5 Kelebihan dan Kekurangan Sablon DTG untuk Kaos

0

Minggu lalu kami sudah membahas tentang jenis-jenis yang bisa atau cocok digunakan untuk Sablon Digital. Dari sekian banyak digital yang ada, mana yang paling sering Anda gunakan? Mungkin salah satunya adalah jenis sablon DTG. 

sablon dtg

Sablon DTG atau Direct to Garment merupakan salah satu bentuk dari berkembangnya teknik sablon, yang mana dalam pengerjaannya sudah menggunakan mesin dan tidak 100% menggunakan tenaga dan keterampilan manusia karena dalam pengoperasiannya yang cukup mudah. 

Apakah Sablon DTG atau Direct To Garment lebih baik daripada sablon manual? Setiap jenis sablon baik sablon manual ataupun jenis sablon digital pastinya mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Berbicara tentang kelebihan dan kekurangan dari sebuah teknik sablon, mungkin Anda yang sudah mempunyai rencana untuk membuat kaos yang disablon dengan teknik DTG ingin mengetahui juga apa kekurangan dan kelebihan dari salah satu jenis sablon digital ini.

Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari Sablon DTG yang sudah kami rangkum untuk Anda.

5 Kelebihan dan Kekurangan Sablon DTG

Kelebihan Sablon DTG

1. Dapat Mencetak Gambar Full Color

Sablon DTG mempunyai hasil yang berkualitas bagus karena beresolusi tinggi dan Sablon DTG juga dapat mencetak gambar dengan warna yang banyak sekalipun karena teknik sablon digital ini tidak mempunyai batasan warna dalam pengerjaannya. Sablon DTG juga mampu mencetak gambar dengan gradasi, 3 dimensi dengan warna yang cerah. Tidak hanya desain gambar yang full color saja, menggunakan sablon DTG untuk kaos pun dapat mencetak desain gambar yang rumit.

2. Waktu Pengerjaan Yang Cepat

Dalam mengerjakan kaos yang menggunakan sablon manual tentu memerlukan beberapa hari untuk menyelesaikannya, tetapi dengan menggunakan sablon digital dengan teknik DTG Anda akan lebih menghemat waktu pengerjaan karena Anda hanya membutuhkan 20-25 menit saja. 

3. Hasil Cetak Lebih Halus

Hasil dari sablon digital dengan teknik Direct to Garment ternyata lebih halus dan akan sangat bekerja dengan baik jika menggunakan bahan kaos dengan jenis Cotton atau Katun karena tinta akan lebih meresap, sehingga sablonan akan lebih awet juga tahan lama dan tidak akan mudah luntur.

4. Tidak Memerlukan Transfer Paper

Sesuai dengan namanya yaitu Direct to Garment, dalam proses pengerjaan sablon DTG Anda tidak memerlukan transfer paper karena pencetakannya bisa langsung dilakukan pada kaosnya. Sehingga akan lebih menghemat biaya produksi.

5. Cocok Untuk Sablon Quantity Kecil

Untuk Anda yang ingin mencetak desain pada kaos dengan quantity yang sedikit atau bahkan hanya 1 kaos saja, sangat cocok untuk menggunakan sablon DTG karena biasanya tidak ada minimal order dalam pengerjaan kaos dengan sablon teknik DTG.

Dibalik 5 keunggulan di atas sebenarnya sablon dengan teknik DTG atau Direct to Garment ini juga masih mempunyai kekurangan, apa saja?

Kekurangan Sablon DTG

1. Harga Sablon Lebih Mahal

Jika Anda menggunakan sablon DTG untuk produksi secara massal atau jumlah yang banyak, justru akan memakan biaya yang lebih besar dan cenderung lebih mahal dibandingkan dengan sablon manual.

2. Proses Pengerjaan Lebih Lama

Lagi-lagi sablon dengan teknik DTG ini sangat tidak disarankan untuk produksi kaos dengan jumlah banyak atau produksi massal. Lebih baik Anda memilih sablon manual saja.

3. Bahan Kain Yang Digunakan Terbatas

Ternyata tidak semua bahan kaos cocok digunakan untuk sablon dengan teknik DTG, seperti bahan kanvas dan wol , kedua bahan ini sangat tidak disarankan untuk sablon DTG. Akan lebih baik jika Anda menggunakan bahan katun agar hasilnya lebih maksimal. Cocok atau tidaknya bahan kaos juga dipengaruhi oleh tipe printer TG apa yang Anda gunakan, jadi sebaiknya Anda lebih memperhatikan detail printer dan penggunaannya

4. Mesin Cukup Rawan Rusak

Salah satu kekurangan lain dari sablon dengan teknik DTG adalah jika Anda tidak merawat printer dengan baik maka mesinnya akan cepat rusak atau bermasalah. Jika printer tidak digunakan dengan waktu yang lama pun akan bermasalah, setidaknya setiap harinya Anda harus mencetak minimal 1 kaos.

5. Sablon Kurang Variatif

Tidak seperti sablon manual yang bisa menggunakan banyak variasi seperti glow in dark atau sablon dengan permukaan yang timbul, sablon DTG hanya dapat mencetak desain yang full color pada kaos dan tidak bisa ada variasi tambahan. 

Sesudah kami jelaskan tentang perbedaan dari kekurangan dan kelebihan sablon digital dengan teknik DTG ini mungkin Anda jadi mempunyai gambaran lebih banyak seperti apa sablon DTG itu. Memang semua jenis sablon pasti mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing baik dari harga yang ditawarkan sampai ke hasil akhir dari sablon tersebut. 

Kami rasa dari segi penggunaan mungkin akan lebih efektif jika sablon DTG ini digunakan untuk mencetak desain atau gambar dengan jumlah yang sedikit dan jika ingin mencetak dengan jumlah yang banyak tentu kembali ke sablon manual saja, karena harga yang ditawarkan pun bisa lebih murah. Tetapi kembali lagi ke pilihan dan budget yang Anda sudah siapkan.

Untuk Sablon DTG

Dari sisi jenis bahan kaos yang bisa Anda gunakan pun sudah dijelaskan ya, bahan-bahan katun akan memberikan hasil yang lebih efektif dan lebih bagus. Kami merekomendasikan beberapa jenis bahan kaos katun yang bisa Anda gunakan untuk variasi sablon DTG ini seperti:

Kami tidak begitu merekomendasikan jenis bahan kaos Cotton Carded untuk digunakan pada sablon DTG ini, mengapa? Memang bahan kaos Cotton Carded itu dibuat dari 100% serat katun tetapi kualitas dari bahan Carded yang tidak sebagus 4 jenis bahan diatas dan permukaan dari bahan Carded yang kurang halus yang membuat kami kurang merekomendasikan jenis bahan ini.

Cara Perawatan Kaos Sablon DTG:

  • Hindari menyikat kaos
  • Jangan menunda membersihkan kaos yang terkena noda
  • Jangan cuci kaos dengan mesin atau cuci dengan cara manual (dikucek)
  • Jemur kaos dengan posisi dibalik
  • Pisahkan saat mencuci kaos dari pakaian lain
  • Jangan rendam kaos terlalu lama
  • Setrika dengan hati-hati, hindari permukaan yang terdapat sablon

Semoga penjelasan kami ini tentang kelebihan dan kekurangan dari Sablon Digital dengan teknik DTG atau Direct To Garment ini cukup jelas dan dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda. 

TOKO BAHAN KAOS

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat,

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin &8211; Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here