7 Hal Penting dalam Branding Sebuah Bisnis

0

Memulai sebuah bisnis atau menjalankan sebuah bisnis tidak hanya mempersiapkan dari segi dan produk nya saja, strategi bisnis pun harus Anda persiapkan dengan matang dan salah satu strateginya adalah Branding. Branding itu sangat penting untuk sebuah bisnis karena dengan strategi Branding yang tepat merek dari bisnis Anda akan terus maju dan berkembang. Tapi ada beberapa hal juga yang harus Anda perhatikan dalam branding sebuah bisnis, kira-kira apa saja?

Apa itu Branding

Branding merupakan sebuah kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh sebuah perusahaan atau sebuah bisnis dengan tujuan untuk mengembangkan dan membesarkan merek yang dimiliki oleh bisnis atau perusahaan tersebut. 

Branding itu bukan hanya sekedar sebuah logo dan kemasan pada merek bisnis Anda tetapi lebih dari itu, Branding bisa mencakup banyak hal bahkan bisa dikatakan Branding adalah gambaran secara keseluruhan dari bisnis Anda termasuk nama, desain, dll.

7 Hal Penting dalam Branding Sebuah Bisnis

Beberapa hal ini sebaiknya Anda perhatikan ketika membangun sebuah branding agar strategi yang Anda lakukan membuahkan hasil yang baik.

  • Buat Sesuatu Yang Baru dan Beda

Mengapa harus terus menerus mengikuti trend yang ada jika Anda bisa membuat tren sendiri yang berbeda dan baru? Daripada hanya mengikuti trend kenapa tidak memulai membuat sesuatu yang berbeda yang bahkan customer atau audiens Anda belum pernah lihat sebelumnya. Sesuatu yang baru ini bisa berbentuk produk, layanan atau jasa yang berbeda dan dengan sesuatu yang berbeda ini, yakinlah customer akan datang kepada Anda. 

  • Komunikasi Yang Baik

Membangun bisnis sebuah bisnis artinya Anda juga akan membangun suatu hubungan dengan masyarakat yang akan menjadi customer Anda. Bangun komunikasi yang baik dengan customer maupun calon customer Anda. Melayani customer secara tulus dan hangat, karena cara Anda berkomunikasi adalah salah satu poin yang penting yang akan diingat oleh customer dan hal ini pun bisa menjadi salah satu identitas dari bisnis Anda. Branding juga sebenarnya merupakan sebuah proses untuk berkomunikasi dengan customer tetapi menggunakan berbagai macam cara. Komunikasi tidak harus selalu dilakukan dengan tatap muka saja, gunakan media sosial yang sekarang juga sudah menjadi sarana terbesar untuk berjualan.

  • Bereksperimen

Sama halnya seperti poin pertama yaitu untuk membuat sesuatu yang baru jadi jangan takut untuk bereksperimen. Bereksperimen dengan desain brand misalkan untuk memunculkan minat baru atau lakukan hal-hal yang sebelumnya belum pernah Anda lakukan dengan brand Anda. 

  • Identitas Merek Yang Jelas

Langkah yang paling penting dari branding adalah membuat identitas bisnis. Banyak orang yang sedikit mengabaikan hal ini, padahal jika suatu bisnis mempunyai identitas yang jelas maka akan lebih mudah untuk orang-orang mengingatnya. Identitas dari bisnis bisa dibangun mulai dari penggunaan warna, penempatan logo, tagline yang mudah diingat dan ear catchy, desain, dll.

  • Konsistensi

Melakukan kegiatan branding secara terus menerus adalah bagian dari konsistensi, tidak bisa sebuah strategi hanya dilakukan satu kali saja. Konsistensi disini pun bisa mencakup banyak hal, konsisten dalam membuat kampanye brand, konsisten untuk terus membuat inovasi di dalam bisnis Anda.

  • Coba Direct Marketing untuk Memperkuat Strategi Branding 

Mencoba menjalankan langkah ini, berkomunikasi secara langsung dengan customer dalam melakukan kampanye seperti mengajak mereka untuk turut serta mengisi survey, mengisi form atau bahkan melakukan pembelian. Cara ini pun bisa menjadi salah satu hal yang berpengaruh dalam strategi branding. 

Dari 6 hal di atas, poin terakhir ini sebenarnya merupakan gerbang awal membuat strategi branding untuk bisnis. Ketika Anda sudah mengetahui siapakah target market Anda, maka disitulah Anda mengetahui cara apa yang harus dilakukan dan merupakan yang paling ideal dengan customer Anda. Mengapa target market sangat penting untuk branding? Karena dengan mengetahui siapa pasar Anda, akan mudah juga menentukan strategi apa yang cocok, bagaimana cara pendekatannya, dan tentu akan lebih efektif. 

Apakah 7 hal penting di atas sudah coba Anda lakukan untuk bisnis yang Anda bangun? Jika sudah berarti Anda hanya perlu terus menjadi konsisten sampai tujuan dari bisnis Anda tercapai. 

Mengapa “Branding” itu sangat penting untuk sebuah bisnis?

Branding menjadi alat untuk membentuk sebuah persepsi atau pandangan masyarakat terhadap bisnis Anda. Dengan strategi Branding yang tepat beberapa manfaat pun dapat dirasakan oleh pemilik bisnis seperti:

  • Masyarakat atau customer dapat membedakan antara bisnis Anda dengan kompetitor, sehingga terdapat identitas yang jelas. 
  • Membangun kepercayaan dari customer terhadap brand dan membangun rasa suka atau minat dari masyarakat.
  • Dengan adanya branding yang kuat, masyarakat yang percaya dan sudah menggunakan brand Anda maka akan lebih loyal.
  • Anda dapat mengendalikan pasar, karena brand yang sudah kuat pasti lebih mudah untuk mengendalikan pasar, karena jika rasa suka dan percaya sudah terbangun maka akan lebih mudah untuk pasar mengikuti Anda, produk atau jasa apapun yang Anda keluarkan pasti akan tetap diikuti, mereka tidak akan berpikir panjang dan langsung membeli atau menggunakan.
  • Brand akan mudah diingat dan bisa menjadi top of mind di masyarakat. Contohnya tagline yang mudah diingat, warna logo atau brand yang ikonik. Hal ini jika Anda perhatikan, lebih mudah menempel di ingatan masyarakat. Seperti beberapa merek besar yang mempunyai tagline yang sudah melekat sehingga ketika tagline tersebut disebutkan maka pikiran orang-orang sudah tertuju kepada brand tersebut. 

Proses dari branding bukan sesuatu yang singkat, membutuhkan waktu dan merupakan sebuah perjalanan yang panjang, Anda harus tekun dan sabar untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan goals dari bisnis Anda. 

Dengan melakukan langkah yang tepat dalam membangun branding untuk bisnis Anda pastinya bisnis yang Anda bangun akan terus berkembang dan maju. Sebagai seorang pebisnis Anda harus terus haus dengan informasi baru yang bisa membantu Anda untuk mengembangkan bisnis, terus lakukan eksperimen untuk bisa terus berinovasi dalam berbisnis dan membangun strategi baru. 

Semoga pembahasan kami tentang branding ini juga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk Anda, dan semangat terus untuk membangun bisnis yang besar dan menjadi favorit di masyarakat. Baca juga informasi lain seputar bisnis dan di blog kami 

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat,

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082120003035

 Jam Buka

Senin &8211; Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here