Perbedaan Serat Lyocell dan Modal

0
Rate this post

Serat Lyocell dan modal mungkin masih awam di telinga beberapa orang. Serat Lyocell dan Modal merupakan serat yang diproduksi oleh perusahaan Lenzing.

Kedua serat ini merupakan serat selulosa buatan yang diproduksi dari pohon yang berasal dari hutan yang tersertifikasi oleh FSC dan PEFC sehingga ramah lingkungan.

Serat Lyocell dan Modal diproduksi oleh perusahaan Lenzing dan di branding dengan merek TENCEL™. Lalu apa perbedaan dari serat TENCELModal dan Serat TENCEL Lyocell?  

Serat TENCEL™ Lyocell

Serat TENCEL™ Lyocell merupakan salah satu serat selulosa yang berasal dari tumbuhan. Serat ini dapat digunakan secara bersamaan dengan cara menggabungkan dengan serat lainnya seperti serat katun, polyester, wol, dan sutra untuk menciptakan kain kualitas premium. Serat TENCEL™ Lyocell memiliki sifat fisik yang kuat, berkilau, dan memiliki warna yang vibrant.

Serat ini juga memiliki kemampuan menyerap kelembaban, anti-bakteri, breathable, lembut di kulit, dan dapat menyesuaikan dengan suhu (thermal regulation). Serat TENCEL™ Lyocell dapat terurai secara hayati (biodegradable) sehingga mendukung sustainable living.

Proses pembuatan serat TENCEL™ Lyocell adalah sebagai berikut. Dari kayu yang berasal dari hutan bersertifikasi kemudian dicacah dan diproses menjadi pulp.

Pulp tersebut akan diolah menjadi serat TENCEL™ Lyocell dengan menggunakan air dan pelarut organik yang 99% dapat digunakan ulang untuk proses produksi selanjutnya. Proses produksi serat TENCEL™ Lyocell bersifat closed loop sehingga ramah lingkungan.

Proses pembuatan serat ini bertanggung jawab terhadap lingkungan karena prosesnya mengutamakan efisiensi sumber daya sehingga memberikan dampak yang minim pada ekologi.

Proses pembuatan serat TENCEL™ Lyocell mendapat Penghargaan Eropa untuk Lingkungan dari Komisi Eropa dalam kategori “Penghargaan Teknologi untuk Pembangunan berkelanjutan”. Serat TENCEL™ Lyocell telah disertifikasi sebagai Berbasis bio oleh Departemen Pertanian AS (USDA). 

Serat TENCEL™ Modal 

Serat TENCEL™ Modal merupakan serat alami dan serbaguna. Serat ini dapat digunakan secara bersamaan dengan serat lainnya seperti serat katun, polyester, wol, dan sutra untuk menciptakan kain kualitas premium. Serat TENCEL™ Modal memiliki kemampuan menyerap warna lebih baik.

Serat ini juga memiliki minimal statis, breathable, dan kelembutan yang tahan lama. Serat TENCEL™ Lyocell dapat terurai secara hayati (biodegradable) sehingga mendukung sustainable living.

Proses pembuatan serat TENCEL™ Modal adalah sebagai berikut. Dari kayu yang berasal dari hutan bersertifikasi di Austria dan negara tetangga kemudian dicacah dan diproses menjadi pulp. Pulp tersebut akan diolah menjadi serat TENCEL™ Modal dengan Eco Soft Technology dan Eco Color Technology (Spun Dyed) menggunakan energi yang dapat diperbaharui.

Proses produksi serat TENCEL™ Modal dapat menghemat sampai 60% jejak karbon serta 50% penggunaan air dan tenaga sehingga ramah lingkungan. Proses pembuatan serat ini bertanggung jawab terhadap lingkungan karena prosesnya mengutamakan efisiensi sumber daya sehingga memberikan dampak yang minim pada ekologi. 

Rekomendasi Kain dengan Serat Modal

Serat Lyocell

TENCEL™ Modal Blended with Cotton 30s

Kain yang terbuat dari serat TENCEL Modal Blended with Cotton 30s merupakan kain bahan kaos berkualitas dari Knitto Textiles yang terbuat dari campuran serat katun 50% dan serat Modal 50%. Serat Katun terbuat dari tumbuhan Kapas dan serat TENCEL™ Modal  yang bersifat biodegradable atau mudah terurai dan dapat diperbaharui sehingga bahan ini ramah lingkungan dan termasuk kain yang sustainable.  Bahan TENCEL Modal Blended with Cotton 30s memiliki karakteristik permukaan kainnya yang terlihat berkilau, memiliki tekstur lembut, mampu menyerap keringat dengan baik, dan sejuk saat dipakai. Kain TENCEL Modal Blended with Cotton 30s tersedia dalam 12 varian warna.

Kesimpulan

Serat TENCELModal dan Serat TENCEL Lyocell merupakan serat selulosa buatan yang termasuk dalam serat ramah lingkungan. Hal ini dikarenakan serat Serat TENCELModal dan Serat TENCEL Lyocell menggunakan bahan dasar dari hutan yang bersertifikasi dan proses produksinya dapat menghemat energi dan air yang dapat digunakan kembali.

Kedua serat tersebut memiliki kelebihan masing-masing dan dapat diproduksi menjadi tekstil dengan berdiri sendiri maupun dicampur dengan serat lain yang akan menambah kelebihan tersendiri pada hasil kainnya. Kedua serat ini ramah bagi lingkungan dan mendukung sustainable living karena bersifat dapat terurai atau biodegradable.

Sekian informasi tentang serat TENCELModal dan serat TENCEL Lyocell. Segera kunjungi toko Knitto Textiles terdekat atau unduh E-katalog gratis untuk melihat daftar produk bahan-bahan yang berkualitas lainnya dengan variasi warna yang lengkap. Semoga artikel ini membantu!

TOKO BAHAN KAOS KNITTO BANDUNG

Jl. Kebon Jukut No. 15, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon: (022) 4214962

Jl. Holis No. 35, Bandung, Jawa Barat, Indonesia

Telepon : (022) 20589089

TOKO BAHAN KAOS KNITTO YOGYAKARTA

Jl. HOS Cokroaminoto 162A, Yogyakarta

Telepon : (0274) 5017513

TOKO BAHAN KAOS KNITTO SEMARANG

Jl. Jenderal Sudirman No. 300 – 302, Semarang

Telepon: (024) 760-728-5

Official WhatsApp: 082120003035

Email : [email protected]

Jam Buka

Senin – Jumat : 08.30 – 16.30 WIB

Sabtu : 08.30 – 14.30 WIB

Minggu : Libur