Semua Tentang Freelance: Langkah-Langkah Memulainya dan Tips Mendapatkan Klien

0
5/5 - Vote count: 51 votes

Semua Tentang Freelance: Langkah-Langkah Memulainya dan Tips Mendapatkan Klien – Halo Knittopreneurs! Di sini apa ada yang bercita-cita untuk bekerja dari rumah saja? Salah satu caranya, selain memilih perusahaan yang menerapkan sistem WFH, adalah dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas.

Apa Itu Freelance dan 5 Langkah Cepat Memulainya Dari Rumah
Apa Itu Freelance dan 5 Langkah Cepat Memulainya Dari Rumah

Nah, mungkin banyak yang sering mendengar kata “freelance” namun masih ragu untuk memulainya. Pada artikel ini, Minto akan mencoba menjelaskan pengertian, mengapa kamu harus mempertimbangkan untuk menjadi seorang freelancer, serta langkah-langkah memulainya. Dilengkapi juga dengan tips mendapatkan klien dan hal-hal lainnya yang perlu diperhatikan.

Simak sampai akhir yuk!

Apa Itu Freelance?

Ada beberapa ahli yang sudah mengemukakan pendapatnya mengenai apa itu freelance:

  • Guy Kawasaki, seorang pengusaha dan penulis terkenal. Dalam bukunya yang berjudul “The Art of the Start: The Time-Tested, Battle-Hardened Guide for Anyone Starting Anything”, mendefinisikan apa itu freelance sebagai “someone who has the freedom to set their own life and take control of their career and work.” Alias, freelancer adalah seseorang yang bebas mengatur hidupnya sendiri dan bisa mengontrol karir dan pekerjaannya.
  • Sara Horowitz, pendiri Freelancers Union, menggambarkan pengertian apa itu freelance dengan “working for yourself, working as an independent contractor, and making your own way in life.” Atau, bekerja untuk diri sendiri, ‘mengontrak’ dan membuat hidup sendiri. Ditulis dalam “The Freelancer’s Bible: Everything You Need to Know to Have the Career of Your Dreams—On Your Terms.” 
  • Daniel Pink, penulis terkenal tentang motivasi dan pekerjaan, mendefinisikan apa itu freelance dengan kutipan “intermittent work, not tethered to one employer, but rather a variety of projects from various clients” dalam Free Agent Nation: The Future of Working for Yourself. Artinya, freelance adalah pekerjaan yang terputus-putus, tidak terikat pada satu tempat, namun berbagai proyek dari berbagai klien.

Maka dapat disimpulkan, apa itu freelance adalah ‘model’ kerja di mana seseorang bekerja secara independen, tanpa terikat pada satu perusahaan atau aturan jam kerja yang tetap. 

Mengapa Kerja Freelance Menjadi Populer Akhir-Akhir Ini?

Memahami Apa Itu Freelance dan Potensinya di 2024
Memahami Apa Itu Freelance dan Potensinya di 2024

Memilih kerja freelance sebagai pilihan karir cukup berpotensi di Indonesia. Apalagi, seiring perkembangan pertumbuhan teknologi dan internet. Kini, banyak platform online yang membuka peluang bagi Knittopreneurs untuk menawarkan keterampilan yang dimiliki kepada pasar global.

Kerja freelance memiliki banyak kelebihan, seperti waktu yang fleksibel, potensi pasar yang lebih luas, juga kebebasan penuh akan diri sendiri dan pengelolaan hasil yang didapatkan. Knittopreneurs dapat bekerja kapan saja sesuai dengan preferensi dan kebutuhan, memilih proyek yang ingin diambil, dan menetapkan tarif sendiri.

Bagi pelajar dan mahasiswa, memahami apa itu freelance juga dapat menjadi peluang untuk menghasilkan uang tambahan, sekaligus mengembangkan skill dan melatih kemampuan networking.

Langkah-Langkah Cara Menjadi Freelancer

Portofolio yang Harus Dipersiapkan Setelah Memahami Apa Itu Freelance
Portofolio yang Harus Dipersiapkan Setelah Memahami Apa Itu Freelance

Nah, setelah memahami apa itu freelance, saatnya nih kita belajar bagaimana cara menjadi freelancer atau pekerja lepas! Ada beberapa langkah-langkah yang perlu Knittopreneurs ikuti dan persiapkan:

  1. Tentukan Keterampilan dan Bidang Pekerjaan

Pertama, Knittopreneurs perlu mengidentifikasi keterampilan yang dimiliki dan bidang pekerjaan yang diminati. Contoh pekerjaan freelance termasuk desain grafis, penulisan konten, penerjemahan, atau pengembangan web.

  1. Buat Portofolio yang Menarik

Setelah menentukan bidang pekerjaan, langkah selanjutnya adalah membuat portofolio yang menarik. Portofolio ini akan menampilkan contoh pekerjaan sebelumnya dan menunjukkan kepada calon klien kemampuan Knittopreneurs. Jika belum memiliki pengalaman profesional sebelumnya, bisa menggunakan dummy project atau proyek yang sengaja dibuat untuk portofolio.

  1. Buat Rate Card dari Jasa Freelance 

Setelah mempersiapkan portofolio, Knittopreneurs sebaiknya juga mempersiapkan rate card atau daftar tarif dari jasa-jasa yang disediakan. Patokannya bagaimana? Bisa membandingkannya dengan sesama pekerja lepas, atau mencari informasi rentang harga dari jasa-jasa tersebut di internet. Jika ada calon klien yang menanyakan mengenai apa itu freelance yang Knittopreneurs sediakan, bisa juga menyertakan detailnya. 

  1. Daftar di Platform Freelance

Knittopreneurs dapat mendaftar di platform-platform yang tersedia. Misalnya seperti Upwork, Freelancer, atau Sribulancer. Tidak hanya memberikan banyak tips dan pengertian mengenai apa itu freelance, platform ini juga menyediakan ruang untuk Knittopreneurs memasarkan jasa dan menemukan klien.

  1. Pitching kepada Calon Klien

Setelah mendaftar di platform freelance, Knittopreneurs perlu aktif mencari proyek dan mengajukan penawaran kepada klien potensial. Gunakan juga jejaring sosial dan situs-situs pemasaran lainnya untuk mempromosikan diri dan mencari klien.

Baca Juga: Apa Itu Proposal Bisnis? Mengungkap Pentingnya Dokumen Serbaguna Ini

Tips Mendapatkan Klien untuk Kerja Freelance

Ilustrasi Berkomunikasi dengan Klien Sebagai Freelancer
Ilustrasi Berkomunikasi dengan Klien Sebagai Freelancer

Tidak cukup dengan memahami apa itu freelance dan bagaimana cara memulainya, Knittopreneurs pasti juga ingin mendapatkan hasil atau klien pada prakteknya. Minto mau bagi-bagi tips dan triknya!

  1. Pahami Target Pasar Terlebih Dahulu

Salah satu kunci untuk mendapatkan klien freelance adalah memahami target pasar Knittopreneurs. Pahami kebutuhan, preferensi, dan tantangan yang dihadapi oleh target pasar ini untuk dapat menawarkan solusi yang sesuai.

  1. Gunakan Bahasa Komunikasi yang Bagus

Komunikasi yang jelas dan efektif adalah kunci untuk menarik dan mempertahankan klien. Pastikan Knittopreneurs memahami kebutuhan klien dengan baik dan menyampaikan penawaran dengan jelas dan persuasif.

  1. Berikan Nilai Tambah dari Penawaran

Fokuslah pada nilai tambah yang Knittopreneurs dapat ditawarkan kepada klien. Jelaskan dengan detail akan bagaimana layanan atau produk Knittopreneurs dapat membantu klien mencapai tujuan, atau sebagai solusi dari masalah yang dihadapi.

  1. Jaga Reputasi dan Kepercayaan dengan Klien 

Reputasi dan kepercayaan sangat penting dalam mendapatkan klien freelance. Pastikan Knittopreneurs selalu memberikan pelayanan terbaik, menghormati tenggat waktu, dan menjaga komitmen kepada klien.

  1. Minta Klien Memberikan Testimoni

Manfaatkan networking atau referensi dari klien sebelumnya untuk mendapatkan klien baru. Permintaan rekomendasi atau testimoni dari klien yang puas dapat membantu meningkatkan kepercayaan klien baru terhadap Knittopreneurs.

  1. Buat Penawaran Khusus

Untuk menarik perhatian klien potensial, Knittopreneurs dapat memberikan penawaran khusus. Misalnya, seperti diskon untuk penggunaan jasa pertama kali, atau paket bundle dari jasa yang akan diberikan.

  1. Berikan Service yang Bagus

Layanan yang melebihi harapan klien dapat mendorong mereka untuk kembali memakai jasa kita. Contohnya seperti memberikan saran atau tips tambahan, atau menawarkan dukungan pelanggan berupa konsultasi dan kesempatan revisi. Penggunaannya dengan bijaksana dapat memberikan feedback yang baik.

Jangan lupa juga untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan klien ya, Knittopreneurs. Terus berkomunikasi dengan mereka, berikan update tentang project yang sedang dijalani, dan tunjukkan bahwa Knittopreneurs peduli dengan kesuksesan masing-masingnya.

Baca Juga: Membedah Hal yang Wajib Ada di Proposal Bisnis, Kerangka, Serta Cara Membuatnya

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan oleh Freelancer

Invoice Sebagai Alat Pembayaran dengan Klien
Invoice Sebagai Alat Pembayaran dengan Klien

Memulai menjadi seorang pekerja lepas tidak hanya sebatas memahami apa itu freelance, namun juga memperhatikan hal-hal yang penting untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Ini adalah beberapa aspek yang perlu Knittopreneurs pertimbangkan jika tertarik menggeluti bidang freelance:

  • Negosiasi Kontrak dan Penetapan Tarif

Saat melakukan negosiasi kontrak, pastikan Knittopreneurs memahami secara jelas ruang lingkup project, tenggat waktu, dan skema pembayaran. Tentukan tarif yang adil berdasarkan tingkat kesusahan, banyaknya pengalaman, dan waktu yang dihabiskan.

  • Hak-Hak Legal dan Perlindungan

Knittopreneurs perlu memahami hak-hak “legal” atau hak hukum sebagai freelancer. Pelajari hak atas karya, pembayaran yang tepat waktu, dan perlindungan hukum dalam kontrak kerja. Pastikan untuk memiliki kontrak yang jelas dan mengikat dengan adil sebelum memulai project.

  • Hati-Hati Akan Penipuan

Untuk menghindari klien yang scam atau menipu, lakukan riset menyeluruh terlebih dahulu tentang klien potensial. Periksa reputasi mereka, baca ulasan dari freelancer lain, dan waspada terhadap tanda-tanda yang mencurigakan. Misalnya seperti permintaan pembayaran di muka tanpa kontrak yang jelas.

  • Menjaga Keseimbangan Hidup dan Kerja

Penting bagi Knittopreneurs untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan profesional dan pribadi. Tetapkan batas waktu kerja, beristirahat dengan cukup, dan alokasikan waktu untuk kegiatan di luar pekerjaan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik.

  • Memasarkan Diri secara Efektif

Untuk memasarkan diri dan jasa secara efektif, Knittopreneurs perlu memanfaatkan internet dengan baik. Buatlah profil profesional di platform freelance dan jejaring sosial, optimalkan situs web atau blog pribadi, dan aktif dalam komunitas industri terkait agar lebih dilirik dan bisa menembus pasar.

  • Jaga Kualitas dan Profesionalisme

Kualitas kerja dan profesionalisme adalah kunci sukses dalam kerja freelance. Pastikan Knittopreneurs memberikan pelayanan terbaik, menjaga komunikasi yang baik dengan klien, dan selalu memenuhi tenggat waktu.

Baca Juga: Memahami Marketing Mix, Termasuk Konsep 4P dan 7P yang Wajib Kamu Ketahui

Minto harap Knittopreneurs bisa merasa terbantu dalam memahami apa itu freelance dan bagaimana cara memulainya lewat artikel ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]