Cotton Fleece Apakah Sama Kualitasnya Dengan Combed Fleece?

0
Cotton Fleece

Biasanya ketika kamu membuat jaket, sweater atau hoodie, bahan apa yang sering digunakan? Apakah yang lebih sering kamu gunakan sebagai bahan dasarnya? Seperti kamu tahu saat ini ada dua jenis bahan jaket yang bisa digunakan untuk membuat jaket, sweater dan hoodie, tapi jika mencari bahan jaket yang lebih tebal sudah pasti yang akan dipilih.

Fleece adalah bahan jaket yang mempunyai perbedaan pada permukaan luar dan dalamnya. Pada bagian luar terlihat seperti bahan biasa tetapi pada bagian dalamnya terdapat bulu-bulu halus. Bulu halus ini berasal dari proses pembuatan kainnya yang mana melalui proses penggarukan sehingga bagian dalamnya menjadi bulu-bulu halus.

Jenis Bahan Fleece

Beberapa produsen hangat biasanya memilih bahan Fleece dengan jenis Cotton atau Cotton Fleece, tetapi apakah Cotton Fleece satu-satunya jenis Fleece yang ada di pasaran? Tentu tidak, banyak jenis kain Fleece yang tersedia di pasaran seperti CVC Fleece, Polyester Fleece, TC Fleece dan juga Cotton sama seperti yang tersedia di Textiles.

Mungkin pertanyaan yang muncul di kepala kamu saat membaca nama kain Cotton Fleece dan Cotton Combed Fleece adalah “Apa bedanya kedua kain ini? Apakah sebenarnya sama hanya berbeda pada nama kainnya? Atau memang berbeda?”

Perbedaan Cotton Fleece dan Cotton Combed Fleece

Jadi sebenarnya antara Cotton Fleece dan Cotton Combed Fleece merupakan dua jenis kain yang berbeda. Perbedaan yang ada pada kedua jenis kain ini terletak pada komposisi bahannya dan juga tentu pada karakteristik kainnya juga. Dari segi nama pun sudah jelas ya, Cotton Fleece dan Cotton Combed Fleece, merupakan dua jenis kain yang berbeda. 

Perbedaan Komposisi Kain

Agar semakin jelas, mari kita bahas perbedaan dari kain Cotton Fleece dengan Cotton Combed Fleece berdasarkan bahan dasarnya terlebih dahulu. Dilihat dari nama kainnya sudah jelas kedua kain ini sama-sama dibuat dari bahan Cotton atau Kapas, tetapi yang perlu diperhatikan dan kamu ketahui adalah apakah jenis Cotton yang digunakan disini sama? Sebenarnya cukup sulit untuk mengidentifikasi jenis Cotton apa yang digunakan pada kain Cotton Fleece, karena bisa jadi kain ini menggunakan bahan Cotton apa saja baik ataupun Combed. Tapi jika kain Cotton Combed Fleece yang ada di Knitto sudah dipastikan menggunakan 100% serat Cotton Combed Premium. 

Perbedaan Karakteristik

Karena adanya perbedaan pada jenis komposisi bahannya, maka akan berpengaruh juga pada karakteristik dari bahannya. Kain Cotton Fleece mempunyai karakteristik kain yang baik, kainnya cukup lembut dan daya serapnya baik. Jika dibandingkan dengan karakteristik dari kain Cotton Combed Fleece sudah pasti berbeda. Karena kain Cotton Combed Fleece mempunyai permukaan kain yang rata dan tidak berbulu berlebihan, kainnya terasa sangat halus dan lembut. Jika digunakan pada saat siang hari, kain Cotton Combed Fleece tidak akan terasa panas, karena daya serap yang dimiliki kain ini juga sangat baik. 

Perbedaan Harga 

Selain perbedaan yang terletak pada karakteristik juga komposisi bahan, ada juga perbedaan yang terdapat harga kainnya. Memang pada dasarnya bahan Cotton Fleece ini terkesan lebih terjangkau dibandingkan dengan Cotton Combed Fleece tetapi kualitas yang kamu dapatkan juga pastinya akan berbeda. Dengan menggunakan bahan Cotton Combed Fleece, kualitas yang kamu dapatkan tentu akan berbeda dan pastinya lebih baik karena kain ini mempunyai kualitas premium. Jadi harga yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitas kain yang akan kamu dapatkan.

Perlu kamu tahu juga, jika kain Cotton Combed Fleece ini mempunyai durability atau ketahanan bahan yang baik, sehingga jaket akan lebih tahan lama dan awet. Untuk kamu pengguna jaket juga pasti lebih untung karena kamu hanya 1 kali mengeluarkan biaya yang besar untuk mendapatkan jaket dengan bahan yang durasi ketahanannya lebih lama, sehingga tidak perlu terlalu sering membeli jaket kan?

Dengan seperti ini, kamu juga bisa mendukung gerakan atau campaign sustainable fashion yang disuarakan untuk mencegah semakin bertambahnya limbah atau sampah fashion yang dihasilkan karena perilaku konsumtif masyarakat yang menggunakan pakaian dengan kualitas bahan yang kurang baik sehingga cepat rusak setelah itu pakaian dibuang begitu saja. 

Baca Juga: 6 Kelebihan Bahan Jaket Fleece dan Kegunaannya

Cara Merawat Jaket dari Bahan Cotton Fleece atau Cotton Combed Fleece

Berbicara tentang ketahanan suatu pakaian, selain dipengaruhi oleh bahan yang digunakan untuk pakaian tersebut, terdapat faktor lain yang bisa mempengaruhi juga yaitu cara perawatannya. Jika kamu merawat sebuah pakaian seperti jaket dengan cara yang benar, sudah pasti kualitas jaketnya tidak akan turun dan tetap dalam kondisi yang baik. Berikut ini cara yang bisa kamu ikuti untuk merawat jaket dari bahan Cotton Fleece atau Cotton Combed Fleece.

cara perawatan cotton fleece

Untuk merawat jaket dari bahan Fleece ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan terutama saat proses mencuci seperti:

  • Jangan merendam jaket dengan bahan Fleece lebih dari 1 jam, minimal 30 menit saja dan maksimalnya 1 jam. Merendam jaket atau jenis pakaian lainnya terlalu lama bukan membuat pakaian tersebut menjadi lebih bersih tetapi malah merusak, karena warna dari jaket atau pakaian tersebut akan cepat pudar.
  • Gunakan deterjen yang tepat tetapi jangan terlalu banyak, secukupnya saja. Deterjen yang terlalu banyak akan meninggalkan residu pada jaket dan berbahaya juga.
  • Saat mencuci hoodie atau pakaian dengan jenis kain Fleece, sebaiknya tidak menggunakan pewangi dan pemutih. Mengapa? Karena kedua bahan tersebut dapat menurunkan kemampuan serat kain untuk menyerap air
  • Proses pencucian hoodie atau jaket dengan bahan Fleece memang sebaiknya menggunakan tangan saja, tetapi akan tetap aman jika menggunakan mesin cuci.
  • Usahakan juga untuk tidak menggabungkan pakaian bahan Fleece dengan jenis pakaian lain yang lebih kasar seperti jeans. Apabila kamu mencuci menggunakan mesin, sebaiknya gunakan suhu yang paling rendah dengan kekuatan putaran yang paling rendah.
  • Pada saat mencuci jika terdapat noda membandel pada pakaian, cukup oleskan detergen pada bagian yang terkena noda saja, lalu gosok atau kucek dengan tangan secara perlahan hingga nodanya hilang.
  • Jika nodanya membandel dan terpaksa harus menggunakan sikat untuk menghilangkan noda, sebaiknya gunakan sikat pakaian yang berbulu halus. Dan perlu diperhatikan saat melakukan penyikatan usahakan menyikat dengan searah ya. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kerusakan serat kain.

Khusus untuk para pengguna jaket dengan bahan Fleece, selalu perhatikan label instruction yang ada pada pakaian kalian ya, karena dengan memperhatikan dan mengikuti detail pada label juga akan membantu kamu menjaga jaket tetap awet. 

Apakah penjelasan ini sudah cukup jelas untuk kamu? Semoga sudah dan kamu bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat ya. Jangan lupa gunakan bahan jaket yang berkualitas baik dari Knitto Textiles ya, karena kami bukan hanya menyediakan satu jenis bahan jaket saja, kami mempunyai beberapa jenis bahan jaket yang bisa kamu gunakan. Cek koleksi kain yang ada di Knitto melalui website kami www.knitto.co.id

BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat,

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 &8211; 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here