5 Fungsi Tech Pack dan Perbedaannya Dengan Spec Sheet?

0

Dalam proses produksi secara massal atau yang kita kenal dengan istilah produksi garmen, proses pengerjaannya sudah terorganisir dengan baik. Sebelum dimulai proses produksi, ada yang harus dilakukan terlebih dahulu untuk memastikan jika semua komponen dan kebutuhan produksi sudah benar dan hal ini akan dilakukan oleh beberapa team termasuk oleh team desainer. Untuk mengetahui apa saja kebutuhan produsen tersebut maka team desainer akan membuat Tech Pack. Sudah tau apa itu Tech Pack?

Apa Itu Tech Pack

Tech pack adalah istilah yang digunakan di industri garmen yang biasanya dipakai desainer untuk mengkomunikasikan semua komponen yang dibutuhkan oleh produsen saat membuat suatu produk. Desainer akan menyertakan beberapa informasi yang sangat penting yang berhubungan dengan proses pembuatan produk, seperti pengukuran, bahan, warna, trim, label, tag, dll. 

contoh tech pack

image source: techpacksco

Di dalam Tech pack juga harus disertai dengan gambar rancangan yang sangat jelas, dan instruksi utama sebagai informasi akurat bagaimana cara membuatnya, maka dari itu semakin detail informasi yang tertera di Tech Pack maka akan semakin baik dan akan semakin sedikit kemungkinan kesalahan pada produksi. 

Lalu informasi apa saja yang tertera pada Tech Pack?

Sudah dikatakan sebelumnya di dalam sebuah Tech Pack harus tertera berbagai informasi yang lengkap yang nantinya akan memudahkan team produksi dan team desainer dalam mengkomunikasikan keinginan dan kebutuhan produsen, maka dari isi dari Tech Pack adalah campuran dari gambar, ukuran, sketsa teknis, persyaratan kualitas, instruksi pengerjaan dan jahitan, contoh dan kombinasi warna juga warna dasar kain yang berbeda, informasi pengemasan dan juga berbagai informasi berhubungan dengan teknis, yang harus disertakan secara detail dan benar

Fungsi Tech Pack

Ada beberapa fungsi dari Tech Pack yang harus kamu ketahui supaya kamu lebih mengerti dan mungkin lebih yakin juga untuk merapikan alur produksi kamu dengan membuat Tech Pack juga bersama tim desainer kamu. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Tech Pack.

  • Bisa menghemat waktu dan biaya

Pada dasarnya Tech Pack akan sangat membantu kamu dan tim desainer ketika sedang melakukan pengembangan produk, terutama saat melakukan pembuatan sampel di awal sebelum memulai produksi. Dengan menggunakan Tech Pack kamu bisa menghemat waktu serta biaya produksi agar tidak terbuang sia-sia karena dengan adanya tech pack setidaknya semua kebutuhan produksi bisa dipastikan sesuai dengan keinginan.

  • Bisa membantu memperkirakan biaya produksi yang harus disiapkan

Selain mempermudah ketika proses persiapan dan pembuatan sampel, Tech Pack juga bisa membantu kamu untuk memperkirakan berapa besar biaya produksi yang harus dikeluarkan per-produknya karena tim garmen nantinya bisa menjabarkan dengan mudah berapa biaya untuk setiap komponen yang kamu mau gunakan.

  • Memperkirakan berapa lama waktu produksinya

Semua produsen pakaian tentunya ingin semua tahapan produksinya terperinci dengan baik dan jelas termasuk dengan berapa lama waktu produksi yang dibutuhkan, dengan adanya Tech Pack ini juga kamu bisa mengetahui berapa lama waktu yang diperlukan untuk membuat sebuah produk yang kembali lagi semuanya bergantung dengan seberapa rumit produk dan juga pengerjaan yang dibutuhkan.

  • Sebagai bahan untuk perbandingan biaya produksi

Tech Pack juga digunakan untuk membandingkan harga produksi yang diberikan dari berbagai produsen secara lebih terperinci.

  • Sebagai alat bantu untuk mengontrol kualitas produk dan ukuran yang sudah ditentukan

Hal yang lebih penting dari fungsi Tech Pack adalah untuk mengontrol kualitas dan ukuran dari produk apakah konsisten atau tidak? Selain itu juga, apakah produk sudah sama dan sesuai seperti yang diinginkan atau tidak? 

Perbedaan Tech Pack dan Spec Sheet?

Selain Tech Pack tim desainer juga biasanya akan menggunakan Spec Sheet yang mana diantara Spec Sheet dan Tech Pack seringkali disamakan padahal sebenarnya kedua lembar kerja ini berbeda. Spec Sheet adalah penjelasan lebih detail dan berisi informasi dari Tech Pack. Pada Spec Sheet pun akan tertera sketsa grafik garmen dan juga pengukuran untuk beberapa ukuran serta toleransi dari pengukurannya juga. 

5 Fungsi Tech Pack dan Perbedaannya Dengan Spec Sheet? 1

image source: http://www.coroflot.com

Berikut ini isi dari Spec Sheet:

Kode Produk, Deskripsi Produk, Sketsa, Rincian Pengukuran, Detail penempatan, Contoh bahan dan potongannya, Referensi material yang akan digunakan.

Jadi sudah jelas ya jika Tech Pack dan Spec Sheet ini merupakan dua lembar kerja yang berbeda namun saling berhubungan, dan juga mempunyai peranan yang penting dalam setiap proses produksi di sebuah garmen. Memang terkadang Tech Pack bisa juga disebut dengan Spec Sheet tetapi Spec Sheet tidak bisa disebut dengan Tech pack, karena Speck Sheet tidak mempunyai informasi lengkap seperti yang dimiliki Tech Pack atau tetap saja intinya terdapat komponen-komponen yang berbeda di dalamnya.

Kesimpulan

Dalam proses produksi suatu produk pakaian, banyak sekali yang harus dipersiapkan terutama saat akan memulai pembuatan. Memastikan semua komponen seperti ukuran, bahan, warna desain sampai sudah sesuai adalah sebuah keharusan. Adanya Tech Pack dan Spec Sheet dapat membantu kita untuk mempermudah proses produksi, meminimalisir kegagalan produksi atau kesalahan produksi karena sebelumnya kita sudah memastikan dengan tim desainer tentang apa saja keinginan dan komponen apa saja yang dibutuhkan. 

Jika kamu berpikir hanya sebuah garmen besar yang memerlukan Spec Sheet dan Tech Pack untuk persiapan produksi, menurut kami tidak juga, tidak hanya garmen besar yang bisa menggunakan Tech Pack, kamu yang saat ini masih merintis usaha pun bisa mencoba menggunakan Tech Pack untuk setiap project produksi yang sedang dikerjakan agar sesuai dan juga lebih rapi tentunya.

Itu dia ulasan kami tentang Tech Pack dan Spec Sheet yang bisa membantu dan menjadi alat komunikasi antara produsen dan tim desainer yang bertugas. Semoga bermanfaat ya dan jika kamu membutuhkan contoh atau Tech Pack yang kami sebut juga sebagai Production Template untuk diberikan kepada calon customer yang ingin memproduksi pakaiannya di konveksi kamu, silakan download disini. Jangan lupa juga untuk menggunakan bahan kaosnya dari saja ya, karena kami bukan hanya toko bahan yang menyediakan bahan saja, kami juga merupakan partner berbisnis kamu yang siap membantu mewujudkan mimpi kamu. 

Semoga bermanfaat dan sukses selalu ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 &8211; 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here