Begini Cara Membedakan Kain Bagian Luar Dan Dalam

0
5/5 - Vote count: 1 vote

Begini Cara Membedakan Kain Bagian Luar Dan Dalam – Kain adalah salah satu bahan yang sangat umum digunakan dalam pembuatan pakaian, furnitur dan berbagai produk tekstil lainnya. Banyak sekali jenis kain yang ada di pasaran saat ini, dibedakan oleh jenis bahan dasar yang digunakan, warna kain sampai ke kualitas kainnya.

Setiap kain mempunyai keunikan tersendiri, terutama kain kaos terutama permukaan dari kainnya, ada yang memiliki tekstur atau corak sehingga lebih unik, ada juga yang solid seperti kain-kain kaos yang ada di Knitto.

Berbicara tentang permukaan kain, untuk mereka yang belum terlalu mengerti tentang kain banyak yang masih sering tertukar antara bagian dalam dan luar kainnya. Maka dari itu Minto akan menunjukan bagaimana cara membedakan kain bagian luar dan dalam agar kamu tidak salah.

Cara Membedakan Kain Bagian Luar dan Dalam

Mengenali perbedaan permukaan antara bagian luar dan dalam kain tentu saja bertujuan agar tidak ada kesalahan pada saat kamu sedang melakukan proses produksi atau saat menjahit kainnya menjadi baju, maka dari itu berikut ini beberapa cara membedakan kain bagian luar dan dalam, simak dengan seksama ya.

1. Perhatikan Permukaan Kain

Pertama, yang bisa kamu lakukan sebagai cara untuk membedakan kain bagian luar dan dalam adalah dengan memperhatikan permukaan kainnya. Pada kain kaos terdapat dua jenis permukaan yaitu bagian luar dan dalam kain yang mana akan berbeda bentuk permukaannya, terutama jika kain kaos tersebut menggunakan jenis rajutan Single Knit, agar lebih jelas kamu bisa perhatikan foto dibawah ini

cara membedakan kain bagian luar dan dalam

Kain untuk kaos mempunyai dua jenis rajutan yang ada di pasaran yaitu rajutan Single Knit yang mempunyai permukaan seperti gambar di atas, dan rajutan Double Knit yang mana permukaan luar dan dalamnya mempunyai permukaan yang sama.

2. Perhatikan Pola Jahitan

Selanjutnya kamu bisa perhatikan pola atau bentuk dari jahitan kainnya, biasanya bagian luar kain kaos memiliki jahitan yang lebih rapi dan lebih teratur dibandingkan dengan bagian dalam. Jika kamu melihat jahitan yang lebih halus dan rapi, kemungkinan besar itu adalah bagian luar kain.

3. Pola atau Desain

Untuk kain yang tidak solid atau memiliki corak atau gambar, tentu akan lebih mudah membedakan bagian luar dan dalam kainnya, kamu hanya perlu perhatikan desain dan corak kainnya saja. Karena untuk kain yang bercorak atau mempunyai desain gambar tentu saja akan ada di bagian luar kain dan bagian dalamnya tidak mendapatkan corak yang samar dan se-detail bagian luarnya.

Untuk kain bergambar seperti kain kaos Printing Knitto Textiles bagian luarnya mempunyai motif gambar dan bagian dalamnya berwarna putih dan tidak ada motifnya.

4. Perhatikan Label Pakaian

Cara yang lebih mudah untuk mengidentifikasi bagian luar dan dalam permukaan dari suatu kain adalah dengan menggunakan baju yang sudah jadi, lalu perhatikan posisi label kain yang ada di bagian dalam kaosnya. Label pakaian biasanya akan ditempatkan di bagian dalam kaos atau pakaian, baik label size, atau label care instruction.

Bentuk dari permukaan kain bagian dalam kaos berbeda kan dengan bagian luarnya? Kamu bisa mengingat seperti apa bentuknya dan ketika nanti kamu membeli kain, kamu akan lebih mengenal jelas seperti apa permukaan dalam dan luar kain kaos.

Cara Membedakan Kain Bagian Luar dan Dalam dari Bahan Knitto Textiles

Agar proses belanja kamu lebih mudah dan kamu juga bisa mengetahui detail dari kain-kain yang ada di Knitto Textiles maka dari itu, kamu bisa perhatikan cara membedakan kain bagian luar dan dalam dari bahan-bahan yang ada di Knitto Textiles.

1. Cara Membedakan Kain Bagian Luar dan Dalam : Kain Single Knit

Kain single knit adalah jenis rajutan yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk pembuatan bahan kaos, jenis rajutan ini bisa dibuat dengan jenis komposisi kain yang berbeda-beda baik katun, sintetis, atau campuran.

Bentuk rajutan dari kain single knit berbeda antara permukaan dalam dan luarnya sehingga kamu sebenarnya bisa membedakannya dengan mudah

2. Cara Membedakan Kain Bagian Luar dan Dalam : Kain Pique

Selanjutnya kain yang tersedia di Knitto adalah kain Pique, kain ini digunakan sebagai bahan utama pembuatan kaos polo atau polo shirt, di Knitto terdapat dua jenis kain Pique yaitu Pique Hexagon dengan bentuk rajutan menyerupai segi enam atau hexagonal dan Pique Diamond yang mempunyai bentuk rajut menyerupai segi empat atau seperti intan.

Cara membedakan kain bagian luar dan dalam nya sangat mudah, perhatikan dengan seksama saja permukaan kainnya, karena kain ini juga sangat berbeda bentuk luar dan dalamnya, permukaan yang mempunyai rajutan segi enam dan segi empat merupakan bagian luar dari kainnya, sedangkan bagian dalamnya tidak berbentuk seperti itu.

3. Cara Membedakan Kain Bagian Luar dan Dalam : Kain Baby Terry

Kain Baby Terry digunakan sebagai bahan untuk membuat sweater, jaket atau hoodie, selain itu bahan ini juga bisa kamu coba gunakan untuk membuat celana juga seperti sweatpants tau short pants. Untuk cara membedakan kain bagian luar dan dalam pada bahan baby terry akan sangat lebih mudah lagi, kenapa? Karena kain ini mempunyai permukaan kain yang berbeda antara bagian luar dan dalamnya.

cara membedakan kain bagian luar dan dalam

Pada bagian luar kain tampak kain baby terry ini seperti kain kaos pada umumnya saja tetapi di bagian dalam kainnya terdapat tekstur yang menyerupai loop benang seperti pada gambar di atas. Jadi benar kan kata Minto? Lebih mudah lagi untuk cara membedakan kain bagian luar dan dalam baby terry.

4. Cara Membedakan Kain Bagian Luar dan Dalam : Kain Fleece

Sama dengan kain Baby Terry, fungsi utama dari kain Fleece adalah sebagai bahan untuk membuat pakaian hangat seperti jaket dan hoodie, bahan ini mempunyai tekstur yang unik pada permukaan luar dan dalam kainnya, kain ini pun sangat tebal bahkan lebih tebal dari bahan baby terry sekalipun.

cara membedakan kain bagian luar dan dalam

Bisa kamu perhatikan Knittopreneurs pada gambar di atas, terlihat sangat jelas bagian luar dan dalam dari kain Fleece sangat berbeda, tekstur permukaan luar kainnya terlihat seperti kain kaos pada umumnya sedangkan pada bagian dalam kainnya terdapat bulu halus yang tebal. Sehingga sangat minim kemungkinannya untuk tertukar atau salah saat membeli kain Fleece.

Jadi bagaimana Knittopreneurs? Mudah bukan cara membedakan kain bagian luar dan dalam pada beberapa jenis kain terutama yang ada di Knitto? Yang dibutuhkan adalah sedikit ketelitian saja pada saat membandingkan kain-kainnya maka kamu akan dengan mudah membedakan kainnya.

Baca Juga: Gebrakan Terbaru Knitto Textiles: Kain Printing dengan Motif Lucu Berkualitas Premium

Agar kamu bisa mengetahui seperti apa bentuk permukaan dari berbagai kain yang ada di Knitto Textiles, kamu bisa coba cek berbagai jenis kain yang ada di Knitto melalui website kami di knitto.co.id

Semoga artikel ini memberikan informasi yang bermanfaat ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur