Langkah – Langkah Mudah Sablon Manual

0
5/5 - Vote count: 5 votes

Langkah – Langkah Mudah Sablon Manual – Sablon kaos merupakan teknik percetakan pakaian atau kaos yang menggunakan tinta untuk menghasilkan beragam jenis desain. Permukaan kaos adalah lokasi di mana sablon akan dicetak, sehingga bahan dari kaos harus disesuaikan dengan bahan sablon untuk menghasilkan kualitas sablon yang terbaik.

Dikatakan sebagai teknik cetak saring, karena tinta cetak disaring melewati papan screen yang telah melalui proses afdruk film dengan cairan emulsion (peka cahaya) sehingga visual dapat berpindah pada media gambar seperti kertas dan kain dibagian bawahnya. Dibutuhkan squeegee (rakel) untuk menarik tinta sablon ke seluruh permukaan screen sehingga lebih merata dan menghasilkan reproduksi visual yang sempurna.

Sablon Manual

Alat dan Bahan Sablon

1. Screen 

Screen ini untuk menyaring tinta yang akan kita keluarkan pada media yang akan kita sablon.

2. Obat Afdruk

Obat afdruk ini digunakan untuk memindahkan desain yang kita buat kedalam screen yang akan menghasilkan sebuah gambar.

3. Obat Penghapus

Obat penghapus ini biasa digunakan untuk menghapus gambar yang sudah ada didalam screen atau menghapus gambar afdruk yang ada pada screen.

4. Pelapis Tinta (Penguat Tinta)

Agar hasil sablonan yang telah di sablon dapat bertahan lama tidak mudah luntur dan rusak, banyak juga jenis pelapis tinta ini seperti Top Coat dll.

5. Rakel

Rakel digunakan untuk memberikan tinta ke screen dengan cara ditekan dan didorong agar tinta dari screen tersalurkan ke dalam media yang kita sablon.

6. Meja Sablon

Meja sablon untuk memudahkan kita dalam proses sablon, posisi meja sablon harus datar meja sablon ini juga digunakan pada saat penyinaran atau pemindahan gambar ke screen bila menggunakan pemindahan gambar dengan cara penyinaran cahaya lampu.

7. Gelas

Bisa untuk mencampur tinta, sebagai tempat tinta dan lain-lain, jadi penting juga dalam hal sablon menyablon.

8. Kaca

Kaca digunakan pada saat proses afdruk berfungsi untuk menekan gambar atau desain yang telah kita buat agar erat pada screen pada saat proses afdruk.

9. Hair Dryer atau Kipas Angin

Hair dryer atau kipas angin ini berguna untuk mempercepat pekerjaan kita dalam menyablon jika kita menyablon lebih dari 1 warna agar cepat selesai kita gunakan hair dryer atau kipas angin untuk mengeringkan warna.

10. Desain atau Gambar

Siapkan desain atau gambar yang ingin di sablon.

 

Langkah – Langkah Mudah Sablon Manual :

1. Siapkan Perlengkapan

Pertama-tama, siapkan perlengkapan yang sudah kami berikan daftarnya di atas, dan juga siapkan ruangan gelap yang akan digunakan untuk melakukan proses sablon.

2. Buat Desain yang ingin di sablon

Buatlah desain yang akan disablon, baik itu menggambar sendiri maupun dari gambar hasil print (yang harus tinggi resolusinya), dan pastikan desain tersebut menggunakan warna hitam pekat.

Print desain tersebut pada kertas transparan menggunakan printer laser atau inkjet, yang bisa Kamu cetak sendiri apabila memiliki perlengkapannya atau print di tempat printing terdekat.

3. Lapisi Screen dengan Emulsi

Langkah selanjutnya melapisi screen yang sudah disiapkan dengan emulsi foto, namun sebelumnya campur dan aduk dahulu emulsi dengan sensitizer yang biasanya disediakan sepaket, sesuai dengan instruksi yang disediakan pada kemasan.

Tuang sedikit emulsi pada screen, kemudian ratakan lapisan emulsi tersebut menggunakan rakel, dan pastikan emulsi tersebut lebih luas dari luas desain yang ingin di sablon.

Pastikan lapisan emulsi tersebut melapisi screen dengan tipis tapi merata, serta tidak menumpuk atau menggumpal pada beberapa bagian.

4. Panaskan Desain dengan Lampu

Selanjutnya, letakkan screen dan kemudian letakkan kertas transparan berisi desain pada bagian screen yang sudah dilapisi emulsi foto, kemudian tempelkan kertas transparan pada screen menggunakan selotip.

Arahkan lampu pijar ke arah gambar, dan jangan nyalakan lampu apapun selain lampu pijar tersebut, kemudian tunggu hingga kira-kira 10-15 menit, kemudian tarik perlahan kertas transparan tersebut.

5. Siram Screen dengan Air Dingin

Pegang frame dan screen kemudian semprotkan air dingin menggunakan selang atau shower hingga nantinya emulsi foto akan mengelupas pada bagian desain dan lama kelamaan bentuk desain akan semakin jelas.

Setelah bentuk desain sudah terlihat sangat jelas, berhenti menyiram dan kemudian keringkan screen tersebut, kemudian setelah kering lapisi bagian screen yang tidak terkena area desain Kamu dengan menggunakan selotip.

6. Mulai Proses Sablon

Selanjutnya proses penyablonan kaos akan dimulai, dan pertama-tama silahkan letakkan kaos polos pada bidang datar, kemudian letakkan screen di area yang ingin Kamu sablon.

Kemudian pada permukaan screen, tuangkan tinta sablon secara perlahan dengan arah horizontal, kemudian ratakan satu arah ke bawah dengan rakel hingga tinta melapisi screen dengan merata.

Setelah itu lapisi terus tinta ke atas, kiri, kanan, bawah menggunakan rakel yang sedikit ditekan supaya tinta dapat terdorong ke permukaan kaos dengan merata.

Apabila sudah, angkat screen perlahan dan bisa lihat bahwa proses sablon sudah selesai, hanya perlu ditunggu hingga sablon kering.

7. Bersihkan Peralatan

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah betapa cepatnya tinta sablon mengering sehingga bisa dipastikan akan mudah menempel pada permukaan screen.

Karenanya, setelah proses sablon selesai, perlu segera mencuci dan membersihkan screen dengan air supaya terbebas dari tinta sablon yang menempel sehingga screen bisa digunakan kembali untuk sablon kaos lainnya.

Semoga informasi artikel yang minto bagikan yang berjudul langkah-langkah mudah sablon manual dapat bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari informasi ini. selamat mencoba ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur