Bahan Polo Shirt

1
Rate this post

Untuk kamu yang tertarik membuat jenis kaos berkerah atau Polo shirt tetapi masih bingung harus menggunakan bahan apa, simak artikel berikut ini ya karena kami akan memberikan beberapa rekomendasi bahan polo yang bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar dari kaos yang juga sering dengan sebutan kaos wangki ini. 

Polo Shirt

Apa itu kain Bahan Polo?

Kain Polo atau kain Pique adalah jenis kain dengan rajutan corak yang padat. Terdapat dua jenis corak rajut pada kain Pique atau kain bahan polo ini, yang pertama adalah corak dengan bentuk segi enam atau hexagonal, dan yang satunya adalah jenis rajutan dengan corak segi empat atau dikenal dengan nama diamond.

Perlu kamu ketahui, kedua jenis corak rajut ini tersedia di Knitto Textiles ya, jadi kamu tidak perlu bingung untuk mendapatkan kain ini, cukup pesan di Knitto saja.

Sejarah Kaos Polo

Menilik sejarah kaos Polo, sebenarnya jenis pakaian ini sudah ada jauh sebelum abad 1900 tetapi, pada zaman itu gaya Polo Shirt nya berbeda seperti yang kita lihat saat ini.

Polo Shirt yang terkenal pada abad itu merupakan kemeja dengan lengan panjang yang juga merupakan seragam untuk para atlet olahraga Polo. 

Polo shirt yang kita gunakan saat ini lahir bahkan bukan dari olahraga Polo sendiri, tetapi dari olahraga tenis.

Petenis nomor satu dunia, Jean René Lacoste yang membawa trend kaos polo dengan menggunakan lengan pendek dan 3 buah kancing di depan agar lebih nyaman saat digunakan dan sebagai solusi agar tidak perlu menggulung lengan saat bertanding.

Untuk pertama kalinya tahun 1926 Jean René Lacoste menggunakan kaos polo dengan desainnya sendiri yang menggunakan bahan Pique Cotton di kejuaraan terbuka AS dan mulai saat itu kaos polo yang digunakan Lacoste menjadi sensasi karena biasanya seragam yang digunakan petenis adalah kemeja putih lengan panjang dan dasi flanel yang memberikan kesan formal.

Hingga saat ini baju berkerah dengan kancing di depannya sudah menjadi konsumsi masyarakat di seluruh penjuru dunia, bahkan di Indonesia sendiri penyebutan bahan kaos polo ini masih sering menggunakan nama “Lacoste” yang sebenarnya bukan nama dari bahan ini melainkan brand kaos polo dunia yang diciptakan oleh petenis dunia Jean René Lacoste.

Jenis Corak Rajut Kain Bahan Polo

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya jika bahan polo itu mempunyai beberapa jenis corak seperti yang sudah tersedia di Knitto yaitu rajutan dengan corak segi enam dan segi empat. Seperti apa bentuknya?

Kain Pique Rajutan Corak Segi Empat

Kain dengan corak rajut segi empat ini kami beri nama Pique Diamond, kain pique diamond ini sebenarnya bisa dibuat dengan bahan dasar apapun, tidak hanya jenis rajutan ini saja, melainkan semua jenis rajutan kain bisa dibuat dengan bahan dasar apapun.

Di Knitto kain ini menggunakan bahan dasar 100% Cotton Combed premium yang tentu kualitasnya sangat baik.

Keunggulan dari kain ini adalah daya serapnya yang lebih baik, kainnya yang lebih adem saat digunakan, terasa halus dan lembut dan sangat nyaman untuk digunakan sebagai bahan polo shirt dan kemeja untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Kain Pique Rajutan Corak Segi Enam

Kain dengan jenis corak rajut ini jika diperhatikan secara detail bentuknya menyerupai honeycomb atau sarang lebah, kami menyebut kain ini dengan Pique Hexagon.

Sama halnya dengan kain Pique bercorak segiempat, kain ini dengan corak ini juga bisa dibuat dengan bahan dasar apapun.

Di Knitto Textiles kami menggunakan bahan dasar campuran Cotton dan Polyester atau yang disebut dengan CVC (Chief Value Cotton). 

Sangat terasa perbedaan antara kain pique yang menggunakan bahan dasar Cotton Combed dengan CVC, tapi kamu jangan khawatir kain Pique CVC corak segi enam atau Pique Hexagon ini tetap nyaman saat digunakan.

Tetap bisa menyerap keringat dengan baik dan juga kainnya tetap terasa lembut. 

Aksesoris Bahan Polo Shirt

Dalam pembuatan kaos wangki atau Polo Shirt, selain kainnya dibutuhkan juga aksesoris tambahan untuk bagian leher kaos juga lengannya.

Aksesoris ini biasanya sudah tersedia pada bahannya untuk bagian leher aksesorisnya disebut dengan Kerah dan pada bagian lengan kaos polo disebut dengan manset.

Aksesoris kain pique dibuat sesuai dengan jenis bahan pique yang digunakan, jika kamu menggunakan bahan Combed Pique Diamond maka aksesorisnya juga akan menggunakan bahan yang sama, begitu juga jika kamu menggunakan CVC Pique Hexagon. 

Jumlah Kain dan Aksesoris Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Kaos Polo

Berapa banyak kain dan aksesoris yang dibutuhkan untuk membuat 1 kaos polo? Perlu kamu tahu, kain Pique diamond dan Pique Hexagon ini mempunyai ketebalan kain yang berbeda, sehingga panjang kainnya juga berbeda-beda, kecuali lebar kainnya kedua kain ini sama-sama menggunakan lebar kain 45”.

Jadi yang pertama harus kamu lakukan adalah tentukan dulu kain apa yang akan kamu gunakan? Jika sudah, kamu bisa perhatikan tabel di bawah ini.

Jenis Bahan Pique Gramasi Lebar Kain Panjang Kain Hasil Kaos Polo dari 1 Kg Berdasarkan Ukuran
S M L XL
CVC Pique 24s 200-210 gsm 45″ ± 2.23-2.34 5 4 3 2
Combed Pique 30s 180-190 gsm 45″ ± 2,47-2.6 6 5 4 3

 

Dari tabel di atas bisa kamu lihat, perbedaan ketebalan dan gramasi dari kedua kain membuat kaos yang dihasilkan berbeda.

Kain Pique Diamond mendapatkan hasil yang lebih banyak dibandingkan dengan kain CVC Pique Hexagon.

Jika kamu sudah mengetahui berapa banyak kaos yang dihasilkan dari setiap kilogram kainnya, akan lebih mudah juga untuk mengetahui berapa banyak aksesoris kain yang dibutuhkan.

Misalkan ukuran kaos polo yang kamu gunakan adalah L, maka aksesoris yang kamu butuhkan adalah:

  • Combed Pique Diamond: 4 kerah dan 4 manset
  • CVC Pique Hexagon: 3 kerah dan 3 manset.

Kamu hanya perlu menyesuaikan saja berapa banyak kaos Polo yang didapatkan dari 1 kg kain yang digunakan. Ingat juga penggunaan manset memang sama banyaknya seperti kerah, karena 1 manset itu bisa digunakan untuk sepasang lengan kanan dan kiri.

Kegunaan Bahan Pique

Bahan kaos Pique digunakan sebagai bahan utama untuk membuat kaos polo atau kaos wangki, pakaian ini sudah sangat populer karena cocok untuk digunakan saat acara formal atau untuk sehari-hari karena kaos ini terkesan rapi sekaligus santai atau casual dan juga nyaman pastinya.

Bukan hanya untuk bepergian atau bersantai dirumah saja, kaos polo juga sering digunakan saat berolahraga tenis, tidak hanya tenis, pakaian ini juga sering sekali digunakan saat berolahraga golf.

Tidak berhenti pada kaos Polo atau Polo shirt saja, bahan Pique juga sekarang ini bisa digunakan untuk membuat jenis pakaian apapun, contohnya Kemeja, Dress, Outer dan juga jenis pakaian lainnya. 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur