Bercerita dengan Warna Beige dalam Dunia Fashion, Si Klasik yang Elegan

0
5/5 - Vote count: 17 votes

Bercerita dengan Warna Beige dalam Dunia Fashion, Si Klasik yang Elegan! – Beige, warna yang mungkin Knittopreneurs sering dengar. Banyak hal menarik yang bisa kita bahas dari warna yang satu ini, mulai dari asal-usul hingga bagaimana penggunaannya dalam dunia fashion.

Bercerita dengan Warna Beige dalam Dunia Fashion
Bercerita dengan Warna Beige dalam Dunia Fashion

Knittopreneurs, penasaran dengan warna beige seperti apa yang populer? Simak artikel ini hingga habis ya!

Apa Itu Warna Beige?

Warna beige adalah warna netral yang terbentuk dari campuran warna coklat dan putih, yang memberikan kesan lembut dan tenang. Pada dasarnya, beige sering disebut sebagai “warna peanut” atau “warna sand” karena kemiripannya. Di Bahasa Indonesia sendiri, warna ini memiliki padanan kata yaitu putih kuam

Namun, munculnya dari mana? Apa yang menjadikannya istimewa, terutama dalam dunia fashion? Yuk, kita bahas bersama!

Sejarah Warna Beige

Warna beige memiliki sejarah yang menarik dan mendunia, sepanjang berabad-abad. Asal kata “beige” sendiri berasal dari bahasa Prancis, yang awalnya merujuk pada warna wol alami yang belum diwarnai atau diproses. Beige juga sering dikaitkan dengan pakaian yang terbuat dari bahan alami seperti linen atau katun yang belum diberi warna. 

Sepanjang sejarahnya, beige telah berkembang dari sekadar warna alami menjadi simbol yang versatile dan timeless, sering kali muncul dalam desain pakaian dan dekorasi interior yang memiliki kesan minimalis maupun premium.

Definisi Warna Beige

Beige artinya warna netral yang terletak di antara putih dan coklat muda. Kerap juga dianggap sebagai campuran antara warna putih dengan sedikit kuning atau coklat. Beige adalah warna yang hangat, dengan nuansa yang dapat bervariasi dari kuning pucat hingga coklat muda. Variasi ini membuat beige memiliki spektrum yang cukup luas, memungkinkan berbagai penerapannya dalam fashion dan desain interior.

Mengapa Warna Beige Bisa Populer?

Alasan Warna Beige Populer
Alasan Warna Beige Populer

Popularitas warna beige sebagian besar dikarenakan sifatnya yang serbaguna. Sebagai warna netral, beige mudah dipadukan dengan berbagai warna lain, baik warna cerah maupun warna lembut lainnya. 

Beige juga dikenal karena kemampuannya untuk menciptakan suasana yang hangat, tenang, dan elegan. Karena warnanya yang netral dan halus, beige sering kali digunakan sebagai latar belakang yang ideal dalam fotografi atau karya seni, menonjolkan warna lain tanpa mendominasi.

Secara estetika, beige juga menawarkan fleksibilitas yang luar biasa dalam menciptakan berbagai tampilan. Dari pakaian yang memiliki kesan casual, hingga busana yang lebih formal, warna ini memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan berbagai suasana dan style. Tentunya, semua kelebihan ini menjadikannya pilihan yang sangat populer di kalangan desainer dan pecinta fashion.

Baca Juga: Warna Outfit yang Cocok Dipadukan Dengan Warna Cream

Karakteristik Warna Beige

Bagaimana ya, ciri-ciri dari beige?

Beige dari Sisi Psikologi Warna

Dalam psikologi warna, beige sering dikaitkan dengan ketenangan, kesederhanaan, klasik, dan netralitas. Artinya, beige dianggap memberikan suasana damai dan harmonis ketika digunakan, merupakan warna yang tidak mencari perhatian secara berlebihan, serta cenderung menciptakan kesan yang bersahaja

Ciri-ciri atau Karakteristik Warna Beige

Ciri Ciri Warna Beige
Ciri Ciri Warna Beige

Beige memiliki kemampuan unik untuk menyerap dan memantulkan cahaya, memberikan efek yang berbeda tergantung pada pencahayaan dan konteks pemakaian. 

Pada dunia fashion, warna beige sering dikaitkan dengan gerakan fashion yang berkelanjutan dan ramah lingkungan, karena asosiasinya dengan bahan alami dan warna yang tidak memerlukan pewarnaan yang berlebihan.

Banyak orang yang menggunakan warna ini dengan filosofi representasi dari gaya hidup yang berfokus pada ketenangan, keharmonisan, dan kesederhanaan.

Baca Juga: Tips Menemukan Kombinasi Warna yang Cocok dengan Warna Cream

7 Jenis Warna Beige yang Populer

7 Jenis Warna Beige yang Populer
7 Jenis Warna Beige yang Populer

Penggunaan warna beige yang tepat sangat mempengaruhi estetika dan nuansa yang ingin dihasilkan. Setiap shade dari beige memiliki karakteristik unik yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Berikut adalah 7 pilihan warna beige yang dapat kamu pakai untuk terlihat stylish:

  • Classic Beige: Bisa juga disebut sebagai beige klasik atau beige saja, merupakan warna beige netral yang memiliki campuran seimbang antara putih dan coklat muda.
  • Ivory: Beige dengan sentuhan kuning yang lembut, memberikan nuansa yang hangat dan cerah. Sering disebut juga sebagai warna kuning gading.
  • Milk Brown: Cukup unik sebab warnanya memiliki nuansa pink yang halus, memberikan kesan yang lembut, hangat, dan sedikit feminin. 
  • Warna Peanut: Warna ini mirip dengan kacang tanah, lebih gelap dari beige klasik dengan nuansa coklat yang lebih kaya.
  • Warna Sand: Shade dari beige ini menyerupai warna pasir pantai, lebih terang dan memiliki sedikit corak kekuningan. 
  • Ecru: Variasi ini mendekati warna putih, tetapi dengan sedikit campuran beige, memberikan kesan bersih dan lembut. Sering juga disebut sebagai warna cream muda.
  • Taupe: Warna ini merupakan campuran antara beige dengan abu-abu, memberikan kedalaman dan keanggunan.

Sebagai pelopor Toko Kain dengan 100 Pilihan Warna, Knitto Textile memiliki semua pilihan warna beige yang kamu inginkan, lho. Detailnya dapat kamu cek di website official Knitto!

Bagaimana Cara Membedakan Variasi dari Beige?

Untuk membedakan setiap jenis beige, perhatikan tingkat kecerahan, kehangatan, dan warna dasar yang tercampur di dalamnya. Contoh warna beige klasik akan cenderung netral, kuning gading lebih cerah dan hangat, sementara coklat susu memberikan nuansa lebih lembut dan hangat. Peanut dan sand lebih gelap dan hangat, sedangkan ecru lebih terang dan hampir putih. Taupe menawarkan campuran abu-abu yang memberikan kesan lebih modern dan serbaguna.

Baca Juga: Perbedaan Warna Jet Black Terbaik dan Keunggulannya

Penggunaan Warna Beige yang Cocok Menurut Industri

Beige warna apa yang sesuai dengan masing-masing industri? Berikut rekomendasi penggunaannya dari Minto:

  • Fashion: Dalam fashion, beige klasik dan warna sand sering digunakan karena fleksibilitasnya dalam berpadu dengan warna lain. Warna peanut dan taupe juga populer untuk pakaian musim gugur dan aksesori.
  • Desain Interior: Di dunia interior, ecru dan taupe banyak digunakan karena memberikan kesan yang hangat dan nyaman. Kuning gading sering dipilih untuk menciptakan suasana yang cerah dan menyegarkan.
  • Lainnya: Dalam industri lain seperti kosmetik, variasi coklat susu populer untuk produk foundation dan concealer karena kemampuannya menyatu dengan berbagai warna kulit (sering masuk pada kategori warm beige).

Penggunaan Beige dalam Fashion

Beige dalam Fashion
Beige dalam Fashion

Dalam fashion, beige digunakan dalam berbagai produk. Mulai dari pakaian yang bisa dipakai sehari-hari seperti sweater dan celana, hingga item yang lebih formal seperti jas dan gaun. Tas dan sepatu beige juga populer karena kemudahannya untuk dipadukan dengan berbagai pilihan outfit​.

Kekuatan utama beige adalah kemampuannya untuk menyatu dengan hampir semua warna lain, membuatnya menjadi pilihan yang ideal untuk menciptakan tampilan yang terkoordinasi dengan baik dan menunjang penampilan kamu. Mau digunakan sebagai warna dominan ataupun sebagai penunjang warna lain, beige bisa memberikan kesan yang chic dan bersahaja

Bagaimana Tren Penggunaan Beige dalam Fashion?

Seiring berjalannya waktu, tren warna beige dalam fashion telah mengalami evolusi. Pada awalnya, beige banyak dilihat dalam pakaian-pakaian dengan gaya yang lebih konservatif dan tradisional. Kini, beige mulai diadopsi dalam gaya yang lebih modern dan kontemporer. 

Dalam beberapa tahun terakhir, kita telah melihat tren pakaian monokrom beige, di mana seluruh outfit terdiri dari berbagai nuansa beige, menciptakan tampilan yang serasi dan elegan. Beige juga menjadi populer di antara gerakan fashion yang sustainable, sering kali digunakan dalam pakaian yang terbuat dari bahan ‘alami dan organik.’ 

Tren ini mencerminkan keinginan penggemar dunia mode untuk back to basic, dengan beige yang mewakili nilai-nilai ini dengan sempurna.

Tips Padu Padan Warna Beige dalam Fashion

Tips Padu Padan Warna Beige dalam Fashion
Tips Padu Padan Warna Beige dalam Fashion

Penasaran warna beige cocok dengan warna apa? Dengan berbagai tips padu padan ini, Minto jamin Knittopreneurs bisa menciptakan tampilan yang elegan dan menarik!

  • Padukan dengan Warna Netral: Beige terlihat sempurna jika dikombinasikan dengan warna netral lain seperti putih, hitam, atau abu-abu. Cocok untuk kamu yang ingin tampil clean dan klasik.
  • Monokrom Beige Bisa Menjadi Opsi: Memadukan berbagai nuansa beige dalam satu outfit, dapat memberikan kesan yang hangat dan elegan pada outfit kamu.
  • Tampil Kontras dengan Warna Cerah: Untuk tampilan yang lebih berani, gabungkan beige dengan warna cerah seperti biru tua, merah marun, atau hijau botol. 
  • Gunakan Aksen Metalik: Aksesori metalik seperti emas atau perak bisa menambahkan sentuhan glamor pada tampilan beige kamu. Sangat cocok untuk acara-acara formal atau pesta.
  • Layering dengan Tekstur: Bermain dengan tekstur bisa menambah dimensi pada tampilan kamu. Cobalah padukan sweater rajut beige dengan celana linen atau jaket kulit.

Dengan mempertimbangkan tips-tips ini, kamu dapat memaksimalkan penggunaan beige dan menciptakan gaya yang sesuai dengan kepribadian serta kebutuhan.

Kesimpulan

Jadi, beige itu warna apa? Dia adalah salah satu warna dasar yang penting. Menggunakan beige dalam fashion akan memberikan banyak peluang untuk bereksperimen dan menciptakan tampilan yang unik.

Baca Juga: Kelebihan Warna Ungu Serta Kekurangannya Yang Harus Diketahui

Bagi Knittopreneurs yang ingin mengeksplorasi warna ini, semoga artikel yang Minto tulis dapat membantu ya!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SURABAYA

Jl. Dr. Ir. H. Soekarno No 27, Surabaya (MERR)

Telepon: (031)5937700

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur