat

Alasan Warna Khaki Menjadi Populer

Dapat dikatakan bahwa khaki kini ditemukan dalam berbagai konteks. Tidak hanya sekedar menjadi warna resmi militer, atau digunakan sebagai seragam PNS, namun juga diaplikasikan dalam banyak lini industri. Lantas, apa yang menyebabkannya bisa begitu populer?

Pertama, fleksibilitasnya membuatnya mudah dipadukan dengan hampir semua warna lain, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk pakaian kasual maupun formal. 

Kedua, warna khaki memberikan kesan praktis dan juga tahan lama, menjadikannya pilihan favorit untuk pakaian outdoor dan kerja. 

Ketiga, popularitasnya dalam industri fashion juga didorong oleh asosiasi historisnya dengan petualangan, eksplorasi, dan kepraktisan militer, yang memberikan nuansa klasik dan timeless.

Mengenal Karakteristik Warna Khaki

Dalam psikologi warna, khaki sering dikaitkan dengan stabilitas dan kekuatan alami. Warna ini berkaitan erat dengan elemen-elemen alam seperti tanah dan kayu, menciptakan perasaan aman dan tenang. Khaki juga sering dilihat sebagai warna yang tidak mencolok, mendorong persepsi kesederhanaan dan fungsionalitas. Warna ini dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres, membuatnya ideal untuk lingkungan yang ingin menciptakan suasana tenang dan ramah.

Ciri-ciri Warna Khaki

Ciri Ciri Warna Khaki
Ciri Ciri Warna Khaki

Warna khaki adalah warna netral yang menawarkan fleksibilitas besar dalam desain dan fashion. Biasanya, khaki adalah campuran dari kuning kecokelatan hingga hijau keabu-abuan, tergantung pada nuansanya. Warna-warnanya cukup lembut dan mudah dipadukan dengan yang lain, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk dasar palet warna. Selain itu, khaki tidak mudah kotor, cocok untuk pakaian yang digunakan sehari-hari atau untuk fashion item yang ingin menonjolkan kesan natural dan down-to-earth.

Fakta Menarik Mengenai Warna Khaki

Salah satu fakta menarik tentang warna khaki adalah asal-usulnya dari seragam militer, di mana warna ini dipilih karena kemampuannya untuk menyatu dengan lingkungan alam. Namun, khaki juga telah membuat transisi yang sukses dari medan perang ke runway fashion. Warna ini telah melambangkan berbagai gerakan dan gaya hidup, dari eksplorasi hingga preppy style

Dalam beberapa tahun terakhir, khaki juga menjadi simbol fashion yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, sering dipilih untuk koleksi yang menekankan pada bahan-bahan alami dan produksi yang sesuai dengan sustainable living.

Baca Juga: Bercerita dengan Warna Beige dalam Dunia Fashion, Si Klasik yang Elegan

7 Jenis Warna Khaki yang Populer

Warna khaki, yang mungkin dianggap sebagai warna monoton, sebenarnya memiliki berbagai nuansa dan corak yang beragam. Setiap shade memiliki karakteristik unik yang dapat memberikan dimensi yang berbeda pada pakaian atau desain. Yuk, intip 7 jenis warna khaki yang paling populer:

  • Classic Khaki: Ini adalah warna khaki yang paling hits. Dengan nuansa cokelat muda yang kalem dan netral, warna ini sering digunakan dalam pakaian kasual dan seragam. Nuansanya memberikan kesan natural dan down-to-earth.
  • Green Khaki: Shade ini memiliki campuran hijau yang lebih dominan. Khaki hijau sering dikaitkan dengan seragam militer dan warna yang cocok untuk pakaian outdoor. Sangat ideal untuk mereka yang ingin menampilkan kesan petualang dan kuat.
  • Brown Khaki: Lebih gelap daripada classic khaki, warna ini memiliki undertone yang lebih hangat. Shade ini memberikan kesan yang lebih formal dan sering digunakan dalam pakaian bisnis kasual.
  • Cream Khaki: Warna khaki krem lebih terang dan memiliki lebih banyak kuning dalam campurannya. Memancarkan kesan yang cerah dan segar, cocok untuk pakaian musim panas atau untuk menciptakan tampilan yang lembut dan santai.
  • Gray Khaki: Merupakan kombinasi antara khaki dengan elemen abu-abu, dan menciptakan nuansa yang lebih ‘dingin’ dari warna khaki. Khaki abu-abu cocok untuk pakaian yang ingin menampilkan kesan modern dan minimalis.
  • Sandy Khaki: Mirip dengan cream khaki, tetapi dengan lebih banyak nuansa cokelat. Warna ini dapat mengingatkan kita pada warna pasir pantai, memberikan kesan hangat dan santai.
  • Light Khaki: Shade ini hampir mendekati beige, dengan nuansa yang sangat ringan. Cocok untuk pakaian musim semi dan musim panas, light khaki memberikan tampilan yang bersih dan menyegarkan.

Dengan memilih shade yang tepat pada fashion item kamu, tentunya membuat kamu dapat mengekspresikan gaya dan suasana yang diinginkan. 

Warna Khaki Cocok dengan Warna Apa?

Dengan banyaknya fashion item yang bermunculan, menandakan penggemar warna khaki makin bertambah, selaras dengan luasnya kemungkinan untuk menggabungkannya dengan berbagai warna lain di keseharian. 

Untuk Knittopreneurs yang mungkin masih bingung, warna khaki cocok dengan warna apa? Berikut adalah beberapa tips untuk memadukan khaki dengan warna lain:

Khaki dan Warna Netral

Khaki dan Warna Netral
Khaki dan Warna Netral

Kombinasi khaki dengan warna netral seperti putih, hitam, atau abu-abu merupakan pilihan aman namun tetap stylish. Contohnya celana warna khaki dengan kemeja putih memberikan tampilan yang bersih dan profesional. Untuk gaya yang lebih santai, padukan jaket khaki dengan jeans hitam atau legging abu-abu.

Khaki dan Warna Pastel

Khaki dan Warna Pastel
Khaki dan Warna Pastel

Warna pastel seperti biru muda, pink, atau lavender dapat memberikan kesan lembut dan feminin saat dipadukan dengan khaki. Kombinasi ini cocok untuk acara kasual di siang hari, atau untuk pakaian sehari-hari di hari yang cerah cenderung panas. Pakaian khaki dengan aksesori warna pastel menciptakan tampilan yang segar dan ceria.

Khaki dan Warna Cerah

Khaki dan Warna Cerah
Khaki dan Warna Cerah

Jangan takut untuk bereksperimen dengan warna cerah seperti merah, kuning, atau hijau. Warna-warna ini menciptakan kontras yang berani dengan khaki, cocok untuk kamu yang membutuhkan boost kepercayaan diri, atau ingin melakukan presentasi. Karena kombinasi ini akan menarik perhatian orang-orang dengan mudah. 

Khaki dan Warna Alam

Khaki dan Warna Earth Tone
Khaki dan Warna Earth Tone

Khaki dapat terlihat harmonis dengan warna-warna alam seperti hijau army atau cokelat. Kombinasi ini menghasilkan tampilan yang natural, cocok untuk pakaian outdoor atau dipakai berolahraga. Celana khaki dengan kemeja flanel hijau atau cokelat memberikan kesan yang nyaman dan siap untuk berpetualang.

Khaki dan Warna Metalik

Khaki dan Warna Metalik
Khaki dan Warna Metalik

Untuk tampilan yang lebih glamor, cobalah padukan khaki dengan aksesori metalik seperti emas atau perak. Terutama untuk kamu yang akan menghadiri acara malam atau pesta, kombinasi keduanya dapat membuat kamu terlihat lebih menyatu dengan gemerlapnya lampu pesta.

Baca Juga: Tips Menemukan Kombinasi Warna yang Cocok dengan Warna Cream

Knittopreneurs, memahami warna khaki dapat membantu kamu dalam menyesuaikan penggunaan warnanya di keseharian, terutama untuk mempertimbangkan apakah fashion item dengan warna ini perlu ada di lemari kamu. Semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang bermanfaat!  

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur