Jenis Sablon Terbaik Pilihan Para Konveksi

0
jenis sablon terbaik

 

jenis sablon terbaik

Teman-teman Knitto tahukah kamu jika sablon merupakan salah satu variasi yang sering kali digunakan oleh para produsen untuk mencetak gambar atau tulisan pada kaos dengan tujuan untuk mempercantik kaos. Seperti kita tahu juga jenis sablon itu sangat banyak, tapi kira-kira mana yang merupakan yang menjadi pilihan para dan produsen kaos? Temukan jawabannya pada artikel ini ya.

Perbedaan Jenis Sablon

Jenis sablon itu bisa dibedakan melalui cara pengerjaannya dimana ada 2 cara pengerjaan Sablon yaitu dengan cara Manual dan Digital, maka dari itu sering disebut dengan istilah Sablon Manual dan Sablon Digital. 

Sablon Manual adalah teknik pengerjaan sablon atau pencetakan gambar atau tulisan secara manual dengan bantuan alat seperti screen dan rakel yang dikerjakan menggunakan tenaga manusia dan membutuhkan keterampilan khusus.

Kelebihan dari Sablon Manual

  • Hasil sablon lebih bagus dan tahan lama, tidak cepat pudar sehingga meskipun usia kaos sudah lama kualitas sablon masih tetap terjaga
  • Harga yang ditawarkan lebih murah dan cocok untuk pengerjaan kaos dengan jumlah banyak
  • Teknik sablon yang masih banyak digunakan dan perlu diakui sebagai yang terbaik. Selain itu,  harganya juga ekonomis namun hasil cetakannya memuaskan
  • Jenis tinta sablon yang digunakan bisa beragam dan tidak terbatas, baik untuk sablon timbul, discharge dan lain-lain. 

Sablon Digital adalah teknik pengerjaan sablon atau mencetak desain yang dikerjakan menggunakan mesin dan beberapa bantuan alat lain namun cenderung lebih praktis.

Kelebihan dari Sablon Digital

  • Warna yang dihasilkan bisa lebih variatif
  • Bisa menyablon foto/gambar yang full color atau mempunyai banyak unsur warna
  • Proses pengerjaan bisa lebih cepat, karena menggunakan media kertas transfer (transfer paper).
  • Lebih cepat kering setelah proses press dengan mesin press
  • Bisa digunakan untuk produksi satuan dengan tanpa minimum order.

Tidak sampai situ saja, sablon manual dan sablon digital juga mempunyai masing-masing jenisnya dan dibedakan sesuai dengan jenis tinta yang digunakan. 

Jenis Sablon Terbaik Pilihan Para Konveksi

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya sablon itu sangat banyak jenisnya dibedakan dari proses pengerjaan, tinta yang digunakan dan juga sudah pasti hasil sablonnya. Tapi dari sekian banyak jenis sablon yang ada saat ini, mana yang merupakan jenis sablon terbaik dan sering dipilih oleh para konveksi? Berikut ini jenis sablon terbaik yang selalu dipilih oleh para konveksi dan juga beberapa jenis sablon lainnya yang juga cukup sering digunakan sesuai dengan keinginan para customer nya.

Jika membicarakan tentang jenis sablon terbaik, memang tidak semua sablon kualitasnya begitu tetapi kami pernah melakukan survey terhadap customer kami melalui instagram mengenai jenis sablon terbaik yang sering mereka gunakan, dan kebanyakan jawaban yang diberikan mengarah kepada jenis sablon Plastisol.

Jenis Sablon Plastisol

Jenis sablon ini menggunakan jenis tinta Plastisol yang merupakan oil based atau berbahan dasar minyak. Disebutkan sebagai sablon terbaik karena karakter sablon yang dihasilkan dan juga berstandar internasional. Kualitas tinta plastisol ini sangat baik, kuat dan tidak mudah kering. Sablon yang dihasilkan pun bisa menyerupai atau persis dengan gambar aslinya, efek warna yang Anda dapatkan pun berkualitas baik. 

Secara penggunaan, tinta sablon akan bekerja sangat baik pada kain yang mempunyai warna gelap, dan hasilnya akan lebih baik dibandingkan dengan sablon Rubber. 

Jika kamu ingin menggunakan jenis sablon terbaik yang ketahanan atau durability nya baik, sablon Plastisol bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain itu perlu kamu tahu warna sablon yang dihasilkan lembut dan tidak mencolok, terlihat cerah dan tidak kusam. Sehingga gambar atau tulisan yang kamu cetak akan nampak indah pada kaos, juga tidak membuat kaos menjadi kasar.

Proses perawatan kaos yang menggunakan sablon plastisol juga cukup mudah di antaranya adalah sablonan akan tetap aman saat dicuci dengan waktu yang sering, selain itu juga sablon ini bisa kamu keringkan pada mesin pengering. Hal ini bisa kamu lakukan karena tinta sablon Plastisol akan merekat dengan kuat pada bahan kaos sehingga sablonan tetap aman. Tapi perlu diingat juga ya, meskipun sablonan ini aman untuk dicuci berkali-kali sekalipun tetap saja kamu harus berhati-hati ketika akan menyetrika kaos atau jenis pakaian lainnya yang menggunakan sablon plastisol, karena sablon jenis ini tidak bisa disetrika, jika terkena maka akan langsung menghilang dan rusak.

Jenis Sablon Rubber

Selain jenis sablon Plastisol, salah satu jenis sablon terbaik dengan teknik manual yang juga sering kali dipilih oleh konveksi dan juga menjadi alternatif lain jika dirasa menggunakan sablon Plastisol terlalu mahal, maka Sablon Rubber adalah pilihan keduanya. 

Apakah sama Sablon Rubber dengan Sablon Plastisol?

Jawabannya adalah berbeda tetapi hampir sama. Mengapa? Karena dari segi tinta yang digunakan saja sudah berbeda, Sablon Rubber berbahan dasar karet, juga sablon ini juga merupakan jenis sablon water based atau berbahan dasar air. Tinta yang digunakan bisa dicampur air dengan tujuan agar bisa menghasilkan warna yang lebih banyak atau lebih kaya. Karena sablon Rubber ini juga berbahan dasar karet maka hasil sablonnya juga akan bagus dan merekat dengan baik pada bahan kaos.

Sedikit info, Sablon rubber mempunyai 3 jenis tinta yang mempunyai fungsi tersendiri seperti:

  • Tinta rubber putih yang digunakan untuk sablon putih pada kain gelap. 
  • Tinta rubber netral digunakan untuk campuran sebagai penetral warna
  • Tinta rubber transparan untuk dicampur dengan warna lain agar menghasilkan warna yang lebih cerah.

Sama seperti sablon plastisol, jenis sablon ini disarankan untuk digunakan pada bahan kaos atau jenis pakaian yang berwarna gelap, agar warna nya lebih keluar.

Jenis Sablon Terbaik DTG

Jika pada teknik sablon manual, ada sablon Plastisol dan sablon Rubber, tidak mau kalah pada teknik sablon Digital pun kamu bisa menggunakan sablon DTG atau Direct To Garment sebagai jenis sablon terbaik nya. Sablon DTG atau Direct To Garment adalah teknik sablon yang mencetak gambar secara langsung pada kaos atau media cetak lainnya.

Tidak memerlukan transfer paper, teknik sablon ini bisa langsung digunakan pada kaos, sehingga proses pengerjaannya bisa lebih cepat, jadi tidak heran jenis sablon ini sering direkomendasikan untuk sablon satuan dan harganya pun terhitung lebih murah. 

Jenis Sablon DTF

Jenis sablon terbaru yang akhir-akhir ini sering sekali jadi perbincangan yaitu Sablon DTF yang merupakan metode cetak gambar dengan menggunakan kertas transfer, adhesive powder atau bubuk lem sablon yang membantu melekatkan gambar ke material kaos lalu diakhiri dengan di press pada mesin press.

Sekilas dari nama sablonnya memang hampir sama dengan sablon DTG ya, tetapi jika dilihat dari proses pembuatannya sebenarnya berbeda. 

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Sablon DTG dan DTF

Dari semua jenis sablon terbaik ini, menurut kamu mana yang paling cocok untuk digunakan sebagai variasi sablon kaos kamu? Jenis manapun bisa menghasilkan sablonan yang bagus dan berkualitas asalkan bahan kaos yang kamu gunakan juga berkualitas, karena salah satu cara agar mendapatkan sablonan yang berkualitas adalah bahan kaosnya atau media cetaknya yang juga harus sama-sama berkualitas. 

Tentunya bahan kaos yang paling tepat untuk jenis sablon terbaik, tentu dari Knitto Textiles. Kami hanya menyediakan jenis kain yang berkualitas baik dengan harga yang bersaing juga, pilihan warna yang beragam pada juga menjadi salah satu keunggulan kami. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here