5 Jenis Sablon Terbaik Untuk Bisnis Clothing

0
Rate this post

5 Jenis Sablon Terbaik Untuk Bisnis Clothing – Sablon merupakan teknik mencetak dalam berbagai media seperti kaos, kaos, plastik, kertas, kaca, kayu dan sebagainya dengan menggunakan alat bantu berupa screen sablon atau sering juga disebut film sablon. Kegiatan menyablon sekilas tampak mudah dan sederhana, pada prakteknya menyablon membutuhkan kemampuan khusus untuk mendapatkan hasil yang berkualitas.

Sablon Terbaik

Sejarah Sablon

Teknik sablon pertama kali ditemukan di China, pada zaman Dinasti Song (960 – 1279 M). Kemudian beberapa negara Asia seperti Jepang dan lainnya mengadopsi metode cetak baju kaos ini dan mengembangkannya dengan memadukannya dengan penggunaan teknik sablon atau cetak lainnya.

Cetak sablon atau cetak saring telah lama dikenal dan digunakan oleh bangsa jepang sejak tahun 1664 abad ke 17 ketika itu Yujensai Miyasaki dan Zisukeo mengembangkannya dengan menyablon kain kimono beraneka motif.

Penyablonan kimono itu dilatarbelakangi oleh Kaisar Jepang yang melarang menggunakan kimono bertulisan tangan. Pasalnya, Kaisar sangat prihatin karena tingginya harga kimono motif tulisan tangan yang beredar di pasar. Dengan keluarnya kebijakan Kaisar tersebut kimono motif sablon mulai banyak digunakan oleh masyarakat jepang.

Sejak itu teknik cetak sablon mulai merambah ke negara-negara. Akan tetapi cetak sablon pada masa itu berkembang tidak terlalu baik, penggunaan kain gasa atau screen sebagai acuan, cetak sebelum dikenal, penyablonan masih menggunakan teknik pengecapan atau menggunakan model cetak atau mal.

Rekomendasi 5 Jenis Sablon Terbaik Untuk Bisnis Clothing

 

Sablon Terbaik Plastisol

Sablon Plastisol adalah jenis sablon yang berbasis PVC dengan karakter yang tidak mudah retak dan tidak mudah mampet pada screen. Dengan teksturnya yang mengkilap, sablon plastisol mampu menempel kuat pada kain dan menghasilkan warna yang cukup cerah meskipun hanya dengan satu kali gesut.

Tinta sablon plastisol memiliki sifat yang tidak mudah kering sehingga minim limbah, selain itu tinta plastisol yang sudah digunakan bisa disimpan dan digunakan lagi untuk keperluan sablon berikutnya. Jika dibandingkan dengan sablon rubber, sablon plastisol memiliki kualitas yang lebih unggul karena jenis sablon ini sangat awet meskipun dicuci berulangkali.

Sablon Terbaik Rubber

Sablon Rubber adalah sablon yang elastis. Merupakan salah satu jenis sablon yang ramai dipakai di kalangan konveksi atau bisnis owner.

Sablon rubber merupakan sablon yang berbahan dasar air, atau dalam bahasa kerennya Water Based yang berarti jenis tinta sablon ini bersifat menyatu dengan air atau bisa diolah menggunakan air.

Sablon rubber juga mampu untuk menutup keseluruhan media tekstil gelap , bahkan yang berwarna hitam sekalipun. Untuk sablon kaos gelap, diperlukan whitebase atau Tinta Rubber Putih Murni. Whitebase berfungsi untuk menutup atau melapisi diantara serat kain agar warna setelahnya bisa sempurna timbul di atasnya.

Sablon Terbaik Discharge

Sablon Discharge adalah sablon yang tintanya menghilangkan warna dari kaos, dan akan mengganti warnanya sesuai dengan warna tintanya. Tinta sablon Discharge adalah tinta berbasis air (water based) yang diformulasikan untuk menonaktifkan zat warna yang digunakan pada kain alami. Hasil sablon dengan teknik discharge ini sangat lembut terlihat seperti warna kain kaos alami.

Tinta sablon discharge ini cocok dipakai pada kaos polos berbahan katun 100% warna gelap. Pada kain katun 100% akan menghasilkan cetakan warna sablon discharge yang menyatu dengan baik dan akurasi warna yang sangat bagus.

Tinta untuk sablon discharge ini tidak cocok pada kain sintetis yang banyak mengandung polyester. Hasil cetakan dari tinta discharge sangat lembut di tangan dan tinta ini meresap serta menyatu ke dalam serat kain. Tidak seperti sablon rubber yang seperti meletakkan tinta pada permukaan kain.

Sablon Terbaik DTG

Sablon DTG atau (Direct to Garment) adalah teknik sablon dengan menggunakan Printer Khusus yang bisa mencetak tinta langsung ke kaos. Tinta yang dipergunakan pun tinta khusus yang bisa disebut tinta tekstil sehingga dapat langsung diaplikasikan ke kaos.

DTG printing merupakan pilihan tepat untuk melakukan pencetakan kaos dengan kuantitas kecil, dengan tingkat akurasi detail yang tinggi, atau memiliki banyak warna dan gradasi warna. Tinta DTG juga bersifat lebih lembut karena sifatnya yang berbahan dasar air.

Dengan menggunakan DTG printing ini desain yang sulit dicetak dengan menggunakan sablon digital dapat dengan mudah dicetak dan bisa dibuat secara satuan pula. Dengan arti lain DTG printing merupakan teknik perpaduan antara digital dan manual.

Sablon DTF

Sablon DTF atau (Digital Transfer Film) adalah proses sablon yang menggunakan tinta pigment khusus untuk media film dan ditransfer ke kaos dengan bubuk adhesive atau adhesive powder yang berfungsi sebagai lem sablon.⁣ Tinta yang telah tercetak di media PET Film akan ditransfer ke kaos dengan cara di press menggunakan mesin press.

Teknik percetakan seperti DTF ini membutuhkan peralatan digital untuk mendapatkan sablon yang diinginkan. Proses pengerjaan dengan metode ini membutuhkan printer dan tinta khusus agar dapat memproduksi desain menggunakan kertas film agar sablon dapat dicetak.

Minto sudah memberikan rekomendasi sablon terbaik untuk bisnis clothing,  untuk itu kamu harus memilih sablon mana yang cocok dengan bisnis clothing yang akan kamu jalankan. karena kualitas sablon yang bagus akan memberikan nilai jual lebih ke konsumen kamu. Jadi pilihlah sablon yang tahan lama dan kualitas warna yang bagus ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur