Ciri Jenis Bahan Hoodie Katun Yang Bagus

0
5/5 - Vote count: 43 votes

Ciri Jenis Bahan Hoodie Katun Yang Bagus – Memasuki penghujung tahun, musim hujan mulai turun dan udara pun mulai menjadi dingin, dibutuhkan pakaian-pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh seperti Hoodie. Memilih hoodie pun tidak bisa sembarangan harus tahu bahan apa yang digunakan oleh hoodie tersebut dan bagaimana karakteristiknya.

Salah satu jenis hoodie yang mempunyai karakteristik bagus dan nyaman digunakan dibuat dari bahan hoodie katun. Minto akan coba bahas beberapa jenis bahan hoodie katun yang ada di pasaran dan perbedaan jenis bahan hoodie katun yang ada di Knitto. Simak sampai habis artikel ini ya.

Jenis Bahan Hoodie Katun

Untuk membuat hoodie sebenarnya kamu bisa menggunakan berbagai jenis bahan karena di pasaran pun banyak sekali tersedia bahan untuk membuat hoodie yang bagus, tapi tentunya Minto akan lebih menyarankan kamu menggunakan bahan hoodie katun agar nyaman maksimal saat digunakan.

bahan hoodie katun

Kain yang biasa digunakan untuk membuat hoodie ada dua jenis yaitu kain Baby Terry dan Fleece. Sudah tau kan apa bedanya dari kedua kain ini?

  • Baby Terry adalah kain tebal yang mempunyai dua permukaan unik yang mana bagian dalam kainnya terdapat struktur rajutan yang berbentuk kumpulan “loop”, tapi bagian luarnya terlihat seperti kain kaos pada umumnya.
  • Fleece juga merupakan kain yang sama-sama tebal dengan dua permukaan kain yang berbeda juga, hanya saja pada kain Fleece tidak terdapat struktur loop tetapi bulu halus. Pada bagian dalam kain ini memang terdapat bulu halus yang berfungsi sebagai penghangat dan tidak heran jika kain Fleece memang lebih tebal. Pada permukaan luar kainnya seperti kain single knit pada umumnya.

Selain jenis bahannya, bahan hoodie juga dibedakan dari komposisi kainnya, karena kain Baby Terry dan Fleece dapat dibuat dari berbagai macam bahan, baik serat alami seperti katun, atau serat campuran. Karakteristik dari kain yang dibuat dari bahan katun tentu akan berbeda dengan kain yang dibuat dari serat campuran dengan kategori semi-sintetis (campuran katun dan polyester). 

Karakteristik Bahan Hoodie Katun

Bahan hoodie katun mempunyai karakteristik yang berbeda dengan bahan hoodie dari bahan campuran atau bahan Polyester, kainnya halus, nyaman digunakan, terlebih daya serap kainnya lebih baik.

Bahan hoodie katun yang ada di pasaran karakteristiknya sedikit berbeda dengan bahan hoodie katun yang ada di Knitto. Mengapa bisa berbeda? Karena bahan hoodie katun yang ada di Knitto menggunakan bahan dasar katun yang berbeda yaitu katun Combed, sedangkan bahan katun yang digunakan bahan hoodie yang ada di pasaran tidak bisa dipastikan secara langsung menggunakan jenis katun apa.

Bahan hoodie katun Fleece dan Baby Terry yang ada di Knitto atau Cotton Combed Fleece dan Cotton Combed Baby Terry mempunyai beberapa keunggulan yang wajib sekali kamu ketahui, yuk simak penjelasan Minto tentang kedua jenis kain ini dan keunggulannya.

Bahan Hoodie Katun Combed Fleece

Dibuat dari 100% serat Cotton Combed, kain yang permukaan luarnya nampak seperti bahan kaos pada umumnya dan bagian dalam kainnya terdapat bulu-bulu halus. Sedikit fun fact, sebelum menjadi kain Fleece kain ini merupakan bahan yang kita kenal dengan nama French Terry, lalu kain diproses dengan cara digaruk sehingga menghasilkan kain yang berbulu halus pada bagian dalamnya.

Jenis Bahan Hoodie Katun Fleece di Knitto

Ada 3 jenis bahan Fleece yang bisa kamu gunakan dari Knitto:

  • Cotton Combed Fleece

Seperti yang sudah dijelaskan bahan Combed Fleece dibuat dari 100% serat Cotton Combed, mempunyai tekstur kain yang sangat lembut dan halus, kainnya yang tebal memberikan rasa hangat pada saat digunakan, daya serap dari kainnya sangat baik, dan kainnya pun awet, menjadikan kain ini pilihan yang sangat tepat untuk membuat hoodie dengan kualitas premium.

  • Heavy Cotton Combed Fleece

Tidak ada yang berbeda dari segi komposisi maupun karakteristik kainnya, hanya saja perbedaannya terletak pada ketebalan kainnya. Sesuai dengan nama kainnya, heavy alias kain ini lebih tebal dan lebih berat. Gramasi yang digunakan berbeda dengan Fleece biasa yaitu 330-350 gsm. 

  • CVC Fleece

Kain Fleece dibuat dengan bahan dasar campuran Cotton dan Polyester atau CVC (Chief Value Cotton). Meskipun terdapat serat polyester pada kain CVC Fleece ini tetapi kain tetap nyaman saat digunakan, karena kandungan serat katun nya masih lebih banyak daripada Polyesternya. Jadi kain masih bisa menyerap keringat dengan cukup baik, tetapi memang akan terasa sedikit lebih panas ketika digunakan pada siang hari atau disaat terik.

Bahan Hoodie Katun Combed Baby Terry

Bahan hoodie katun dari Knitto terakhir yang bisa kamu gunakan adalah Cotton Combed Baby Terry. Kain ini memang lebih tipis ya dibanding kain Fleece tetapi sensasi hangat dari kain ini tetap bisa kamu rasakan dan tetap masuk ke kategori bahan hoodie katun yang bagus. Apalagi bahan dasar yang digunakan untuk Baby Terry Knitto adalah 100% serat Cotton Combed yang tentu karakteristik dari kainnya akan sangat baik.

Kain ini mempunyai tekstur yang sangat halus dan lembut, daya serap dari kainnya juga sangat baik, meskipun cukup tebal, kain ini tidak akan terasa gerah ketika digunakan terutama ketika siang hari. Beberapa orang sempat bertanya apakah kain ini sama dengan bahan French Terry? 

Baby Terry dan French Terry merupakan kedua kain yang berbeda ya, kamu bisa lihat perbedaan kainnya pada bentuk struktur loop di bagian dalam kainnya. 

Baca Juga: Apakah Bahan Baby Terry itu sama dengan French Terry?

Saat ini kain Baby Terry di Knitto baru tersedia 1 jenis saja yaitu Cotton Combed Baby Terry yang dibuat dengan gramasi 240-260 gsm, lebar kainnya 36” dan pilihan warnanya sangat beragam, kamu bisa cek warna-warna kain yang tersedia pada kain Cotton Combed Baby Terry disini 

“Apakah bahan hoodie katun ini akan berbulu setelah digunakan nantinya?”

Pertanyaan ini juga cukup banyak ditanyakan ya dan sebenarnya berbulu atau tidaknya sebuah bahan jaket bisa dipengaruhi oleh proses pembuatan kainnya contohnya kain Fleece yang dibuat dengan cara digaruk sehingga memungkinkan adanya bulu yang rontok, dan yang pasti penggunaan bahan yang berkualitas juga akan sangat mempengaruhi. Selain itu juga ketika sudah di buat menjadi hoodie, proses perawatannya akan sangat mempengaruhi juga, jadi pastikan kamu sudah merawat jaket atau hoodie kamu dengan baik ya.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur