3 Jenis Mesin Jahit Terbaik dan Fungsinya

0
5/5 - Vote count: 30 votes

3 Jenis Mesin Jahit dan Fungsinya – Hi Knittopreneurs! Apa kabar nih, gak kerasa ya sudah di pertengahan bulan Januari. Minto harap Knittopreneurs sekalian sehat-sehat dan sukses terus ya. Dalam artikel kali ini Minto gak akan bahas tentang kain dulu, melainkan mesin jahit, alat yang sangat penting dalam merintis usaha produksi pakaian seperti kaos, jaket, dan polo shirt. Penasaran? Yuk kita cari tahu di penjelasan di bawah.

Jenis Mesin Jahit
Jenis Mesin Jahit

3 Jenis Mesin Jahit Berdasarkan Tipenya

Mesin jahit punya banyak sekali jenisnya, nah sebagai pondasi awal, Minto akan bahas mesin jahit berdasarkan tipenya. Mesin jahit punya 3 tipe, yaitu mesin jahit manual, mesin jahit high speed, dan mesin jahit portable. Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

  • Mesin Jahit Manual

mesin jahit manual

source photo: en.wikipedia.org/wiki/Singer_Corporation

Mesin jahit manual merupakan tipe mesin jahit yang ditemukan di pertama kali. Mesin ini digerakan dengan tangan dan kaki dan dapat beroperasi tanpa listrik. Biasanya mesinnya berwarna hitam, dan sudah satu set dengan mejanya. Tentunya pada zaman yang semakin modern mesin jahit tipe manual ini semakin sedikit digunakan dan sulit ditemukan di toko, karena kebanyakan sudah beralih ke mesin jahit high speed atau portable yang daya jahitnya lebih cepat dan lebih mudah dioperasikan.

  • Mesin Jahit High Speed

mesin jahit high speed

Mesin jahit high speed merupakan mesin jahit yang digerakkan menggunakan listrik dan dinamo, Sesuai namanya, mesin ini dapat menjahit dengan cepat. Mesin jahit ini berat, umumnya dijual satu set dengan mejanya. Memang tipe mesin jahit ini berat dan sulit untuk dipindah-pindahkan, namun mesin jahit satu ini kuat dan tidak mudah rusak, mampu menjahit hampir segala jenis kain dengan berbagai jenis ketebalan. Selain itu, mesin jenis high speed ini dinilai lebih mampu untuk menjahit pakaian dalam jangka waktu yang lama karena mesin ini kuat untuk pekerjaan berat atau heavy duty. Maka tak jarang konveksi atau produsen pakaian besar menggunakan mesin jahit jenis ini. Namun kekurangannya, biasanya watt nya lebih besar dibanding mesin jahit portable.

  • Mesin Jahit Portable

mesin jahit portable

Mesin jahit portable merupakan mesin jahit yang ringan, mudah dibawa kemana-mana. Mesin jahit portable umumnya dilengkapi fitur-fitur yang lebih canggih dibanding mesin jahit high speed seperti variasi jenis jahitan yang beragam, alat memasukkan benang ke jarum otomatis, fitur membuat lubang kancing, dan lainnya. Mesinnya juga compact, cocok untuk digunakan sehari-hari. Namun mesin jahit portable sebenarnya kurang cocok untuk produksi besar karena tidak dirancang untuk pekerjaan yang terlalu berat. selain itu, mesin jahit portable memiliki batas ketebalan kain sehingga tidak semua kain bisa dijahit menggunakan mesin ini. Namun mesin jahit portable menggunakan watt yang lebih sedikit sehingga digemari banyak orang. 

Mesin Jahit yang Diperlukan untuk Membuat Kaos dan Jaket

Untuk membuat dan produksi kaos adalah mesin jahit tipe high speed. Namun ada 3 jenis mesin jahit yang perlu Knittopreneurs siapkan. Yuk catat!

  • Mesin Jahit 1 jarum

mesin 1 jarum

Untuk membuat kaos, mesin jahit 1 jarum sebetulnya tidak terlalu diperlukan bila kaos tidak memiliki detail seperti kantong. Namun untuk menjahit jaket, Knittopreneurs wajib ya punya mesin ini untuk memasang resleting dan kantong. 

  • Mesin Obras

mesin obras 1

Mesin obras adalah mesin yang wajib banget dimiliki kalau Knittopreneurs mau mulai produksi kaos atau jaket. Mesin obras berfungsi sebagai alat menyatukan kain dan membuat ujung kain tidak terurai benangnya sehingga jadi rapi dan lebih tahan lama. Selain untuk membuat kaos, mesin ini juga penting untuk membuat pakaian lainnya seperti polo shirt, celana, dan lain-lain. Mesin ini memerlukan 3-4 benang, menghasilkan hasil jahit yang menyerupai pengulangan angka 8.

  • Mesin Overdeck

mesin overdeck 1

Mesin overdeck merupakan mesin yang wajib dimiliki untuk produksi kaos. Mesin ini memerlukan 4-5 benang dan memiliki 2 jenis hasil jahitan. Jahitan sisi atas atau sisi bagus menghasilkan jahitan 2 baris lurus yang sejajar sedangkan bagian belakangnya menyerupai hasil jahit menyerupai mesin obras yang menyerupai pengulangan angka 8. Biasanya mesin ini digunakan untuk menjahit bagian ujung lengan dan ujung kaos, bisa juga untuk menjahit rib kaos.

  • Mesin Jarum 2 Rantai

mesin jarum 2 rantai 1

Mesin jarum 2 rantai merupakan mesin yang wajib dimiliki untuk produksi kaos dan jaket. Fungsi utama mesin ini adalah untuk menutupi jahitan sambungan bagian belakang leher bagian rib atau sambungan hoodie agar terlihat lebih rapi. Mesin ini menggunakan 3-4 benang, dan memerlukan bisban untuk menutupi bagian belakang leher yang akan dimasukkan ke selongsong mesin dan terjahit bersama. Mesin jahit ini memiliki hasil jahit yang berbeda antara sisi atas dan bawah. Sisi atas (bagian dalam rib) menghasilkan jahitan 2 baris jahitan lurus dan sisi bawah (bagian belakang rib) menghasilkan jahitan rantai.

Nah, sudah tahu kan sekarang jenis-jenis mesin jahit dan mesin apa saja yang dibutuhkan untuk produksi kaos dan jaket? Minto harap artikel ini bisa bantu Knittopreneurs ya! Jangan lupa, untuk bahannya pilih kain berkualitas tentunya hanya di Knitto Textiles Knittopreneurs bisa temukan berbagai jenis kain untuk bahan kaos, jaket, dan polo shirt dengan kualitas dan harga yang bersaing. Knitto Textiles menyediakan 5 jenis ketebalan kain yaitu 30s. 24s, 20s, 18s, dan 16s hingga 100 varian warna. Tunggu apa lagi, beli kainnya sekarang dan penuhi kebutuhan bahan kaos dan jaket kamu hanya di Knitto Textiles! 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur