Apakah Semua Bahan Kaos Bisa Digunakan Untuk Sablon Digital?

0

Di tahun 2020 ini jenis sablon apa yang paling banyak digunakan? Sablon adalah sebuah teknik yang digunakan untuk mencetak tulisan, angka atau gambar pada media tertentu salah satunya adalah pada kaos. Sablon sendiri mempunyai 2 jenis yaitu sablon dengan teknik manual (masih menggunakan tenaga manusia untuk pengerjaannya) dan sablon digital (proses pencetakannya sudah menggunakan mesin).

Jika Anda bertanya dari kedua jenis teknik sablon ini mana yang lebih banyak digunakan di tahun 2020? Menurut kami kedua jenis teknik sablon ini masih sama-sama kuat bersaing di dunia persablonan karena kedua nya mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing yang juga mempunyai penggunanya masing-masing. 

Teknik Sablon manual dibagi beberapa jenis seperti Rubber, Plastisol, Discharge, Flocking, Superwhite, dan masih banyak lagi. Untuk mengerjakan jenis sablon ini dibutuhkan tenaga ahli, keterampilan juga kreativitas agar menghasilkan sablonan yang berkualitas dan visual yang indah sesuai dengan yang diharapkan. 

Berbeda dengan sablon digital yang bisa dikerjakan oleh siapa saja dan waktu untuk belajarnya  pun cukup singkat karena hanya perlu mempelajari cara kerja mesinnya saja. Jenis sablon digital juga bermacam-macam seperti:

  • Transfer Paper: Sablon Transfer Paper adalah jenis sablon yang dibuat dengan cara mencetak gambar, tulisan atau desain yang sudah dibuat dengan printer. Sablon ini menggunakan jenis kertas khusus, yang dimana kertas tersebut ditransfer ke kaos dengan menggunakan mesin khusus. Jenis transfer paper pun ada 2 yaitu Light Transfer paper yang digunakan untuk bahan dengan warna putih atau warna terang dan Dark Transfer Paper yang digunakan untuk bahan dengan warna gelap atau warna hitam.
  • Sublimasi: Teknik Sablon Sublimasi adalah salah satu proses sablon digital yang sangat praktis, karena pada prosesnya desain yang sudah dibuat hanya perlu di print pada media kertas transfer paper lalu di press atau rolling dengan suhu yang tinggi pada bahan yang akan disublim.
  • DTG: DTG atau Direct To adalah salah satu jenis sablon digital yang peminatnya cukup banyak, karena sablon DTG cara kerjanya cukup praktis yaitu mesin print akan langsung mencetak gambar atau desain pada media kaos atau kain. 

Berbicara soal penggunaan sablon, sebenarnya untuk jenis sablon digital apakah semua bisa digunakan? Masing-masing dari jenis sablon ini mempunyai hasil cetak yang berbeda dan ada beberapa jenis sablon digital yang wajib menggunakan jenis bahan tertentu untuk mencetak desainnya, jadi tidak semua bahan kaos bisa digunakan untuk sablon digital. Agar Anda tidak bingung, berikut ini beberapa jenis bahan kaos yang cocok digunakan untuk masing-masing jenis sablon digital.

Jenis Bahan Kaos Untuk Sablon Digital

Cotton Combed

Siapa yang tidak tahu dengan jenis bahan kaos yang satu ini? Bahan kaos yang sudah banyak digunakan oleh para pengusaha kaos dan juga bahan kaos yang memang selalu dipilih untuk membuat kaos sablon. Combed ini mempunyai beberapa jenis ketebalan seperti yang ada di toko kami yaitu , Cotton Combed 24s dan Cotton Combed 30s. Ketiga jenis bahan kaos Cotton Combed ini bisa digunakan untuk kaos sablon baik sablon manual dan sablon digital juga. Apakah akan ada pengaruh pada kualitas sablon dari setiap ketebalan kainnya? Tidak ada, karena yang akan mempengaruhi kualitas sablon adalah jenis bahan baku dari bahan kaos tersebut. Bahan kaos Cotton Combed adalah pilihan yang tepat untuk kaos sablon dengan teknik sablon digital, terlebih banyak pilihan warna pada jenis bahan kaos Cotton Combed 30s di Knitto Textiles yang bisa menjadi variasi lebih banyak lagi tentunya. 

Cotton Carded

Apakah Cotton Carded termasuk bahan yang bisa digunakan untuk kaos sablon dengan teknik sablon digital? Bisa, tetapi memang hasil akhirnya tidak akan serapih dan sebagus jika Anda menggunakan bahan kaos Cotton Combed. Bahan ini kami rekomendasikan menjadi bahan alternatif terutama jika Anda ingin membuat kaos sablon dengan bahan yang harganya lebih terjangkau. Mengapa kualitas Cotton Carded bisa berbeda dari Cotton Combed? Simak penjelasan tentang bahan Cotton Carded disini

Cotton Bamboo

Bukan hanya bahan yang mempunyai anti bakteri saja, juga mempunyai keunggulan yaitu hasil akhir yang bagus setelah di sablon. Bahan kaos Cotton Bamboo juga kami rekomendasikan sebagai bahan kaos yang bisa digunakan untuk sablon digital

Cotton Modal adalah bahan kaos yang alami dan sudah mulai banyak diminati baik oleh para produsen kaos, alasannya karena bahan kaos ini mempunyai kualitas yang bagus. Kami juga pernah membuat sebuah survey tentang bagaimana hasil sablon jika menggunakan bahan kaos Cotton Modal? Para customer kami memberikan banyak tanggapan positif, karena memang hasil yang didapatkan sangat bagus jika menggunakan bahan Cotton Modal untuk kaos sablon. 

U.S. Pima Cotton

U.S. Pima Cotton merupakan bahan kaos premium, salah satu keunggulannya adalah warna kainnya yang lebih cerah yang membuat kaos menjadi lebih cerah dan bahan ini juga bisa Anda gunakan untuk bahan kaos sablon dengan teknik sablon digital. Memang harga bahan kaos ini relatif lebih mahal dibandingkan dengan beberapa bahan kaos sebelumnya tetapi hasil yang akan Anda dapatkan pun tentu sesuai dengan harganya. 

Beberapa jenis bahan kaos yang sudah kami rekomendasikan di atas, bisa Anda gunakan untuk sablon digital dengan metode transfer paper atau DTG. Lalu bagaimana dengan sablon digital yang menggunakan teknik Sublimasi? Apakah 5 bahan kaos diatas bisa digunakan juga? Untuk sablon dengan metode Sublimasi kurang tepat jika menggunakan 5 jenis bahan kaos di atas karena hasil yang akan Anda dapatkan tidak akan maksimal, sablon Sublimasi hanya akan bekerja pada bahan yang mengandung , seperti bahan kaos Polyester Activedry yang ada di toko kami. Bagaimana dengan bahan TC (Teteron Cotton)? Bahan ini memang mengandung serat Polyester lebih banyak tetapi didalamnya juga terdapat kandungan bahan lain yaitu serat Cotton,  meskipun tidak terlalu banyak tetapi hasil sablonnya pun tidak akan semaksimal jika Anda menggunakan bahan full Polyester. Jadi selalu diingat jika akan menggunakan sablon digital dengan metode sublimasi harus menggunakan bahan polyester ya.

Hasil akhir sablon yang baik bukan hanya dipengaruhi oleh teknik, mesin dan tinta yang digunakan saja tetapi bahan kaos yang Anda gunakan juga bisa mempengaruhi hasil sablonnya, untuk mengetahui bagaimana karakteristik bahan yang baik untuk sablon, baca dulu artikel berikut ini Kriteria Bahan Kaos Yang Bagus Untuk Sablon

Terima kasih sudah menyimak artikel kami sampai habis dan jangan lupa gunakan terus bahan kaos dari Knitto Textiles, Anda bisa mengunjungi toko kami yang berada di Yogyakarta dan . Kunjungi juga store Knitto Holis untuk pengalaman berbelanja yang lebih nyaman dengan area berbelanja dan area parkir yang lebih luas. 

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082219899915

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here