7 Cara Menghilangkan Sablon Di Baju Kaos Dengan Mudah, Murah Dan Efektif

0
5/5 - Vote count: 59 votes

7 Cara Menghilangkan Sablon di Kaos dengan Mudah, Murah Dan Efektif – Pernahkah kamu memiliki baju kaos dengan sablon yang sudah pudar, rusak atau kamu ingin mengganti desain yang sudah ada dengan desain yang baru?

Jangan langsung dibuang dan membeli baru, ada beberapa cara untuk menghilangkan sablon di kaos dengan mudah, murah dan efektif sehingga baju akan kembali bersih dari sablon.

7 Cara Menghilangkan Sablon di Kaos dengan Mudah dan Cepat
7 Cara Menghilangkan Sablon di Kaos dengan Mudah dan Cepat

7 Cara Menghilangkan Sablon di Kaos Dengan Mudah, Murah Dan Efektif

Ada beberapa alat dan bahan yang dapat kamu coba sebagai cara menghilangkan sablon di kaos. Mulai dari menggunakan setrika, hingga menggunakan aseton. Berikut 7 cara menghilangkan sablon di kaos dengan mudah

  • Menggunakan Setrika
Ilustrasi Penggunaan Setrika Sebagai Salah Satu Cara Menghilangkan Sablon di Kaos
Ilustrasi Penggunaan Setrika Sebagai Salah Satu Cara Menghilangkan Sablon di Kaos

Penggunaan setrika cocok untuk sablon tipis dan bahan baju katun. Cara untuk menghilangkan sablon di kaos terdiri dari beberapa langkah.

Pertama-tama, yaitu panaskan terlebih dahulu setrika, pastikan bagian dalam kaos di area sablon telah dilapisi agar tidak lengket ketika disetrika.

Selanjutnya, tempelkan setrika panas beberapa saat di atas kain pada bagian yang hendak dihilangkan sablonnya.

Setelah itu, oleskan alkohol secara tipis untuk melarutkan sablon dan mempermudah untuk mengelupaskannya. Gunakan gunting atau pisau secara perlahan untuk melepaskan bagian sablon.

  • Aseton

Aseton bukan hanya digunakan sebagai penghapus cat kuku, tetapi ternyata aseton juga ampuh sebagai salah satu cara menghilangkan sablon di kaos berbahan katun. Aseton cocok digunakan untuk sablon karet atau plastik.

Langkah untuk menghilangkan sablon yaitu pertama basahi kapas dengan aseton, lalu gosokkan secara perlahan dibagian sablon dan tunggu beberapa saat hingga cairan aseton dapat meresap.

Setelah menunggu beberapa saat, gunakan alat tumpul untuk melepaskan sablon secara perlahan. Terakhir cucilah kaos secara menyeluruh hingga aseton menghilang.

  • Alkohol

Alkohol juga dapat dimanfaatkan untuk salah satu cara menghilangkan sablon di kaos berbahan katun. Untuk langkahnya sendiri tak jauh berbeda dengan menggunakan aseton dimana menggunakan kapas yang sudah dibasahi oleh alkohol, lalu menggosokannya pada sablon.

Setelah alkohol meresap, lepaskan secara perlahan sablonannya. Jangan lupa untuk membilas baju dengan sabun dan air bersih.

  • Cairan M3/M4

Cairan kimia M3/M4 dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan sablon pada baju. Caranya cukup basahi kapas dengan cairan m3/m4, lalu usap secara perlahan kebagian baju bersablon.

Setelah beberapa saat, gosok dengan sikat hingga sablon memudar dan mengerut. Selanjutnya kamu bisa menggunakan alat tumpul untuk membersihkannya hingga benar-benar bersih.

  • Minyak Kayu Putih

Cocok untuk sablon kecil dan bahan kain halus. Langkah menghilangkan sablon yaitu oleskan minyak kayu putih pada sablon, diamkan selama beberapa menit hingga mengering, dan gosok perlahan dengan sikat gigi bekas. Selanjutnya bilas baju dengan air sabun.

  • Bensin

Bensin dapat digunakan untuk sablon tebal dan bahan kain yang kuat. Langkah untuk menghilangkan sablon yaitu pastikan bagian dalam sudah dilapisi dengan kain agar bensin tidak tembus.

Oleskan bensin ke baju bagian bersablon dengan bensin, kemudian diamkan selama beberapa saat hingga bensin mengering. Gunakan alat tumpul untuk melepaskan sablon secara perlahan dan terakhir bilas dengan bersih hingga bau bensin menghilang. 

  • Cairan Penghilang Plastisol

Cairan penghilang plastisol seperti Thinner cocok untuk menghilangkan sablonan berjenis plastisol. Metode ini dapat berlangsung cepat dan efektif untuk menghilangkan sablon plastisol.

Langkah untuk menghilangkan sablon plastisol yaitu tuang cairan plastisol pada kain kering, lalu tempelkan pada bagian sablon yang ingin dihilangkan. Selanjutnya gosok secara halus dengan menggunakan sikat, dan cuci kaos hingga bersih.

Baca Juga: 4 Jenis Kain Yang Sangat Cocok Untuk Disablon

Tips Menghilangkan Sablon Di Baju Kaos Dengan Mudah

Ilustrasi Baju yang Sudah Disablon
Ilustrasi Baju yang Sudah Disablon
  1. Lakukan Tes Pada Bagian Kecil Terlebih Dahulu: Sebelum menghilangkan sablon pada baju dengan menggunakan bahan apapun, cobalah terlebih dahulu di bagian kecil untuk memastikan bahan yang digunakan efektif atau tidak.
  2. Menggunakan Bahan Penghilang Sablon Baju Yang Sesuai: Tidak semua kain dapat dihilangkan sablonannya. Kain berbahan katun, umumnya akan lebih mudah untuk dihilangkan sablonannya. Berbeda dengan bahan polyester yang tidak direkomendasikan, karena menghilangkan sablon juga dapat membuat kain menyusut. Maka dari itu, pastikan bahan untuk menghilangkan sablonan sesuai dengan melakukan testing pada bagian kecil terlebih dahulu.
  3. Bersihkan Dari Sisa Sablon: Setelah sablon terlepas, bersihkan sisa-sisa lem atau sisa bahan dengan sabun dan air hangat.
  4. Cuci Baju Seperti Biasa: Setelah semua langkah selesai, cuci baju seperti biasa untuk memastikan semua bahan pembersih telah hilang.

Jenis Sablon yang Bisa Dihilangkan dan Tidak Bisa Dihilangkan

  • Sablon Yang Bisa dihilangkan: Sablon karet, plastik, tinta sablon biasa.
  • Sablon Yang Tidak Bisa di Hilangkan: Sablon DTG (Direct to Garment), sablon sublimasi dan sablon puff.

Jangan Gunakan Ini untuk Menghilangkan Sablon di Kaos

  • Hindari menggunakan bahan kimia keras seperti pemutih. Pemutih umumnya digunakan untuk memutihkan baju. Jadi apabila menggunakan pemutih, risiko yang didapat yaitu warna pada kain akan memudar dan dapat merusak kain.
  • Hati-hati saat menggunakan bahan yang mudah terbakar seperti bensin.
  • Jika Knittopreneurs ragu, bawalah baju ke tempat laundry profesional untuk menghilangkan sablon.

Baca Juga: 6 Macam-Macam Teknik Sablon yang Harus Diketahui 

Kesimpulan

Ada 7 cara menghilangkan sablon di kaos dengan mudah, murah dan efektif yaitu menggunakan setrika, aseton, alkohol, cairan m3/m4, minyak kayu putih, bensin dan cairan penghilang plastisol seperti thinner.

Langkah untuk menghilangkan sablon di baju umumnya hampir sama yaitu pastikan bagian dalam sudah dilapisi oleh kain, lalu oleskan bahan penghilang secara perlahan dan tunggu hingga kering. Setelah kering, gosok dengan menggunakan sikat hingga sablon mengelupas dan cuci dengan air bersih.

Tidak semua jenis sablon dapat dihilangkan. Sablon yang dapat dihilangkan yaitu sablon karet, plastik dan tinta biasa, sedangkan yang tidak bisa dihilangkan yaitu DTG, sublimasi dan puff.

Saat mencoba cara menghilangkan sablon di kaos, ada beberapa bahan yang harus dihindari. Seperti pemutih, yang dapat membuat kain memudar dan merusak serat kain. Konsultasi atau pergi ke laundry profesional jika ragu untuk menghilangkan sablon.

Dengan mengikuti berbagai cara menghilangkan sablon di kaos yang sudah dijelaskan, Knittopreneurs bisa membuat baju terlihat seperti baru dengan mudah, murah dan efektif. Selamat mencoba!

Artikel : 7 Cara Menghilangkan Sablon Di Baju Kaos Dengan Mudah, Murah Dan Efektif

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700