Apakah Bahan Pique Untuk Kemeja dan Polo Shirt Sama Jenisnya?

0

Setiap bahan atau mempunyai kegunaannya masing-masing, tetapi sekarang ini jenis pakaian yang ada bisa dibuat menggunakan jenis kain apa saja sesuai dengan kreatifitas produsennya. Salah satu jenis bahan yang juga tersedia di Knitto Textiles yaitu bahan Pique yang biasanya digunakan untuk membuat polo tetapi sekarang bisa juga digunakan untuk membuat pakaian lain. 

Bahan Pique atau jenis kain yang mempunyai corak rajut padat pada permukaan kainnya, bahan pique yang tersedia di Knitto Textiles mempunyai dua jenis corak rajut yaitu berbentuk segi enam atau kami sebut Pique Hexagon dan satu lagi kain Pique dengan rajutan berbentuk segi empat atau kami sebut dengan Pique Diamond. Kedua jenis corak bahan Pique ini dibuat dengan bahan dasar yang berbeda. Untuk kain Pique Hexaon dengan corak segi enam kami buat dengan bahan dasar CVC atau bahan dengan serat campuran dan Polyester, sedangkan untuk kain Pique Diamond dengan corak segi empat dibuat dengan bahan Cotton Combed. 

Fungsi utama dari sebagai bahan dasar untuk kaos polo yang juga sekarang bisa digunakan untuk jenis pakaian lain, salah satunya adalah untuk kemeja. Beberapa orang sempat bertanya kepada kami tentang penggunaan kain pique untuk kaos polo dan kemeja apakah sama atau berbeda? 

Sebenarnya penggunaan kain Pique untuk kaos polo dan kemeja sama saja, Anda bisa menggunakan bahan pique apapun untuk membuat kaos polo ataupun kemeja, jadi jika Anda menggunakan kain pique dari Knitto Textiles Anda bisa menggunakan Hexagon dan Combed Pique Diamond, hanya saja nanti akan ada perbedaan pada kualitas kainnya. Jadi sebelum Anda menggunakan salah satu produk Pique dari toko kami sebaiknya Anda mempelajari tentang kainnya terlebih dahulu.

Untuk Anda yang belum pernah menggunakan bahan pique dari toko kami, coba pelajari tentang karakteristik dari kedua bahan pique berikut ini.

Bahan Pique CVC 

Sesuai dengan namanya bahan Pique ini dibuat dari bahan campuran Cotton dan Polyester atau yang disebut juga dengan nama CVC (Chief Value Cotton). Komposisi pada bahan CVC lebih banyak serat Cotton nya dibandingkan dengan serat Polyester, tetapi perlu Anda ketahui setiap supplier bisa jadi membuat bahan pique CVC dengan komposisi yang berbeda atau persentase campurannya beda. Seperti Knitto yang saat ini menggunakan 60% serat Cotton dan 40% serat Polyester pada kain CVC Pique nya. 

Apakah bahan ini nyaman digunakan dan cocok untuk Polo Shirt dan Kemeja?

Meskipun dibuat dari bahan CVC, kain Pique ini tetap nyaman digunakan dan tetap bisa menyerap keringat dengan baik. Bahannya pun terasa halus dan tidak membuat panas. Kain CVC Pique juga cocok untuk membuat Polo Shirt dan Kemeja terutama untuk produksi yang budget nya cukup murah, kain ini sangat cocok untuk digunakan karena harga dari bahan Pique juga lebih terjangkau. 

Kain CVC Pique dibuat dengan ketebalan 24s atau ketebalannya sedang, tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis juga. kain nya adalah 200-210 gsm dan lebar kainnya 45”, jenis lebar yang digunakan bahan Pique adalah Tubular atau kondisi kain yang belum dipotong masih berbentuk menyarung. Saat ini Knitto sudah menyediakan pilihan warna pada kain CVC Pique sebanyak 30 warna yang terbagi ke dalam beberapa jenis kategori warna. Kami merekomendasikan bahan Pique CVC ini sebagai bahan untuk kaos polo atau polo shirt dan kemeja yang akan Anda produksi.

Bahan Pique Cotton Combed

Seperti yang sudah kami sampaikan, Knitto mempunyai dua jenis kain Pique yang tersedia saat ini dan bahan yang kedua akan kami bahas adalah Pique Cotton atau yang lebih spesifik bahan pique ini dibuat dari serat Cotton Combed atau bahan dengan 100% serat kapas. Bisa dikatakan bahan ini lebih alami tanpa ada campuran bahan sintetis seperti CVC sehingga dari segi kenyamanannya pastilah lebih unggul dibandingkan dengan bahan CVC. Pique Cotton Combed dibuat memang dengan kualitas yang premium sehingga berbeda dengan pique CVC.

Mengapa kain ini merupakan bahan Pique premium? Karena kain Cotton Combed Pique mempunyai kualitas yang lebih baik dibandingkan CVC. Keunggulan dari kain ini adalah daya serapnya yang lebih baik, kainnya yang lebih adem saat digunakan, terasa halus dan lembut dan sangat nyaman untuk digunakan sebagai shirt dan kemeja untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Kain Cotton Combed Pique mempunyai ketebalan 30s atau lebih tipis dibandingkan dengan kain CVC Pique 24s, gramasi kain yang digunakan adalah 180-190 gsm dan lebar kainnya sama-sama 45” dan merupakan kain tubular. Warna yang tersedia untuk bahan Cotton Combed Pique saat ini baru 4 pilihan seperti Putih Netral, Hitam Reaktif Special, Navy dan Misty M71 Putih Bluish. 

Hasil Potong Bahan Pique CVC dan Bahan Pique Cotton Combed

Dilihat dari ketebalan kainnya, terdapat perbedaan antara Bahan Pique CVC dan Bahan Pique Cotton Combed, lalu apakah hasil potong dari kedua kain ini berbeda? Jelas berbeda. Karena perbedaan ketebalan pada kainnya, maka panjang kain yang didapatkan pun akan berbeda dan nantinya hasil potong dari masing-masing bahan ini juga akan berbeda. Perhatikan tabel di bawah ini

jumlah hasil kaos polo dari bahan pique

Dari tabel di atas bisa dilihat jika hasil potong dari Combed Pique 30s memang lebih banyak dibandingkan dengan bahan CVC Pique 24s, karena ketebalan dari kedua kain ini berbeda sehingga panjang kainnya juga berbeda. Tabel di atas merupakan hasil potong dari 1 kg kain untuk pakaian jenis kaos polo orang dewasa. 

Kesimpulan

Jadi intinya tidak ada perbedaan bahan pique untuk membuat kaos polo atau kemeja, karena kedua jenis bahan pique ini sama-sama bisa digunakan untuk kedua jenis pakaian ini, tetapi yang nantinya akan berbeda adalah kualitas kain dan karakteristik dari kainnya saja. 

Anda bisa memilih Pique Cotton Combed untuk kemeja dan polo shirt Anda dengan kualitas yang lebih baik dan lebih premium, atau Anda juga bisa menggunakan bahan pique CVC untuk kain yang lebih terjangkau harganya, pilihannya kembali lagi kepada Anda mau menggunakan jenis kain yang mana.

Rekomendasi kedua kain ini kami buat untuk memudahkan Anda yang sedang mencari atau bahan pique yang sesuai dan cocok untuk produk Anda, jadi semoga bermanfaat ya!

KNITTO

Jl. Kebon Jukut No. 15, , Jawa Barat, Indonesia

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 4214962 / 4214963

WA : 082122122135

Line : @knitto

Email : info@knitto.co.id

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. Hos Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

WA: 082120003035

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here