10 Jenis Tinta Sablon Yang Harus Diketahui

0

BELI SEKARANG

10 Jenis Tinta Sablon Yang Harus Diketahui – Tinta sablon secara umum terbagi menjadi dua jenis yaitu tinta dengan jenis water based inks dan tinta dengan jenis solvent base atau plastisol inks. Tinta untuk sablon manual berbeda jenisnya dengan tinta yang  digunakan untuk sablon digital. Waterbase merupakan tinta yang berbasis air sedangkan untuk solvent base ink adalah tinta yang menerapkan basis minyak.

10 Jenis Tinta Sablon Yang Harus Diketahui

Dari setiap macam tinta tersebut akan sangat berhubungan dengan hasil yang akan diperoleh dari teknik sablon itu. Karena banyak sekali jenisnya maka akan sedikit menyulitkan bagi yang masih pemula, akan tetapi jika sudah terbiasa akan terasa sangat mudah untuk mengenalinya dan mudah juga untuk menerapkannya dalam sablonan yang akan dibuat. Berikut ini jenis – jenis tinta sablon yang harus diketahui :

  • Burn Out 

Namanya berasal dari proses penyablonan yang perlu dikeringkan pada suhu sangat tinggi seperti dibakar. Pengeringan menggunakan zat kimia yang menghancurkan separuh serat kain.

Desain dari sablon burn out sendiri akan terbentuk pada polos dari serat-serat yang tidak terbakar. 

  • Glitter 

Seperti namanya, tinta sablon glitter memberikan efek kelap-kelip. Sablon ini merupakan salah satu jenis tinta terbaik yang cocok digunakan untuk polos. Keawetannya juga tidak perlu diragukan lagi. 

  • Kaviar 

Tinta kaviar atau caviar bisa membuat efek butiran-butiran atau bercak tidak beraturan pada permukaan kaos. Selain itu, tinta ini juga membuat efek timbul. Bila dipadukan dengan desain yang sesuai, tinta ini akan menghasilkan dengan sablon yang eksklusif dan mewah. 

  • Chromicolor 

Keunikan jenis tinta chromicolor adalah hasil sablonnya akan membuat efek warna cerah pada kaos. Warna cerah ini akan tampak menghilang saat desainnya diusap namun kembali seperti semula setelah beberapa saat. Tinta sablonnya juga memiliki kualitas bagus dan tahan lama. 

  • Thermoflex 

Tinta jenis thermoflex memiliki beberapa karakter yang lebih menonjol dibandingkan tinta sablon lainnya. Misalnya saja tinta ini bisa dibentuk menjadi timbul sesuai keinginan dan memiliki warna terang dan solid. Saat menyablon dengan tinta thermoflex, material yang digunakan adalah thermos transfer paper. 

  • Photopia 

Karakter tinta photopia memiliki kemiripan dengan glow in the dark (GTD) yakni sama-sama bisa menyala dalam gelap. Perbedaannya, dengan mengaplikasikan tinta photopia, desain yang dihasilkan akan mengeluarkan warna yang berubah-ubah pada cahaya yang berbeda. Namun kekurangannya, harga tinta ini sangat mahal dan masih jarang ada di Indonesia. 

  • Polyflex 

Kekurangan polyflex adalah tidak bisa mencetak desain dengan warna gradasi pada polos dan tidak bisa kontak langsung dengan panas seperti disetrika. Akan tetapi tinta polyflex yang menggunakan stiker vinyl ini memiliki warna cerah dan detail. Keawetan desain ini pada kaos juga cukup tahan lama. 

  • Reflektif 

Selain photopia dan glow in the dark, ada lagi jenis tinta reflektif yang desainnya juga bisa menyala dan berkilauan. Efek bercahaya pada polos akan muncul baik di bawah sinar lampu maupun terik matahari. Keawetan tinta reflektif tergolong bagus. 

  • Asphalt (Aspal) 

Membaca nama tintanya, kalian sudah bisa menebak bahwa tinta ini memberikan efek tekstur dan warna seperti aspal di jalan. Efeknya bisa dibuat timbul dan juga memiliki kilau sendiri. Keawetannya juga tidak perlu diragukan. Akan tetapi, pilihan warnanya hanya terbatas pada satu warna. 

  • Plasticharge 

Tinta terakhir adalah sablon berbahan dasar minyak yakni campuran dari plastisol dan discharge. Hasil sablon yang diberikan tinta ini memberikan efek warna yang tajam. 

Semua jenis tinta diatas hanyalah beberapa jenis tinta yang juga bisa digunakan untuk menyablon kaos polos. Sebagai pengusaha kaos, mengenal lebih banyak jenis tinta tentunya akan memberikan manfaat di kemudian hari.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*