Inspirasi Warna Baju Wisuda yang Trendi, Pilih yang Terbaik untuk Hari Spesial!

0
5/5 - Vote count: 50 votes

Inspirasi Warna Baju Wisuda yang Trendi, Pilih yang Terbaik untuk Hari Spesial! – Halo Knittopreneurs! Wah, nggak terasa bahwa sebentar lagi akan memasuki tahun ajaran baru, ya. Bagi kamu yang tahun ini lulus, apa rencananya? Lalu yang lebih penting, apa sudah pilih baju untuk acara kelulusan atau wisuda?

7 Inspirasi Warna Baju Wisuda yang Sedang Tren, Cek Yuk!
7 Inspirasi Warna Baju Wisuda yang Sedang Tren, Cek Yuk!

Kebingungan mungkin melanda masa-masa menjelang hari H, maka persiapannya lebih baik dicicil dari sekarang. Untuk membantu Knittopreneurs mempercepat prosesnya, Minto sudah menyiapkan beberapa saran dan inspirasi terkait model dan warna yang bisa digunakan.

Yuk, baca hingga akhir untuk mengetahui info lengkapnya!

Kapan Muncul Tradisi dan Istilah dari Baju Wisuda?

Pada awalnya, universitas-universitas di Eropa mengadopsi seragam akademik sebagai simbol status dan pengakuan atas pencapaian akademik seseorang. Di Indonesia, tradisi memakai baju wisuda juga diadopsi dari Barat, dengan beberapa perubahan sesuai dengan budaya lokal. 

Pilihan seragam akademik yang dipakai biasanya akan bervariasi, sesuai dengan tingkat pendidikan dan desain yang dimiliki oleh universitas. Namun, biasanya akan terdiri dari toga dan jubah. Lalu, di dalamnya akan memakai kemeja, kebaya, hingga aneka busana lainnya yang sesuai dengan preferensi.

Hingga kini, baju wisuda menjadi penting karena tidak hanya mewakili kesuksesan akademik yang sudah Knittopreneurs capai, namun juga sebagai penghargaan atas kerja keras dan dedikasi yang telah dilakukan selama masa pendidikan. 

Baca Juga: Rekomendasi Desain Baju untuk Seragam Keluarga

Tips Memilih Baju Wisuda yang Pas untuk Hari Spesial

Hal pertama yang biasanya akan dilakukan setelah mengikuti acara kelulusan adalah mengabadikannya dalam bentuk foto, baik dilakukan sendiri maupun bersama orang-orang tersayang. Dalam momen yang penting ini, pilihan baju wisuda yang tepat akan memberikan kesan yang tak terlupakan. 

Knittopreneurs juga bisa mengartikan proses memilih baju wisuda terbaik sebagai bentuk penghargaan atas diri sendiri dan pencapaian yang telah diraih. Sekaligus membuat Knittorepeneurs merasa lebih percaya diri dan bangga saat berada di panggung wisuda.

Ada beberapa tips yang bisa Minto berikan untuk memastikan Knittopreneurs tampil maksimal di hari penting ini:

  • Perhatikan Aturan Institusi

Knittopreneurs perlu memperhatikan aturan dan pedoman dari institusi pendidikan terkait pemilihan baju wisuda. Pahami juga apakah terdapat ketentuan khusus terkait warna, model, atau jenis baju yang diperbolehkan.

  • Ukuran yang Pas

Pilih baju wisuda yang sesuai dengan ukuran tubuh Knittopreneurs. Pastikan untuk mengukur tubuh dengan akurat dan memilih ukuran yang nyaman, tidak terlalu ketat atau terlalu longgar. Jika perlu, Knittopreneurs juga bisa menyesuaikan fit dari baju lebih lanjut ke penjahit.

  • Warna yang Cocok

Pertimbangkanlah warna yang sesuai dengan selera pribadi dan warna kulit Knittopreneurs. Gunakan warna yang menonjolkan kecantikan dan kepercayaan diri, serta sesuai dengan suasana acara wisuda. Atau, bisa juga disamakan dengan dresscode foto bersama orang-orang tersayang.

  • Model yang Tepat

Tentukan model baju wisuda yang sesuai dengan bentuk tubuh dan style yang Knittopreneurs suka. Apakah ingin memilih baju wisuda dengan model tradisional, atau yang lebih modern dan stylish. Jangan lupa untuk memperhatikan faktor kenyamanan, karena baju tersebut akan dipakai sepanjang hari.

  • Aksesori yang Sesuai

Padukanlah baju wisuda dengan aksesori yang sesuai seperti toga, jubah, dan aksesoris lainnya. Pilih yang melengkapi penampilan secara keseluruhan tanpa membuat fokus teralih dari baju wisuda itu sendiri.

  • Konsultasi dengan Ahli

Jika perlu, Knittopreneurs dapat berkonsultasi dengan ahli mode atau penjahit profesional untuk mendapatkan saran dan rekomendasi dalam memilih baju wisuda yang sempurna.

Baca Juga: Inspirasi Model Baju Bridesmaid Simple Elegan, Nyaman dan Cantik!

7 Rekomendasi Warna untuk Baju Wisuda yang Bagus

Sekarang, yuk, lihat dulu rekomendasi warna-warna baju wisuda yang cocok dipakai saat acara kelulusan!

  • Warna Hitam
Baju Wisuda Warna Hitam
Baju Wisuda Warna Hitam

Warna hitam adalah pilihan klasik yang cocok untuk baju wisuda, baik untuk Knittopreneurs laki-laki maupun perempuan. Hitam mudah dikombinasikan dengan berbagai warna aksesori baik dasi, sepatu, hijab, hingga tas. Hampir semua warna kulit juga terlihat lebih cerah saat dipadukan dengan atasan atau bawahan warna hitam. 

Bisa dibilang, hitam adalah pilihan yang paling “aman” untuk dipakai bersama toga dan jubah yang biasanya juga dominan warna hitam. Namun, jika Knittopreneurs ingin tampil lebih menonjol di acara kelulusan, masih ada warna-warna lainnya yang bisa dipilih.

  • Warna Navy
Baju Wisuda Warna Navy
Baju Wisuda Warna Navy

Warna navy atau biru gelap merupakan alternatif yang elegan dan tetap formal untuk baju wisuda. Knittopreneurs dapat mengkombinasikan baju navy dengan aksesoris berwarna emas atau perak untuk tampil lebih mewah. 

Bagi Knittopreneurs yang memiliki warm undertone, warna navy akan memberikan kesan yang menyegarkan di kulit. Kombinasikan dengan warna kuning yang kontras, atau warna merah yang akan menambah kesan mewah saat dipakai.

  • Warna Burgundy
Baju Wisuda Warna Burgundy
Baju Wisuda Warna Burgundy

Warna merah marun atau burgundy memberikan sentuhan glamour dan berkelas saat dipakai sebagai baju wisuda, atau di acara-acara penting lainnya. Knittopreneurs dapat memadukan baju burgundy dengan warna emas atau nude untuk tampil lebih stunning di hari spesial. 

Seperti warna hitam, burgundy cocok untuk semua tone kulit, memberikan kesan hangat dan bersemangat. Saat digabungkan dengan aksesoris yang warnanya netral, burgundy bisa terlihat lebih pop out dan menarik perhatian.

  • Warna Putih
Baju Wisuda Warna Putih
Baju Wisuda Warna Putih

Warna putih sering disebut sebagai simbol kesucian dan keanggunan yang tak lekang oleh waktu. Sehingga, jika memakai baju wisuda warna putih, akan cocok untuk semua gender.  Knittopreneurs juga dapat mengkombinasikannya dengan aksesori warna-warni untuk tampilan yang segar. 

Tone kulit yang cocok memakai warna ini pun bervariasi, bisa memberikan kesan yang khas juga. Antara memberikan kesan bersih dan cerah, atau kontras yang bagus. Selain hitam, warna ini juga bisa masuk ke kategori yang “aman” dipakai saat hari-hari penting.

  • Abu-Abu
Baju Wisuda Warna Abu Abu
Baju Wisuda Warna Abu Abu

Warna abu-abu adalah pilihan netral yang selalu aman untuk baju wisuda. Knittopreneurs dapat memadukan baju abu-abu dengan aksesoris berwarna cerah seperti merah, biru, atau kuning untuk penampilan yang tidak monokrom. 

 Selain warna ini cocok untuk semua tone kulit dan memberikan kesan elegan, pemakaiannya juga bisa membuat Knittopreneurs tampil kalem dan lebih dewasa. Cocok dengan makna acara kelulusan, yang menjadi perayaan saat kita berhasil melewati satu lagi bagian tahap kehidupan.

  • Warna Biru Langit (Baby Blue)
Baju Wisuda Warna Biru Langit
Baju Wisuda Warna Biru Langit

Warna biru langit atau soft blue memberikan kesan yang segar dan menenangkan pada baju wisuda. Knittopreneurs dapat memadukan baju biru langit dengan aksesori warna putih atau silver untuk tampilan yang anggun. 

Bagi Knittopreneurs dengan warna kulit cerah, biru langit akan memberikan kesan yang lembut dan menyegarkan. Untuk yang warna kulitnya lebih eksotis, atau mengarah ke sawo matang, warna baby blue juga tetap cocok! Tinggal ganti aksesoris dengan warna-warna yang mengarah ke netral atau rose gold

  • Warna Cokelat Tua
Baju Wisuda Warna Cokelat Tua
Baju Wisuda Warna Cokelat Tua

Cokelat tua adalah alternatif yang hangat untuk kamu yang ingin memakai warna gelap sebagai dominasi warna baju wisuda. Knittopreneurs dapat mengkombinasikan baju cokelat tua dengan hal-hal berbau gold untuk tampilan yang lebih harmonis. 

Warna ini terutama cocok untuk Knittopreneurs dengan kulit dengan undertone yang warm, dapat membuat kulit terlihat cerah dan lebih menawan. Saat dipakai dengan hijab dengan warna nude, tampilan juga bisa terlihat lebih kalem.

Baca Juga: Tampil Modis dengan Baju Kondangan Kekinian, Cek Tips Memilih Warnanya!

Memang masih banyak pilihan warna lainnya yang bisa Knittopreneurs gunakan sebagai baju wisuda. Namun, warna-warna yang Minto rekomendasikan adalah yang sudah dikurasi dengan berbagai pertimbangan. 

Selain cocok dengan hampir semua jenis skin tone, daftar di atas juga bisa dipadukan dengan berbagai warna lainnya secara gampang. 

Semoga artikel ini bisa membantu Knittopreneurs tampil modis dan percaya diri tanpa ribet!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]