6 Tips Mengatur Keuangan Bisnis Yang Efektif

0

Pebisnis mana yang tidak ingin bisnis yang dibangun dan dijalankan berjalan lancar juga meraih kesuksesan? Pasti semua pebisnis mempunyai cita-cita tersebut. Tetapi untuk mencapai ke arah sana pasti banyak hal yang harus dilakukan terutama sebagai seorang pebisnis haruslah mempunyai disiplin yang tinggi baik dalam menjalankan bisnis maupun  dalam mengatur keuangannya.

Berbicara tentang mengatur keuangan, ternyata banyak sekali pebisnis yang gagal dalam berbisnis karena keuangan yang tidak dikelola dengan baik. Suksesnya sebuah bisnis selain karena faktor usaha yang dijalankan dengan serius dan disiplin juga karena faktor pengelolaan keuangan yang benar dan efektif.

Mengatur keuangan bisnis itu sangat penting, maka dari itu kali ini kami ingin memberikan sedikit tips bagi Anda terutama para pemula dalam dunia bisnis, bagaimana mengatur keuangan yang baik dan efektif. Tidak peduli seberapa besar bisnis yang sudah Anda bangun tapi mengatur keuangan keuangan itu tetap harus dilakukan.

Tips Mengelola Keuangan Bisnis

1. Pisahkan Antara Uang Pribadi dan Uang Bisnis

Hal terpenting yang harus selalu dilakukan oleh para pebisnis adalah memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan bisnis. Karena salah satu faktor gagalnya sebuah bisnis adalah ketika keuangan bisnis dan pribadi dicampur aduk menjadi satu. 

Jika kondisinya dicampur aduk seperti ini tentu Anda juga akan mendapatkan kesulitan untuk membedakan mana uang untuk berbisnis dan mana untuk keperluan pribadi Anda. Ingat seberapa besar pun usaha Anda, disiplin dalam keuangan tetap harus diterapkan dan jangan sampai lalai atau menyepelekan karena hal yang Anda anggap sepele ini justru bisa menjadi salah satu faktor kegagalan bisnis. Jadi jangan pernah menyepelekan urusan keuangan di bisnis ya.

2. Buat Catatan Keuangan

Dalam berbisnis sangat perlu untuk membuat catatan keuangan agar pemasukan dan pengeluaran Anda tetap terpantau dengan aman. Dengan membuat catatan yang lengkap, bertujuan untuk mengawasi flow keuangan dan agar lebih rapi juga. Apa saja yang perlu ada di catatan keuangan Anda? selain pengeluaran dan pemasukan keuangan, Anda juga harus mencatat utang piutang yang ada.

mengatur keuangan

image source: https://id.pinterest.com/

Pastikan catatan dibuat dengan lengkap dan terperinci juga usahakan selalu ada bukti dari setiap pengeluaran, agar memudahkan untuk melakukan pengecekan ketika membuat laporan atau memang ada sedikit selisih dalam jumlah keuangan Anda. 

3. Buat Anggaran Keuangan

Selain membuat catatan untuk keuangan Anda, pastikan juga Anda membuat anggaran untuk bisnis Anda. Membuat anggaran pun diusahakan secara rutin baik setiap bulan atau pun setiap minggu. Mengapa hal ini juga harus dilakukan? Sebagai seorang pebisnis Anda harus membuat rencana yang matang terutama dalam urusan keuangan, dengan membuat anggaran ini Anda bisa memperhitungkan kepentingan bisnis Anda secara efisien dan Anda juga tidak akan membuat pengeluaran yang lebih dari seharusnya jika anggaran sudah dibuat seperti ini. Lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan terperinci agar bisnis yang Anda jalankan tetap aman dan lancar. 

4. Persiapkan Dana Darurat

Saat berbisnis tidak semua hal bisa selalu dalam kendali kita. Ketika suatu hal terjadi di depan sana dan cukup mempengaruhi keuangan bisnis Anda, disinilah dana darurat atau dana bantuan akan sangat membantu Anda.

Dana darurat ini sepertinya cukup wajib untuk Anda persiapkan pada saat memulai bisnis, jangan sampai Anda tidak mempunyai persiapan sama sekali sehingga ketika hal yang tidak diinginkan terjadi Anda benar-benar tidak mempunyai pegangan atau uang cadangan sehingga bisnis Anda pun menjadi goyang bahkan gagal. Maka dari itu sebagai seorang pebisnis Anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dan mempersiapkan untuk semua kemungkinan yang akan terjadi di depan sana. Lebih baik berjaga-jaga daripada kebingungan ketika hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi. 

5. Kembangkan Usaha dengan Keuntungan

Tujuan dari berbisnis memanglah untuk mendapatkan keuntungan tetapi jika keuntungan yang Anda dapatkan dari bisnis langsung digunakan seluruhnya untuk kepentingan pribadi maka akan sulit bisnis tersebut bekembang dan maju. Akan lebih baik ketika Anda sudah mendapatkan keuntungan dari bisnis sebagian dari keuntungan digunakan untuk mengembangkan usaha Anda. Jika hal ini terus Anda lakukan, memanfaatkan keuntungan untuk mengembangkan bisnis maka Anda juga akan mengurangi resiko berhutang untuk mendapatkan tambahan demi memperluas atau mengembangkan bisnis tersebut. Mungkin jika menggunakan keuntungan pengembangan bisnisnya harus perlahan dan sedikit demi sedikit tapi ini akan lebih efektif terutama untuk bisnis yang baru dirintis.

6. Lakukan Pembayaran Tepat Waktu

Ketika Anda harus membayar pajak atau pengeluaran rutin yang harus dibayar setiap bulannya, pastikan Anda membayar dengan tepat waktu dan jangan sampai telat apalagi jika harus membayar denda karena akan sangat rugi jika Anda harus membayar denda yang mungkin tidak sedikit, ingat selalu disiplin.

Kesuksesan sebuah bisnis pastinya memerlukan kerja keras dan pemilik bisnis juga anggota bisnis yang terlibat didalamnya. Menerapkan kedisiplinan dalam berbisnis tentu sangat penting apalagi dalam segi keuangannya. Uang adalah hal yang sangat sensitif apalagi jika sudah berhubungan dengan bisnis dan terdapat beberapa orang yang terlibat pada bisnis tersebut haruslah keuangan dibuat menjadi transparan, maka dari itu kami memberikan beberapa tips yang salah satunya adalah selalu membuat catatan keuangan dan anggaran keuangan, hal ini dilakukan untuk membuat bisnis Anda terutama keuangannya menjadi lebih transparan dan semua anggota bisnis Anda pun bisa mengecek seperti apa flow keuangan pada bisnis yang dijalankan. 

Seberapa pun besarnya bisnis yang sedang Anda rintis saat ini terutama jika Anda baru menjalankan bisnisnya dan terhitung masih bisnis kecil-kecilan, tetap jangan menyepelekan tentang kedisiplinan keuangan ini ya. Konsisten dan disiplin adalah dua hal yang harus selalu Anda terapkan ketika menjalankan bisnis agar bisa mencapai kesuksesan.

Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Jika saat ini Anda ingin memulai berbisnis dan ingin bisnis di bidang juga sedang bingung tentang bagaimana memulai dan apa saja yang harus dipersiapkan terutama untuk urusan bahan kaosnya, kami dengan senang hati siap membantu Anda untuk berdiskusi seputar bisnis kaos, memberikan rekomendasi terbaik yang bisa digunakan untuk produk yang akan Anda buat.  Anda bisa langsung menghubungi kami melalui customer service kami dibawah ini. Terima kasih sudah membaca artikel kami, sukses selalu.

TOKO BAHAN

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @

Email : info@.co.id

TOKO BAHAN YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*