4 hal ini harus kamu ketahui agar tidak rugi saat membeli kain!

0

Sebagai seorang produsen hal yang harus selalu kamu lakukan ketika memilih bahan baku untuk produkmu adalah selalu memperhatikan kualitas bahannya dan teliti ketika memilih bahan bakunya. Tidak bisa dipungkiri saat ini banyak sekali oknum-oknum jahil yang tidak jujur dengan produk yang mereka jual. Maka dari itu sebagai seorang pengusaha dan produsen pakaian kamu harus lebih berhati-hati agar kamu tidak rugi di kemudian hari.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menghindari kerugian tersebut? Yang harus kamu lakukan adalah mempelajari setiap jenis bahan yang akan kamu gunakan, ketahui bagaimana karakteristik bahannya, bagaimana handfeel kainnya, bagaimana performa kain tersebut, apa saja jenis-jenis dari bahan tersebut yang mungkin mempunyai beberapa variasi. 

Selain itu informasi berikut ini juga wajib kamu ketahui untuk menghindari kekeliruan saat memilih .

1. Komposisi kain berbeda dengan yang dijanjikan

Pada saat membeli kain mungkin kamu pesan kainnya , tapi ternyata yang kamu dapat adalah Cotton Carded atau parahnya kain yang kamu dapatkan punya kandungan alias atau TC! Untuk mengatasi hal ini penting untuk kamu mempelajari bagaimana karakter dari masing-masing jenis kain, dan salah satu cara yang paling ampuh untuk membedakan setiap jenis kain yaitu melakukan tes bakar. Mengapa harus di bakar? Dengan cara ini kita bisa mengetahui setiap komposisi kain berdasarkan hasil pembakarannya, karena jika kita hanya melihat kainnya saja secara sepintas kain-kain ini tampak mirip.

Cek disini untuk mengetahui bagaimana hasil pembakaran dari kain Cotton, CVC, TC dan Polyester.

2. Menyebut negara asal bahan baku tanpa bukti

Pernah mendengar supplier-supplier kain menyebutkan jika kain yang mereka jual ini berasal dari Jepang, Amerika, Perancis, Australia, tapi apakah yakin kainnya benar-benar  dibuat dan menggunakan bahan dari negara sana? Sebaiknya, kamu jangan langsung percaya ya, teliti sebelum membeli.

3. Kondisi kain sudah tidak layak jual

Kain yang berkualitas itu seharusnya mempunyai kondisi yang masih baik dan terjaga, jangan sampai kamu mendapatkan kain yang sebenarnya sudah tidak layak jual ya. Pastikan kondisi kainnya sebelum membeli, perhatikan apakah kainnya berjamur, kotor dan jangan sampai kain yang kamu dapatkan bukan kualitas terbaik.

4. Warna kain semakin lama semakin tidak pekat

Kerugian besar terhadap brand kamu adalah ketika kamu membeli kain yang tidak konsisten warnanya. Setelah pembelian ke sekian kalinya, warna kain yang kamu dapatkan tidak sama dengan warna kain ketika pertama kali kamu membelinya, dan warna kainnya cenderung semakin turun, contohnya kain tadinya biru pekat namun lama-lama menjadi semakin muda. Hal ini merugikan kamu selaku pebisnis, karena nantinya warna yang kamu berikan kepada customer menjadi tidak konsisten juga. 

Dari beberapa hal ini, sebaiknya kamu lebih bisa waspada ya ketika membeli kain, jangan tergiur dengan harga nya yang murah. Niat hati ingin berhemat dengan memilih barang murah tapi berujung dengan kualitas yang kamu dapatkan tidak sepadan dan ujungnya kamu harus mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk membeli kain lagi. 

Tips Memilih Supplier Bahan Yang Terpercaya

Agar kita bisa sama-sama lebih berhati-hati lagi ketika berbelanja, kami ingin memberikan tips bagaimana memilih supplier bahan yang aman dan terpercaya, simak dibawah ini ya!

Cari tahu Alamat dan Kontak

Tips pertama adalah, ketahui Alamat dan Kontak yang jelas dari supplier bahan tersebut. Transparansi tentang keberadaan supplier ini bisa menjadi salah satu cara untuk kita tahu bahwa supplier tersebut terpercaya, dari mana mereka berasal dan kontak yang bisa dihubungi pun harus jelas.

Lihat Ulasan Customer

Cara untuk mengetahui bagaimana kualitas dari supplier dan produknya adalah dengan cek ulasan-ulasan yang sudah diberikan oleh customer yang pernah menggunakan produknya. Kamu bisa cek berbagai social media yang dimiliki supplier tersebut dan juga cek marketplace nya.

Ketersediaan Produk

Produk yang selalu tersedia atau continue juga bisa menjadi salah satu pertimbangan bahwa supplier yang kamu pilih ini aman, jadi kamu bisa memesan produknya kapan saja dan dimana saja. Seperti Textiles yang produk bahan kaosnya selalu ready stock dan pemesanan pun bisa kamu lakukan kapan saja dan dimana saja melalui portal.knitto.co.id

Supplier Mempunyai Aturan Yang Jelas

Jangan anggap peraturan yang diberikan oleh supplier atau toko bahan itu menyusahkan ya, karena sebenarnya dengan adanya aturan ini berarti supplier yang kamu pilih mempunyai tanggung jawab yang besar dan akan memberikan kenyamanan juga rasa aman ketika kamu berbelanja. 

Cek bagaimana aturan pemesanan, pengiriman, pembayaran dan juga apakah mereka mempunyai kebijakan refund dana dan retur barang.

Proses Pembayaran

Salah satu hal yang biasanya membuat kita sering terkecoh apalagi ketika melakukan pembelian barang secara online, yaitu kurang memperhatikan detail pembayaran. Ketika kamu baru pertama kali memesan produk di suatu toko online, sebelum melakukan pembayaran ada baiknya kamu melakukan pengecekan nomor rekening yang diberikan oleh seller atau penjual. Hal ini juga dilakukan agar kamu terhindar dari tindak penipuan. Cara yang paling mudah untuk mengecek nomor rekening yang diberikan dengan melalui website cekrekening.id , website ini merupakan situs resmi dari KOMINFO (Kementerian Komunikasi dan Informatika). 

Kami juga ingin sekalian mengingatkan kepada teman-teman Knitto apabila kalian ingin membeli produk Knitto, pastikan membeli hanya dari toko resmi kami baik toko online maupun offline dan juga nomor rekening kami hanya atas nama PT. Knitto Tekstil Indonesia. Kami tidak pernah memberikan nomor rekening dengan atas nama perorangan, jadi kami berharap kamu bisa lebih berhati-hati.

Selalu pelajari produk apa yang akan kamu gunakan, jangan sampai menyesal di akhir ya. Pastikan segala sesuatu nya dengan teliti dan biasakan jangan terburu-buru ketika berbelanja, jangan sampai ada kerugian yang harus kamu alami nantinya. 

Untuk mendapatkan bahan yang berkualitas baik dan terjamin proses berbelanjanya, percayakan bahan kaos kamu kepada Knitto Textiles, karena kejujuran terhadap kualitas produk adalah janji kami terhadap seluruh customer. Proses pembelian dan pembayaran pun dilakukan secara aman, transparan dan juga Toko kami sudah hadir di beberapa kota besar seperti Bandung, Yogyakarta dan Semarang, Kami hadir juga di marketplace besar seperti Tokopedia dan Shopee, kamu juga bisa melakukan pemesanan melalui website resmi knitto yaitu knitto.co.id

Semoga ulasan ini bermanfaat ya! Kami tunggu kehadiran kamu di Knitto Textiles

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

 

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : info@knitto.co.id

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here