5 Jenis Mesin dan Harga Mesin Jahit Untuk Pemula

0
Rate this post

5 Jenis Mesin dan Harga Mesin Jahit Untuk Pemula – Knittopreneurs, apakah kamu suka menjahit? Lalu jenis mesin jahit apa yang kamu gunakan? Dengan bergantinya tahun pasti banyak bermunculan juga macam-macam mesin jahit baru dengan berbagai keunggulan serta kecanggihan yang diterapkan pada mesin jahitnya, pastinya dengan harga mesin jahit nya yang berbeda-beda.

Pada artikel Knitto kali ini, Minto sepertinya ingin sedikit membahas tentang beberapa jenis mesin jahit yang bisa kamu gunakan, dan juga bisa menjadi sebuah rekomendasi terutama untuk kamu para pemula yang baru belajar menjahit dan ingin membeli mesin jahit baru, tidak lupa Minto juga akan menyertakan harga mesin jahit nya supaya kamu bisa mempersiapkan budget yang pas untuk membeli mesin jahit tersebut. Baca artikel ini sampai habis ya.

Sejarah Mesin Jahit

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama tentang berbagai mesin jahit beserta harga mesin jahit nya, Minto ingin sedikit membahas tentang sejarah mesin jahit dan bagaimana alat yang sangat berguna ini bisa ada di tengah-tengah kita sampai detik ini.

Sebelum adanya sebuah mesin jahit yang kita gunakan sekarang, masyarakat hanya menggunakan jarum sebagai alat yang digunakan untuk menjahit pakaian, dan bahan-bahan yang dipakai dulu pun mungkin akan terdengar aneh jika sekarang masih digunakan, karena dulu masyarakat menggunakan batu, tembaga tulang ataupun gading untuk membuat baju, bahkan untuk menyatukan pakaian mereka menggunakan serat otot-otot hewan sebagai benangnya, sungguh tak lazim bukan?

Menurut sejarahnya, tidak hanya satu orang saja yang berhasil membuat sebuah mesin jahit, perjalanan sebuah mesin jahit sampai dengan hari ini bisa dikatakan cukup panjang, banyak penemu-penemu handal yang terus berinovasi untuk membuat mesin ini, dimulai pada tahun 1755 banyak penemu dari berbagai negara terus mengembagkan mesin jahit temuan mereka, sampai terjadinya banyak perang paten untuk mengklaim bahwa mesin buatan mereka itu adalah yang paling asli. 

Beberapa nama seperti Charles Weisenthal, Thomas Saint, Barthelemy Thimonnier, Elias Howe, Isaac Singer, mereka ini adalah para penemu dan pengembang mesin jahit, Isaac Singer pun namanya mungkin tidak aneh ya di telinga para penjahit terutama yang memang menggunakan mesin jahit bermerek “Singer” itu, karena mesin tersebut memanglah temuan dari Isaac Merritt Singer, pada tahun 1850 Isaac Singer mengumumkan penemuan mesin jahitnya ini.

Tips Memilih Mesin Jahit Untuk Pemula

Mesin jahit punya banyak tipe dan jenisnya berbeda-beda, harga mesin jahit juga sangat beragam, untuk kamu yang pemula jangan sampai salah memilih, karena jika sampai salah, bisa-bisa mesin yang sudah kamu beli jadi tidak terpakai. Ini tips yang bisa kamu coba ketika memilih mesin jahit yang cocok.

1. Pilih mesin jahit sesuai dengan cara pakainya

Mesin jahit yang bisa kamu gunakan saat ini ada 3 jenis, yaitu mesin jahit komputer, mekanik dan manual.

  • Mesin Jahit Komputer, mesin jenis ini cenderung lebih praktis karena pengaturannya sudah otomatis. Mesin ini dikendalikan oleh mikrokomputer yang akan mengatur naik turunnya jarum, lebar dan panjang jahitan, dan lain sebagainya. Untuk pemula jenis mesin ini cenderung lebih aman, karena jika terjadi kesalahan pada saat kamu menjahit, mesin jahit komputer akan memberikan peringatan.
  • Mesin Jahit Mekanik, mesin ini cenderung lebih mudah dalam pengopersiannya, saat ini mesin jahit model ini sudah dilengkapi dengan berbagai fitur yang inovatif, berbagai pola jahitan terdapat pada mesin ini, jadi kamu bisa berkreasi lebih banyak lagi. Jumlah dari pola jahitannya juga cukup beragam dan banyak, mesin ini memiliki bentuk yang portable sehingga memudahkan kamu untuk dibawa kemanapun.
  • Mesin Jahit Manual, mesin jahit ini termasuk yang paling klasik, pengoperasiannya pun masih menggunakan tangan dan kaki, tidak membutuhkan listrik untuk menggunakan mesin ini. Tapi memang pengoperasiannya memang sangat bergantung dengan tenaga manusia, kecepatan dari mesin ini juga rendah, tapi mesin jahit manual ini juga sebenarnya bisa dimodifikasi dengan menambahkan pedal listrik dengan memasangkan dinamonya. Mesin jahit manual memang lebih kuat, mesin ini juga hanya bisa menghasilkan jenis jahitan lurus saja, alias kurang beragam jenis jahitannya.

2. Pilih mesin yang ringan dan praktis

Pilih mesin jahit yang praktis untuk kamu gunakan, banyak mesin jahit yang sangat compact yang beratnya hanya 5-6 kg saja, sehingga lebih mudah untuk kamu gunakan dan kamu bawa kemana-mana atau hanya untuk memindahkannya saja, beda dengan mesin jahit full size yang lebih besar dan lebih berat.

3. Perhatikan Fitur Mesinnya

Beberapa fitur tambahan mesin jahit terdapat pada mesin jahit, seperti: 

  • Automatic needle threader
  • Drop feed dog
  • Auto buttonhole sewing
  • Free arm
  • Bordir

4. Periksa kelengkapan mesin

Ini wajib sekali kamu lakukan sebelum kamu membeli mesin jahit, periksa apa saja kelengkapan mesin jahit yang akan kamu dapatkan nantinya.

5. Perhatikan produsen mesin jahitnya

Kamu bisa memilih mesin jahit dari berbagai produsen mesin jahit yang saat ini sudah terkenal dan banyak digunakan juga oleh masyarakat. Setiap produsen mesin jahit mempunyai karakteristiknya masing-masing.

Jenis-Jenis Mesin Jahit dan Harga Mesin Jahit

Setelah membahas sejarahnya, dan bagaimana tips memilih mesin jahitnya, sekarang mari kita mulai saja membahas berbagai macam jenis mesin jahit beserta dengan harga mesin jahit nya juga. Banyak juga harga mesin jahit yang tidak terlalu mahal, bahkan dimulai dari harga 1 juta pun banyak di jual, tetapi mungkin fitur yang ditawarkannya pun tidak terlalu banyak ya, seperti pepatah, ada harga ada barang.

  • Janome Mesin Jahit Flatbed S-650

Mesin jahit flatbed ini cocok untuk pemula, Flatbed merupakan mesin jahit semi portable yang bisa kamu bawa kemana saja atau tanam ke dalam meja supaya lebih nyaman. 

Harga mesin jahit ini mulai dari: Rp 2.800.000

  • SINGER Simple™ 3232

Mesin SINGER Simple™ 3232 memang dirancang khusus untuk mereka yang masin pemula di bidang menjahit, mesin ini dilengkapi juga dengan berbagai fitur dasar,  seperti lubang kancing satu langkah dan automatic needle threader. Mesin ini cocok juga untuk menjahit segala jenis bahan.

Harga mesin jahit SINGER Simple™ 3232, mulai dari: Rp 3.000.000

  • Brother Sewing Machine GS270

Mesin ini termasuk ke jenis mesin jahit mekanik dan mesin ini pun hemat energi lho. Mesin Brother Sewing Machine GS270 mempunyai fitur yang memudahkan kamu saat menjahit. Salah satu fiturnya yang menarik adalah mesin jahit ini mampu membuat lubang kancing dalam satu langkah. Fungsi ini sangat praktis kalau kamu mau membuat kemeja atau pakaian lainnya. Dengan drop-in bobbin yang dipasang horizontal, kamu bisa memasang benang bawah lebih mudah dan cepat.

Harga mesin jahit Brother Sewing Machine GS270, mulai dari: Rp 2.945.000

  • Brother Sewing Machine JK17B

Mesin jahit ini mempunyai fitur drop feed dog, free arm, dan auto buttonhole swing, kalau kamu lihat pada gambar, tampilan dari mesin jahit ini juga sangat manis ya, dengan motif bunga-bunga juga, mesin ini cocok juga untuk dijadikan kado atau hadiah.

Harga mesin jahit Brother Sewing Machine JK17B, mulai dari Rp 2.365.000

  • Singer Stylist™ 9100

Harga mesin jahit ini memang sedikit lebih mahal dibandingkan dengan beberapa mesin jahit sebelumnya, tapi mesin ini memungkinkan kamu untuk bisa lebih berkreasi lebih banyak lagi dengan hasil jahitannya. Mesin ini dilengkapi dengan sembilan model lubang kancing otomatis, mesin ini juga cocok untuk kamu yang mau belajar membuat bordir atau quilt

Harga Singer Stylist™ 9100, mulai dari Rp 6.050.000

Selain beberapa rekomendasi mesin jahit di atas, masih banyak lagi jenis mesin jahit yang bisa kamu dapatkan untuk membantu kamu memperlancar proses belajar menjahit kamu, yang terpenting beli mesin jahit yang memang sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

Baca Juga: Karakteristik dan Keunggulan Bahan Rayon Premium

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur