Jenis jenis Bahan Kaos

0
Rate this post

Berbagai jenis pakaian yang kamu lihat di pasaran atau bahkan kamu gunakan sehari-hari salah satunya seperti kaos, apakah pakaian ini menggunakan jenis-jenis bahan kaos yang sama?

Jenis jenis Bahan Kaos

Sebenarnya tidak semua jenis bahan kaos yang ada di pasaran sama, bisa jadi produsen kaos A menggunakan bahan katun tetap produsen kaos B menggunakan bahan lain. Kamu perlu mengidentifikasi karakteristik bahannya terlebih dahulu atau jika perlu lakukan tes terhadap bahan tersebut. 

Agar kamu mengetahui bagaimana karakteristik dari jenis jenis bahan kaos, simak ulasan kami berikut ini ya.

Bahan kaos bisa kita bagi menjadi beberapa bagian dibedakan berdasarkan bahan dasar pembuatannya seperti Natural, Sintetis dan Semi-Sintetis. Lalu kain apa saja yang termasuk ke dalam bahan Natural, Sintetis dan Semi Sintetis?

Jenis-jenis Bahan Kaos Berbahan Dasar Natural

Seperti yang sudah kami sebutkan bahan kaos itu bisa kita kategorikan berdasarkan bahan dasar yang digunakannya, salah satunya adalah yang berbahan natural atau terbuat dari bahan alami tanpa adanya campuran bahan sintetis.

Ada beberapa jenis kain yang termasuk bahan Natural seperti kain Katun Combed, Katun Carded, Cotton Bamboo, TENCEL™ Modal blended with Cotton, dan U.S. Pima Cotton.

Katun Combed

Bahan katun Combed dibuat murni dari 100% serat kapas alami tanpa ada campuran serat sintetis sedikitpun. Bahan combed mempunyai karakteristik dan tekstur yang sangat baik sebagai salah satu jenis-jenis bahan kaos yang ada di pasaran.

Tekstur kainnya halus, lembut, permukaan yang rata, bulu yang lebih sedikit, kainnya lentur serta nyaman saat digunakan dan terasa dingin atau adem. Jadi tidak heran jika kain ini sangat cocok digunakan di negara beriklim tropis seperti di Indonesia.

Terdapat beberapa jenis bahan katun Combed yang sudah dijual bebas di pasaran, dibedakan melalui ketebalan kain atau ukuran benang dan juga gramasi dari kainnya.

Di Knitto Textiles sendiri kami menyediakan 5 jenis kain katun Combed yang dibedakan berdasarkan ketebalan dan juga jenisnya, seperti Heavyweight katun Combed 16s yang paling tebal dan digunakan khusus untuk membuat kaos oversized, lalu Combed 20s, 24s dan yang paling tipis diantara yang lainnya adalah bahan katun Combed 30s.

Beberapa jenis bahan katun Combed yang sudah disebutkan ini mempunyai perbedaan pada ketebalan kainnya. 

Cotton Combed Enzyme

Tetapi kami juga mempunyai satu jenis kain Combed yang pada proses pembuatannya diberikan treatment khusus dan hasil akhirnya berbeda dari kain Combed pada umumnya yaitu Combed Enzyme.

Apa itu Combed Enzyme? 

Jika dilihat dari bahan dasarnya tetap sama yaitu menggunakan 100% serat katun atau kapas, namun yang berbeda adalah pada tahap pencucian dalam produksi finishing kain. Karena kain diberikan protein alami yang dapat terurai secara hayati.

Sehingga kain menjadi lebih halus dan lembut. Selain itu, kain terlihat lebih licin dan mempunyai bulu yang lebih sedikit.

Katun Carded (24s, 30s) – Jenis-jenis Bahan Kain Kaos

Dibandingkan dengan kain combed, kain cotton carded atau terkadang orang sering menyebut “cardet” ini memiliki serat benang yang kurang halus.

Mengapa? Karena proses pembuatannya hanya di garuk pada mesin Carding, sehingga tekstur yang dihasilkan sangat berbeda dengan kain Combed, kain ini teksturnya cenderung lebih kasar dan sedikit kaku, terdapat banyak bulu pada permukaan kainnya dan juga masih terdapat bintik putih yang merupakan biji kapas atau kotoran kapas.

Karena kain Carded ini harganya relatif lebih murah dibandingkan cotton combed, bahan cotton cardet sering digunakan untuk kaos-kaos dengan target pasar kelas menengah, atau sebagai alternatif untuk kaos katun dengan harga yang lebih murah.

Cotton Bamboo

Kain Cotton Bamboo dibuat dari campuran serat bambu dan serat cotton atau kapas. Dengan presentasi 70% serat Bamboo dan 30% serat Cotton, kain ini memiliki banyak sekali keunggulan, diantaranya:

  • Bahannya Ringan, Halus dan Lembut

Karakteristik dari bahan Cotton Bamboo yang halus dan lembut, tentu akan memberikan rasa nyaman terhadap anak-anak, selain itu saat digunakan pun baju dari bahan katun Bamboo terasa lebih ringan jadi sangat cocok untuk baju atau kaos anak-anak.

  • Anti Bakteri

Tahukah kamu kain ini mempunyai keunggulan yaitu antibakteri yang berasal dari zat alami serat bamboo yang disebut “Penny Quinone” dan juga terdapat anti jamur juga atau disebut dengan bio-agent “Bamboo Kun”.

Karena kandungan anti bakteri dan anti jamur pada kain Cotton Bamboo juga membuat kain ini anti bau. Perlu kamu tahu, untuk membuktikan apakah kain ini memang benar mengandung antibakteri, hanya bisa dilakukan test di laboratorium ya.

  • Daya Serap Tinggi

Kain Cotton Bamboo juga mempunyai kemampuan daya serap yang sangat baik, dibandingkan dengan jenis bahan kaos lain kain ini penyerapannya sangat baik dan juga mempunyai kemampuan untuk menghilangkan kelembaban udara.

Selain itu bahan kaos ini juga lebih cepat kering, sehingga cocok jika digunakan untuk bahan untuk kaos anak-anak.

  • Anti Sinar UV

Selain antibakteri dan anti bau, kain Cotton Bamboo juga mempunyai daya tangkal terhadap radiasi sinar UV dari matahari.

Bahan kaos premium ini dipercaya bisa melindungi dari dampak sinar UV sampai 97,5%, jadi tidak heran jika bahan ini terasa lebih adem.

TENCEL™ Modal blended with Cotton

Mau menggunakan bahan kaos yang berkualitas premium dan dibuat dari serat alami? Selain menggunakan kain Cotton Bamboo, kami menyarankan untuk kamu menggunakan kain TENCEL™ Modal blended with Cotton.

Kain ini dibuat dari campuran serat Cotton sebanyak 50% dan juga campuran serat TENCEL™ Modal sebanyak 50%. Serat TENCEL™ Modal yang kami gunakan ini dibuat oleh sebuah perusahaan yang berasal dari Austria yang bernama Lenzing.

Lenzing merupakan perusahaan yang memproduksi serat Viscose, serat Modal, serat Lyocell dan benang filamen yang digunakan untuk industri pakaian. 

Selengkapnya tentang kain TENCEL™ Modal blended with Cotton bisa kamu baca disini:

Mengenal Bahan TENCEL™ Modal blended with Cotton Untuk Kaos Premium

U.S. Pima Cotton 

Kain Yang terakhir yang menggunakan bahan alami sebagai bahan dasarnya adalah kain U.S. Pima Cotton, tepatnya kain ini menggunakan bahan dasar 100% serat cotton atau kapas. Lalu apa bedanya dengan kain Cotton Combed atau Cotton Carded? 

Kami tahu setelah kamu mendengar komposisi kain U.S. Pima Cotton, kamu akan mempertanyakan perbedaannya dengan kain yang sama-sama menggunakan komposisi 100% serat cotton, tetapi tentu terdapat perbedaan yaitu kain U.S. Pima Cotton menggunakan jenis serat kapas yang langka, karena produksinya hanya 1% dari total seluruh kapas dunia. 

Yang berbeda juga dari kain ini adalah, karakteristik kainnya yang lebih lembut dan juga seratnya yang panjang membuat kain ini menjadi lebih kuat dan elastis. Sama seperti kain katun lainnya, daya serap kain ini juga sangat bagus.

Ingin membuat kaos dengan kualitas premium seperti kaos-kaos branded yang ada di pusat perbelanjaan? Kamu bisa coba gunakan kain ini sebagai bahan bakunya.

Jenis-jenis Bahan Kain Kaos Berbahan Dasar Sintetis

Tidak semua bahan kaos itu berbahan natural atau alami banyak juga jenis bahan kaos yang dibuat dari bahan sintetis, salah satunya adalah bahan Polyester.

Lalu bagaimana karakteristiknya?

Polyester – Jenis-jenis Bahan Kain Kaos

Polyester adalah jenis kain yang terbuat dari serat sintetis (minyak bumi) berupa biji plastik diproses dengan cara di polimerisasi.

Dibandingkan katun, terdapat banyak sekali perbedaan mulai dari tekstur kainnya, kualitas, karakteristik sampai dengan harganya.

Kain Polyester terasa lebih licin saat kamu pegang, lalu kain ini juga tidak bisa menyerap keringat sehingga kain juga terasa panas saat digunakan, dan harga kainnya lebih murah dibandingkan dengan bahan katun.

Biasanya jenis kain ini digunakan untuk kaos-kaos dengan harga yang miring atau bahkan biasanya digunakan untuk kaos promosi dan kaos kaos partai. Untuk jenis kain ini tidak tersedia di Knitto Textiles. 

Lalu apakah Knitto menyediakan kain Polyester juga?

Polyester Activedry – Evolt

Jika kamu mencari kain Polyester di Knitto Textiles Customer Service kami pasti akan merekomendasikan kain Polyester Activedry dengan jenis corak Evolt.

Kain ini memang dibuat dari 100% serat Polyester yang merupakan serat sintetis, tetapi kain ini berbeda dengan jenis polyester pada umumnya, karena Polyester Activedry Evolt bisa menyerap keringat dengan baik.

Bagaimana bisa kain yang dibuat dari serat sintetis ini menyerap air?

Kami menggunakan teknologi khusus sehingga membuat kain ini bisa menyerap air dengan baik, selain itu keunggulan lainnya adalah kain ini juga cepat kering, jadi tidak heran jika fungsi utama dari kain ini adalah sebagai bahan untuk bahan kaos olahraga.

HYGET – Jenis-jenis Bahan Kain Kaos

Jenis bahan ini terbuat dari Polyester dan sangat tipis, oleh karena itu harganya sangat murah. Namun bahan ini, bisa dibilang kurang layak dan nyaman untuk dijadikan kaos.

Biasanya pembuatan kaos dengan bahan ini dilakukan jika ingin membuat kaos dengan jumlah massal tetapi biaya atau budget produksi nya cukup rendah.

Bahan ini banyak digunakan untuk keperluan kampanye partai, selain untuk kaos promosi atau partai, kain ini juga sering digunakan untuk membuat pakaian dalam serta hijab instan.

Jenis-jenis Bahan Kain Kaos Berbahan Dasar Semi-Sintetis

Selain bahan yang natural atau alami dan bahan sintetis, terdapat juga jenis bahan semi sintetis di pasaran bebas. Beberapa jenis kain ini merupakan bahan semi-sintetis yang dua diantaranya bisa kamu dapatkan di Knitto Textiles.

TC (TETERON COTTON) – Jenis-jenis Bahan Kain Kaos

Seiring dengan kemajuan teknologi, terpengaruh juga teknologi pengolahan bahan kain. Banyak bahan kain hasil dari penggabungan serat katun dan Polyester, salah satunya adalah TC atau Teteron Cotton.

Jenis bahan ini merupakan campuran dari 35% cotton combed dan 65% polyester. TC ini memang terasa panas ketika digunakan karena kurang bisa menyerap keringat, dan efek dari banyaknya kandungan serat polyester.

Namun kelebihannya bahan ini lebih tahan kusut, dan tidak mudah melar meski sudah lama dipakai, serta harga dari kainnya yang cukup terjangkau. Di Knitto sendiri kain ini tersedia pada jenis Bodysize Misty M71. 

CVC (Chief Value Cotton) – Jenis-jenis Bahan Kain Kaos

Jenis bahan kaos ini dibuat dari serat campuran Cotton dan Polyester, apakah sama dengan bahan kaos TC? Memang jika kita lihat dari bahan dasarnya terkesan sama tetapi sebenarnya terdapat perbedaan pada komposisi kainnya yang mana kandungan serat Cotton nya lebih banyak dibandingkan dengan serat Polyester.

Setiap supplier bisa jadi menyediakan kain CVC dengan komposisi yang berbeda-beda, jadi sebaiknya sebelum membeli kain ini kamu bisa memastikan terlebih dahulu berapa kandungan serat Cotton dan Polyester yang terkandung. 

Karakteristik dari kain Chief Value Cotton atau CVC masih bisa dikategorikan baik, kain ini masih bisa menyerap air atau keringat dengan baik, kainnya pun terasa halus, hanya saja memang kainnya sedikit panas ketika digunakan apalagi jika digunakan di bawah terik sinar matahari atau siang hari.

VISCOSE atau RAYON – Jenis-jenis Bahan Kain Kaos

Viscose atau lebih dikenal dengan Viscose Rayon adalah salah satu jenis dari kain semi-sintetis yang dibuat dari serat kayu, dan sering digunakan sebagai pengganti dari sutra, karena kain ini mempunyai tekstur yang halus dan terlihat mewah.

Karakteristik dari kain ini adalah daya serapnya yang baik dan tidak menahan panas, terasa ringan saat digunakan, tetapi memang kain ini kurang elastis juga tidak lebih tahan lama dibandingkan dengan jenis rayon lainnya, satu hal lagi, kain viscose rayon juga cenderung mudah menyusut.

Sayangnya, kain jenis ini tidak tersedia di Knitto Textiles. Jika kamu ingin menggunakan kain yang kualitasnya bagus dan bahkan premium kamu bisa menggunakan TENCEL™ Modal blended with Cotton. 

Itu dia jenis-jenis bahan kaos yang bisa kamu gunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan kaos, tapi kami lebih menyarankan untuk kamu menggunakan bahan kaos yang berkualitas baik dibandingkan dengan bahan kaos yang mempunyai harga terjangkau.

Kamu coba bisa gunakan salah satu kain dari jenis-jenis bahan kaos di atas yaitu bahan katun Combed. Kualitasnya sudah terjamin baik, harga bersaing, dan pilihan warnanya sangat beragam seperti yang tersedia di Knitto Textiles yaitu terdapat 100 pilihan warna yang terdiri dari kategori Tua, Sedang, Muda, Putih, Hitam Sulfur, Jet Black dan Misty. 

Jadi kamu tidak perlu ragu untuk memilih bahan kaos percayakan kepada Knitto ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur