2 Perbedaan Sablon DTG atau DTF Terbaik Yang Harus Diketahui

0
5/5 - Vote count: 80 votes

2 Perbedaan Sablon DTG atau DTF Terbaik Yang Harus Diketahui – Hi Knittopreneurs! Kembali lagi sama Minto dalam artikel terbaru ini. Kali ini, Minto akan bahas tentang salah satu teknik cetak gambar yang bisa diaplikasikan pada kaos. Yup, proses tersebut adalah sablon. Sablon sendiri memiliki banyak sekali jenis, sablon sendiri memiliki 2 teknik yaitu teknik manual dan digital. Yuk kita simak dulu bersama tentang perbedaan sablon manual dan digital.

dtf
dtf

Perbedaan Sablon Manual dan Sablon Digital

Sablon memiliki 2 jenis teknik, yaitu teknik manual dan teknik digital. Simak perbedaannya dibawah ini ya!

  • Sablon Manual

Merupakan teknik sablon yang menggunakan screen dan gesutan. Proses sablon manual terbilang memakan lebih banyak waktu karena prosesnya yang lebih panjang.

  • Sablon Digital

Merupakan teknik sablon yang menggunakan transfer paper atau langsung dengan printer. Prosesnya lebih cepat dan praktis.

Dalam artikel kali ini Minto akan lebih bahas tentang sablon digital, yaitu sablon DTG dan DTF. Yuk simak penjelasannya bersama.

Perbedaan Sablon DTG dan DTF

Sablon DTG dan sablon DTF . Apa sih perbedaan kedua jenis sablon tersebut? Yuk baca informasi selengkapnya disini.

  • Sablon DTG (Direct to Garment)

Sablon DTG merupakan singkatan dari Direct to Garment, sesuai namanya, pada teknik sablon ini tinta akan langsung menempel dengan garmen atau kainnya. Sebelumnya, diperlukan pre-treatment sehingga tinta menempel dengan maksimal dan proses press pada akhirnya agar gambar tak mudah luntur atau pudar sehingga lebih tahan lama.

Jenis sablon ini memiliki kelebihan yaitu tak perlu alat perantara untuk mencetak gambar ke kain seperti screen atau film paper. Sablon DTG juga tidak membutuhkan lem bubuk atau adhesive powder. Jenis sablon ini cocok bila Knittopreneurs ingin sablon satuan, karena prosesnya cepat. Sablon DTG juga tidak mempunyai batasan warna lho! Hasilnya jernih dan tidak mudah rusak.

Khusus untuk sablon DTG, beberapa vendor menyarankan untuk menggunakan kain dengan ketebalan 30s agar hasilnya lebih maksimal, walaupun sablon DTG ini hampir cocok di sebagian besar media kain dalam berbagai ukuran seperti A3, A4, dan A5. 

  • Sablon DTF (Direct Transfer Film)

Sablon DTF merupakan singkatan dari Direct Transfer Film, sesuai namanya sablon ini membutuhkan transfer film pada prosesnya.Dalam prosesnya, diperlukan juga lem sablon untuk merekatkan dengan permukaan kain dan proses press agar gambarnya tertempel dengan sempurna. Sablon DTF terbilang memiliki hasil yang berkualitas karena tidak mudah retak dan elastis.

Jenis sablon ini memerlukan lebih banyak peralatan. DIantaranya adalah transfer paper khusus DTF, bubuk lem DTF atau adhesive powder, kain teflon untuk melapisi saat tahap  press, dan hot gun untuk mengeringkan hasil sablon. Berbeda dengan DTG, sablon DTF hanya bisa mentransfer warna solid (non gradasi).

Lebih Bagus Sablon DTG atau DTF?

Sablon DTG dan DTF menggunakan cat yang berbeda. Berikut informasi jenis tinta dan perbedaanya:

  • Tinta Sablon DTG (Direct to Garment)

Tinta sablon DTG menggunakan tinta khusus yaitu tinta yang tidak membuat kepala printer tersumbat, contohnya tinta cepat kering Germany Basic Water Base. Tinta tersebut tidak akan mudah pudar, menghasilkan hasil yang cerah, jernih, dan halus.

  • Tinta Sablon DTF (Direct Transfer Film)

Tinta sablon DTF menggunakan tinta khusus berbasis air, contohnya Vator Ink (water based). Hasilnya kurang lebih sama baiknya dengan DTG, bedanya sablon DTF ini terasa kenyal dan elastis ketika diraba. Hasilnya juga tidak mudah luntur, pecah, maupun rusak.

Menurut Minto, kualitas keduanya ditentukan juga oleh tinta yang digunakan dan printer yang digunakan. Tentunya bila proses sablon dilakukan oleh ahlinya tentu akan lebih baik. Menurut Minto, Knittopreneurs bisa sesuaikan dengan kebutuhan Knittopreneurs, karena kedua jenis sablon ini memberikan kualitas yang sama-sama bagus. 

Jangan lupa, kaos sebagai media utama perlu diperhatikan juga kualitasnya. Sayang kan kalau kualitas sablonnya sudah juara tapi kaosnya kurang berkualitas? Bisa-bisa hasil sablonnya tidak rata, jangan sampai ya! Minto bakal spill nih kain bahan kaos apa saja yang cocok untuk pengaplikasian sablon.

 

Bahan Kaos Knitto Textiles yang Terbaik Untuk Sablon

  • Cotton Combed

Screenshot 108

Cotton Combed merupakan kain yang sudah sangat sering dan merupakan kain yang paling sering digunakan sebagai bahan kaos. Kain ini terbuat dari 100% serat kapas pilihan, telah melewati proses penyisiran sehingga bulunya tampak lebih sedikit dan bebas dari kotoran biji kapas.

Cotton Combed mampu menyerap keringat dengan baik, memiliki permukaan halus dan lembut, dan nyaman digunakan. Cotton Combed ini cocok sekali digunakan sebagai media sablon, contohnya sablon DTG dan sablon DTF. Knitto Textiles menyediakan 5 jenis ketebalan Cotton Combed; 30s, 24s, 20s, 18s, dan 16s hingga 100 varian warna menarik dan vibrant.

  • Cotton Combed Enzyme

Combed Enzyme

Cotton Combed Enzyme merupakan kain Cotton Combed yang dilengkapi dengan treatment tambahan yaitu enzyme wash atau tahap pencucian menggunakan enzim (protein alami). Perbedaannya dengan Cotton Combed yaitu memiliki permukaan yang lebih halus dan lembut, yang didapatkan dari proses washing menggunakan enzim atau enzyme.

Cotton Combed Enzyme Knitto Textiles memiliki bulu yang sangat minim sehingga cocok dijadikan media sablon. Sablon yang dihasilkan lebih berkualitas karena hasil sablon akan lebih rata karena permukaan kaos minim bulu.

  • Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™

Screenshot 310

Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ merupakan Cotton Combed yang sudah melewati treatment penambahan teknologi Activecool™ + Activefresh™.  Activecool™ merupakan teknologi yang membuat kain terasa sejuk saat menyentuh kulit dan teknologi Activefresh™  dapat membuat tubuh terhindar dari bau tak sedap. 

Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ cocok sekali dijadikan media sablon, contohnya DTG dan DTF. Cotton Combed Activecool™ + Activefresh™ memiliki tekstur kain yang halus dan lembut sehingga aman untuk di sablon.

Semoga artikel ini membantu ya! Jangan lupa, pilih bahan kaos yang sudah dijamin kualitasnya, beli bahan kaos, jaket, polo shirt hanya di Knitto Textiles! 

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur