Pilihan Bahan dan Warna Waist Bag yang Bagus, Praktis dan Serbaguna!

0
5/5 - Vote count: 81 votes

Pilihan Bahan dan Warna Waist Bag yang Bagus, Praktis dan Serbaguna! – Halo Knittopreneurs! Akhir-akhir ini tren hidup sehat peminatnya semakin tinggi, dan berbagai jenis olahraga kian diminati. Salah satunya adalah running (olahraga lari). 

10 Bahan dan Warna Waist Bag yang Bagus, Jangan Salah Pilih!
10 Bahan dan Warna Waist Bag yang Bagus, Jangan Salah Pilih!

Knittopreneurs mungkin juga menyadari, dengan banyaknya event marathon yang dibuat untuk para pelari. Bersamaan dengan hal itu, produk-produk seperti smart watch, sepatu lari (running shoes), hingga waist bag pun ikut menjadi tren. Banyak brand yang kemudian mengeluarkan koleksi khusus untuk memenuhi permintaan pasar ini.

Nah, jika Knittopreneurs termasuk salah satunya, atau sekedar menyukai tas pinggang dan ingin menambah koleksinya di lemari, yuk cek artikel ini! Minto mau memberikan berbagai informasi, yang bisa dijadikan pertimbangan sebelum membeli.

Apa Itu Waist Bag?

Waist bag adalah tas kecil yang dipakai di pinggang dengan menggunakan tali yang bisa diatur agar pas di tubuh. Biasanya tas ini dikenakan di bagian depan tubuh, meski di beberapa negara sering dipakai dengan cara “menyilang” di belakang. Cara pemakaian yang berbeda ini membuatnya disebut sebagai “fanny pack” atau “bum bag.” 

Menurut Wikipedia, tas pinggang telah digunakan sejak zaman kuno dan muncul dalam berbagai budaya. Kemudian, mulai populer lagi di tahun 1980-an, dan sering digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti ponsel, botol air, atau alat pertolongan pertama. 

Selain praktis, tas ini jadi bagian dari tren mode yang kembali digemari, bahkan oleh desainer-desainer ternama. Tidak hanya dipakai di pinggang, waist bag modern juga sering dikenakan secara silang di dada. Sehingga menjadikannya tidak hanya terlihat stylish, namun juga nyaman.

Kelebihan dan Kekurangan Waist Bag

Ilustrasi Berbagai Model Tas Pinggang yang Bisa Ditemukan
Ilustrasi Berbagai Model Tas Pinggang yang Bisa Ditemukan

Seperti jenis tas lainnya, waist bag memiliki karakteristik yang bisa berubah menjadi kelebihan ataupun kekurangan, tergantung keperluan. Knittopreneurs bisa mempertimbangkan faktor-faktor berikut:

Kelebihan Waist Bag

  • Lebih Aman Karena Melekat ke Tubuh

Tas pinggang memberikan keamanan ekstra saat membawa barang. Tas ini bisa dikenakan dekat dengan tubuh, meminimalkan risiko pencurian. Beberapa model bahkan dilengkapi dengan teknologi RFID dan kantong tersembunyi untuk perlindungan lebih.

  • Tangan Jadi Bebas Bergerak

Dengan waist bag atau tas pinggang, Knittopreneurs bisa bebas bergerak dan beraktivitas, tanpa harus membawa tas besar di bahu. Sangat praktis untuk perjalanan, hiking, atau sekadar beraktivitas sehari-hari. Barang-barang penting seperti kunci, ponsel, atau dompet pun mudah dijangkau tanpa harus membuka tas besar.

  • Mengurangi Beban Pada Bahu dan Punggung

Berbeda dengan ransel yang bisa membebani bahu dan menyebabkan sakit punggung, tas pinggang menempatkan beban di pinggul, mengurangi tekanan pada tubuh. Cocok untuk Knittopreneurs yang sering merasa pegal saat menggunakan tas selempang atau ransel.

  • Pilihan Fashionable

Model tas pinggang pria terbaru maupun waist bag wanita kini hadir dalam berbagai desain dan warna. Sehingga tas ini bukan hanya praktis, tapi juga bisa melengkapi style Knittopreneurs sehari-hari.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Tas Ransel Wanita yang Cocok untuk Kuliah Maupun Bekerja

Kekurangan Waist Bag

  • Kapasitas Terbatas

Salah satu kekurangan utama tas pinggang adalah kapasitas yang terbatas. Tas ini dirancang hanya untuk menyimpan barang-barang yang penting seperti ponsel, dompet, dan kunci. Jika terlalu banyak barang yang dimasukkan, tas bisa terlihat bulky dan tidak nyaman dipakai.

  • Kurang Nyaman untuk Beberapa Orang

Waist bag pria atau waist bag wanita yang dikenakan menyilang di dada mungkin tidak nyaman bagi sebagian orang, terutama jika memiliki ukuran tubuh tertentu. Posisi tas ini bisa terlihat aneh atau kurang pas.

  • Identik dengan Gaya Turis

Meski tas pinggang sekarang kembali populer, penggunaannya masih bisa dikaitkan dengan gaya turis yang identik dengan sandal dan kemeja Hawaii. Agar terhindar dari stereotip ini, penting untuk memadukan tas pinggang dengan outfit yang tepat.

  • Tidak Bisa Membawa Banyak Barang

Jika Knittopreneurs terbiasa membawa banyak barang, tas pinggang mungkin bukan pilihan yang ideal. Membawa terlalu banyak barang di tas ini akan membuatnya terlihat besar dan mengganggu penampilan.

5 Rekomendasi Bahan Waist Bag yang Awet

Ilustrasi Penyimpanan Barang Barang Penting dengan Tas Pinggang
Ilustrasi Penyimpanan Barang-Barang Penting dengan Tas Pinggang

Simak beberapa rekomendasi bahan tas pinggang yang awet versi Minto!

Kulit Asli

Waist bag dari bahan kulit asli sangat awet dan memiliki tampilan yang semakin menarik seiring waktu. Bahan ini tahan terhadap api dan air, membuatnya ideal untuk penggunaan jangka panjang. Meskipun harganya cukup mahal, kualitas yang didapat sebanding dengan daya tahannya yang tinggi dan kesan elegan yang dihasilkan. Cocok untuk waist bag pria maupun waist bag wanita dengan gaya yang lebih klasik dan berkelas.

Kulit Sintetis

Jika mencari alternatif yang lebih ramah lingkungan atau lebih terjangkau, kulit sintetis adalah pilihan tepat. Tersedia dalam berbagai kualitas, kulit sintetis yang baik memiliki permukaan yang elastis dan warna yang tidak mudah pudar. Waist bag anak juga sering menggunakan bahan ini karena ringan dan tampilannya menarik.

Poliester

Bahan poliester sangat populer karena sifatnya yang tahan air dan cepat kering. Kain ini ringan dan tahan terhadap jamur, menjadikannya ideal untuk running waist bag atau tas pinggang olahraga. Ketahanannya terhadap kelembapan membuat poliester menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang aktif dan membutuhkan waist bag yang mudah dirawat.

Nilon

Nilon, termasuk varian khusus seperti Cordura, dikenal karena ketahanannya dalam kondisi ekstrem. Bahan ini lebih tipis dan ringan dibandingkan poliester, namun tetap sangat kuat, terutama untuk kegiatan outdoor dan militer. Tas waistbag berbahan nilon sering digunakan untuk aktivitas fisik yang intens karena sifatnya yang ringan dan tahan lama, meski harus dihindarkan dari suhu panas.

Denim

Denim adalah bahan yang kuat dan tahan lama. Meskipun bukan bahan yang kedap air, denim memiliki daya tahan yang baik terhadap aus dan robek. Cocok digunakan sebagai waist bag dengan tampilan kasual dan lebih stylish, baik untuk pria maupun wanita.

Baca Juga: Rekomendasi Model Tas Wanita yang Tren Tahun Ini, Pilih Bahan dan Ukuran yang Tepat

5 Pilihan Warna Waist Bag yang Wajib Dimiliki

Contoh Waist Bag Hitam yang Dipakai di Pinggang
Contoh Waist Bag Hitam yang Dipakai di Pinggang

Jika Knittopreneurs ingin memiliki tas yang gampang dipadukan dengan berbagai style dari OOTD, ini dia pilihan warna yang wajib ada di lemari:

Hitam (Black)

Tas pinggang hitam adalah pilihan klasik yang wajib dimiliki. Warna ini sangat fleksibel dan cocok untuk hampir semua acara dan outfit. Baik waist bag pria maupun waist bag wanita dapat dipadukan dengan gaya casual maupun formal, membuatnya praktis dan mudah untuk dikenakan sehari-hari.

Kuning Terang (Bright Yellow)

Untuk menambahkan aksen pada outfit yang sederhana, waist bag berwarna kuning terang adalah pilihan yang tepat. Warna ini memberikan sentuhan ceria dan segar pada penampilan, juga populer di kalangan Gen Z. Sehingga bisa digunakan baik oleh pria, wanita, maupun anak-anak.

Putih (White)

Waist bag putih memberikan kesan bersih dan elegan. Akan terlihat bagus jika dipadukan dengan pakaian berwarna gelap, membuatnya menjadi pusat perhatian. Tas pinggang putih sangat pas untuk acara-acara semi-formal atau sekadar aktivitas sehari-hari.

Camouflage

Warna camouflage atau motif loreng sering digunakan dalam model tas pinggang pria terbaru karena memberikan kesan maskulin dan tangguh. Warna ini juga sangat cocok untuk running waist bag karena motifnya serbaguna dan cocok untuk aktivitas luar ruangan seperti hiking atau bersepeda.

Pastel (Pastel Colors)

Warna pastel, seperti hijau muda atau baby blue, sering digunakan dalam waist bag wanita karena memberikan kesan manis dan feminim. Kombinasikan dengan outfit monokrom untuk tampilan yang modern dan elegan.

Tips Memilih Waist Bag yang Bagus dan Nyaman Dipakai

Contoh Pemakaian Waist Bag dengan Cara Disilangkan di Tubuh
Contoh Pemakaian Waist Bag dengan Cara Disilangkan di Tubuh

Rawat dan pakai tas pinggang yang kamu punya dengan baik, ikuti tips-tips berikut ini:

  • Pilih Ukuran dan Kapasitas yang Sesuai

Ukuran waist bag sangat penting, terutama jika Knittopreneurs hanya membutuhkan tempat untuk menyimpan barang-barang kecil seperti ponsel, dompet, dan kunci. Tas pinggang dengan kapasitas kecil hingga menengah (1,6-2 liter) cocok untuk keperluan sehari-hari. Namun, jika membutuhkan lebih banyak ruang, seperti saat hiking atau travelling, pilih yang lebih besar untuk menyimpan botol air, makanan ringan, atau peta.

  • Pilih Bahan yang Tahan Lama

Bahan waist bag harus dipertimbangkan dengan baik. Nylon dan kanvas adalah pilihan yang tahan lama, cocok untuk penggunaan sehari-hari. Untuk tampilan yang lebih elegan, kulit asli atau sintetis dapat menjadi pilihan yang awet dan menarik. Bahan seperti poliester tahan air juga cocok untuk running waist bag dan aktivitas outdoor.

  • Pastikan Desainnya Fungsional

Desain yang baik bukan hanya terlihat menarik, tapi juga harus fungsional. Pilih tas pinggang pria atau tas pinggang wanita yang memiliki beberapa kantong untuk mengatur barang-barang yang dibawa. Kantong terpisah akan memudahkan akses ke barang-barang penting. Selain itu, pilih yang memiliki tali yang bisa disesuaikan agar nyaman dipakai sesuai ukuran tubuh.

  • Sesuaikan dengan Budget

Waist bag tersedia dalam berbagai rentang harga, dari yang terjangkau hingga yang mewah. Tentukan budget yang dimiliki, dan bandingkan pilihan yang ada sesuai dengan kebutuhan. Jangan ragu untuk menginvestasikan sedikit lebih banyak untuk bahan yang lebih tahan lama dan desain yang lebih fungsional.

  • Pastikan Fit yang Nyaman

Penting untuk memastikan tas pinggang pas dan nyaman dipakai. Tali yang terlalu longgar bisa membuat tas mudah digerakkan, sementara tali yang terlalu ketat bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Pastikan tali dapat disesuaikan agar tas pinggang pas di tubuh dan tetap nyaman saat digunakan dalam waktu lama.

Baca Juga: Pilih Tas Sekolah Terbaik di Semester Baru, Cek Rekomendasi Bahannya Disini!

Semoga penjelasan yang Minto berikan dapat membantu Knittopreneurs yang hendak membeli waist bag atau tas pinggang. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]