Mesin Sablon Kaos Untuk Sablon DTF dan DTG

0
5/5 - Vote count: 3 votes

Mesin Sablon Kaos Untuk Sablon DTF dan DTG – Di era yang semakin maju ini, mempercantik sebuah kaos sepertinya bukanlah hal yang terlalu sulit untuk dilakukan ya? Secara sudah banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk menambah aksen gambar, tulisan atau desain-desain yang dapat mempercantik kaos kamu.

Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan teknik penyablonan atau Sablon, bordir atau teknik pewarnaan seperti tie dye. Untuk saat ini bisa dikatakan penggunaan Sablon ternyata lebih banyak dipilih karena pilihan yang tersedia dari teknik yang digunakan juga lebih banyak, seperti teknik sablon manual dan sablon digital.

Apa itu Sablon DTF dan DTG?

Berbicara soal sablon digital, sekarang ini ada dua jenis sablon digital yang sepertinya sedang banyak diminati orang-orang yaitu sablon DTF dan DTG, dua jenis sablon digital yang namanya hampir mirip dan sering kali dikira sama saja padahal kedua sablon ini berbeda, terutama dari cara atau proses kerja sablonnya.

Sablon DTG atau Direct To Garment adalah teknik sablon yang mencetak gambar secara langsung pada kaos atau media cetak lainnya.

Sablon DTF adalah metode cetak gambar dengan menggunakan kertas transfer, adhesive powder atau bubuk lem sablon yang membantu melekatkan gambar ke material kaos lalu diakhiri dengan di press pada mesin press.

Untuk menggunakan dua jenis sablon digital ini juga dibutuhkan mesin sablon kaos yang mumpuni, berkualitas baik dan yang memang diperuntukan untuk masing-masing jenis sablon. Kali ini Minto ingin coba sedikit membahas tentang mesin sablon kaos apa saja yang biasanya digunakan untuk teknik sablon DTG dan DTF.

Mesin Sablon Kaos DTG 

Mesin Sablon Kaos DTG yang bisa gunakan adalah: 

  • Mesin Sablon Kaos: Printer DTG Epson F2000

Salah satu mesin sablon kaos untuk sablon DTG yang terbaik, kualitasnya sangat berkelas. Untuk mendapatkan printer ini, kamu perlu mempersiapkan budget yang cukup besar sebenarnya karena harga dari produk baru printer ini mencapai Rp 250.000.000. 

Sebenarnya tidak heran jika harga printer ini cukup mahal karena printer ini mempunyai kemampuan produksi yang sangat baik, kecepatan produksinya sangat cepat yaitu 27 detik per item. Keunggulan lain dari printer ini adalah cukup irit tinta, sehingga akan lebih menghemat produksi kamu.

  • Mesin Sablon Kaos: RIECAT Tranz DX5 A3

Jenis  printer DTG ini bisa mencetak desain foto dengan resolusi yang sangat tinggi, tintanya bertahan sangat baik dan hasil cetaknya mempunyai ketajaman yang sangat baik. Untuk mencetak 1 item, waktu yang dibutuhkan sekitar 2 menit saja. Keunggulan lain dari printer ini adalah, kamu bisa menghubungkan printer ke jaringan WiFi dan Hi-Speed USB.

Berapa biaya yang harus dipersiapkan untuk bisa memiliki mesin printer untuk sablon DTG ini?

Harga yang ditawarkan untuk mesin printer RIECAT Tranz DX5 A3 adalah sekitar Rp 37.000.000 – Rp 48.000.000. Jika dibandingkan dengan jenis printer sebelumnya jenis printer ini jauh lebih terjangkau ya dan kualitas dari mesin printer ini pun tetap bagus

Selengkapnya tentang rekomendasi mesin printer untuk sablon DTG bisa kamu baca pada artikel di bawah ini

Baca Juga: 5 Mesin Sablon Kaos Digital Terbaik Untuk Sablon DTG

Mesin Sablon Kaos DTF

Mesin sablon kaos yang bisa digunakan untuk sablon DTF adalah:

  1. Mesin Sablon Kaos: DTF Riecat Alfa

Mesin sablon kaos DTF Riecat Alfa mempunyai hasil cetak yang tajam dan berkualitas. Ukuran cetak dari mesin sablon kaos DTF ini cukup luas bisa sampai ukuran A3+, sehingga cocok untuk sablon dengan ukuran yang besar.

Waktu yang dibutuhkan untuk mencetak setiap desainnya sekitaran 5-7 menit. Dalam satu hari mesin ini dapat mencetak sampai dengan 70 desain, tetapi tetap bergantung dengan warna dari desainnya. Harga dari mesin sablon ini berkisar sekitar Rp 20.000.000.

  1. Mesin Sablon Kaos: ATLAS DTF-60

Mesin sablon kaos DTF yang kedua adalah ATLAS DTF-60, mesin ini memakan daya 500 Watt, area sablon dari mesin ini seluas 60 cm, memang tidak begitu luas jika dibandingkan dengan mesin sebelumnya, tapi tetap bisa kamu gunakan untuk mencetak desain kaos.

Mesin ini mempunyai keunggulan pada kecepatan cetaknya, software yang digunakan juga sangat sederhana dan mudah untuk digunakan, hasil cetaknya dan resolusinya sangat baik dan maksimal sekali. Untuk menggunakan mesin sablon kaos ATLAS DTF-60 ini kamu perlu merogoh kocek yang cukup besar yaitu sekitar Rp 141.000.000

  1. Mesin Sablon Kaos: DTF Riecat Alfa Gen 2

Mesin ini merupakan generasi kedua dari DTF Riecat Alfa, dengan fitur yang lebih canggih dan temperature control agar mesin tidak terbakar karena terlalu panas. Kemampuan ukuran print nya sama dengan Generasi sebelumnya yaitu berukuran A3+, dan menggunakan tinta pigmen CMYK dan WW, adapun fitur lainnya dari printer ini yang lengkap dengan teknologi WIMS untuk mencegah adanya pengendapan tinta.

Untuk bisa mendapatkan mesin sablon kaos ini, kamu harus mempersiapkan budget sekitar Rp 43.000.000, terhitung lebih mahal jika dibandingkan dengan generasi yang sebelumnya tetapi jika dilihat dari fitur-fitur yang dimiliki mesin sablon kaos ini, cukup worth it kan?

  1. Mesin Sablon Kaos:  Atlas DTF X

Mesin yang proses pengoperasiannya sangat mudah ini sangat cocok untuk produksi kaos satuan, karena biaya produksinya juga sangat murah. Area sablon dari printer ini bisa mencakup hingga 62 cm dengan menggunakan tinta pigmen.

Harga dari mesin sablon kaos ini terhitung mahal, tetapi setimpal dengan mesinnya yang kuat dan fitur dari mesin yang sangat beragam.

Selain beberapa jenis mesin di atas yang sudah kami jelaskan, kamu juga bisa saja menggunakan jenis mesin sablon kaos DTF lainnya sesuai dengan yang kamu butuhkan dan sesuai dengan budget yang kamu miliki.

Proses dari sablon DTG dan DTF yang sangat mudah, cepat dan bisa dilakukan dalam waktu yang singkat yang membuat keduanya banyak dipilih oleh para pengusaha kaos di luar sana. Kedua jenis sablon ini juga sangat cocok untuk memproduksi kaos sablon satuan, dan cocok untuk bisnis rumahan.

Sablon DTG dan DTF keduanya sama-sama teknik sablon digital yang membedakan hanya proses pengerjaannya saja, tetapi keduanya bisa kamu pilih untuk sablon yang lebih praktis. Semoga ulasan kami pada artikel ini bermanfaat ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur