Inspirasi Dekorasi Pernikahan dengan Tema Simple Modern, Pilih yang Mana?

0
5/5 - Vote count: 65 votes

Inspirasi Dekorasi Pernikahan dengan Tema Simple Modern, Pilih yang Mana? – Saat mempersiapkan acara penting, seperti pernikahan, bisa menyita waktu dan tenaga. Belum lagi ketika pembahasannya menyangkut dengan tema besar dari acara, bisa mempengaruhi mood dari pengantin dan tamu undangan secara keseluruhan.

10 Ide Dekorasi Pernikahan Simple Modern dari Kain, Cek Yuk!
10 Ide Dekorasi Pernikahan Simple Modern dari Kain, Cek Yuk!

Jika Knittopreneurs merasa relate, atau memiliki kecemasan yang sama, jangan khawatir! Minto siap membantu kamu dengan memberikan rekomendasi dekorasi pernikahan simple modern, cukup spesial karena ide-idenya adalah yang bisa dibuat dari bahan kain.

Apakah lebih awet dan tahan lama? Lalu, lebih hemat biaya karena bisa dibuat sendiri? Temukan jawabannya di artikel ini ya!

Bagaimana Tren Dekorasi Pernikahan yang Dipakai Tahun Ini?

Dekorasi adalah salah satu hal yang wajib ditentukan juga dibahas jauh sebelum hari H. Berbicara mengenai hendak memakai tema apa, konsep keseluruhan (layouting) dari venue acara bagaimana, sampai ke hal-hal kecil seperti peletakan kursi tamu dan lampu. Semua adalah bagian yang harus diperhitungkan agar tidak mengganggu keberlangsungan acara.

Walau harus mempertimbangkan dari segi praktis, sebagai acara spesial, tentunya Knittopreneurs juga ingin keseluruhan tampilannya menjadi cantik. Solusi yang bisa diambil adalah dengan memakai dekorasi pernikahan simple modern, yang menjadi tren menarik di tahun ini. 

Setelah mengumpulkan dari berbagai sumber, terutama mengamati pernikahan selebriti tanah air di media sosial, berikut kesimpulan tren dekorasi pernikahan simple modern versi Minto: 

  • Garden Wedding Indoor

Tren garden wedding yang biasanya identik dengan acara outdoor, kini semakin populer dilakukan di dalam ruangan, seperti ballroom gedung pernikahan atau dalam tenda yang dibuat khusus. Acara dengan konsep seperti ini memungkinkan pengantin dan tamu undangan untuk tetap mendapatkan nuansa taman yang asri dan segar tanpa perlu khawatir dengan cuaca. 

  • Instalasi Interaktif

Berikutnya, ada tren untuk lebih meningkatkan “experience” di berbagai acara, termasuk pernikahan. Beberapa ide yang bisa Knittopreneurs adopsi seperti menyediakan phone booth, dengan fungsi merekam pesan suara dari tamu undangan, sehingga bisa meninggalkan kenangan khusus untuk pengantin.

Kemudian, upgrade teknis pengisian buku tamu dengan lego yang bisa ditempel sendiri oleh undangan. Dengan menyusun balok-balok lego, bisa menciptakan momen yang menyenangkan dan kreatif. Terakhir, Knittopreneurs juga bisa menyediakan dekorasi pernikahan simple modern berupa cermin besar dengan aksen nama pengantin untuk pojok selfie.

  • Dekorasi Pernikahan Simple Modern dengan Banyak Warna

Tahun ini, tren dekorasi pernikahan simple modern multi-warna sedang naik daun. Kombinasi warna-warna yang cerah dan vibrant, seperti merah terang dicampur dengan biru muda atau rona pastel yang lembut bisa menciptakan suasana yang segar dan hangat. 

  • Flower Installation

Terakhir, ada tren dekorasi pernikahan simple modern untuk menyulap venue menjadi kebun bunga. Tahun ini, instalasi bunga digunakan lebih kreatif dan artistik, dengan bunga-bunga seperti baby breath, gerbera peony, mawar, dan melati.

Selain cantik, masing-masingnya juga memiliki makna yang cocok untuk acara pernikahan. Instalasi bunga dapat digunakan untuk backdrop kursi pengantin, hiasan kursi tamu, atau menghiasi seluruh venue, menciptakan suasana yang lebih menawan.

Baca Juga: Ide dan Tips Memilih Dekorasi 17 Agustus yang Meriah dari Bahan Kain, Cek Yuk!

10 Ide Dekorasi Pernikahan Simple Modern dari Bahan Kain

Ini dia beberapa inspirasi dekorasi pernikahan simple modern dengan bahan kain yang bisa kamu coba, dijamin membuat venue acara bisa lebih menawan!

Langit-Langit Kain

Langit-Langit Kain sebagai Dekorasi Pernikahan Simple Modern yang Klasik
Langit-Langit Kain sebagai Dekorasi Pernikahan Simple Modern yang Klasik

Kain tipis seperti tulle atau organza di langit-langit venue bisa dimanfaatkan untuk memberikan suasana anggun dan romantis. Dekorasi pernikahan simple modern seperti ini bisa berfungsi secara maksimal jika tempat acara memiliki langit-langit yang tinggi, sehingga kain bisa diatur untuk memberikan efek jatuh (drapery) yang manis.

Knittopreneurs juga bisa menghiasinya dengan lampu LED kecil atau bunga-bunga mini. Gunakan warna-warna yang populer di tahun ini, seperti putih, krem, atau pastel lembut:i pink atau biru muda. Jika ingin menggabungkan dua warna atau lebih, sesuaikan juga dengan konsep keseluruhan dari acara.

Tirai Kain

Tirai dan Gorden Kain Menjadi Bagian dari Konsep Dekorasi Pernikahan Simple Modern Outdoor
Tirai dan Gorden Kain Menjadi Bagian dari Konsep Dekorasi Pernikahan Simple Modern Outdoor

Gantung tirai kain berwarna-warni di sekitar pelaminan atau area resepsi untuk menambah semarak dekorasi. Jika venue pernikahan Knittopreneurs berada di luar ruangan, dekorasi pernikahan simple modern yang satu ini juga bisa berfungsi sebagai pelindung dari cahaya matahari yang menyengat. 

Saran Minto, Knittopreneurs bisa memakai kain satin atau velvet dengan warna-warna cerah seperti merah, emas, atau biru tua. Kombinasi dari warna-warna tersebut bisa memberikan suasana mewah dan elegan pada keseluruhan tema pernikahan.

Taplak Meja Kain

Taplak Meja Kain untuk Dekorasi Pernikahan Simple Modern Tema Pastel
Taplak Meja Kain untuk Dekorasi Pernikahan Simple Modern Tema Pastel

Taplak meja kain dengan motif atau warna yang menarik untuk mempercantik meja tamu dan meja makan bisa Knittopreneurs gunakan sebagai ide dekorasi pernikahan simple modern lainnya. Karena area ini adalah bagian yang rawan kotor, Knittopreneurs bisa menyesuaikan bahan dan warna kain yang dipakai. 

Contohnya, kain katun atau linen dengan motif bunga atau geometris dapat memberikan sentuhan yang segar dan ceria, sekaligus mudah dibersihkan dari noda tumpahan minuman berwarna hingga minyak. Lalu, untuk warna-warna seperti mint green, coral, atau lavender sering dipilih untuk menciptakan kesan yang elegan namun tetap menyenangkan.

Sarung Kursi Kain

Contoh Sarung Kursi Kain untuk Dekorasi Pernikahan Simple Modern
Contoh Sarung Kursi Kain untuk Dekorasi Pernikahan Simple Modern

Kursi tamu pun bisa menjadi elemen dekorasi yang manis, misalnya lewat menyeragamkan tampilannya dengan cara dilapisi oleh sarung kain. Knittopreneurs bisa menentukan warna menurut tema pernikahan yang diusung, dengan bahan-bahan yang tidak gampang kusut, seperti satin atau polyester. 

Kalau bingung memilih warnanya, Minto merekomendasikan warna-warna netral seperti ivory, champagne, atau navy blue yang dapat menambah keanggunan pada dekorasi pernikahan simple modern ini. Berikan juga aksen bunga atau pita, yang berfungsi untuk mempercantik sekaligus menahan posisi sarung kursi agar tetap di tempat.

Hiasan Dinding Kain

Hiasan Dinding Kain untuk Installasi Interaktif di Pernikahan
Hiasan Dinding Kain untuk Installasi Interaktif di Pernikahan

Selanjutnya, hiasan dinding dari kain bisa dikombinasikan dengan tren dekorasi pernikahan simple modern yang sedang tren di tahun ini, yaitu instalasi interaktif. Knittopreneurs bisa menggunakan kain perca, makrame, atau tapestri yang unik untuk menghiasi bagian kanan dan kiri dari meja tamu. 

Atau, Knittopreneurs juga bisa memasang kain kanvas atau linen, dengan motif tribal atau floral. Keduanya dapat digunakan untuk menciptakan tampilan yang artistik dan bohemian. Warna-warna tanah seperti cokelat, beige, atau hijau zaitun sangat cocok untuk tema ini.

Backdrop Kain untuk Pelaminan dan Photobooth

Backdrop Kain untuk Pelaminan dan Photobooth
Backdrop Kain untuk Pelaminan dan Photobooth

Kain sebagai backdrop pelaminan atau photobooth sudah marak digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu. Tahun ini, Knittopreneurs dapat mengkombinasikannya dengan tren penggunaan multi-warna sebagai backdrop kain. Tambahkan juga dengan dekorasi bunga, pita, atau lampu untuk menciptakan titik fokus yang indah. 

Untuk bahan kain yang pas, Knittopreneurs bisa menggunakan kain chiffon atau tulle dengan warna putih, soft pink, atau gold. Warna-warna tersebut bisa digunakan untuk menciptakan efek yang dramatis dan elegan, juga gampang dipadukan dengan berbagai tema pernikahan.

Karpet Kain untuk Aisle

Karpet Kain untuk Aisle sebagai Dekorasi Pernikahan Simple Modern
Karpet Kain untuk Aisle sebagai Dekorasi Pernikahan Simple Modern

Ide dekorasi pernikahan simple modern dari bahan kain lainnya adalah menggunakannya di sepanjang aisle, atau jalur tengah yang biasanya dijadikan tempat pengantin pertama kali memasuki ruangan akad dan resepsi.

Knittopreneurs bisa meletakkan kain tambahan sebagai “karpet” di sepanjang jalur prosesi pengantin tersebut, dengan bahan kain satin atau organza dengan warna-warna lembut. Misalnya seperti blush pink, dusty blue, atau ivory. Kombinasi warna hangat ini dapat memberikan tampilan yang memukau dan romantis.

Dekorasi Pernikahan Simple Modern Bunga Kain

Dekorasi Pernikahan Simple Modern Berupa Bunga Kain

Untuk tempat-tempat tertentu yang mudah kotor, seperti area photo booth, bunga kain yang tidak mudah rusak ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Bunga kain pun tidak hanya bisa menjadi bagian dari dekorasi pernikahan simple modern, namun juga bisa dipakai kembali untuk acara lain. 

Knittopreneurs bisa menggunakan kain flanel, sutra, satin, atau velvet juga bahan lainnya untuk membuatnya. Warna-warna pastel seperti peach, lilac, atau mint green sering dipilih di tahun ini, yang bisa menciptakan bunga yang tampak hidup dan mewah.

Lampu Kain

Aksen Lampu Kain sebagai Dekorasi Pernikahan Simple Modern di Area Pelaminan
Aksen Lampu Kain sebagai Dekorasi Pernikahan Simple Modern di Area Pelaminan

Lanjut, ada juga lampu dekoratif yang cantik dengan kain kasa, benang, atau manik-manik yang cantik. Knittopreneurs bisa menempatkannya sebagai aksen yang manis di area pelaminan, jalur prosesi, atau di dekat meja tamu bagian depan. 

Lampu kain ini juga bisa digantung, misalnya dengan menggunakan kain satin atau chiffon dengan warna putih atau emas. Terutama jika pernikahan Knittopreneurs mengusung tema klasik, kerajaan, hingga minimalis. Penggunaannya bisa menambah sentuhan yang tak kalah elegan.

Pita Kain

Contoh Dekorasi Pita Kain di Mobil Pernikahan
Contoh Dekorasi Pita Kain di Mobil Pernikahan

Terakhir, ada pita kain yang bisa digunakan sebagai dekorasi pernikahan simple modern di berbagai tempat. Contohnya seperti pada pintu mobil pernikahan, kursi, meja, hingga karangan bunga yang dibawa pengantin wanita. 

Warna-warna pastel atau metalik sering digunakan, dengan kain berbahan tipis, jatuh, namun agak kaku seperti organza. Tidak jarang, penggunaannya juga dijadikan simbol bahwa hari ini ada pasangan yang baru saja “tying the knot” atau mengikat simpul, yang bermakna telah mengikatkan diri kepada hubungan baru berupa pernikahan.

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Paskah dari Bahan Kain, Mudah dan Cantik!

Tips Mengatur Layout Venue Acara Resepsi Pernikahan

Simak juga tips mengatur layout venue versi Minto di bawah ini!

  • Pahami Venue untuk Memilih Tata Letak yang Tepat

Knittopreneurs perlu menilai bentuk, luas, dan fitur-fitur unik dari venue untuk memaksimalkan penggunaannya. Misalnya, jika luas, tata letak terbuka dengan susunan furnitur yang longgar sangat cocok untuk pernikahan berkonsep outdoor atau rustic. Tamu dapat memiliki ruang gerak yang bebas dan suasana menjadi lebih santai. 

Sebaliknya, untuk venue yang lebih sempit, tata letak yang memanfaatkan ruang secara efisien sangat diperlukan. Gunakan meja panjang dan pengaturan kursi yang rapi, yang bisa membantu menghemat tempat. Tata letak vertikal dengan dekorasi tinggi seperti tirai dan lampu gantung dapat menciptakan ilusi ruang yang lebih luas dan memberikan nuansa elegan.

  • Manfaatkan Struktur Ruangan

Tonggak atau pilar yang biasanya dianggap sebagai halangan, bisa diubah menjadi dekorasi pernikahan simple modern yang cantik. Gunakan tonggak yang ada sebagai penyangga instalasi bunga atau hiasan yang menarik perhatian. 

Selain itu, sudut-sudut ruangan yang sering kali kosong dapat dimanfaatkan untuk menempatkan photobooth unik, area lounge, atau meja dessert. Dengan demikian, setiap sudut venue akan lebih fungsional.

  • Prioritaskan Kenyamanan Tamu Undangan

Knittopreneurs harus memastikan akses keluar masuk venue mudah dan tidak terhalang oleh dekorasi. Jalur prosesi pengantin juga harus diperhatikan, dihias dengan dekorasi bunga, kain, atau lampu untuk menambah kesan istimewa. 

Tempat duduk tamu perlu diatur dengan rapi dan nyaman, lalu area makan dan buffet harus ditempatkan di tempat yang mudah diakses. Pastikan area tersebut cukup luas dan terhindar dari keramaian, agar tamu bisa menikmati makanan dengan nyaman.

  • Atur Agar Alur Pergerakan Tamu Lancar

Petakan aktivitas di venue. Contohnya, pisahkan area khusus untuk resepsi dengan tempat duduk. Selain itu, sediakan area terpisah untuk tamu yang ingin berbincang-bincang santai. Menempatkan sofa dan meja rendah di area ini akan menciptakan suasana yang lebih intim dan nyaman bagi mereka yang ingin beristirahat sejenak dari keramaian.

  • Tambahkan Detail yang Menawan di Venue

Selain menggunakan dekorasi pernikahan simple modern yang manis, Knittopreneurs juga perlu memperhatikan pencahayaan. Aspek ini memainkan peran penting dalam menciptakan suasana yang diinginkan di acara pernikahan. Hindari yang terlalu terang atau redup, dan pilih warna lampu sesuai dengan tema pernikahan.

Selain itu, gunakan lampu hias, lilin, atau lampu LED untuk menambah keindahan dekorasi. Dekorasi seperti bunga, kain, balon, dan elemen-elemen lainnya yang mencerminkan kepribadian pasangan dapat menambah sentuhan personal pada acara. Untuk detail kecil seperti taplak meja, sarung kursi, dan bunga, pastikan semua elemen ini sesuai dengan tema dan memberikan kesan yang elegan serta menyatu dengan keseluruhan dekorasi.

Baca Juga: Tidak Perlu Beli, Ini Inspirasi Hiasan dan Dekorasi Imlek dari Bahan Kain yang Bisa Dibuat Sendiri

Sekian dulu pembahasan yang bisa Minto berikan mengenai dekorasi pernikahan simple modern. Untuk Knittopreneurs, yang kini sedang menjadi calon pengantin atau sekedar mencari inspirasi dekorasi nikah, semoga artikel ini dapat membantu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]