4 Tips Untuk Meningkatkan Kualitas Clothing Brand Anda

0
Rate this post

Setiap bisnis yang dibangun pasti mempunyai harapan agar semakin maju dan sukses, tapi untuk menuju ke tangga kesuksesan pasti dibutuhkan beberapa usaha lebih, salah satunya adalah dengan terus meningkatkan kualitas brand yang Anda miliki. Untuk Anda para pengusaha clothing, pastinya sudah menyadari setiap harinya mungkin bermunculan brand-brand baru yang secara tidak langsung bisa menjadi salah satu pesaing Anda. Dengan kesadaran adanya pesaing baru setiap harinya, berarti ada yang perlu dilakukan untuk meningkatkan terus kualitas clothing brand Anda. 

Lalu apa saja yang perlu dilakukan untuk bisa meningkatkan bisnis Anda ke level yang lebih tinggi dan membuat clothing brand Anda menjadi lebih baik? Ada beberapa tips yang bisa Anda coba terutama untuk bisnis yang baru dimulai, semoga bermanfaat.

Mengapa harus melakukan riset dan analisa terhadap kompetitor? Karena sebagai seorang pengusaha atau pebisnis clothing Anda harus mengerti apa yang sedang menjadi trend, apa yang sedang banyak digunakan oleh orang-orang. Melakukan riset terhadap kompetitor juga bisa sebagai upaya untuk mempelajari kekurangan dan kelebihan dari bisnis Anda sekaligus bisa menjadi bahan untuk Anda berdiskusi dan membuat perencanaan bisnis kedepannya. Akan lebih mudah menentukan yang terbaik untuk bisnis Anda karena jika Anda mengerti tentang bisnis dari luar dan dalam 

Lalu riset dan analisa seperti apa yang bisa dilakukan?

Ada beberapa riset yang bisa Anda lakukan untuk menganalisa kompetitor Anda seperti dibawah ini:

  • Buat list kompetitor utama yang ada di pasar bisnis Anda, coba perhatikan dengan seksama kira-kira siapakah kompetitor utama Anda dan coba untuk membuat listnya 
  • Tentukan siapakah yang menjadi target marketnya, apakah target market kompetitor Anda sama atau mereka mempunyai target market tersendiri?
  • Kategorikan produk atau jasa yang mereka tawarkan
  • Tentukan kira-kira skala harga dari setiap kategorinya
  • Tentukan USP (Unique Selling Point: sebuah faktor pembeda pada sebuah produk dari kompetitornya) 
  • Identifikasi strategi apa saja yang sudah kompetitor Anda gunakan dan lakukan

Selain riset diatas, Anda juga bisa melakukan riset: Direct Competition and Indirect Competition

Direct Competition: persaingan diantara perusahaan atau bisnis yang menawarkan produk atau jasa dengan kategori yang sama

Mengapa harus melakukan riset Direct Competition?

  • Mengenali USP (Unique Selling Point) dan bisa membuat perbedaan clothing brand Anda dengan kompetitor
  • Menghemat waktu ketika mengidentifikasi profil dari customer atau pelanggan Anda

Indirect Competition: Persaingan antara perusahaan atau bisnis yang menawarkan produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan yang sama

Mengapa harus melakukan riset Indirect Competition?

  • Anda bisa menemukan peluang yang belum pernah dimanfaatkan sebelumnya, artinya Anda bisa menemukan banyak peluang baru juga
  • Anda bisa mengerti pelanggan Anda dengan lebih baik 
  • Anda bisa membuat ide-ide baru bahkan Anda bisa menggabungkan ide baru dengan ide lama yang sudah Anda punya
  • Buat Analisa SWOT

Setelah mempelajari karakter dari kompetitor Anda, sekarang saatnya melengkapi analisa selanjutnya yaitu analisis SWOT atau Strength (Kekuatan), Weakness (Kelemahan), Opportunities (Kesempatan/Peluang) dan Threats (Ancaman).

Apa manfaatnya melakukan analisa SWOT terhadap bisnis kaos Anda? 

Sebagai sebuah bisnis yang baru dimulai, membuat analisis SWOT bisa menjadi salah satu langkah dan strategi untuk mempertahankan dan terus memajukan bisnis kaos Anda kedepannya. Analisa ini sangat penting dilakukan oleh Anda sebagai pemilik bisnis agar lebih mengetahui bagaimana kondisi bisnis Anda dari faktor eksternal dan internal. Karena dengan melakukan analisis SWOT Anda juga bisa mengetahui seberapa besar potensi pasar, minat dan peluang pasar yang dapat Anda manfaatkan sebaik mungkin dan Anda bisa mengetahui seberapa besar tingkat persaingan pasar pada produk brand Anda

Contoh Analisis SWOT

Strength (Kekuatan)

  • Apakah keunggulan yang brand Anda punya?
  • Keunggulan Apa yang orang-orang lihat dari brand Anda?
  • Hal apa yang menjadikan brand Anda lebih baik dibandingkan yang lain?
  • Hal apa yang Anda miliki sedangkan bisnis lain tidak memilikinya?
  • Apakah USP (Unique Selling Point) yang brand Anda miliki?

Anda bisa melengkapi poin-poin diatas untuk mengetahui apa saja kekuatan yang bisnis Anda sudah miliki. 

Weakness (Kelemahan)

  • Apakah kelemahan yang brand Anda miliki?
  • Kelemahan apa yang orang-orang lihat dari Anda?
  • Hal apa yang bisa Anda tingkatkan dari brand Anda?
  • Faktor apa yang bisa menyebabkan Anda kehilangan pelanggan?
  • Hal apa yang perlu bisnis Anda hindari?

Opportunities (Kesempatan/Peluang)

  • Peluang apa yang bisa Anda lihat saat ini?
  • Trend apa yang Anda cukup sadari sedangkan bisnis lain tidak?
  • Apakah ada sebuah acara yang bisa Anda manfaatkan untuk mengembangkan atau mempromosikan bisnis Anda?
  • Apakah ada perubahan pada: 
  1. Teknologi dan pasar baik dengan skala yang besar atau skala yang kecil?
  2. Perubahan pada peraturan pemerintah yang berhubungan dengan bisnis Anda?
  3. Faktor sosial (perubahan gaya hidup, perilaku customer, dll)
  4. Spesifikasi pada produk atau jasa Anda

Threats (Ancaman)

  • Apa kesulitan yang Anda hadapi?
  • Apakah ada ancaman yang berasal dari perubahan teknologi atau tren kepada clothing brand Anda?
  • Hal apa yang sudah dilakukan oleh kompetitor tapi belum Anda lakukan?
  • Hal apa yang kompetitor sudah lakukan lebih baik daripada Anda?
  • Apakah Anda mempunyai masalah hutang dan masalah laporan keuangan?
  • Apakah salah satu dari kelemahan bisnis yang Anda miliki bisa menjadi ancaman serius untuk bisnis Anda?

Jika semua pertanyaan ini sudah bisa Anda jawab dan Anda sudah menemukan kekurangan dari clothing brand yang Anda miliki, ini saatnya untuk memperbaiki kualitas dan menjadikan kekurangan atau kelemahan brand Anda sebagai PR baru sehingga kelemahan ini bisa berubah menjadi kekuatan baru. 

Memang untuk bisa menyelesaikan analisis SWOT membutuhkan waktu yang cukup lama terutama untuk bisa mengetahui jawaban dari semua aspek analisis ini, tapi jika terus Anda lakukan, hasil dari analisis ini bisa menjadi kunci dari kesuksesan dan keberlangsungan bisnis Anda kedepannya.

  • Make a Plan 

Selain melakukan berbagai macam riset, penting juga rasanya untuk selalu membuat perencanaan yang matang untuk setiap langkah baru atau peluncuran produk baru dari clothing brand Anda. Tujuannya sudah pasti agar konsep apapun yang ingin Anda buat bisa menemukan keberhasilan

  • Selalu Dekat Dengan Pelanggan

Salah satu keberhasilan yang bisa Anda capai bersama bisnis Anda adalah dengan selalu menjaga komunikasi sehingga bisa selalu dekat dengan pelanggan Anda. Minta feedback dari para pelanggan Anda, berikan juga pelayanan terbaik untuk seluruh pelanggan Anda. Maka dari itu perlu sekali untuk selalu meningkatkan terus pelayanan Anda agar para pelanggan pun akan terus kembali menggunakan brand Anda, sehingga bisa tercipta juga loyalitas pelanggan dan tidak menutup kemungkinan pelanggan yang sudah percaya dengan brand Anda akan merekomendasikan dan mengajak calon pelanggan lainnya menggunakan produk Anda.

Sebenarnya banyak sekali ya cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan terus kualitas brand Anda, selalu gali hal baru dan cari inspirasi baru yang relevan dengan bisnis Anda agar bisnis Anda bisa terus maju ke depan. Seimbangkan dengan penggunaan social media, gunakan social media yang ada karena social media juga merupakan salah satu jalan untuk memasarkan dan mempromosikan produk yang Anda miliki

Terima kasih sudah menyimak artikel ini, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk Anda.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur