Bahan Kaos Untuk Membuat Baju Oversize

0
5/5 - Vote count: 106 votes

Bahan Kaos Untuk Membuat Baju Oversize – Sejak beberapa tahun terakhir ini, kaos oversize sepertinya sudah menjadi pakaian favorit kalangan muda, terbukti dengan eksistensi kaos yang tidak pudar hingga saat ini.

Kaos oversized sebenarnya bukanlah tren baru yang muncul begitu saja, karena tren menggunakan pakaian dengan ukuran besar ini sudah hadir ke tengah-tengah masyarakat sejak tahun 90-an atau dikenal dengan istilah Baggy Style

Apa Itu Baju Oversize?

baju oversize
Sumber: Canva Pro

Kaos oversize ini mempunyai ciri khas yang sama seperti namanya, yaitu terletak di ukuran yang lebih besar dari ukuran kaos pada umumnya.

Di awal kemunculan kaos oversize ini, banyak orang yang sempat mengira jika kaos ini seperti baju kedodoran. Tapi, sebenarnya kaos ini merupakan bagian dari sebuah tren fashion, kaos ini juga sering disebut dengan tren anti-fit style.

Baca Juga: Kaos Oversized Terbaik dan Bagus

Apa Kelebihan dan Kekurangan dari Baju Oversize?

Saat memakai baju oversize, akan ada kelebihan dan kekurangan yang bisa kamu temukan. Terutama jika menggunakan kaos oversize dengan tidak tepat.

Kelebihan Memakai Baju Oversize

Terasa Nyaman Digunakan

Sebuah pakaian, apapun itu jenisnya termasuk baju atau kaos oversize akan terlihat bagus dan fashionable ketika penggunanya bisa merasa nyaman dan percaya diri. Dengan menggunakan baju oversized, baju ini cocok juga untuk mereka yang mempunyai postur tubuh kecil ataupun besar.

Terlihat Lebih Modis

Knittopreneurs yang menggunakan baju oversized akan terlihat lebih modis, terlebih jika bisa mengkombinasikan baju oversized atau kaos oversize dengan baik.  Agar terlihat lebih modis, kami sarankan untuk memilih warna kaos oversized yang lebih natural, soft, atau monochrome. 

Menyamarkan Bentuk Tubuh

Salah satu keuntungan menggunakan kaos oversized adalah bisa menyamarkan bentuk tubuh. Knittopreneurs yang merasa kurang nyaman ketika menggunakan pakaian yang kecil atau ketat, baju oversized bisa menjadi jawaban tepat untuk model pakaian yang bisa kamu pilih. Terutama jika kamu mempunyai postur tubuh yang besar, baju oversized bisa menyamarkan bentuk tubuh kamu. Tapi ingat ya, kamu tetap terlihat luar biasa dengan apapun yang kamu gunakan selama kamu nyaman dan percaya diri ketika menggunakannya. 

Jadi, kamu harus memperhatikan beberapa hal ini juga, agar tidak salah ketika menggunakan baju oversize.

baju oversize

Image Source: https://pin.it/41ZNJRD 

Kekurangan Memakai Baju Oversize

Memadukan Dua Item Oversized Bersamaan

Salah satu hal yang sebenarnya harus dihindari, adalah ketika kamu menggunakan dua item oversize secara bersamaan. Misalnya, seperti kamu menggunakan kaos oversize yang dipadukan dengan baggy pants atau boyfriend jeans. Lebih baik memadukan kaos oversize dengan bawahan seperti rok atau celana yang berukuran pas.

Menggunakan Ukuran Dua Kali Lebih Besar

Kesalahan lainnya ketika menggunakan kaos atau baju oversized adalah dengan tidak memperhatikan size atau ukurannya, karena berpikir “yang penting oversized.” Meskipun kaos ini menggunakan style oversized, tapi tetap saja kamu harus memperhatikan ukurannya. Aturan yang tepat ketika memilih kaos oversized adalah memilih 1 ukuran di atas ukuran tubuh kamu, atau pakaian yang biasa kamu gunakan.

Salah Memilih Bahan Baju Oversize

Kesalahan terakhir yang sebaiknya kamu hindari saat memilih bahan untuk baju oversized adalah memilih bahan yang salah. Jangan sampai ini terjadi di Knittopreneurs ya, karena bahan yang kamu pilih ini akan mempengaruhi hasil akhir penampilan kamu juga. 

Setelah mengetahui 3 hal yang harus kamu hindari saat menggunakan kaos oversize ini, semoga kamu lebih mengerti cara penggunaannya ya!

Berbicara tentang bahan untuk membuat baju oversized terutama kaos oversized, kami ingin merekomendasikan sekaligus mengupas tentang bahan apa saja yang bisa kamu gunakan untuk membuat pakaian anti-fit style ini. 

Baca Juga: Tips Penggunaan Kaos Oversize dan Hal-Hal Lain yang Perlu Diketahui

Bahan Untuk Membuat Kaos Oversize

Biasanya, ketika memilih bahan untuk membuat kaos, para produsen kaos akan langsung memilih kain Cotton Combed 30s sebagai bahan dasarnya. Lalu bagaimana dengan bahan untuk kaos oversize? Apakah bisa menggunakan bahan yang sama?

Jawabannya bisa ya dan tidak, mengapa? Karena tergantung dengan jenis kain Cotton Combed mana yang kamu gunakan.

Mengingat jenis kain Cotton Combed yang cukup beragam seperti Cotton Combed 20s, Combed 24s, Combed 30s dan Combed 40s, sehingga menurut kami tidak semua jenis bahan Combed bisa digunakan untuk membuat kaos Oversized.

Tetapi ada 1 jenis bahan kain Combed yang paling cocok untuk membuat kaos Oversized, yaitu Heavyweight Cotton Combed 16s. 

Mengapa harus menggunakan jenis kain Heavyweight Cotton Combed 16s? 

Karena kain Heavyweight Cotton Combed 16s, memang kegunaannya sebagai bahan khusus untuk membuat kaos oversize.

Karakteristik bahan kaosnya adalah sangat tebal, namun tetap halus dan lembut karena dibuat dari 100% serat kapas, sehingga membuat kaos akan tetap nyaman. Tapi, apakah akan nyaman jika menggunakan bahan yang tebal?

Jika kamu perhatikan, pada umumnya kaos dengan konsep oversized memang menggunakan bahan yang lebih tebal dibandingkan dengan kaos biasa dengan ukuran normal dengan  bahan Combed 30s. 

Apakah ada alternatif lain selain bahan Heavyweight Cotton Combed 16s untuk membuat kaos Oversized?

Selain bahan Heavyweight Cotton Combed 16s, kamu juga sebenarnya bisa menggunakan bahan Cotton Combed 20s, yang mana ketebalan kainnya masih lebih tebal dibandingkan bahan 30s.

Apakah kain 24s atau 30s tidak bisa digunakan untuk kaos oversize?

Sebenarnya bisa saja, dan kembali lagi kepada selera produsennya. Hanya saja, jika melihat kepada kegunaannya, kain yang lebih cocok untuk digunakan adalah kain Heavyweight Cotton Combed 16s. 

Sebagai alternatif bahan lain untuk membuat baju oversize, kamu juga sebenarnya bisa menggunakan bahan Cotton Combed Baby Terry untuk membuat baju oversize.

Karakteristik kain Cotton Combed Baby Terry yang lebih tebal, namun tidak lebih tebal dari bahan Fleece, akan sangat cocok jika digunakan untuk membuat baju oversize dengan jenis hoodie. Atau lebih tepatnya, T-Shirt Hoodie.

Selain itu, bahan Combed baby terry juga sangat nyaman digunakan, meskipun kainnya tebal tapi penggunanya tidak akan merasa kepanasan. Apalagi saat digunakan di siang hari, di bawah terik sinar matahari, karena kandungan dari kainnya yaitu 100% serat Cotton Combed Premium.

Apakah modal untuk membuat kaos Oversize sama dengan membuat kaos ukuran normal?

Dari segi biaya tentu akan ada perbedaan, apalagi jika Knittopreneurs menggunakan jenis bahan yang berbeda, seperti kain Heavyweight Cotton Combed 16s.

Lalu biaya potongnya pun pasti berbeda, dan quantity penggunaan bahan pun akan berbeda. Perlu diingat, jika kamu menggunakan bahan Heavyweight Cotton Combed 16s, hasil kaos dari 1 kg kain Combed 16s itu berbeda dengan hasil kaos 1 kg kain Cotton Combed, maka jika kamu ingin membuat kaos sebanyak 1 lusin (12 pcs) kebutuhan bahannya pasti berbeda.

Maka dari itu, sebelum memulai produksi, sebaiknya Knittopreneurs berkonsultasi dulu dengan team produksi atau dengan konveksi yang sudah ditunjuk. Untuk mengantisipasi kemungkinan kesalahan penghitungan, karena ini akan berpengaruh dengan modal produksi yang harus disiapkan.

Untuk urusan konsultasi bahan kaosnya, kamu juga bisa langsung menghubungi Customer Service Knitto secara GRATIS!

Baca Juga: Rekomendasi Bahan Kaos Oversize Premium Terbaik

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur