5 Cara Menghitamkan Hoodie Yang Pudar

0
Rate this post

5 Cara Menghitamkan Hoodie Yang Pudar – Siapa sih yang tidak kesal jika jaket atau kesayangan kita warnanya rusak atau menjadi pudar? Tentunya kita menginginkan jaket dan hoodie yang tetap sempurna terutama warna kainnya meskipun sudah dipakai berkali-kali dan sudah melalui banyak proses pencucian. Seringkali hoodie dengan warna gelap seperti warna hitam menjadi pudar dengan seiring berjalannya waktu dan terlebih ketika sudah sering digunakan dan dicuci. Lalu apakah hoodie yang berwarna hitam dan warnanya sudah pudar apakah bisa kembali lagi?

Knittopreneurs yang sedang bingung karena hoodie berwarna hitam kamu berubah warna dan menjadi pudar, tenang, karena kebetulan pada artikel kali ini Minto ingin berbagi tips bagaimana cara menghitamkan hoodie yang pudar, dan warnanya bisa menjadi cerah kembali tidak kusam.

Cara Menghitamkan Hoodie Yang Pudar

Warna hitam adalah warna basic yang menjadi favorit banyak orang terutama untuk warna Hoodie, sepertinya semua orang mempunyai setidaknya 1 baju warna hitam di lemarinya, benar? Tapi menyebalkannya dari warna ini adalah ketika warna kainnya memudar, faktor ini bisa jadi karena pemakaian yang sudah lama atau cara pencucian yang kurang tepat, tapi kamu bisa melakukan sesuatu agar hoodie kamu kembali cerah warnanya. Ikuti tips berikut ini ya.

1. Cara Menghitamkan Hoodie Yang Pudar Dengan Kopi

Trik pertama yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghitamkan warna hoodie yang pudar adalah dengan menggunakan kopi. Cara ini bisa kamu gunakan terutama untuk hoodie yang bahan utamanya dari katun, dan hasilnya akan lebih efektif. 

Siapkan hoodie berwarna hitam yang akan kamu cuci ke dalam ember atau mesin cuci yang sudah berisi air dingin. Siapkan kopi minimal sebanyak 2 cangkir, setelah kamu seduh segera tuangkan kopinya ke dalam mesin cuci atau ember yang berisikan hoodie hitam tadi.

Jika kamu mencuci menggunakan mesin cuci, masukan kopi yang sudah kamu siapkan pada saat hoodie sedang digiling ya. Tapi jika kamu mencuci dengan cara manual dan menggunakan ember, masukan kopi saat kamu sedang mengucek hoodie ya. Setelah selesai segera bilas dan jemur hoodie yang sudah bersih.

Tips penting, usahakan untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung saat menjemur dan balikan hoodie sebelum di jemur.

2. Cara Menghitamkan Hoodie Yang Pudar Dengan Shampoo

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghitamkan hoodie yang pudar dengan memanfaatkan shampoo, kamu bisa mengganti detergen yang kamu pakai untuk mencuci hoodie hitam kamu dengan shampoo. Kenapa Shampoo? Karena shampo tidak memiliki kadar kimia yang tinggi jadi sangat aman untuk pakaian terutama untuk hoodie yang berwarna Hitam.

Rendam hoodie hitam kamu ke dalam air yang sudah dicampurkan dengan shampoo, rendam maksimal selama 30 menit, setelah itu kamu bisa mengucek hoodie yang sudah direndam tersebut sampai bersih, lalu bilas dan jemur. Sama seperti tips sebelumnya, jangan jemur di bawah sinar matahari langsung dan jemur dalam kondisi terbalik.

3. Cara Menghitamkan Hoodie Yang Pudar Dengan Cuka dan Garam

Salah satu faktor yang membuat hoodie berwarna hitam terlihat kusam dan pudar adalah karena residu yang tertinggal dari detergen. Agar residu yang tertinggal bisa terangkat dari hoodie kamu, gunakan Cuka dan Garam yang kamu campurkan ke air untuk membilas hoodie. Bukan hanya untuk menghilangkan residu dari detergen, cara ini juga bisa menghilangkan keringat dan jamur pada pakaian. 

4. Cara Menghitamkan Hoodie Yang Pudar Dengan Pewarna Pakaian

Metode yang paling ampuh untuk menghitamkan hoodie yang pudar tentu dengan mewarnai ulang hoodie hitam kamu. Pewarna pakaian bisa kamu gunakan untuk hoodie dengan berbagai jenis bahan dasar, baik dari bahan natural, semi sintetis sampai ke bahan sintetis pun bisa. Tapi memang tidak semua jenis pewarna akan menghasilkan warna yang maksimal atau warna yang sama, jadi pilihlah jenis pewarna yang memang benar-benar bagus kualitasnya. Berikut ini cara yang bisa kamu gunakan untuk mewarnai hoodie hitam kamu, dan memang agak sedikit rumit tapi patut untuk dicoba.

  • Siapkan tempat untuk melakukan pewarnaan, usahakan untuk menutupi atau melapisi lantai dengan kertas bekas atau sebaiknya plastik agar tidak kotor dan tidak meninggalkan bekas. 
  • Tentukan jenis pewarna yang akan kamu gunakan, apakah yang berbahan serbuk atau cair, jika yang berbahan serbuk jangan lupa untuk larutkan terlebih dahulu di wadah yang berbeda dengan menggunakan air mendidih.
  • Masukan campuran pewarna ke dalam kontainer atau wadah yang besar bersamaan dengan air, air yang digunakan untuk mewarnai ulang hoodie kamu harus cukup untuk menutupi seluruh permukaan hoodie. Pada campuran ini kamu juga bisa memasukan sedikit detergen untuk membantu proses penyerapan warna dan juga garam untuk memperkuat warnanya.
  • Rendam hoodie ke dalam air pewarna, masukan hoodie kamu ke dalam wadah yang sudah berisi air pewarna pastikan benar-benar terendam. Tinggalkan selama 1 jam, tapi sesekali coba kamu aduk agar warnanya merata, pastikan suhu dari air nya terjaga dengan tambahkan air panas atau sebaiknya lakukan proses pewarnaan di atas kompor yang menyala.
  • Setelah proses merendam selesai, angkat dan bilas hoodie dengan air dingin, lakukan berulang hingga air yang tersisa menjadi bersih. Setelah itu cuci seperti biasa dengan keadaan terbalik, lalu jemur sampai kering.

5. Cara Menghitamkan Hoodie Yang Pudar Dengan Memisahkan Warna Hoodie

Ada baiknya ketika kamu mencuci hoodie selalu pisahkan warna-warna hoodie sesuai dengan warnanya, maksudnya jangan campurkan hoodie yang berwarna gelap dengan hoodie yang berwarna cerah atau warna putih. Hoodie hitam sebaiknya dicuci dengan hoodie atau pakaian yang juga berwarna gelap. Selain menghindari luntur agar menjaga warna kainnya juga.

Sebenarnya cukup wajar ya ketika hoodie berwarna hitam menjadi pudar warnanya ketika pemakaiannya sudah lama terlebih jika sudah melewati proses pencucian berulang-ulang kali, yang tidak wajar adalah ketika hoodie kamu baru namun sudah pudar warnanya apalagi jika sampai luntur, kamu harus mempertanyakan kualitas warna dari hoodie tersebut. Jika hoodie yang dibuat menggunakan bahan yang bagus seperti bahan-bahan jaket dari Knitto Textiles, warna kainnya pasti terjaga dan bisa kamu gunakan untuk waktu yang lama.

Selain memilih kualitas bahan yang bagus, kamu juga harus memperhatikan proses pencuciannya atau perawatannya, jangan sampai kamu merawatnya dengan cara asal-asalan, usahakan untuk menggunakan deterjen yang aman, cuci dengan cara manual atau dikucek jangan menggunakan mesin cuci terlalu sering, karena hal ini juga bisa mempengaruhi kualitas warna dan struktur hoodie nya. Selalu perhatikan care instruction yang ada pada label pakaian kamu ya agar hoodie dan juga pakaian lainnya bisa kamu gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Semoga info dari Minto bermanfaat ya, sampai bertemu lagi di artikel selanjutnya.

Baca Juga: ARTI SIMBOL PERAWATAN PAKAIAN

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur