Apakah Pola Kaos Anak Perempuan dan Laki-Laki Berbeda?

0
pola kaos anak

BELI SEKARANG

Saat memproduksi pakaian terutama memproduksi kaos salah satu yang paling wajib untuk kamu siapkan adalah pola atau sering disebut juga dengan nama pattern, baik saat memproduksi kaos anak-anak maupun kaos orang dewasa. Pola kaos orang dewasa biasanya mempunyai dua jenis yang berbeda yaitu pola kaos laki-laki dan wanita, lalu apakah pola kaos anak laki-laki dan perempuan juga berbeda?

Pola kaos anak perempuan dan anak laki-laki ternyata sama saja alias tidak ada perbedaannya, sehingga jika kamu ingin membuat kaos untuk anak laki-laki dan perempuan kamu hanya perlu menyiapkan dan menggunakan satu pola kaos anak saja.

Cara Membuat Pola Kaos Anak

Untuk membuat pola kaos anak kamu membutuhkan beberapa alat dan bahan yang juga sama digunakan ketika membuat pola kaos dewasa, apa saja?

Alat dan Bahan Membuat Pola Kaos Anak

  • Siapkan kertas roti/ karton.
  • Pita meteran untuk mengukur baju sesuai ukuran tubuh.
  • Pensil atau pulpen untuk membuat pola.
  • Penggaris (biasa dan penggaris pola). 

Setelah semua alat dan bahan sudah kamu persiapkan, sekarang mari kita masuk ke tahap-tahap pembuatan polanya.

Cara Membuat Pola Kaos Anak

  1. Pertama-tama, sebelum membuat pola kaos anak ada baiknya kamu cari referensi ukuran yang ingin kamu gunakan terlebih dahulu. Misalkan ada salah satu brand yang memang sudah sering kamu gunakan karena cutting size nya sesuai dengan yang kamu mau, coba kamu cari tahu detail dari size yang digunakan brand tersebut. Yang terpenting kamu mengetahui ukuran beberapa bagian ini:
  • Lingkar dada
  • Lingkar badan
  • Panjang badan
  • Lingkar ketiak
  • Ukuran lengan
  • Lingkar leher

Untuk kaos baik kaos dewasa maupun kaos anak-anak yang terpenting kamu mengetahui berapa panjang dan lebar badannya.

  1. Selain mencari referensi ukuran atau size chartnya kamu bisa juga mengukur secara langsung menggunakan pita meter, sehingga kamu bisa mengetahui secara presisi berapa ukuran yang akan digunakan nantinya.
  2. Setelah kamu mendapatkan size chart yang akan digunakan sekarang persiapkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat pola.
  3. Silakan untuk mulai membuat pola, kamu bisa mulai dengan membuat pola dasar terlebih dahulu. Karena dari pola dasar ini bisa kamu kembangkan menjadi jenis pola lain termasuk dengan pola kaos anak, tetapi ingat harus kamu sesuaikan lagi ukurannya ya.
  4. Untuk memudahkan proses pembuatan pola, kamu bisa menggunakan pola seperti yang ada di bawah ini jangan lupa sesuaikan ukuran yang akan kamu gunakan ya.
  5. Jika pola sudah selesai dibuat, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah Pattern Grading. Pattern Grading memang biasanya dilakukan untuk produksi dalam jumlah atau skala yang besar. Pattern Grading dilakukan dengan tujuan agar hasil pola yang dibuat sama dengan pola utamanya. Selain itu fungsi dari pattern grading adalah untuk membuat size yang berbeda atau membesarkan atau mengecilkan dari size awal, hanya saja perlu diingat pada saat melakukan pattern grading kamu harus mengingat perbedaan dari masing-masing ukurannya.

Pattern grading juga sebenarnya bisa dilakukan secara manual maupun digital dengan menggunakan beberapa jenis aplikasi seperti Optitex, Accumax Gerber, Lectra Kaledo, Pad System, Style CAD, dan Gemini CAD.

  1. Setelah semua proses sudah kamu lakukan, pola yang kamu buat sekarang sudah siap digunakan untuk dicetak di atas kain dan diproduksi menjadi kaos anak.

Baca Juga: Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Size Baju?

Jenis Bahan Kaos Yang Cocok Untuk Anak

Setelah kamu mengetahui bagaimana cara untuk membuat pola kaos anak, mungkin kamu juga perlu mengetahui apa saja bahan kaos yang cocok untuk anak-anak, dan sebagai salah satu supplier bahan kaos yang menyediakan beragam jenis bahan kaos, berikut ini kami rekomendasikan beberapa jenis kain yang bisa kamu gunakan untuk kaos anak-anak.

Combed

Rekomendasi pertama adalah kain Combed, kain kaos yang mungkin sudah sering kamu gunakan ini tidak hanya bagus jika digunakan untuk orang dewasa saja, tetapi untuk digunakan anak-anak juga akan bagus dan nyaman. Apalagi melihat jenis bahan ini merupakan kain dengan kandungan serat natural yaitu 100% serat cotton atau serat kapas. 

Karakteristik dari kain Combed juga tidak perlu kamu ragukan, kainnya lembut, daya serap kainnya baik dan yang menyenangkan dari kain ini adalah pilihan warnanya yang sangat banyak, terutama di Knitto yang sudah menyediakan 100 warna kain Cotton Combed. Warna-warna yang cerah yang ada di Knitto pastinya akan cocok untuk Baju atau kaos anak yang biasanya menggunakan warna-warna cerah juga.

Bamboo

Kami paham akan kulit anak-anak yang seringkali mudah iritasi atau gatal-gatal hanya karena pakaian yang mereka gunakan, maka dari itu kami menyediakan jenis bahan kaos yang sangat cocok untuk anak-anak yang mempunyai kulit sensitif yaitu Bamboo. Kain ini sesuai dengan namanya dibuat dari campuran 70% serat bamboo dan 30% serat Cotton. Kainnya juga yang bertekstur halus dan lembut, daya serapnya sangat baik dan cepat kering, sangat cocok untuk anak-anak.

Mengapa kami menyebut kain ini cocok untuk kulit sensitif? Karena kain Bamboo mempunyai kandungan anti bakteri, anti jamur dan anti bau yang bisa menangkal bakteri kurang baik yang berasal dari keringat yang membuat kulit anak bisa iritasi dan gatal-gatal. Kandungan anti bakteri ini berasal dari zat alami yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”. Jadi jika kita lihat beberapa kandungan dan keunggulan kainnya sudah yakin kan kalau kain Bamboo ini aman untuk anak-anak?

TENCEL™ Modal blended with

Kain TENCEL™ Modal blended with memang tidak mempunyai kandungan anti bakteri, tetapi kain ini tetap kami rekomendasikan sebagai bahan kaos yang sangat cocok digunakan untuk kaos anak-anak. Tekstur dari kain ini tidak kalah lembut dari bahan Cotton Bamboo, bahkan ketika sudah digunakan dan dicuci berkali-kali pun kelembutan kainnya tidak akan pudar atau hilang. 

Kain ini juga ternyata dapat terurai sampai habis secara alami sehingga kain ini sangat ramah lingkungan. Bahannya yang jatuh dan sangat lembut, ketika digunakan tidak akan membuat anak-anak tidak nyaman saat bergerak. Justru akan sangat nyaman kan?

Jadi sudah mulai mempertimbangkan bahan TENCEL™ Modal blended with Cotton ini sebagai bahan kaos anak-anak? Jika sudah kamu bisa memesan kain TENCEL™ Modal blended with Cotton dan dua jenis kain sebelumnya melalui Portal Customer Knitto, agar pemesanan kainnya lebih cepat dan tidak perlu menunggu lama.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi saat akan membuat pola kaos anak dan juga bisa memberikan alternatif terutama untuk kamu yang sedang mencari -anak.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*