Hal Terpenting Dalam Menjaga Kualitas Produk

0
Rate this post

Kualitas, adalah salah satu faktor yang sangat penting yang akan mendukung kesuksesan bisnis Anda, karena dengan mempunyai kualitas produk yang baik pasti para pelanggan atau customer Anda akan merasa puas dan tidak menutup kemungkinan akan terus kembali menggunakan produk Anda bahkan mengajak calon customer lainnya untuk menggunakan produk Anda, hal ini bisa terjadi hanya karena kualitas produk Anda yang juara

Dalam membuat suatu produk baik makanan maupun pakaian seperti kaos banyak hal yang harus diperhatikan salah satunya adalah kualitas, faktor apa saja yang bisa mendukung kualitas produk menjadi unggul dan bagus?

Yang paling utama adalah bahan bakunya. Jika bahan baku yang Anda gunakan untuk membuat kaos baik, kualitasnya pun pasti baik. Selain kualitas ada faktor lain juga yang perlu Anda perhatikan untuk memastikan kualitas produk Anda baik yaitu proses produksinya. 

3 Faktor Penting Dalam Menjaga Kualitas Produk

Nah agar kualitas produk Anda tetap terjaga beberapa hal ini penting untuk Anda perhatikan, sebelum produknya Anda jual dan masuk ke pasaran

  • Bahan Baku

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, salah satu faktor terbesar yang mendukung kualitas yang baik dari suatu produk adalah bahan bakunya. Jika bahan baku yang Anda gunakan baik  setidaknya bisa dipastikan 50% kualitas produksi Anda akan baik.

Seperti bahan kaos misalnya, jika bahan kaos yang Anda gunakan mempunyai kualitas yang baik maka produk kaos yang Anda hasilkan pun akan bagus kan? Ciri-ciri bahan dasar kaos yang baik itu yang seperti apa? 

bahan baku menjadi salah satu faktor unggulnya kualitas produk

Terdapat beberapa jenis bahan kaos yang tersedia di pasaran, dan biasanya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda juga, jika saat ini Anda menggunakan bahan baku Cotton Combed untuk kaos Anda, ciri dari katun Combed yang baik adalah bahannya yang lembut dan halus di kulit, kainnya tidak kaku dan tidak kasar, ketika Anda melakukan test hand feel pada kainnya Anda tidak akan merasakan biji kapas kecil yang masih tersisa pada kainnya karena memang kain Cotton Combed sehalus itu.

Tetapi jika Anda menggunakan bahan kaos yang lain dan ingin tahu karakteristik kainnya seperti apa silakan kunjungi Blog kami untuk mendapatkan informasi seputar bahan kaos. 

Selain kualitas dari karakteristik kainnya, kualitas kain pun harus Anda perhatikan pada saat membeli kainnya ya, jika terdapat bolong pada kain atau cacat pada kain yang Anda beli mungkin harus Anda perhatikan juga apakah cacat kain yang Anda dapatkan masih dalam toleransi atau memang harus di retur atau dikembalikan?

Jika Anda membeli kain dari Toko Bahan Kaos Knitto kami mempunyai beberapa ketentuan jika ingin melakukan retur kain yang bisa Anda baca disini. Setiap kain yang datang dari supplier tidak mungkin tidak mempunyai cacat yang bisa saja berasal dari proses pembuatan kainnya, tapi Toko Bahan Kaos Knitto selalu berusaha untuk memperhatikan kualitas kainnya sehingga kain yang sampai ke tangan Anda selalu berkualitas baik dan berada di bawah batas toleransi.

  • Proses Produksi

Katakanlah bisnis yang sedang Anda jalankan adalah bisnis kaos, pada tahapan proses produksi terdapat beberapa proses yang perlu dilakukan seperti pembuatan pola, proses potong, proses menjahit, sablon, dll.

Dari masing-masing proses produksi pun harus Anda perhatikan secara mendetail jangan sampai karena satu kesalahan kecil membuat penilaian kualitas produk Anda menjadi buruk. Perhatikan apakah pola yang dibuat sudah pas, apakah jahitannya sudah rapi, apakah sablonannya sudah sesuai dan pengerjaannya rapi atau tidak, mungkin hal ini sepele tetapi jangan dianggap remeh ya

  • Man Power

Tenaga kerja yang bekerja sama dengan Anda misalnya vendor produksi pun harus yang jempolan, jika Anda sudah memilih bahan kaos yang berkualitas bagus tetapi sumber daya manusia yang bekerja sama dengan Anda tidak pas, mungkin hasil produk yang didapatkan tidak akan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Dalam memilih vendor harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda, seperti jika Anda ingin membuat kaos untuk kualitas yang setara dengan distro harus memilih vendor yang sudah biasa mengerjakan kaos untuk kualitas tersebut 

3 hal diatas adalah hal yang penting untuk selalu Anda perhatikan ketika memulai produksi dimana bahan baku Anda diproses sampai menjadi satu kaos. Ketika sudah menjadi suatu kaos yang utuh dengan semua ornamen variasi kaos yang sudah Anda buat, ada beberapa hal juga yang perlu Anda periksa atau disebut juga sebagai Quality Control (QC) terutama untuk kaos. Apa saja yang harus diperiksa?

  1. Sizing atau ukuran, perhatikan apakah ukuran yang dibuat sudah sesuai dengan size chart yang Anda buat atau Anda inginkan, apakah terdapat ketidakcocokan antara size kaos yang sudah dibuat tersebut
  2. Warna, apakah terdapat noda warna yang berasal dari cat sablon mungkin? Atau Anda pun bisa melakukan Dry or Wet Crocking test, tes ini dilakukan untuk mengetahui apakah bahan tersebut akan luntur atau tidak, tetapi tes ini bisa dilakukan di lab
  3. Bahan Kain, perhatikan apakah kain yang digunakan kualitasnya bagus, apakah terdapat lubang, apakah terdapat sobek di bagian kaosnya
  4. Jahitan, perhatikan apakah jahitannya kuat? Apakah ada bagian yang terlewat dan tidak dijahit dengan benar?
  5. Tampilan kaos, perhatikan apakah kaos yang sudah selesai diproduksi ini mempunyai bekas jahitan yang tidak rapi, apakah ada tepi kaos yang tidak dijahit dengan benar?
  6. Perhatikan apakah kaos yang sudah selesai diproduksi ini sudah sesuai? Apakah semua aspek kaos tepat dan sudah sesuai dengan sampel yang sebelumnya dibuat dan sudah Anda setujui? 
  7. Selain itu Anda juga harus memperhatikan apakah tinta sablon (jika kaos yang Anda buat menggunakan variasi sablon) mempengaruhi bau kaos sehingga berbau tidak sedap?
  8. Packaging & Label, pada bagian ini perhatikan apakah label kaos yang dijahit sudah tepat? Apakah label yang seharusnya diletakan diatas dan dibawah tidak tertukar? Atau adakah label informasi yang salah? Ini wajib sekali untuk Anda perhatikan 
  9. Jika semua aspek diatas sudah sesuai dan sudah benar berarti kaos Anda sudah siap dijual dan kualitas dari kaos Anda sudah baik dan siap bersaing di pasaran

Seperti kita tahu setiap harinya mungkin selalu ada brand baru yang bermunculan, pasti persaingan pun akan semakin ketat. Jika kita tidak bisa memberikan sesuatu yang berbeda dan unik juga tidak bisa menjaga kualitas produk yang ditawarkan dengan baik maka bagaimana produk dari brand Anda bisa bersaing di pasaran kan?

Maka dari itu selalu jaga kualitas produk Anda semaksimal mungkin dan jangan sampai hanya karena kesalahan kecil bisa berpengaruh besar terhadap produk Anda

Semoga informasi yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat terutama untuk Anda yang baru memulai bisnis dibidang clothing line. Semoga berhasil ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : [email protected]

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

 

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur