6 Kelebihan Bahan Kain Spandek Terbaik Serta Kekurangannya

0
5/5 - Vote count: 50 votes

6 Kelebihan Bahan Kain Spandek Serta Kekurangannya – Hai Knittopreneurs, apa kabarnya kamu hari ini? Kali ini Minto ingin berbagi sedikit informasi tentang satu jenis kain yang sebenarnya sudah banyak digunakan di dunia tekstil dan produksi pakaian. Pastinya kamu pernah dengar bahan kain Spandek kan?

Bahan Kain Spandek
Bahan Kain Spandek

Sudah tahu bahan kain Spandek itu dibuat dari serat apa dan apa saja kekurangan serta kelebihan dari kainnya?

Untuk kamu yang mungkin baru mendengar jenis kain ini bahkan belum pernah menggunakan jenis kain ini, simak ulasan Minto ya.

Apa Itu Bahan Kain Spandek?

Bahan kain Spandek adalah jenis kain yang dibuat dari bahan polimer sintetis contohnya seperti Nilon dan Polyester. Bahan ini juga sering dikenal dengan sebutan Elastane, dan juga serat ini mempunyai kemampuan kelenturan yang sangat baik, bisa meregangkan bentuk dari kainnya.

Sebenarnya serat Spandek tidak bisa langsung untuk dibuat kain, biasanya serat ini akan dikombinasikan dengan jenis serat lain, contohnya yang paling sering digunakan adalah serat katun atau Cotton dan juga serat Rayon.

Sejarah Bahan Kain Spandek

Melihat kepada sejarahnya, kain ini ternyata sudah ada sejak lama dan ditemukan pertama kalinya oleh sebuah perusahaan yang bernama Du Pont, yang pada saat itu memperkenalkan jenis kain ini dengan sebutan Fiber K.

Perusahaan ini kemudian mengembangkan produk temuannya ini dan dijadikan sebagai pengganti karet yang kemudian diberi nama Lycra. 

Kelebihan dan Kekurangan Bahan Kain Spandek

Setiap kain sebenarnya selalu memiliki beberapa kekurangan dan juga kelebihan yang biasanya juga menjadi sebuah konsiderasi dalam memilih kain tersebut apakah sesuai dengan kebutuhan kamu atau justru sebaliknya.

Minto sudah merangkum beberapa kekurangan dan kelebihan dari bahan kain Spandek yang nantinya bisa menjadi acuan sebelum memilih kain ini untuk pakaian kamu.

Kelebihan Bahan Kain Spandek

  • Mempunyai beberapa jenis varian jadi karakteristiknya beragam, sehingga kamu bisa memilih kainnya sesuai dengan kebutuhan kamu.
  • Kainnya lentur dan sangat elastis, dan kainnya pun tidak mudah berkerut, bisa kembali ke ukuran semulanya, regangan dari kain ini sampai 5 kali dari ukuran aslinya. Dengan sifatnya yang sedemikian unik kain spandek ini ketika digunakan tidak akan membatasi ruang gerak pemakainya.
  • Kain ini sifatnya cukup tahan lama, tidak mudah rusak dan meskipun terkena bahan-bahan kimia yang biasanya dapat merusak kain seperti asam, air laut, alkali, lotion, dan juga jenis bahan kimia lainnya.
  • Kelebihan lainnya adalah, bahan kain Spandek mempunyai ketahanan warna yang sangat bagus, jadi warna kainnya tidak mudah pudar.
  • Tekstur dari kain Spandek juga halus, dan kainnya juga bisa mengikuti bentuk tubuh kamu, tidak kaku.
  • Perawatan dari kain Spandek ini tidak sulit, setelah pakaian dari bahan ini dicuci dan sudah dikeringkan, pakaian ini bisa langsung kamu lipat dan disimpan di lemari tanpa perlu kamu setrika terlebih dahulu.

Kekurangan Bahan Kain Spandek

  • Kain ini mempunyai daya serap yang kurang bagus, sehingga keringat pun akan lebih sulit untuk diserap.
  • Keringat yang menempel pada pakaian dengan bahan kain Spandek bisa menimbulkan bau yang kurang sedap, apalagi jika pakaian dari bahan ini tidak segera kamu cuci setelah digunakan dan juga jika perawatan pakaiannya kurang tepat.
  • Bahan kain Spandek cukup sensitif terhadap suhu yang panas, jadi jika kamu menjemur dan menyetrika kain ini harus lebih berhati-hati dan usahakan untuk menggunakan setrika dengan suhu yang rendah. Karena jika kain ini terkena suhu panas yang terlalu berlebihan dan melebihi batas toleransi panasnya, kain akan berkerut bahkan terbakar.

Jenis Bahan Kain Spandek

Beberapa jenis bahan Spandek tersedia di pasaran, dan pastinya mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, di bawah ini adalah beberapa jenis bahan kain Spandek yang mungkin bisa kamu coba pakai.

1. Bahan Kain Spandek Katun

Spandek Katun adalah bahan Spandek yang mana dibuat dari campuran serat katun dan serat Spandek, kain ini mempunyai tekstur yang lembut dan juga ketahanan kain ini lebih baik dibandingkan dengan bahan katun biasa, hanya saja memang dari segi kenyamanan dan daya serap nya tidak akan sebaik kain katun biasa.

2. Bahan Kain Spandek Rayon

Kain Spandek Rayon ini adalah bahan yang dibuat dari campuran serat Spandek dan serat rayon. Bahan kain Spandek rayon ini mempunyai tekstur yang halus dan lembut, cukup terasa adem saat dipakai.

3. Bahan Kain Spandek PE

Bahan Spandek selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Spandek PE bahan ini dibuat dari campuran serat Spandek dan Polyester. Bentuknya sekilas terlihat seperti bahan kaos tetapi ketebalannya lebih tipis. Untuk harganya kain spandek PE ini biasanya relatif lebih murah.

4. Bahan Kain Spandek Sutra

Spandek sutra adalah bahan kain yang dibuat menggunakan kombinasi antara serat sintetis elastane dan sutra (sutera), sehingga menghasilkan sifat kain yang sangat baik seperti daya elastisitasnya tinggi, sejuk, agak mengkilap, tebal, halus, bahannya ringan, serta daya tahannya tergolong tinggi.

5.Bahan Kain  Spandek Korea atau ITY

Jenis spandek yang satu ini punya kemiripan dengan karakter dari kain jersey, yaitu memiliki sifat yang lembut, melar, sifat bahannya jatuh, serta halus. Spandek korea lebih dikenal dengan sebutan ITY (Interlocked Twisted Yarn). Kain ini lebih berat dibandingkan dengan spandek rayon atau spandek jersey.

6. Bahan Kain Spandek Hera Rib Knit

Bahan ini memang tidak dibuat 100% dari benang Spandek, bahan ini dibuat dari 97% Polyester dan 3% Spandek, meskipun kandungan Spandek nya hanya sedikit tapi kelenturan kain ini cukup baik dan juga bahannya nyaman digunakan, cocok untuk digunakan membuat berbagai macam pakaian wanita dan bahan ini juga bisa kamu dapatkan di Knitto.

Itu dia beberapa jenis kain Spandek yang mungkin bisa kamu gunakan untuk membuat pakaian dan juga penjelasan tentang pengertian juga kelebihan serta kekurangan dari bahan Spandek, semoga apa yang Minto jelaskan pada artikel ini bermanfaat ya.

Jangan lupa juga untuk menggunakan berbagai jenis bahan kaos yang sudah tersedia di Knitto Textiles, salah satunya adalah kain Polyester Hera Rib Knit yang juga mempunyai kandungan Spandek dan bisa kamu gunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian. Segera dapatkan kainnya dan pesan kainnya melalui WhatsApp atau portal.knitto.co.id ya.

Baca Juga: Rekomendasi Bahan Celana Pria dan Size Chart nya

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur