4 Alasan Kenapa Serat Sintetis Dibuat

0
4.7/5 - Vote count: 12 votes

4 Alasan Kenapa Serat Sintetis Dibuat – Hi Knittopreneurs! Apa kabar? Dalam artikel kali ini Minto akan bahas tentang bahan baku dari kain yaitu serat. Serat merupakan bahan baku yang digunakan untuk membuat kain dan serat sendiri memiliki 3 klasifikasi yaitu serat alami, serat semi sintetis, dan serat sintetis. Nah Minto akan menjelaskan lebih lanjut tentang serat, yuk pelajari semuanya di  bawah ini.

Serat Sintetis
Serat Sintetis

3 Jenis Serat yang Digunakan untuk Tekstil

Terdapat 3 jenis serat yang digunakan untuk tekstil yaitu serat alami, serat semi sintetis dan serat sintetis. Minto akan bantu jabarkan penjelasannya dibawah ini ya: 

  • Serat Alami

Serat alami adalah serat yang diperoleh secara langsung dari sumber alam, seperti tumbuhan, hewan, atau mineral. Serat alami ini memiliki karakteristik unik dan berbeda-beda. Umumnya serat alami terutama yang diambil dari tumbuhan memiliki daya serap yang sangat bagus. Beberapa contoh serat alami adalah serat kapas, serat bambu, dan serat linen

  • Serat Semi Sintetis

Serat semi sintetis, juga dikenal sebagai serat regenerasi, merupakan serat yang dihasilkan melalui modifikasi serat alami menggunakan bahan kimia atau proses kimiawi. Contoh utama serat semi sintetis adalah rayon atau viscose. Serat ini dibuat dari selulosa atau serat alami, seperti kayu atau serat tumbuhan lainnya, yang kemudian diubah melalui proses kimia. 

  • Serat Sintetis

Serat sintetis sepenuhnya dibuat melalui proses kimia dan tidak memiliki sumber alami. Beberapa contoh serat sintetis termasuk Poliester, Nilon, dan Akrilik. Serat ini memiliki kekuatan yang baik, tahan lama, dan tahan terhadap kerutan. Mereka juga memiliki kemampuan yang baik dalam mengendalikan kelembaban dan cepat kering. Serat sintetis umumnya memiliki sifat tahan lama dibandingkan serat alami dan serat semi sintetis.

Serat alami, semi-sintetis, dan sintetis memiliki berbagai karakteristik, kelebihan, dan kekurangan yang berbeda. Agar penggunaan serat maksimal Knittopreneurs bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan hasil akhir kainnya seperti harga dan sifat tekstil yang diinginkan.

Kenapa Serat Sintetis Diciptakan?

Kira-kira kenapa ya serat sintetis diciptakan? Padahal kita dapat menggunakan serat alami atau semi sintetis. Berikut ini adalah alasan kenapa serat sintetis dibuat!

  • Ketersediaan Bahan Baku

Beberapa serat alami memiliki keterbatasan dalam hal ketersediaan bahan bakunya. Contohnya, sutra terbuat dari kepompong ulat sutra (cocoon)  yang hanya diproduksi dalam jumlah terbatas dalam waktu tertentu. Dengan menciptakan serat buatan seperti Polyester atau Nylon, industri tekstil dapat mengandalkan sumber daya yang lebih banyak yang berbahan baku mudah dicari seperti minyak bumi atau bahan kimia tertentu.

  • Menginginkan Kain dengan Karakteristik Khusus

Serat buatan dapat dirancang dengan karakteristik khusus yang sulit atau tidak mungkin ditemukan dalam serat alami. Misalnya, Polyester memiliki kekuatan dan tahan lama yang tinggi, sedangkan Spandex memiliki daya tarik elastis yang baik. Dengan menciptakan serat buatan atau sintetis, produsen kain dapat menghasilkan kain dengan sifat tertentu, seperti ketahanan terhadap kerutan, daya serap air, atau keawetan warna.

  • Meningkatkan Fungsi agar Lebih Baik dari Serat Alami

Serat buatan seringkali memiliki kinerja dan fungsi yang ditingkatkan agar lebih baik lagi dibandingkan serat alami. Misalnya, serat Polyester memiliki kekuatan dan keawetan yang lebih baik daripada serat kapas, sehingga lebih cocok untuk pakaian olahraga atau produk tahan lama. Serat buatan juga dapat dirancang untuk memiliki sifat khusus, seperti contohnya tahan terhadap air (waterproof)i, perlindungan UV, cepat kering (quick dry) atau kemampuan anti-bakteri.

  • Efisiensi Proses Produksi Kain

Serat buatan seringkali lebih mudah diolah dan diproduksi secara massal dibandingkan serat alami. Proses produksi serat buatan dapat dikendalikan dengan lebih baik, lebih cepat, dengan hasil yang diinginkan. Hal ini memungkinkan industri tekstil untuk memenuhi permintaan yang besar dan mendapatkan efisiensi produksi yang lebih baik.

Kain Dengan Bahan Sintetis yang Tersedia di Knitto Textiles

KATEGORI KAIN KNITTO 01

Knitto Textiles menyediakan banyak jenis kain bahan kaos, jaket, hingga polo shirt. Selain kain dengan komposisi serat alami, Knitto menyediakan kain-kain dengan komposisi pure serat sintetis dan campuran serat sintetis dengan alami. Berikut rekomendasi kainnya:

  • CVC

Kain CVC Knitto Textiles terbuat dari 60% serat kapas dan 40% Polyester sehingga masih sangat nyaman digunakan. Kain CVC Knitto Textiles dengan 3 jenis ketebalan kain yaitu 20s, 24s, dan 30s dalam 3 jenis warna misty M68, M70, dan M71. Kain ini cocok untuk bahan kaos dan aman dijadikan media sablon.

  • CVC Pique Hexagon

Kain CVC Pique Hexagon Knitto Textiles terbuat dari 60% serat kapas dan 40% Polyester. Kain ini memiliki ciri khas pada permukaan kainnya yaitu motif rajut berbentuk hexagon atau segi enam. Kain ini memiliki ketebalan 24s dengan 39 varian warna yang menarik. Kain ini memiliki harga yang lebih ekonomis daripada Cotton Combed Pique Diamond Knitto Textiles namun tetap nyaman digunakan.

  • CVC Fleece

Kain CVC Fleece terbuat dari campuran serat kapas dan Polyester. Kain ini memiliki ciri khas pada bagian dalam kainnya yang berupa kumpulan bulu halus. Kain ini memiliki ketebalan kain 280-290 gsm dengan 4 jenis varian warna menarik. Kain ini cocok dijadikan sebagai bahan jaket, sweatpants, dan lain-lain.

  • Polyester Activedry

Kain Polyester Activedry Knitto Textiles terbuat dari 100% Polyester. Kain ini memang dirancang untuk penggunaan olahraga karena mampu menyerap keringat, cepat kering, dan sudah dilengkapi “lubang ventilasi” sesuai motif rajutnya. terdapat 4 jenis motif rajutnya yaitu Evolt, Marton, Diamond, dan Aero. Kain ini cocok dijadikan pakaian olahraga dan sangat aman untuk dijadikan media sablon sublim.

  • Polyester Hera Rib Knit

Polyester Hera Rib Knit merupakan kain yang terbuat dari 100% Polyester, dirancang khusus untuk penggunaan fashion wanita seperti celana, rok, dan atasan. Kain ini memiliki ciri khas pada permukaan kainnya yang memiliki tekstur seperti rib. Kain ini cukup tebal sehingga tidak perlu furing tambahan ketika digunakan sebagai bahan atasan ataupun celana. tersedia dalam 5 jenis warna yaitu Blush Pink, Moss Green, Pale Orchid, Milk Tea, dan Powder Blue.

Gimana, kalau Knittopreneurs tertarik untuk coba kain di atas kamu bisa langsung kunjungi portal.knitto.co.id untuk langsung beli kainnya atau hubungi admin Knitto sekarang juga!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 7607285

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031) 5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur