7 Cara Menggunakan Mesin Jahit Listrik dan Cara Merawatnya

0
Rate this post

7 Cara Menggunakan Mesin Jahit Listrik dan Cara Merawatnya – Keterampilan menjahit bisa dipelajari oleh siapa saja, semakin sini cara menjahit pun cukup banyak berubah apalagi dengan adanya teknologi yang sekarang ini sudah sangat canggih, tidak hanya dari segi caranya saja, mesin yang digunakan untuk menjahit pun sekarang semakin canggih. Jika dulu masyarakat menjahit pakaian dengan mesin jahit manual yang mana masih menggunakan tenaga manusia tapi sekarang kecanggihan mesin jahit sangat bisa dirasakan oleh para penjahit dengan hadirnya mesin jahit listrik.

Berbicara soal mesin jahit listrik sebenarnya seperti apa sih cara penggunaannya dan bagaimana juga cara merawatnya? Apakah berbeda dengan mesin jahit manual atau sama saja? Yuk kita bahas bersama-sama di artikel ini Knittopreneurs!

Cara Menggunakan Mesin Jahit Listrik

Untuk para pemula yang mau menggunakan mesin jahit listrik untuk belajar, kamu harus mempersiapkan dulu beberapa alat dan bahan yang akan digunakan untuk menjahit menggunakan mesin jahit listrik. 

Sebelum memulai, pastikan terlebih dulu kondisi mesin jahit listrik yang akan digunakan apakah dalam keadaan yang baik atau tidak, periksa semua bagian penting pada mesin. Periksa juga pada bagian jarum, skoci, dan juga bagian sepatu mesin jahit, setelah itu kamu bisa ikuti beberapa langkah ini dan memasang beberapa bagian terlebih dahulu sebelum mulai menjahit.

1. Pasang Jarum Mesin Jahit Listrik

Jarum jahit menjadi bagian yang penting sekali untuk dipasangkan terlebih dahulu sebelum kamu menggunakan mesin jahit listrik. Untuk memasang jarum pertama, kamu take up dulu mesin di posisi atas, kendurkan sekrup yang ada di dudukan jarum, lalu masukan pangkal jarum pada posisi lubang jarum sampai mentok dan kencangkan kembali bagian sekrupnya.

2. Pasang Sepatu Mesin Jahit Listrik

Langkah yang harus kamu lakukan untuk memasang sepatu pada mesin jahit adalah  dengan memastikan duluu mesin jahitnya dalam kondisi mati, lalu kendorkan baut pengikat dengan screw driver, pasang sepatu sesuai dengan posisinya lalu kamu kencangkan lagi baut pengikatnya. Sepatu mesin jahit juga mempunyai beberapa jenis yang biasa digunakan contohnya, sepatu standar, sepatu stik kanan, sepatu stik kiri, sepatu stik sebelah kanan, sepatu resleting/zipper, sepatu sebelah kiri, dan sepatu garpu.

3. Pasang Benang

Untuk kamu yang baru pertama kali melakukan ini, kamu harus melakukannya dengan teliti. Langkah-langkahnya adalah pertama tarik ujung benang dari cones uang ada di penyangga benang, setelah itu kamu masukan ujung benang lewat jalur benang ke penetral benang pertama dan kedua, yang harus kamu teruskan ke bagian tension, jalur benang, take up, dan pengaman benang yang posisinya ada pada needle bar atau rumah jarum, setelah itu masukan benang pada lubang jarum sesuai dengan arah cekungan benang.

4. Pasang Benang di Spul

Setelah kamu memasang benang di mesin jahit listrik nya, sekarang giliran memasang benang pada spul. Pasang cones benang di tiang yang pertama, setelah itu masukan ujung benangnya di penjepit benang sekaligus tension, pasang bobbin pada rumah bobin lalu lilitkan ujung benangnya pada bobin.

5. Pasang Spul Pada Sekoci

Yang harus kamu lakukan untuk memasang spul pada sekoci adalah pertama, ambil sekocinya lalu masukan spul yang sudah kamu pasang benang sebelumnya pada sekoci dengan ujung benangnya kamu lilitkan di kulit benang searah dengan jarum jam. Sisakan ujung benang kurang lebih panjangnya 10 cm.

6. Pasang Bobbin Case atau Sekoci

Pertama, pegang ujung benang dan hentikan putaran bobbin dengan tangan kiri setelah itu masukan benang melewati tension spring, lalu buka tangan dengan latch dan kamu masukan bobbin case nya ke dalam proses pengait terakhir tutup bagian side plate nya.

7. Mesin Siap Dijalankan

Jika semua persiapan yang sebelumnya sudah kamu lakukan, sekarang kamu sudah bisa mulai mengoperasikan mesin jahit listrik nya untuk menjahit pakaian kamu. Tapi sebaiknya, kamu cek terlebih dahulu kesiapan mesinnya ya

Step-step yang harus dilakukan untuk menggunakan mesin jahit listrik memang terkesan cukup rumit ya bagi pemula, tetapi jika kamu bersungguh-sungguh untuk bisa menjahit proses ini harus tetap kamu pelajari dan pahami dengan baik hingga akhirnya kamu akan bisa karena terbiasa.

Selain step untuk menggunakan mesin jahit listrik, pada artikel kali ini juga Minto akan memberikan cara untuk merawat mesin jahitnya juga, karena ketahanan mesin jahit kamu juga bergantung terhadap bagaimana kamu merawatnya.

Cara Merawat Mesin Jahit Listrik

1. Matikan Mesin Jahit Setelah Digunakan

Pastikan untuk langsung matikan mesin jahit setelah digunakan atau ketika tidak digunakan karena akan membuat mesin panas yang dapat menyebabkan kerusakan pada mesin dan dinamo.

2. Bersihkan Mesin Secara Berkala

Dengan rajin membersihkan mesin jahit secara berkala kamu bisa memperpanjang umur mesin jahitnya. Jangan dibiarkan berdebu, bersihkan sisa kain, benang, dengan menggunakan kuas kecil, lap, dan lain-lain agar mesin tidak tersumbat atau macet. Ketika akan membersihkan mesin jahit, pastikan kamu sudah mencabut terlebih dahulu stop kontak, jarum jahit, dan juga benang yang masih terpasang di mesin jahit.

3. Beri Pelumas Pada Mesin Jahit

Dengan memberi pelumas atau minyak khusus mesin jahit terutama pada alat yang sering bergesekan dapat meminimalisir kerusakan dan karat. Jika mesin jahit listrik kamu digunakan setiap hari, sebaiknya kamu berikan minyak seminggu sekali. Tapi jika mesin jahit listrik digunakan tidak terlalu sering, hanya seminggu sekali kamu bisa memberikan minyak sebanyak 1 kali dalam sebulan. Yang terpenting adalah berikan minyak secara berkala sesuai dengan porsi penggunaan mesin jahitnya.

4. Ganti Jarum Jahit

Batas maksimal untuk menggunakan mesin jahit adalah sekitar 16 jam, jika mesin jahit kamu digunakan hampir setiap hari, jangan lupa untuk mengganti jarum jahitnya secara berkala karena jarum yang tumpul menghasilkan hasil jahit yang kurang bagus.

5. Lakukan Service Berkala

Yang terakhir adalah yang paling penting, lakukan service berkala untuk mengecek mesin jahit kamu, dengan melakukan service berkala kerusakan besar akan sangat mudah untuk dihindari apalagi jika kamu sudah merawatnya dengan sangat baik.

Mempunyai mesin jahit itu bukan cuma bisa menggunakannya saja tetapi juga harus bisa merawatnya juga dengan baik agar supaya mesin bisa bertahan dan panjang umurnya. Belajar menjahit pun bisa dilakukan oleh siapa saja tidak hanya kaum perempuan saja, para lelaki pun bisa lho untuk belajar menjahit.

Baca Juga: 7 Mesin Jahit Portable Terbaik Yang Bagus dan Praktis

Semoga ulasan Minto tentang cara menggunakan mesin jahit listrik dan cara merawatnya ini bermanfaat untuk kamu ya, terima kasih sudah membaca artikel kami, sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur