Sustainable Fashion vs Fast Fashion

0
Rate this post

Lahirnya banyak kemudahan untuk mendapatkan pakaian saat ini dan semakin tingginya permintaan pasar akan pakaian membuat banyaknya produsen dan brand ternama dunia menggencarkan produksi pakaian secara massal atau yang dikenal dengan istilah fast fashion. Tapi tahukah kamu jika ternyata fast fashion ini memberikan dampak yang kurang baik terhadap beberapa hal bahkan jika dibiarkan begitu saja, hal ini akan berdampak juga hingga masa yang akan datang, sehingga beberapa tahun belakang ini muncul sebuah gerakan atau campaign “Sustainable Fashion” untuk mengatasi dampak dari Fast Fashion. 

Untuk kamu yang saat ini sedang memulai bisnis fashion, ada baiknya untuk mengenal dan juga mengetahui apa itu Fast Fashion dan Sustainable Fashion. Selengkapnya akan kami bahas di bawah ini, simak sampai habis ya. 

Apa Itu Fast Fashion dan Sustainable Fashion Yang Ada Di Industri Fashion?

Sustainable Fashion dan Fast Fashion adalah dua istilah yang muncul di industri fashion, dari keduanya mempunyai beberapa hal yang harus kita perhatikan, tetapi mana yang sebaiknya kita ikuti? Fast Fashion atau Sustainable Fashion?

Fast Fashion

Fast fashion adalah istilah yang digunakan oleh industri tekstil yang artinya yaitu produksi pakaian dalam jumlah yang besar, mempunyai berbagai model dan pergantian model ini berlangsung dalam waktu yang sangat cepat. Fast fashion juga ditandai dengan penggunaan bahan baku yang berkualitas buruk dan juga tidak tahan lama serta harganya yang murah. 

Dilihat dari sejarahnya bagaimana fast fashion ini muncul ke tengah-tengah industri fashion adalah ketika munculnya zaman revolusi industri berbarengan dengan munculnya teknologi pada tahun 1980 yang mana salah satunya lahirlah teknologi mesin jahit yang digunakan untuk memproduksi pakaian dengan jumlah banyak sehingga dari sinilah produk fast fashion mulai banyak bermunculan, karena dulu sebelum memasuki zaman revolusi industri, fashion merupakan suatu produk yang mahal. Mengapa? Karena produksinya yang perlu dikerjakan secara detail dan bahkan dikerjakan masih dengan dijahit menggunakan tangan tanpa mesin, efeknya fashion menjadi barang mahal dan hanya bisa dibeli oleh kalangan tertentu.

Apa ciri-ciri dari Fast Fashion?

  • Produk fast fashion mempunyai banyak model dan mengikuti trend terbaru yang sedang berlangsung.
  • Model fashion selalu berganti-ganti dan pergantiannya dalam waktu yang sangat cepat 
  • Biasanya diproduksi di negara Asia dan negara berkembang.
  • Menggunakan bahan baku yang kualitasnya tidak bagus dan tidak tahan lama.

Dampak Dari Fast Fashion

sustainable fashion sebagai solusi dari dampak negatif fast fashion

Image Source: https://pin.it/4y4JXqv

Dikatakan, jika fashion-fashion ini sebenarnya memang mempunyai keuntungan yang besar karena demand yang tinggi dari customer, tetapi tidak bisa dipungkiri jika banyak juga dampak yang kurang baik yang dihasilkan dari fast fashion ini, apa saja?

  • Tahukah kamu, Fast Fashion ini menjadi salah satu penyebab terbesar polusi limbah fashion yang bisa merusak lingkungan dan menjadi salah satu penyumbang besar penumpukan sampah. 
  • Industri Fast Fashion biasanya menggunakan pewarna tekstil yang murah dan berbahaya, hal ini dapat menyebabkan pencemaran air dan mempunyai resiko yang berbahaya terhadap kesehatan manusia.
  • Salah satu jenis bahan yang biasanya digunakan untuk membuat pakaian fast fashion adalah Polyester, kita tahu jika bahan Polyester itu dibuat dari serat sintetis berupa biji plastik. Selayaknya plastik yang sulit bahkan tidak bisa untuk diuraikan, pakaian yang sudah dibuang yang menggunakan bahan ini pun akhirnya tidak bisa terurai dan berakhir menjadi waste atau sampah yang akan merusak alam dan menambah penumpukan sampah plastik juga.
  • Industri fashion ini biasanya juga menjadi salah satu penyebab menurunkan populasi hewan karena tidak sedikit mereka memanfaatkan kulit binatang sebagai bahan baku.
  • Mendorong perilaku konsumtif, karena produsen-produsen ini akan terus memproduksi model terbaru mengikuti perkembangan trend yang sedang berlangsung.
  • Kebanyakan industri fashion ini juga mempekerjakan wanita muda, pekerja dengan keselamatan kerja yang rendah, serta kondisi yang kurang baik lainnya untuk memproduksi produk fast fashion.

Sustainable Fashion

Berangkat dari berbagai macam dampak kurang baik yang ditimbulkan oleh industri fast fashion, lalu hadirlah sebuah campaign atau gerakan untuk mengurangi atau meminimalisir dampak fast fashion yang disebut dengan “Sustainable Fashion”. Sustainable Fashion hadir sebagai solusi dari dampak yang ditimbulkan dari industri Fast Fashion yang bisa menyakiti bumi dan membahayakan masa depan generasi mendatang. Lalu apa itu Sustainable Fashion?

Sustainable fashion atau slow fashion sebuah praktik fashion yang diusung untuk menyelamatkan bumi dari bahaya sampah-sampah yang tidak terurai akibat dari penggunaan pakaian yang begitu mudah dibuang karena tidak awet atau cepat rusak, serta melindungi para pekerja pabrik dan perilaku tidak bertanggung jawab dari produsen pakaian yang mengusung konsep fast fashion.

Saat ini industri fashion sudah menyumbang sekitar 92 juta ton sampah di dunia setiap tahunnya, bayangkan jika konsep fast fashion ini terus berlangsung, akan berapa banyak lagi sumbangan sampah yang akan menumpuk di masa yang akan datang nanti?

Maka dari itu, konsep Sustainable fashion atau Slow Fashion ini mengajak kita untuk merubah perilaku konsumtif yang diciptakan para produsen Fast Fashion. Untuk kamu yang sekarang sedang fokus di bisnis fashion, kami harap juga ikut mengusung konsep Sustainable Fashion pada bisnis kalian, setidaknya kita bisa sama-sama menyelamatkan bumi dan mengurangi penumpukan sampah fashion yang sudah sangat parah dan membahayakan ini.

Lalu apa yang bisa kamu lakukan sebagai produsen pakaian untuk mengikuti konsep atau filosofi Sustainable Fashion ini?

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mendukung gerakan sustainable fashion ini adalah dengan menggunakan material atau bahan baku yang aman dan juga ramah lingkungan. Sekarang ini sangat banyak sekali penyedia bahan atau supplier bahan yang menyediakan bahan atau material ramah lingkungan dan juga alami untuk pakaian. Salah satunya adalah Knitto Textiles, kami sebagai supplier bahan kaos juga ikut mendukung gerakan Sustainable Fashion ini dengan menghadirkan bahan kaos dengan kualitas yang baik, dibuat dari bahan alami dan juga ramah lingkungan. Sebut saja bahan Cotton Combed, Cotton Bamboo dan juga TENCEL™ Modal blended with Cotton. Ketiga jenis bahan kaos ini adalah bahan yang bisa kamu gunakan untuk membuat kaos atau jenis pakaian lainnya, bahan yang berkualitas premium dan dibuat menggunakan bahan baku berkualitas tinggi dan tahan lama. Kaos yang menggunakan bahan ini, mempunyai durability atau ketahanan yang baik sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama, menekan penumpukan sampah fashion dan jika sampai pakaian dengan bahan ini dibuang, tentu bisa diuraikan secara alami oleh alam apalagi jika kamu menggunakan bahan TENCEL™ Modal blended with Cotton yang sudah di klaim oleh perusahaan Lenzing (perusahaan yang memproduksi serat TENCEL™) jika bahan ini merupakan biodegradable.

Dari sisi konsumen pun, kamu pengguna pakaian dari industri fashion, juga bisa turut andil untuk mengikuti campaign sustainable Fashion, dengan melakukan beberapa hal ini:

  • Memilih pakaian yang dibuat dari material ramah lingkungan adalah salah satu cara mengikuti gerakan Sustainable Fashion ini.
  • Memilih pakaian yang berkualitas baik dengan ketahanan yang baik juga, agar masa penggunaannya bisa lebih lama.
  • Mulailah melakukan recycle terhadap isi lemari kamu, coba untuk bongkar kembali lemari pakaian kamu dan gunakan pakaian-pakain yang mungkin sudah lama tidak kamu gunakan. 
  • Menjual pakaian lama kamu atau menyumbangkan pakaian kepada mereka yang lebih membutuhkan daripada kamu membuang begitu saja pakaian lama atau yang sudah tidak kamu gunakan.
  • Tidak ada salahnya untuk mencoba mengikuti trend “Thrifting” dengan teman kamu atau “Thrift Shop”.
  • Mengurangi perilaku konsumtif dengan mencoba jasa penyewaan baju.

Ayo mulai beralih dan mengikuti kampanye Sustainable Fashion ini untuk bumi kita yang lebih baik, dan untuk masa depan generasi mendatang. Untuk para pelaku bisnis di industri fashion atau yang sekarang baru mau memulai bisnis fashion juga diharapkan untuk bisa berkontribusi dalam gerakan Sustainable Fashion ini agar memberikan dampak yang lebih baik lagi. 

 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur